Tentang #HariBatik

Tanggal 2 Oktober kemarin merupakan Hari Batik Nasional. Hari Batik pertama kali ditetapkan oleh UNESCO dalam rangka pengakuan Batik sebagai warisan dunia yang berasa dari INDONESIA!

Bangga akhirnya batik diakui oleh dunia. Karena itulah para pecinta batik beramai-ramai menjadikan Hari Batik Nasional sebagai salah satu hari penting di Indonesia. Saya sendiri juga merayakan #HariBatik di Twitter, dengan mengupload foto memakai Batik.


maaf kalau mukanya gak enak. habis kurang tidur nih…

Kebetulan saya SANGAT menyukai batik. Walaupun saya bukan ahli batik yang bisa membedakan ini batik tulis, ini batik cap, ini batik printing dll, saya suka mengkoleksi batik. Koleksi batik saya cukup banyak. Mulai dari rok batik, tas batik, laptop case batik, sepatu batik, hingga tentunya baju batik!

Di twitter sendiri tampaknya #HariBatik sempat menjadi trending topic. CMIIW, karena hari Sabtu kemarin saya sama sekali tidak online dari PC. Saya mengajar seharian, lalu malamnya ada pernikahan @heriyadi, jadi tidak sempat cek trending topic.

Tampaknya #HariBatik ini cukup ramai. Di Golden Truly Gunung Sahari, ketika sedang makan siang, para waiter hingga penjaga kasir hampir semuanya memakai batik. Senang deh melihatnya.🙂

Lalu di twitter banyak yang mengupload foto-foto batik. Batiknya cantik-cantik. ^o^ Tampak juga kemunculan Twitter @HariBatik yang mengajak untuk upload foto memakai dan ada juga yang membahas mengenai www.batikcintaku.com. Semuanya tentang batik! Saya coba tengok situs batikcintaku itu, eh ternyata desainnya lucu! Ada batik-batik warna pink. Sayang tidak ada skip intro, jadi mesti nungguin sampai flashnya kelar. =,=

Ternyata ini adalah situs kampanye batik milik Kao. Ada informasi mengenai batik sebagai heritage, interview dengan desainer dan tips merawat batik. Ada juga terselip produk khusus untuk batik, yaitu Attack Batik. Baru tahu ada sabun pencuci pakaian khusus batik.😆 Lumayan juga sih secara batik saya sering LUNTUR! Ntar kapan-kapan minta simbak untuk nyoba ah~

Ada juga tips mencuci batik dan bagaimana menyimpan batik agar awet. forum diskusi tentang batik. Salah satu yang berguna menurut saya adalah diskusi mengenai bagaimana menyimpan batik agar awet:

Koleksi batik kesayangan sebaiknya disimpan di bagian lemari yang tidak lembap, kemudian perlu diangin-anginkan setidaknya setiap 3 – 4 bulan sekali. Secara tradisional proses mengangin-anginkan batik ini kemudian diikuti dengan proses meratus, mengasapi batik dengan pewangi alami.

Waduh ribet juga ya merawat batik. Padahal saya tinggal tumpuk-tumpuk aja bersama batik-batik lainnya. Websitenya sudah cukup bagus, tapi akan lebih baik jika info batiknya diperbanyak, karena kita tidak hanya punya batik Pekalongan, tapi ada batik-batik lainnya dari Solo, Cirebon, Jogja, Madura, dll.🙂

Oh iyaaa, saya juga dibawain kain batik tulis dari Madura oleh Tikabanget. Makasih Tikaaaa! Batik tulisnya cantik!

Dengan adanya #HariBatik, semoga kecintaan kita pada Batik akan awet selalu dan tidak cepat pudar. Mari gunakan batik!😀

32 thoughts on “Tentang #HariBatik

    • cK berkata:

      wah saya bukan tukang jualan batik dan bukan pebisnis juga. maaf tidak bisa membantu mengajarkan bisnis. mungkin bisa mencoba ngobrol sama linda mengenai bisnis batik.🙂

  1. niez-nya adit berkata:

    jadi inget buku bu ani yudhoyono yang batik ituh. terlepas dari segala kontroversinya, menurut saya bukunya bagus tuh. kasi kita banyak info soal berbagai jenis batik, bahkan yang saya blum pernah tau sekalipun. plus dilengkapi dengan foto2nya yang sedaaaapp…

    *ini bukan promosi lho

  2. devieriana berkata:

    itu foto yang di twitter kapan hari ya jeng? cantik gitu lho..🙂

    saya biasa pakai aksesoris untuk beberapa kemeja polos, tapi kalau sudah pake batik saya sudah merasa “rame” dengan sendirinya. Selain itu, batik adalah pakaian yang “aman” untuk ke kantor, apalagi buat yang males mikir pakai “baju apa hari ini?” kaya saya😆

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s