Main Musik Sampai Tua

Tahukah kamu bahwa bermain musik itu tidak mengenal umur? Bahkan jika umurmu sudah berkepala 5, tidak pernah telat untuk belajar musik kecuali sudah uzur dimana tidak bertenaga untuk menekan tuts piano, memegang biola ataupun meniup saxophone.

Banyak para musisi yang terus berkarya tanpa memperhitungkan umur, seperti Titiek Puspa. Di umurnya yang memasuki kepala 70 tidak membuat Titiek berhenti berkarya. Almarhum Chrisye, beliau benar-benar eksis di dunia musik hingga akhir hayatnya. Bubi Chen, pemain Jazz yang saya temui di JakJazz dan Java Jazz, beliau terlihat anggun memainkan jari-jarinya di piano walaupun saat ini beliau berjalan dengan dibantu kursi roda. Begitu pula dengan Purwacaraka, beliau adalah musisi yang walaupun sudah tua tapi masih tetap gaul handal yang karyanya malang melintang di dunia film dan sinetron.

Ada yang bilang profesi bermusik itu masa depannya tidak jelas karena mengikuti mainstream. Tapi bukan berarti musisi tidak bisa mencari uang, tho? Saudara ipar saya seorang music director dan beliau bisa mengecap hasilnya dari bermusik.

Pada intinya, umur tidak menjadi penghalang untuk tetap eksis di bidang musik. Saya pun jadi menerawang, apakah saya akan tetap bermain musik dan mengajar musik sampai tua? Atau terhenti karena kesibukan main job saya? Hanya Tuhan yang tahu…

Gambar di ambil dari sini.

PS: Postingan pendek. Lagi ga mood nulis.๐Ÿ™„

78 thoughts on “Main Musik Sampai Tua

  1. aRuL berkata:

    weh ini menunjukkan chika konsent bermusik dong๐Ÿ˜€
    wah bentar lagi cK jadi seleb benaran, ngak hanya di dunia maya๐Ÿ˜€

  2. rumahkayubekas berkata:

    Tahu sekali sayah.
    Main musik emang ngga kenal usia dan selalu menyenangkan.
    Sebaiknya malah bila memang memungkinkan ya dilakukan setiap orang. Apa, bagaimana dan sesederhana apapun.
    Dari mulai sekedar jrang- jreng jrang- jreng pake gitar butut sebagai selingan sampai serius secara profesional,

  3. cK berkata:

    @ danalingga
    *ngeliatin nyamuk masuk mulut dana*๐Ÿ™„

    @ arul
    siapa yang bilang saya mau bikin album?๐Ÿ˜•

    @ diki
    emang ayam punya 10 jari?:mrgreen:

    @ kopral geddoe
    duh..kok pada nyangka saya bikin album sih??๐Ÿ˜•

    @ ojat
    itu bisa. buat backing vocal..๐Ÿ˜†

    @ mbelgedez
    soalnya potingannya pendek..๐Ÿ˜†

    @ c e l o
    susah. saya main musiknya rada nge-rock, tapi classic gitu. 8)

    @ blu3shoes
    betul.๐Ÿ˜€

    @ fajar
    duh…ini juga! kemakan gosip!๐Ÿ‘ฟ

    @ gum
    biasanya piano atau keyboard.:mrgreen:
    galon aqua? itu bisa buat musik tuh..๐Ÿ˜†

    @ rumahkayubekas
    betul kang. banyak musisi-musisi yang sudah senior masih terus berkarya..๐Ÿ˜€

  4. deteksi berkata:

    kecintaan dan dedikasi bubi chen terhadap musik ini memang sangat besar. secara periodik, radio suara surabaya mendatangkan beliau dan anaknya di acara jazz traffic untuk sharing ilmu tentang musik jazz

  5. G berkata:

    Saya kalo ga salah nonton di Jogja TV (apa iya ya?). Di daerah Bantul ada nenek tua yang usianya 100 tahun lebih, dan masih aktif ngamen pake… *duh lupa nama alat musiknya*

  6. cK berkata:

    @ rumahkayubekas
    hehehe…masalahnya jam latihannya ituh.๐Ÿ™„

    @ rd limosin
    gapapa. dengerin musik bisa bikin awet muda lho. 8)
    *teori dari mana pula itu?*๐Ÿ˜†

    @ deteksi
    iya tuh. saya salut ama bubi chen yang masih aktif tampil di festival-festival jazz.๐Ÿ˜€

    @ gentayanganโ„ข
    *skip pertanyaan ga penting* 8)

    @ g-string
    wah…hebat tuh nenek-nenek. 100 tahun masih ngamen?๐Ÿ˜ฏ

    @ fauzansigma
    yup… ^^

    @ kopral geddoe
    dasar difo! *timpuk*
    btw tadi kemana? dipanggil kok ga nyahut?๐Ÿ˜

    @ baliazura
    wah…itu bakal menjadi misteri illahi..:mrgreen:

