Blog Terancam?

Ini merupakan pembicaraan lama saya dengan seorang teman. Ketika membahas soal blog dan plurk, teman saya tiba-tiba memaparkan bahwa akan datang masanya dimana blog akan ditinggalkan akibat munculnya barang baru. Ada pula yang berani mengatakan bahwa orang-orang akan sepenuhnya berhenti ngeblog dan beralih ke hal lain, contohnya plurk.

Saya pribadi berusaha mempertahankan semangat ngeblog saya karena bagaimanapun saya cinta menulis. Rasanya tangan ini tak bisa berhenti mengetik apabila saya menemukan suatu topik yang menarik untuk dibahas. Mungkin saat ini saya memang malas ngeblog. Catat, ngeblog! Bukan malas menulis.:mrgreen:

Menulis itu sudah menjadi darah daging dalam diri saya. Pekerjaan saya pun tak jauh-jauh dari menulis. Oleh karena itu apabila saya dikatakan akan berhenti menulis, rasanya untuk saat ini saya belum memutuskan untuk berhenti menulis. Dan semoga saja hal itu tidak akan terjadi.

Tapi apakah benar blog itu terancam ke-eksisan-nya? Apabila iya, bagaimanakah cara mengembalikan semangat menulis? Saya kangen dengan saat-saat dimana blog sedang ramai, banyaknya topik-topik menarik yang dibahas serta perang tulisan yang membuat saya menambah pengetahuan. Kapankah saat itu akan kembali?

Bagaimana dengan kalian? Masihkah kalian bersemangat untuk menulis blog? Semoga saja blog tidak menjadi trend sesaat seperti yang dia-yang-tak-boleh-disebut pernah katakan di media massa, “Blog hanyalah trend sesa(a)t!”

.
Kembali ke menu awal… >>>

144 thoughts on “Blog Terancam?

  1. fenny berkata:

    bru kemarin aku bikin postingan “semangat ngeblog gara2 plurk”… plurk telah membuatku males ngeblog, so… plurklah yang harus bikin aku semangat ngeblog (dance)
    *hihihihi komen yang aneh*

    ¤ cK ¤
    wah, semoga ngeblog terus ya, fen…😀

  2. aRuL berkata:

    kalo saya ngeblog tetap jalan, malah akhir2 ini tetap update😀
    just wanna be me…🙂
    kalo ngeplurk *akhirnya* cuman diintipin😀

    ¤ cK ¤
    bagoooosss!!:mrgreen:

  3. ichanx berkata:

    ibarat iman… kadang iman kita diatas jadi rajin solat, kadang iman di bawah jadi solatnya bolong-bolong… sama juga dengan ngeblog… mungkin saya sekarang kadar ke-blog-annya lagi dibawah, makanya males2an ngeblog… haha

    ¤ cK ¤
    semangat donk, chanx…:mrgreen:

  4. thimbu berkata:

    saya juga lagi males ngeblog, nih🙂
    bukan karena plurk ataupun twitter *blum minat😛 *
    tapi tangan gw lagi sakit kalo mencet tuts kompie
    wkwkwkw
    *kabuuuuuuuuuuuuuur*

    ¤ cK ¤
    cepet sembuh ya tangannya…:mrgreen:

  5. fauzansigma berkata:

    *terharu chik*

    jangan sampe chik.. jangan sampe blog ini pergi begitu saja Chik.. yah.. kita sama2 berdoa aja chik..

    blog ini bner2 luar biasa….

    kayak km..

    ¤ cK ¤
    makasih.. *terharu*

  6. Wirawan Winarto berkata:

    berarti bener donk kata Roy Suryo
    blog itu cuma tren sesaat.

    hehehe… paraaaah… padahal aku baru mulai beberapa bulan.😀

    ¤ cK ¤
    ahahaha… enggak kok. masih banyak yang punya semangat blog tinggi…😀

  7. masova berkata:

    Blog ndak akan terancam oleh plurk, ato twitter, ato twittit ato apapun. IMO sih blog tu ‘induk’-nya media untuk menulis dan menarsis scara onlen.

