Parkir di Mall

parkiranSudah setahun lebih saya menyetir mobil. Dari sini saya belajar banyak terutama mengenai parkiran di mall. Mall di Jakarta ada puluhan (yang mall gede ya), tapi menurut artikel ini jumlah mall di Jakarta sudah mencapai ratusan.

Berbicara soal mall, saya mau membahas mengenai tempat parkirnya. Sebenarnya postingan ini terinspirasi dari tweet saya sendiri di sini. Lalu saya terpikir untuk membahas mall yang memiliki tempat parkir paling oke versi Chika. Mall apa sajakah?

1. Grand Indonesia

Mall ini masuk dalam peringkat pertama tempat parkir paling oke. Tempat parkirnya luas dan besar. Menurut saya gak mungkin gak kebagian tempat parkir di mall ini.

Tips: Untuk parkir di GI, disarankan masuk dari East Mall (yang gedungnya sebelahan dari BCA). Kalau saya biasanya masuk dari gerbang yang dekat gedung BCA, lalu mengikuti jalan dan masuk ke parkiran menuju atas yang posisinya ada di seberang Plaza Indonesia. Untuk ke atasnya memang muter-muter sih, tapi jauh lebih gampang daripada yang di West Mall. Setelah sampai di lantai 7 East Mall, menyeberanglah ke West Mall. Parkiran di sana lebih lapang!

2. Pacific Place

Saya jarang gak kebagian parkir di sini. Kalau beruntung, saya bisa parkir di bagian Ladies Parking. Tempat parkir cukup luas dan ada petugas yang membantu memberi arah saat memarkirkan mobil. Namun di saat weekend, agak sulit mendapatkan tempat parkir dengan posisi yang diinginkan karena mall ini ramai dengan keluarga (apalagi karena ada Kidzania).

Tips: Coba parkir di P1. Kalau masuk parkir langsung P2, coba naik ke P1 kemudian putar balik, belok kanan, dan belok kanan lagi. Telusuri bagian yang justru tidak terjangkau mata.

3. Senayan City

Saya cukup sering ke Senayan City dan menurut saya parkiran di sini cukup luas. Kalau beruntung, saya bisa mendapatkan Ladies Parking. Penataan parkir di sini gak gitu ribet sehingga saya memasukan Senayan City sebagai mall dengan tempat parkir yang cukup friendly.

Tips: Kalau mau parkir sepi, coba di P3. Tapi keluarnya jauuuuh!

4. Mall Kelapa Gading

Mall Kelapa Gading adalah mall terpanjang di Jakarta menurut saya. Bayangkan saya, ada MKG1, MKG2, MKG3, hingga MKG 5 (Gak ada MKG 4 karena menurut orang Cina angka 4 itu angka buruk). Biasanya parkir di MKG1-2 cepat sekali penuhnya, namun jangan khawatir karena masih ada MKG3-5 yang parkirannya cukup luas.

Tips: Coba parkir di MKG3-5, tidak seramai di MKG 1-2.

5. Gandaria City

Gandaria City dulu adalah salah satu mall yang paling sering saya datangi (apalagi waktu masih bekerja di daerah Blok M). Biasanya bersama mak Chic saya sering makan siang di sana. Karena lumayan sering ke GanCit (singkatan dari Gandaria City), saya sudah mengetahui tempat-tempat parkir yang enak dan mudah menjangkau pintu masuk. Awal mall ini dibuka, untuk dapat parkir gampang banget. Namun sekarang GanCit sudah cukup ramai sehingga tingkat kesulitan mendapatkan parkir cukup tinggi, apalagi pas weekend.

Tips: gak ada.😆

Itulah 5 mall di Jakarta yang menurut saya punya tempat parkir terbaik. Bagaimana versimu?

38 thoughts on “Parkir di Mall

  1. Ceritaeka berkata:

    Kalau di MKG, emang biasa parkir di MKG 5, masuk dari Hotel Harris. Gak pernah gak dapat tempat😀.
    Tapi so far yang paling aku senengin tuh parkiran di FX sih. Dapet terus hihi

  2. Billy Koesoemadinata berkata:

    kalo buat motor, GI is the best lah. kalo pas lagi penuh banget di bawah mall-nya GI, bisa melipir ke parkiran motor menara BCA — meski kemudian jalan agak jauh.

    selain itu, PIM cukup oke — meski letaknya di bawah tempat terbuka.

