Kebiasaan Minum Air

Beberapa hari yang lalu di twitter saya menuliskan hal ini:

lebih suka minum air mineral ketimbang minuman bersoda…

Yup, saya lebih suka minum air putih atau air mineral karena menurut saya lebih menyehatkan. Saya sendiri sudah lama berhenti minum minuman bersoda. Alasannya sepele, mengandung glukosa yang sangat tinggi. Selain itu saya memiliki penyakit maag yang suka kambuh tanpa malu-malu. Maka saya cari aman dengan mengkonsumsi air mineral. Kalau bisa yang hangat, karena inilah yang membuat saya tetap segar dan merasa sehat.

Fungsi air mineral itu banyak sekali. Selain melancarkan pencernaan, air mineral baik untuk kulit, tubuh, rambut, dan semua metabolisme tubuh. Begitu pun sehabis berolah raga, saya lebih memilih air mineral ketimbang minuman berenergi.

Sebagai pegawai kantoran, saya bekerja di depan komputer, terkena hawa AC yang dingin, dan (cukup) banyak menghabiskan waktu duduk di kursi. Namun hal itu tidak membuat saya malas minum. Saya tergolong orang yang cukup bersih, sehingga menghindari membeli air minum di sembarang tempat.

Banyak pemberitaan mengenai minimnya air bersih cukup mempengaruhi perilaku saya untuk lebih berhati-hati dalam membeli minuman. Misalnya saja saat makan siang di sebuah warteg, saya lebih memilih minum yang dikemas dalam botol, karena saya sering melihat ketika membeli minuman sejenis teh manis atau es jeruk, es yang berasal dari bongkahan es batu segede gaban peti kemas belum tentu bersih.

Bahkan seringkali air yang digunakan adalah air mentah yang berasal dari kali Ciliwung. Kebayangkan bagi kalian yang suka mengunyah es batu, ternyata es tersebut lebih kotor dari air toilet. Selain itu kondisi air bersih di Jakarta juga semakin mencemaskan. Bahkan air minum isi ulang yang dijual bebas belum tentu bersih.

Tidak hanya mengenai kebersihan, air mineral juga mempengaruhi kesehatan. Karena itu himbauan untuk mengkonsumsi air mineral minimal 8 gelas per hari benar adanya. Dengan rutin mengkonsumsi air mineral, maka kita sudah ikut menjaga kesehatan diri sendiri. Siapa sih yang mau sakit? Sakit itu mahal! :evil:

Saya sendiri selalu menyempatkan minum air mineral. Kalau tidak percaya, di sisi kiri atau kanan tas, saya biasa menjejalkan botol minuman kecil yang membantu saya menghilangkan dahaga di kala haus.

Nah, bagaimana dengan kebiasaan minum kalian? Apakah kalian rajin minum air mineral atau malah cuek minum apa saja? Bagaimana ketika jajan di luar, apakah membeli minuman secara sembarangan? Ayo berdiskusi tentang kebiasaan minum kalian. :D

61 thoughts on “Kebiasaan Minum Air

  1. Thomas berkata:

    Yup…air putih lebih bagus daripada air bersoda. Hanya saja di masa depan krisis air bersih akan jadi permasalahan yang kalo nggak diantisipasi bisa membahayakan kehidupan

    salam

    ¤ cK ¤
    nah itu dia sih. tampaknya kita mesti aware dengan keadaan sekarang bahwa air bersih memang sudah semakin langka. :|

  2. sabai berkata:

    pernah liputan dulu, ternyata air baku PDAM Jakarta diambil dari Kali Malang yg airnya coklat kental itu… setelah melalui beragam proses, baru jadi jernih. tetep harus dimasak dulu sebelum di konsumsi.

    so aku nggak selalu minum air mineral, kadang air kran dimasak. sehari ada kali 1.5-2 liter deh…

    ¤ cK ¤
    faktanya memang begitu. air mengalami proses penyulingan yang cukup panjang sehingga menjadi air layak minum. memang amannya air harus dimasak terlebih dahulu. tapi repot jeh… :mrgreen:

  3. ridu berkata:

    saya juga udah mengurangi konsumsi minuman bersoda, takut ginjal kenapa2 euy :D

    biasanya sih emang air putih, tapi kalo lagi dahaga banget suka minum minuman pengganti ion itu lho hehe :D

    ¤ cK ¤
    memang lebih sehat minum air putih, du. minumnya sesuai takaran gak tuh? khan biar sehat. :P

  4. nikenmakki berkata:

    aku selalu minum air putih, bangun tidur sampe mau tidur lagi jumlah minum aer putih/mineral ga terhitung banyaknya..sampe2 kalo di mall atau dmn aja, aku ga pernah absen ke toilet :)) ayo hidup sehat!