  7. nophanyahya berkata:

    wah, om bubi, terakhir ketemu pas event jazz Super Premium Java Jazz 2008 kemaren, sempet foto bareng, ngobrol2, beliau dateng pake kursi roda, semangat, senyum dengerin musisi-musisi jazz lainnya melantunkan melodi indah, saya salut banget sama beliau, btw, nice post, a very very nice post (udah bosen liat dashboard isinya fitna fitna dan fitna, akhirnya muncul juga yang berkualitas)

  8. venus berkata:

    ga bisa main musik, cuma bisa genjreng2 sedikit pake gitar. tapi sungguh sangat tidk disarankan mendengar saya main gitar. sayangi telinga anda! :))

    **nguap juga. jam 1 wooiiii…

  9. maagoksbanget berkata:

    fiiling pemain musik makin tua makin OK??? saya jamin yang lebih tua makin mahir maen musik nya??? sukses terus buat anda????

  10. erander berkata:

    Tahukah kamu bahwa bermain musik itu tidak mengenal umur?

    Saya tahu .. saya tahu .. !!!
    *sambil acungkan jari telunjuk ke atas*:mrgreen:

    Kalo sempat baca Kompas kemaren, ada tulisan dari Experd Manajemen tentang kecerdasan kognitif yang harus terus menerus dilatih walaupun usia sudah tua.

  11. tukangkopi berkata:

    pesan gw:
    cari calon suami yang hartanya nggak habis tujuh turunan, nikah, resign dari main job-mu itu, abis gitu puas-puasin deh maen musik sampe tua..๐Ÿ˜ˆ

  12. singowoh berkata:

    Iya lho, buktinya di lampu merah itu tidak cuma anak muda yang memainkan alat musik sederhana (kicik-kicik), ada juga yang sudah berumur. :p

  13. BLOGIE berkata:

    Kalo mau makin pangjang umur dengan musik, main musikna turun ke jalan dong, chik.. Hibur para pengamen tua-tua dan anjal-anjal yang lusuh-lusuh itu dengan ngikut ngamen.๐Ÿ˜€ Hasil uang recehna balikin sama mereka-mereka dengan senyum…

    Dijamin deh panjang umur…!! Satu abad pun insya alloh bisa cK babad!
    :mrgreen:

    wkwkwkkw…

    PISS!!๐Ÿ˜›

  14. grace berkata:

    lagi ga mood posting ya, tante?
    sama… *ikut nguap*
    saya pengin maen musik, piano ato biola, tapi gada darah musik sama sekali nih…jdnya belajar kaya apa juga, tetep aja ancur…
    *payah*

  15. restlessangel berkata:

    bahagiaaaaa deh, punya passion utk apapun itu, bahkan sampe tuaaaaa….
    kagak ada matinye….
    *iri sekali dg orang2 spt itu*

    eh chik, apakah isi postingan itu jg berlaku utk orang yg mo mengejar mimpinya ?? ga papa gituh, ngejar mimpi, walo udah ga muda lg dan udah mapan di kantoran ??

    hehehe

  16. irrrr berkata:

    inget pencipta bengawan solo, klo ga salah beliau beberapa taun lalu dapet anugrah sebagai musisi yang mengeluarkan album dengan umur tertua,

    ckckckkc…. ayo.. yang muda jangan mau kalah….

  17. stey berkata:

    gw punya temen yang hidupnya emang mati2an bergantung sama musik, ga peduli kalo dia bahkan jadi seperti gembel karena itu. Tapi gw respect ma dia karena dia memegang teguh prinsipnya yang mau hidup hanya dari musik, sesuatu yang gw ga bisa karena gw masih terlalu butuh duit, hehehe..

  18. jumawa berkata:

    bermusik sih nggak pa paโ€ฆ tapi kalo dandan rokerโ€ฆ.๐Ÿ™„

    yahui! ayo mbak chika dandan roker sampe tua!! saya pesen album perdananya!!:mrgreen:

  19. Rystiono berkata:

    Di lingkungan saya juga ada loh yang maen musik sampe tua…

    Namanya Group Pak Koco… sudah bisa ditebak, alirannya bukan Jazz atau Rock, melainkan Kroncong ndak pake protol.