    Selama masi ada orang yang gemar menulis, blog akan tetap eksis..

    ¤ cK ¤
    seperti ova, misalnya?:mrgreen:

  8. Nayantaka berkata:

    blog kan hanya media sahaja. alat pemuas sahaja. kalau kita masih terpuaskan oleh blog, ya jalan terus lah. tapi kalau blog sudah nggak bisa memuaskan nafsu kita, ya udah, cari istri baru lagi. gitu aja kok nyeprot

    ¤ cK ¤
    gyakakakakakk… saya suka komen pakde yang satu ini…😆

  9. det berkata:

    PLURK gak akan mengancam BLOG sedikitpun. masih banyak kok blogger yang konsisten pada jalur blog. katakanlah seorang chika bergenti ngeblog, maka pada saat yang bersamaan akan lahir puluhan blog baru. satu orang punya banyak blog. utamanya mereka yang menggantungkan hidup dari iklan di blog mereka😉

    huwaaaaaaaaaaaaaaaa… iki komentar terpanjang di blog chika😉

  10. Nazieb berkata:

    Hmm, hal yang paling menyenangkan yang pernah saya dalami adalah dunia blog.
    Saya bisa menulis APA SAJA di blog. Tidak terbatas oleh apapun juga (kecuali tanggal bayar tagihan hostingan😛 ). Benar-benar serasa jadi Tuhan. Bagaimana bisa saya bosan??

    Kecuali kalau menjadi Tuhan itu memang membosankan

    *spam terselubung*😈

    *mohon maaf lahir dan batin*

  11. ManusiaSuper berkata:

    Kalau saya bilang tidak begitu.. Ini masalah selera dan kesukaan saja. Ada yang memang tidak suka menulis panjang serius tapi suka gaul dan pamer kegiatan, ya di plurk.

    Ada yang suka menulis, menuangkan ide dan idenya dibaca orang lain, ya di blog.

    Sama kaya di ada yang suka nongkrong di cafee, ada yang di toko buku, ada yang suka travelling, ada yang suka di kamar saja…

    Ini masalah selera chi…

  12. suprie berkata:

    iya, saya rasa plurk itu yang trend sesaat… blog akan tetap ada, walaupun banyak bermunculan wajah – wajah baru…

    jenuh ngeblog itu manusiawi, mungkin saat nya cooldown

  13. ariefdj™ berkata:

    weBLOG, mirip seperti ‘sodara2’-nya yang laen, seperti milis, web forum, bulbo, dst.. terancam sih iya, tapi kalo punah, kayaknya sulit.. tetep ada yang tersisa, mungkin banyak, mungkin beberapa.. ada semacam mekanisme evolusi didalamnya… lagipula, tujuan orang nge-blog pan benthen-benthen.. gitu lah kiro-kiro..

  14. itikkecil berkata:

    Ada masanya Chik… males nulis, males ngapa-ngapain… tapi akhirnya saya toh balik ngeblog lagi… ada banyak hal yang saya dapatkan dari blog makanya saya tidak akan bisa melepaskannya begitu saja…

  15. jafis berkata:

    bagi saya nge-Blog tidak akan menjadi trend sesaat…
    karena udah menjadi sebuah kebutuhan, dimana gua bisa menumpahkan semua pemikiran,curhat dan apa saja yg terbenam dikepalaku..heheh

    dulu senang banget kalo ada yg comment…sampe belain blogwalking dg rajin, biar orang lain pada comment

    sampe sekarang saya memahami… bisa mengungkap pemikiran saya, sudah senang banget rasanya..nggak peduli lagi akan comment

  16. Mihael Ellinsworth berkata:

    Di Amrik sono Blog masih jadi raja, kok. Soalnya cabang blog di sana sudah banyak. Misalnya saja Podcast atau Photoblog. Sedangkan di sini yang sedang seret benwit saja, bisa pakai fasilitas Kronologger punyanya Bapak Budi Putra. Jadi jelas, kurasa, a-di-ktivitas Plurk, meski menggoda, tetapi hanya akan membunuh waktu (untuk mendapat karma) saja, belum akan jadi penggeser kharisma blog.

