Pengen Kuliah Di Mana?

Pertanyaan itu terlintas saat saya akan memilih universitas tujuan ketika jaman SMA. Cita-cita saya banyak sekali. Saya suka pelajaran komputer sehingga saya ingin masuk jurusan yang berhubungan dengan komputer. Namun saya berasal dari jurusan IPS sehingga tampaknya tidak memungkinkan untuk ambil kuliah dengan jurusan komputer (apalagi di universitas negeri).

Saya sempat ingin menjadi psikolog karena sejak SMP sering sekali menjadi tempat curhat yang membuat saya ingin mempelajari karakter-karakter manusia. Saat tes minat, ternyata minat saya yang terbesar ada di bidang sosial. Lalu diikuti dengan yang berbau seni (musik?) dan komputer.

Ketiganya memang menjadi minat saya. Saya memiliki banyak minat dan keinginan. Namun sulit untuk mengambil semuanya, oleh karena itu akhirnya saya memilih kuliah dengan jurusan komunikasi massa.

Selesai kuliah S1, tentunya saya ingin melanjutkan S2. Saat itu iseng bersama teman saya, saya mencoba mendapatkan beasiswa. Saya menyiapkan berkas yang dibutuhkan. Saya cukup yakin bisa dapat beasiswa ini karena memenuhi semua kriteria yang dibutuhkan. Tapi apa daya, ternyata saya gak lolos. Katanya sih masih banyak yang lebih memenuhi syarat daripada saya, jadi ya gitu deh, gak lolos. Mungkin surat aplikasi yang saya buat gak berhasil memukau.

Kemudian setelah itu saya semacam malas untuk melanjutkan S2. Sampai suatu hari Mama saya berkata ingin anaknya ada yang mengikuti jejaknya, yaitu kuliah di FISIP UI. Gak mungkin kakak saya yang jurusan kedokteran untuk kuliah di FISIP UI. Tentunya ini kode untuk saya supaya mengambil S2 di FISIP UI.

Lalu saya mencobalah itu tes masuk Pascasarjana di FISIP UI. Tes pertama, saya gagal. Mungkin karena otak lama tak dipakai, jadi gak bisa diajak mikir (padahal karena telat setengah jam sih). Saat mencoba untuk kedua kalinya, alhamdulillah saya berhasil diterima di FISIP UI jurusan Manajemen Komunikasi. Ini berarti saya bisa mengabulkan cita-cita Mama memiliki anak yang menuntut ilmu di tempat kuliah yang sama (apabanget deh ini cita-citanya).

Alhamdulillah juga saya berhasil memenuhi pendidikan pascasarjana saya dalam 2 tahun. Ada yang bilang jadi blogger saat status menjadi mahasiswa itu keramat. Bisa-bisa lulusnya lama. Tapi saya dan Gita berhasil menentang pepatah ngawur tersebut.😆

Walaupun saya gak kuliah di luar negeri, saya cukup senang sudah bisa menyelesaikan kuliah S2. Tapi seandainya saya punya banyak informasi mengenai kuliah di luar negeri, mungkin membantu saya untuk bisa mendapatkan tempat kuliah yang cocok dan mempermudah jalan untuk memperoleh beasiswa. Sekarang sih enak, udah ada @access_edu yang bisa ditanyain soal beasiswa plus ada website yang membantu untuk pemilihan program kuliah di luar negeri dan bisa tanya-tanya pula kalau gak ngerti.

Kebetuan juga saya dapat undangan kalau besok (Selasa) dan Kamis (tanggal 18 & 20 Oktober) akan ada workshop boot camp yang mengajarkan bagaimana membuat application essay untuk pengajuan kuliah di luar negeri. Cocok nih buat yang mau kuliah di luar negeri atau yang lagi hunting beasiswa.

Saya sendiri untuk sementara cukup dengan menimba ilmu. Hasrat untuk kuliah di luar negeri sepertinya sudah berkurang. Sekarang saatnya mempraktekan apa yang saya pelajari dalam 2 tahun kemarin. Setidaknya sudah terbebas dengan pertanyaan “apa kabar thesisnya?”

*ketawa bahagia*

21 thoughts on “Pengen Kuliah Di Mana?

  1. Pink Traveler berkata:

    sama sama aku cika pengalamannya udah apply banyak beasiswa S2 belum lolos juga karena faktor essay sih kata temenku essayku terlalu general, skrg mo lanjut kuliah walau gak dpt beasiswa trus sambil jd blogger soalnya mo resign dr kantor yg sekarang, doakan ya lancar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s