    ¤ cK ¤
    wah kita sama! saya bangun tidur pasti langsung minum air hangat 1-2 gelas. habis makan juga, di kantor juga, sebelum tidur juga. pokoknya biar sehat! :D

  5. kania berkata:

    masalahnya klo di restaurant rasanya rugi klo beli air mineral dengan harga yang jauh lebih mahal. jadi pilih minuman tanpa es batu yang kotor itu ^_^

    ¤ cK ¤
    hehehe… benar mbak. air mineral di restaurant memang suka mahal banget. T_T

  6. ilmanakbar berkata:

    botol minum, sesuatu yang wajib ada di tas, sejak masuk TK, hampir 20 tahun lalu, sampai sekarang :D

    alhamdulillah sama kaya chika juga, selalu mengusahakan bisa minum air dgn jumlah yang cukup setiap harinya..

    ayo minum air putiih!

    ¤ cK ¤
    ya ampun kita sama! saya dari kecil juga selalu bawa botol minum ke mana-mana (sampai sekarang). plus memang lebih sehat minum air putih. :D

  7. didot berkata:

    yap harus dikurangi minuman2 manis dan bersoda ,biar lebih sehat banyak minum air putih biar kerja ginjal lebih ringan dalam memfilter air tubuh kita :)

    ¤ cK ¤
    setuju sama didot! saya sudah lama sekali berhenti minum bersoda. paling ya kadang-kadang aja kalau memang gak ada minuman lain. tapi sih alhamdulillah selalu ada air putih di sekitar saya. ^_^

  8. Frenavit Putra berkata:

    Saya lebih suka minum air putih mbak.. sehari minimal 8 gelas mbak.. Alhamdulillah manfaatnya banyak banget buat tubuh.. :)

    ¤ cK ¤
    naaaah, yang seperti ini yang benar. diteruskan ya kebiasaan sehatnya. :)

  9. dEEt berkata:

    idem mbak..
    bbrpa waktu blkngan ini lebih prefer minum air putih/air mineral..
    gara² s4 sakit pratipes, radang, dsb kmrn bikin sadar hidup sehat itu penting..
    yah.. walaupun cuma baru mulai dari hal yg kecil -> minum air putih! :D

    tapi yg masih kadang bikin gondok,
    itu air mineral harga-a bisa melonjak gak ketulungan yah kalo beli di resto² gitu??! *gak masuk di akal bgt kalo cm krn pajak*
    beda jauh kalo beli-a di supermaket.. :(
    *sigh* #sewot

    #diskusiapacurcolyahni? hehe

    ¤ cK ¤
    saya juga baru sembuh dari pratipes. pas sakit kemarin mesti menghabiskan 1,5 liter air per hari. pokoknya gak boleh minum macam-macam.

    memang agak mengenaskan melihat harga air mineral yang cukup tinggi di restauran. tapi mau gimana lagi karena pada dasarnya memang ada pajak dll, makanya lebih mahal. *sigh*

  10. restlessangel berkata:

    air dlm kemasan botol.
    hmmm… tahukah chika produksi botol plastik dan gmn dg pengolahan sampahnya??

    kedua, utk menghasilkan 1 L air mineral dlm botol, si pabrik musti membuang berapa liter air (mata air).
    ketiga, biasanya begitu ada pabrik air mineral bercokol di satu daerah, alamat petani menderita.

    saran, sesedikit mungkin konsumsi air mineral, bawa air dr rumah aja, hihihih *bersyukur msh melimpah air bersih di rumah*

  11. Billy Koesoemadinata berkata:

    kebiasaan minum gue:
    1 gelas setelah bangun tidur di pagi hari
    1,5 gelas saat sarapan
    1 gelas saat sampe di kantor
    1,5 gelas pas makan siang
    2 gelas setelah makan siang dan sampe sore
    1 gelas pas maghrib-isya
    1 gelas pas sampe di rumah — yang ga tau jam berapa
    1 gelas sebelum tidur

    nah.. pertanyaannya sekarang adalah, beser ga tuh? :lol:

  12. TamaGO berkata:

    nggak terlalu ngefans minuman bersoda juga tapi basically saya termasuk omnivora dan tidak terlalu keberatan mengkonsumsi sedikit barang2 ga bener :p

  13. Chic berkata:

    saya peminum apa saja, tergantung tempatnya.. :lol:
    tapi air putih sih tetep harus 1,5 lt sehari, makanya di kantor sedia botol sendiri dan itu dari pagi saya duduk di situ sampe pas pulang harus habis… :mrgreen:

  14. christin berkata:

    Aku selalu minum banyak air putih di kantor. Alasannya ya karena itu, karena kerjaan menuntut banyak duduk. Nah aku masih bertanya-tanya tentang sesuatu. Kan di kantor aku minum air putihnya isi ulang dari galon ke botol air mineral plastik yang 500ml. Kira-kira botol air mineral itu bisa dipake berapa lama ya sampe harus ganti baru lagi?