    Itu sih, IMHO.😀

  17. kenji berkata:

    pasti banyak blogger yang berhenti dan menjadi plurker… tapi tetap aja itulah dunia, ada yang lahir dan pergi

    sehebat apapun microblogging, pasti selesai juga akhirnya, sekarang ok plurk rajanya, who knows 2-3tahun lagi… cmmiw, tapi menurut saya itu kelemahan terbesar microblogging, ganti season, ganti media, the end dah😀

  18. Ricky berkata:

    idem, Blog is forevah.. ga ngerasa terancam juga..
    plurk itu media untuk me-narsis-kan diri yang paling POLL mentok..
    bagi yang ngga narsis2 amat malah capek, kok ada ya (banyak lagi) orang yang mau nulisin setiap menit atau jam hal apa aja yang dia lakuin seharian..
    apa ngga punya life lain selain internet?
    jadi tergantung orangnya seh.. suka yang mana..
    http://readingdigest.wordpress.com

  19. iman brotoseno berkata:

    ah rasa rasanya justru plurk yang lebih sesaat kok.
    Fenomena blog masih sudah digantikan. Saya sih cenderung blog sebagai media yang paling menarik, dan masalah kamu melihat bahwa saat ini tak banyak postingan menarik, saya pikir relatif kok chik…Masih banyak issue issue yang tak harus fenomenal untuk menjadi topik pembahasan menarik.
    * Makanya postingan jangan kopdar terus chik…he he..nyungsepppppppp

  20. Winnu Ayi berkata:

    blog gk akan mati kyknya… karena segmennya beda dengan plurk.
    plurk itu micro-blogging. so… konten yg ada di blog jauh lebih bervariasi drpd plurk.

    gk kebayang dah kalo tiba-tiba ex-menhan Juwono Sudarsono, nge-plurk. gmn isinya yaaa?

  21. Catshade berkata:

    Masalah terancam atau tidak, saya rasa itu tergantung bagaimana kita mendefiniskan ‘ngeblog’ itu sendiri. Kalau yang kita ambil esensinya adalah ‘seseorang menulis tentang suatu topik tertentu dan kemudian mempublikasikannya kepada khalayak ramai’, saya kira kegiatan itu sudah dimulai ribuan tahun sebelum blog ada, dan tampaknya tetap akan bertahan ribuan tahun setelah chika menulis ini. Blog sebagai medium yang kita kenal sekarang mungkin akan berevolusi di masa depan, tapi rasanya isi atawa content-nya nggak akan banyak berubah (baca: tetap ngeributin soal agama dan cewek😛 ) selama manusia masih mempunyai hasrat untuk bercerita.

  22. gestaltaddicttd1a berkata:

    Plurk tuh apaan? (buka wikipedia)

    Humm…

    Ga gitu ngerti Plurk tu apaan, tapi yang pasti Blog tetep akan jalan. Bahkan salah satu Blogger malah berhenti nge-Plurk gara-gara ga bisa balance antara Blog dia ama Plurk.

  23. nenyok berkata:

    salam
    Gw lagi jenuh ngeblog ga seperti suasana saat gw masih semangat2nya, lo bener mgkn ngerasa ga ada tantangan, lom nemu topik yang menarik buat gw dan yang jelas gi malas blogwalking kecuali klo itu bener2 menarik..heuheueheu..tapi klo ga menulis kok serasa masih ada yang ganjel juga ya..*curcol* btw meski telat met lebaran ya Chik..

  24. antown berkata:

    sebenarnya saya hampir tidk pernah malas untuk ngeblog. karena ngeblog itu banyak manfaatnya. cuma gara2 kemarin pas libur hari raya. 2-3hari gak OL, liat blog sendiri udah ogah. Akhirnya lari lagi ke plurk. Bener kata kamu chik.

    Brangkali plurk itu lebih enak untuk sesaat, karena bisa untuk pelarian buat mereka yang tidak bisa atau tak sempat merangkai kata panjng.

