Hati-hati Ketemuan Dengan Teman Internet

Aneh gak mendengar peringatan tersebut dari orang yang doyan kopdar seperti saya? Kalau gak aneh ya gapapa sih… *kriuk* Tetapi saya tidak bosan untuk mewanti-wanti hal seperti ini.

Kenapa?

Sudah dengar khan berita tentang Nova, gadis berusia 14 tahun yang mendadak hilang dan ketika ditemukan sedang bersama seorang pria? Konon mereka berkenalan di Facebook dan memutuskan untuk bertemu. Setelah itu? Silakan googling saja berita selengkapnya.:mrgreen:

Terus terang saya prihatin akan hal ini. Jaman memang sudah edan, kita mesti ekstra hati-hati. Jangankan anak remaja, saya saja yang sudah dewasa harus waspada dengan pertemanan di internet.

Ketika saya masih remaja, saya nyaris ingin mengadakan kopdar. Namun entah kenapa saya tidak pede, malu, plus takut bertemu dengan orang yang baru dikenal di internet. Jadilah saya selalu batal untuk kopdar.

Lalu katakanlah 8 tahun kemudian saya menjadi blogger. Baru 4 bulan ngeblog, saya diajak kopdar, di Jogja pula. Waktu pertama kali mau kopdar, jujur saya takut. Bahkan sampai beberapa menit menuju waktu kopdar, saya masih belum memberikan nomor ponsel saya kepada Antobilang. Saya berkomunikasi dengannya melalui YM.

Berhubung Anto tidak bisa online, maka akhirnya saya pasrah memberikan nomor ponsel plus melaporkan ke Mama saya bahwa saya akan kopdar. Teman-teman blogger akan menjemput saya di hotel lalu akan jalan-jalan entah kemana mereka membawa saya.

Kopdar pertama di Jogja

Karena saya sudah besar (22 tahun gitu lho), Mama saya tidak begitu khawatir. Dan ternyata, teman-teman blogger yang saya temui sangat menyenangkan. Berbeda dengan teman-teman yang saya kenal di suatu tempat chatting yang begitu berkenalan langsung meminta foto, bukannya mengobrol untuk saling mengenal.

Kalau dengan teman blogger, pertama-tama saya berkenalan dengan jalan pikiran mereka. Kok bisa? Menurut saya apa yang ditulis oleh blogger (cukup) bisa mewakili kepribadian mereka. Dari setiap postingan yang dibuat, saya menjadi punya clue, seperti apakah teman baru saya di blog.

Ini cerita mengenai teman dari blog ya. Kalau teman dari Facebook, terus terang saya cuma approve orang yang saya kenal, pernah ketemu, atau yang memang sudah benar-benar saya kenal walaupun belum bertemu. Jadi memang saya sangat selektif dalam memencet tombol approve.

Sombong? Terserah kalian sih mau menilai saya bagaimana, tapi ini demi keamanan dan kenyamanan diri saya sendiri. Setidaknya sampai saat ini saya tidak merasa rugi dengan sikap saya yang sangat selektif itu.

Saya yang saat itu berusia 22 tahun saja masih was-was untuk bertemu dengan teman yang dikenal di internet. Bagaimana dengan anak-anak remaja yang masih belasan tahun dan tidak dipantau oleh orang tua?

Maka dari itu saya mengimbau kepada anak-anak hingga orang tua agar senantiasa waspada dengan internet. Sesungguhnya internet itu tidak aman. Jadi berhati-hatilah berbagi informasi. Jangan memajang nomor telepon, alamat rumah, atau sekolah kalian (khusus anak sekolah). Pelit berbagi identitas diri gak membuat kita dibenci orang kok. Percaya deh.

69 thoughts on “Hati-hati Ketemuan Dengan Teman Internet

  1. Alderina berkata:

    Aku juga takut waktu mau ketemuan pertama-pertama.

    Ketemuan pertama sama temen-temen TPC jaman masih lawas banget. Sejak ketemuan itu jadi lebih PeDe.

    Tapi waktu ketemuan Kojakers, ga gitu takut soale sudah sering YM-an ama Goen.

    *sisiran pake sisirnya Dimas*

    ¤ cK ¤
    apalagi di kojak ada saya gitu lho. masa kamu takut?😛 *ikutan sisiran*

  2. iphan berkata:

    iiih.. fotonya jadul banget! ekowanz masih kuyuuus!
    btw, aku kenalan sama temen internet ya kopdar blogger. di jakarta pula. untung ada tika.

    ¤ cK ¤
    sekarang ekow mblendung ya?😆

  3. bieb berkata:

    saya udah 2 tahun ngeblog tapi blm pernah kopdar…
    Eh pernah ding…itupun minggu lalu saat ada acara #klubuku dari curipandang.
    hmm..jadi pengen ngerasain kopdar😀

    ¤ cK ¤
    waaah ayo kita kopdar. ^^

  4. TamaGO berkata:

    trus waktu kopdar pertama kali nyiapin apa aja? pepper spray? stun gun? :hammer:

    ¤ cK ¤
    kamera. buat bukti kalau ada apa-apa. sama hengpon buat apdet status, lagi ketemuan ama siapa. *kalem*

  5. Dewa Bantal berkata:

    Kopdar… hehe… kopdar pertamaku itu dengan anak anak blogger Jogja dulu. Markasnya di TNL, hahaha. Tapi memang patut sedikit waspada kalo kopdar sih, terutama cewek🙂

    ¤ cK ¤
    yup. perempuan harus lebih waspada.🙂

  6. Fenty berkata:

    makanya males approve temen di facebook kalo gak kenal, apalagi kalo ngajak ketemuan … ish sapa situh ?? hahahaha
    memang ketemuan sama blogger itu berbeda :p

  7. vany berkata:

    semoga setelah membaca tulisan ini, tidak akan ada lagi kejadian seperti nova ya, mbak…
    kalo bergaul di dunia maya kita kudu hati2 siyh coz kadang2 dunia maya lbh kejam drpd dunia nyata….😀

  8. dita.gigi berkata:

    jangan gampang percaya sama orang lain… apalagi dari situs jejaring sosial, kalau dari blog kadang (kadang looohhh, gak selalu) kadang kebaca sifat2 orang nya, jadi pas kopdaran kita udah bisa sedikit banyak kenal (toh sering baca blognya)

    lha kalo cuman kenal di jejaring sosial, poto bisa nipu, umur bisa nipu.. mulut manis bisa gombal… kalo ntar kenapa2 siapa yg bisa tanggung jawaaaabbb….

    hati-hati.. terutama buat para wanita…😐

  9. edratna berkata:

    Dan biasanya kalau kopdar kan nggak sendirian, tapi rame-rame…dan karena telah mengenal di blog, kenal gaya tulisannya, maka kita bisa membayangkan seperti apa orangnya.

  10. julianusginting berkata:

    sebenarnya ga begitu amat sih…klo soal kopdar dengan temen2 internet gapapa asalkan dah kenal setidaknya pernah chatting trus ketemuannya jg di tempat rame trus ketemuannya jangan malam2, itu salah satu solusi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan..hehee🙂

Tinggalkan Balasan