    Ya ya ya memang rada malas beli botol air mineral setiap kali ke supermarket, jadi botol ini bertahan bisa-bisa sampe 3 minggu kalo beneran lupa beli :D

  15. esge berkata:

    kadang kalau kita kerja di ac, dingin, suka lupa kalau kita butuh minum juga.
    dtmbh lagi kadang suka males ke wc mulu kalau banyak minum dan dingin.
    padahal jangan

  16. Eru berkata:

    Semenjak medical check up dan didiagnosis “kurang minum”
    sekarang berusaha buat minum banyak.

    (iya dokternya bilang “kamu menderita” kurang minum)

  17. Mbah Jiwo berkata:

    semangat minum air putih naik turun…mudah2an dengan posting ini mbah menjadi UNTA JAWA yg suka minum…

    thankyou chika…salam dari MALANG

  18. budiono berkata:

    kebiasaan saya:

    bangun tidur langsung minum 500 mili
    ke mana-mana bawa botol minum sigg 1000 mili, buat cadangan kalo haus pas di jalan. kenapa gak beli botolan? oh tidak, itu ndak bagus buat lingkungan karena bikin sampah
    ndak suka minuman bersoda karema memang ndak suka, mendingan air putih
    harus merek AQUA, stok galonan ada 2 biji, sebiji habis dalam 4 hari
    habis makan harus minum air putih

  19. Dilla berkata:

    2 taun belakangan ini saya rajin bawa tumbler yg isinya air putih/air mineral. Jadi jarang jajan minuman kalo di luar. Selain ngirit, lebih sehat (krn air putih), juga bisa ngurangin sampah kemasan minuman kan? Hihihihi…

  20. lambang berkata:

    karena tempat tinggal sekitar saya (madiun-ponorogo) maih sangat asri dan tidak terlalu terpolusi seperti di Ibukota, jadi sedikit tidak terlalu mengkhawatirkan akan hal pencemaran air yang ada.
    Waktu ke jakartapun saya sempat ndaj betah (udaranya kek and makanan yang di jual di jalan-jalan) and kebanyakan pengendara bermotor ataupun mobil selalu menyertakan btol minuman di samping mereka. Mungkin takut kehausan karena macet kali yach.
    Sedangkan disini, fenomena yang seperti itu jarang terjadi.
    Air bisa beli dimana-mana.

  21. fandi berkata:

    air putih atau air mineral? air kemasan atau air “rebusan” . gak peduli bedanya apa. yang pasti harus dan wajib serta kudu untuk selalu minum air putih/mineral setiap hari sebanyak 2 liter.

    salam

  22. engeldvh berkata:

    waduhhh….
    gw sering ngunyah bongkahan es bos….wduh
    oiya, silakan berkunjung ya….ada bonus browser baru dari Microsoft, GRATISSS!!!
    [link]

    lapak saya yang lain [link] dan [link]

  23. echo99 berkata:

    klo dirumah jakarta air minum selalu air Aqxx, g pernah isi ulang. atut airnya boleh ambil dari hasil sulingan ciliwung :D tapi memang klo kerja di kantor dah banyakan duduk dan dalam ruangan AC mesti inget banyak2 minum air putih, jangan kebanyakan kopi. habis itu ngacirr ke WC “mencair” hehe

  24. adangsetiawan berkata:

    selain kadar glukosa yg tinggi, minuman soda juga kaya akan bahan pengawet dan pewarna buatan. Selain itu, katanya bahan minuman soda juga bisa membuat paku, atau logam yg berkarat jadi kinclong. Nah, kebayang nggak tuh asamnya kayak apa…Hiii…ngeri!

    Btw, saya sudah berhenti minum soda sejak setahun lalu lho…:)

  25. tony berkata:

    emm …

    kalau aku siy, gag jauh beda sama cK, aku mendingan beli air gelas mineral daripada beli es-es yang gag tau asalnya.

    aku juga terkadang bw air putih dalam btl, tapi kalau lagi inget, hhee ..

    kalau lagi lupa, ya gitu deh :)

  26. rifu berkata:

    hmm, kalo gw ngga harus air mineral kemasan Chik, penting udah dimasak airnya.

    dan kenapa air putih, ya suka kasian sama ginjal gw kalo lagi olahraga keras banget keringetannya sampe bikin becek. :P

    gw ngga suka minuman bersoda, tapi karena sodanya. kalo masalah glukosa nya, ya, gw masih sering olahraga ini :P

    dan sekarang juga hampir ngga pernah minum pake es batu :D

    @kautsar
    gampang, air putihnya kasih garam dikit aja :mrgreen:

  27. Fany berkata:

    aku udah hampir gak pernah lagi minum minuman bersoda beberapa tahun belakangan.. yeay! ^^
    dan kalo bepergian, di tas atau di mobil selalu ada air putih botol.

  28. jarwadi berkata:

    saya lebih banyak minum air putih ya karena alasan perut, maag saya belum bersahabat dengan minuman bersoda dan karbonasi

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s