    Tapi kalo ide dah muncul maka saya tidak akan tanggung2 posting dan posting lagi. Demi eksistensi?? ehmmm… nggak juga. Sampe2 pernah sehari bikin posting 3 kali. Hohohoh… alhamdulillah.

    Sekarang saya semangat lagi. Obatnya memang kudu sering blogwalking biar ide terus mengalir dan tak akan pernah berhenti.

    Blogging dan plurking saat ini masih oke, kita tunggu aja kedepannya nanti. Mungkin ada yang baru yang lebih sensasi

    antown [mendambakan] blognya dikunjungi

  25. Abu Fathimah berkata:

    blogging dan plurking .. dua sisi yang perlu di update ..😀
    blog update tulisan plurk update informasi tentang aktivitas kita .. sama kayak twittering ..🙂

    so .. masalah blog mati atau nggak tergantung kitanya ..🙂

    sama kayak kena mode .. apakah hanya sekedar kormod atau memang bener2x suka di mode tersebut ..🙂

  26. mbelGedez™ berkata:

    Selama mingsih ada jamaah nyang bisa disesatkeun hidupnya, dan percaya Blog jelek adalah kitab suci sehari-hari nyang harus dibaca, ditambah Imam Madzab Bocor Alus™ nyang mingsih setiya memberi kothbah,….

    Maka Blog teteup ada….
    😆

    PS:
    Jangan klik balik komen inih !!!
    😯

  27. kita berkata:

    blog akan teteup eksis selama orang2 masih cinta dengan menulis sesuatu…kapan orang2 tidak mencintai tulisan,,saat itulah blog akan tidak eksis lagi..

    kayaknya…hehehe

  28. restlessangel berkata:

    chik….plurk mah buat sosialisasi dowank…
    aku blm liat fungsi lainnya spt misal nambah elmu…ato berbagi informasi yg komprehensif sampe jd media politis segala.

    jd ttp blog jd kekuatan tak terbantahkan….

  29. talythalethea berkata:

    terancam punah,,,,
    kaya dinosaurus yaa…
    tapi 50ribu taun kemudian jadi minyak bumi lho…
    ayayayay… komen yang ga penting..

  30. jugodaime berkata:

    lagi pula plurks beda dengan blog….pliurks cuma short message (pesan singkat)…jadi cuman cocok buat orang-orang yang ga suka nulis panjang….keberadaan plurk tidak mengancam keberadaan blog, sama seperti blog tidak mengancam website/situs…..

  31. andi berkata:

    menurut saya, memang sudah saatnya blog itu berhenti
    saya setuju kalau blog itu harus dihentikan, cika
    jangan nge-blog terus

    kalau memang suka menulis, sebaiknya menggunakan pena, tinta dan kertas

    atau menulislah di tembok

  32. edratna berkata:

    Ngeblog? tergantung kesempatan dan kemauan…lebaran tentu saja semangatnya kalah sama yang lainnya.
    Terancam? Mungkin tidak, tapi bisa jadi berubah dalam bentuk komunikasi yang lain.

  33. Garincha berkata:

    hmmm….tenang chik, setelah kemarin mengetik REGPRIMBON BLOGGER, balesan dari Mbah Djambrong blog masih tetap akan bertahan. Kalau di bilang Plurk ada blognya, berarti blog masih menang… For me, i still rather to choose Twitter than Plurk anyway…

  34. Paams berkata:

    hmmm kalo hal lain itu gak ada hubungannya sama tulis menulis seperti blog, kata saya mah bakal msh banyak yg setia sama blog, karena intinya menulis yang banyak, ga kaya plurk singkat begitu, jadi kan kurang aja gitu… kalo plurk saya gak ketagihan tuh :p mending nge blog kemana2 bu…

  35. ronggur berkata:

    kayaknya gak akan ilang chik blog ini… soalnya informasi yg diterima bisa banyak… coba kalo di plurk..sekali ketik cuma 140 char. Justru sepertinya model2 plurk yg bakal jadi tren sesaat kalo gak ada perkembangan.. liat aja twitter yg hampir kegusur ama plurk. eh bener gak sih? hihi

  36. takochan berkata:

    kangen suasana dulu? Saat perang tulisan? Iya.
    Terancam? Kenapa? Pangsa pasarnya beda. Rata2 ngeplurk untuk membunuh jenuh, lha, blog? Bikin jenuh? *ditabok*:mrgreen:

    Saya pribadi dua2nya jalan. Tapi entah nanti2, segala sesuatu kan berevolusi nantinya..