    Gancit oke juga, tapi jalan masuknya ribet.

    trus mana lagi ya? *coba inget-inget dari seluruh mal yang pernah didatengin*

    • cK berkata:

      IYAAAA GI PALING BAGUUUUSS!!

      Kalau parkiran PIM itu lebih jahat dari ibu tiri. Pernah di sana ngabisin 45 menit untuk cari parkir doang. T_____T

  3. ipied berkata:

    kalo menurut saya parkir oke itu yg ada mesin penghitung space parkirnya, contoh seperti GI, kalo gak ada tuh rasanya bingung mau nyari ke sudut mana, sementara biasanya bentuk area parkir suka bercelah-celah dan ajaib :p

    di kota kasablanka juga oke, kalo wiken disarankan langsung masuk ke parkir B3 karena areanya lebih besar, dibanding wasting time ngubek B1 atau B2 hehe dan akses menuju ke mol juga banyak, bisa pake beberapa lift.

    pengalaman kalo di FX sulit dapet parkir hihi apalagi kalo mol ini lagi ada event hehe.

    • cK berkata:

      Di MKG sama Senci juga ada tuh mesin penghitung space.

      Kokas enaknya di B3 ya? Noted.😀

      Betul, di fX kalau hari kerja lumayan gampang, tapi kalau pas ada event, duh. Bisa lama banget dapat parkiran. T___T

  4. Natalia berkata:

    Aku biasanya gak pedulian soal parkir.. gak bawa mobil jugak, jadi terus terang ngga tahu yang mana parkirannya enak, mana yang gak enak *haha

    Tapi hasil jalan bareng sama maspacar (dan jarang sih ke mall-mall) ada beberapa lesson soal parkiran di Mall Jakarta:

    Lippo Kemang Village entrance ke parkirannya membingungkan, pernah sampe muter baru lihat pintu masuknya di mana. Amannya lewatin lobby dan ga ambil jalur “tanpa nurunin penumpang”. Enaknya parkir masih gratis entah sampai kapan.

    Di PIM2, cari parkiran mending langsung ke P3.
    Di PS dan fX, susah cari parkiran (hahaha)

    Itu dulu aja ah😀

  5. Swastika Nohara berkata:

    Aku paling sering ke Sency karena lokasi mallnya strategis dan karena parkirnya bisa gratis. Yup, gratis dan gampang dapet di P1. Enak kan?🙂

  6. chemud berkata:

    Pastinya di
    MKG dong yang pertama..
    secara byk aja gt gedung parkirnya, tp klo ada cara ya entah knp bisa penuh semua..
    Plaza senayan jg enak tmpt parkirnya klo daku biasanya langsung ngincer ke atas, krn kosong..

  7. faniez berkata:

    Aku kok gak suka ya parkir di Sency kalo malem.. Banyak spot2 tersembunyi susah ditemukan. Biasanya petugasnya yg sok ‘nyariin’ trus ngasi tips deh. -_-
    Kalo Gancit sukaaa.. gampang dapet.

  8. yoris berkata:

    Kalau saya paling suka Plaza Senayan. Mall dengan konsep parkir paling baik dan tidak membingungkan pengunjung. Saya juga punya area parkir ‘andalan’ kalo pas nyetir sendiri kesana🙂

  9. niee berkata:

    Aku kalau ke jakarta klo gak naek taxi naek mobil carteran yg kalau sampe di mol supirnya yg carikan parkir jadi gak pernah lihat kondisi parkirannya deh. Hehehe..

    Kalau di pontianak parkiran udah luas aja masih susah nyari tempat yg enak. bahkan untuk motor sekalipun😦

  10. Ghufron Syahputra berkata:

    Ada yg pernah ngalamin atau tau sesuatu tentang parkir mobil di GI yang ‘tiba-tiba” gratis ga sih? jadi ga langganan ga apa tiba tiba gratis aja gitu ga bayar gerbangnya kebuka dan petugasnya mempersilahkan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s