  37. Sawali Tuhusetya berkata:

    ngeblog saya masih semangat, mbak chik. blog masih saya prioritaskan untuk memublikasikan hal2 yang memang layak untuk ditulis dan dipublikasikan. walah, ini yang bikin saya sempat terkejut. demikian hebat daya tarik plurk hingga banyak bloger yang lupa ngapdate blognya, haks. saya juga ndak tahu, hanya sekadar trend atau memang bener2 menjadi media yang serius?

  38. draguscn berkata:

    selain karena selera seperti om mansup bilang bisa juga karena keterbatasan koneksi .. bila jaringan telkomsel sudah 3G semua sampai ke kecamatan ndeso seperti saya .. mungkin plurk akan jadi lebih menyenangkan .. espescialy kalo ada fasilitas khusus dari jaringan-jaringan besar seperti telkomsel dan indosat.
    Tapi selama pemerataan bandwith belum baik, di daerah lelet hanya bisa bikin tulisan offline sambil sesekali online utk update blog.

  39. ahsani taqwiem berkata:

    semoga blog tetap abadi atau mendekati abadi meskipun tak ada yang abadi
    *ngomong apa sih*
    selama manusia masih menulis maka blog akan tetap ada, jangan mati dulu donk, saya baru saja mulai mencintai blog…
    jabat erat,

  40. TopiQue berkata:

    hmm,,, sebenernya PLURK ntu bukan ancaman,, hanya saja perhatian dan fokus kita buat menulis blog biasanya sudah habis buat nanggepin response2 PLURK yg kadang terus bertambah gak kira2…

    buat saya, BLOG tetap prioritas walopun jarang updet karena keterbatasan benwit…

  41. goldfriend berkata:

    Saya kangen dengan saat-saat dimana blog sedang ramai, banyaknya topik-topik menarik yang dibahas serta perang tulisan yang membuat saya menambah pengetahuan. Kapankah saat itu akan kembali?

    Ehm, gampang sih menurutku. Baca aja blog fertobhades.😆

    Kalau blog terancam, kan tinggal pindah ke trend lain. Katanya hanya trend sesaat….

  42. Hannie berkata:

    dulu waktu liat plurk sempat mau bikin juga. mikirnya sih, asik nih, bisa ngeblog-singkat. he… palagi belakangan ini saya kan susah banget cari kesempatan buat ngblog.
    tapi ternyata mpe skg ga jadi-jadi tuh bikin plurk. malah sekarang jadinya pengen lebih rajin lagi ngblognya. curi2 waktu di kantor, he he…

  43. almascatie berkata:

    Saya kangen dengan saat-saat dimana blog sedang ramai, banyaknya topik-topik menarik yang dibahas serta perang tulisan yang membuat saya menambah pengetahuan. Kapankah saat itu akan kembali?

    😦

  44. henny p berkata:

    menurut saya, ada perbedaan karakter antara blog dan plurk,fs,fb,dll. Blog hidup dengan minim campur tangan corporate karena mereka hanya penyedia hosting saja, sementara content dan fasilitas lain-lain dari blogger. Jadi blog (harusnya) lebih lama bertahan

  45. Rindu berkata:

    Blog untuk saya adalah media menulis, menulis dan menulis apa saya … lagi semangat nulis, lagi gak semangat ya nulis juga. Pokoknya apa aja saya tulis di blog.

    Dan selalu ada yang akan saya tulis, karena blog adalah buku harian saya … jadi gak tahu apakah suatu hari saya akan berhenti, jikapun berhenti mungkin karena takut sama komentator [cerita lama]

    Kalo ditanya sampe kapan mau ngeblog … belum tahu jawabannya, karena memang gak punya tujuan khusus selain membuat blog itu catatan kecil harian saya saja.

    Love you cK …🙂

  46. viano berkata:

    belum ada yang mampir diblog saya udah ada yang ngabari kalo eksistensi blog bakal terancam…saya si cuma kasihan kalau2 hal ini bakal terjadi kasihanya kepada mereka2 yang sudah menyatakan dirinya menjadi seleb blog. siapa yang bakal memberikan apresiasi terhadap mereka😦

  47. tere berkata:

    gw masih kok ck buat nge-blog, wlpn msi jarang2 hehehe.. tp at least nge-blog lah dikit2.. beda kan sm elo yg jam terbangnya udah tinggi..hohohohooo..*udh kyk awak kapal ajah*

  48. Indah Sitepu berkata:

    masih lebih suka ngeblog..

    karena suka nulis yang panjang-panjang, kalau plurk cuma seiprit doank yang ditulis.

    tidak cukup untuk melampiaskan nafsu menulisku hehehhehe…

    dah coba plurk, tapi belum menemukan sisi menyenangkannya…

  49. -=«GoenRock®»=- berkata:

    Saya tetep menjalanken ritual apdet blog minimal sebulan sekali kok. Justru dari tret-tret ndak jelas di Plurk itu yang jadi ide buat bahan postingan di Blog. Walaupun belum tereksekusi juga sampai sekarang (tears)

  50. silly berkata:

    ahhh, itu cuma perasaan dek Chika ajahhh…

    buktinya saya sendiri masih tuh update blog minimal 3 hari sekali… biasanya sih nyaris lebih cepat lahhhh…. solanya kalo blog gak makan waktu banyak, sementara plurk ya mesti dipantengin disituuuu ajahhh, karna seringkali topiknya seru dan ngegemesin pengen ikutan komen…

    blog itu memang wadah untuk menulis chika… saya juga sangat mencintai dunia menulis, kalo sehari gak nulis rasanya gimana gitu dehhh, tapiselamanya di blog juga, kadang di WP, yang penting intinya, NULIS.

    hayooo, terus menulis chika…🙂

  51. Tito berkata:

    menurut saya gak bakalan plurk bisa gantikan blog, krn konsepnya udah beda…

    plurk lebih mirip chatroom ketimbang blogging, karena interaksinya lebih langsung… jadi kemungkinan plurk lebih mengancam dunia per-chatting-an ketimbang dunia blog..

    just my 2 cents

  52. Abdurahman berkata:

    Enggak kok, ga bakalan terancam(setidaknya menurut saya :))

    Blogger dunia yang sekarang ngetop: Michael Arrington dengan TechCrunch-nya, trus ada lagi Robert Scoble dengan Scobleizernya mampu memberikan publik “pencerahan” daripada media tradisional, karena apa? mereka menambahkan opini dalam tulisan mereka, 2 orang diatas yang saya sebutkan memang expert dalam bidangnya.

    Nah.. buat dunia bisnis juga, blog jadi sarana buat mencari informasi dan pendapat.. kalau di bidang IT, kan sudah banyak tuh, caci-maki ke microsoft, atau bahkan Apple,jangan lupa juga Dell(michael dell secara pribadi blogwalking loh, buat mencari kepuasan&ketidakpuasan customernya terhadap produknya) nah..

    sama CEO masing2 perusahaan tersebut.. blog dijadikan sumber masukan buat mereka…

    selama bisa memberikan manfaat, blog tidak akan tenggelam kok…sante saja..🙂

    salam hangat buat blogger semua disini ^_^

  53. ARD berkata:

    kalo sya sih baru di dunia blog jadi masih enjoy..
    oh iya tante,yang jadi masalh menurut ku,banyak temen ku yang bikin blog cuma buat dipasangin adsense,jadi prioritas utama ngeblog mereka tu adsense..
    menurut saya itu yang lebih serem…

  54. iBnu berkata:

    gak mungkin banget blog akan tersingkirkan oleh hal lain
    karena bagaimanapun juga blog lebih lengkap dan beragam

    gak ada alasan u/ blog bisa tergantikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s