    Satu lagu 2rb-5rb masuk kantong…hehehehe…

    Walaupun begitu…bisa nyekolahin anak-anaknya sampai kelar sarjana loh…hebat nggak tuh…??? *sambil berkaca-kaca menahan haru*

  20. cK berkata:

    @ titov
    belum. ^^

    @ antobilang
    *tendang anto*๐Ÿ‘ฟ

    @ luca
    unfortunately i don’t understand about your blog.๐Ÿ˜ฆ

    @ menik
    betul tuh. malah pernah ada yang umurnya 25 baru belajar piano lho..๐Ÿ˜€

    @ nophanyahya
    iya, saya juga kagum sama semangat bermusik bubi chen. dan masih banyak musisi seperti bubi chen yang terus bermusik sampai tua.๐Ÿ˜€

    @ antown
    sayangnya di indonesia ga ada sekolah macam begitu.:mrgreen:

    @ jay
    lagu twinkle-twinkle little star ga susah lho.. 8)

    @ iman brotoseno
    udah di posting tuh kopdar kemaren.๐Ÿ˜›

    @ venus
    ga coba duet sama juragan, mbok? 8)

    @ raffaell
    bukannya sudah tua?:mrgreen:

    *dilempar mekbuk*

    @ maagoksbanget
    iya. semakin tua biasanya semakin terasah kemampuannya. tergantung kapasitas latihannya juga sih.๐Ÿ™„

    anyway, makasih… ^^

    @ erander
    wah…kayaknya bagus tuh bang.๐Ÿ˜€ *nyari kompas*

    @ nazieb
    *tendang nazieb yang sok muda*๐Ÿ˜ˆ

    @ tukangkopi
    sayangnya musik itu hanya untuk sampingan saya. 8)
    lebih suka dunia jurnalis.. ^^

    @ singowoh
    betul.๐Ÿ˜†

    @ rindu
    wah…rindu yang main gitar ya?๐Ÿ˜€

    @ adityawirawan

    Sampe sekarang saya hanya bisa memainkan batang kayu yang panjang nan diberi tali2 tipis๐Ÿ˜€

    batang kayu pakai tali kolor?๐Ÿ˜ฏ ๐Ÿ˜†

    *digoreng*

    @ blogie
    ah…saya tidak terfokus untuk berkarir di musik kok. itu khan untuk sampingan saja. 8)

    @ grace
    ah, kamu emang dari dulu-dulu nggak mood bikin postingan.๐Ÿ™„

    coba suling deh. kayaknya lebih mudah..:mrgreen:

    @ suandana
    waaah gamelan?๐Ÿ˜€ saya ikutan donk. saya juga suka main gamelan.. ^^

    @ restlessangel
    hehehe…bisa juga lho. pesan tersembunyi hehe..๐Ÿ˜›
    intinya sih asal kita niat dan mencoba fokus di bidang itu, insya Allah bisa kok.. ^^

    @ itikkecil
    bakat situ menggombal sih.. 8)

    *dipentung*

    @ irrrr
    iya tuh. simbah gesang memang huebad!๐Ÿ˜€

    @ irwan
    kalo saya biasanya sindenan. 8) ๐Ÿ˜†

    @ ries
    masih bisa sih. tapi bentuk penjariannya biasanya kurang bagus. cuma kalau dicoba dan latihan yang serius, pasti bisa. teman saya ada kok yang mulai belajar piano pas sma. sekarang malah lebih jago dari saya.. ^^

    @ stey
    cari duit dari musik juga lumayan lho mbak.. tapi kadang orang nggak tahu kemana harus mencarinya itu. mesti sering cari informasi aja.

    @ takochan
    apa ini?๐Ÿ˜• *tendang desti ke tempat tidur*

    @ jumawa
    …๐Ÿ˜

    @ ina
    duh…dibilangin ga bikin album… = =!

    *ansab*

    @ dimasu
    jangan sirik donk. 8)

    *ditimpuk dimasu*

    @ hoek soegirang
    hehehe…saya belum tahu akan terus bermusik dan ngeblog atau tidak. biarkan waktu yang menjawab.. 8)

    @ rystiono
    wah…hebat tuh. kalau diseriusin pasti berhasil.๐Ÿ˜€

    @ otakiphan
    situ khan doyannya maen cowok komputer…๐Ÿ™„

    *ngibrit*

    @ -=ยซgoenrockยฎยป=-
    heh…pengen ngejem? saya biasanya main classic. ntar malah nggak nyambung sama aliran sekarang.๐Ÿ™„

    @ niez-nya adit
    ya enggaklah…๐Ÿ˜

    @ adit-nya niez
    iya..iya…๐Ÿ™„

    @ cy
    duh…nggak ada yang bikin album.. = =!

  21. cK berkata:

    @ bedh
    pasang radio aja..:mrgreen:

    @ almas
    tapi ke jakarta dulu ya…:mrgreen:

    @ donnie yodha
    walah…lama bener abis pensiun..๐Ÿ˜

    @ faro
    masih donk. 8) sekarang udah mulai rutin kok.. ^^

  22. Silly berkata:

    Wahhhh…. chika, saya pengen sekali bermain musik sampe tua… problemnya saya …ndak bisa musik, hahahahahaha,…

    Ehh, tapi ini serius nich… saya bisa gitar, dikit2… itupun kalo lagi gak manajngin kuku… Kalo lagi ngerawat kuku, main gitar… pinjam tangan orang, hahahaha… alias minta diiringin…

    Trus main organ (bukan piano, kalo piano sini gak gape, hehehe…), tapi hanya bisa yang kunci C…. Kalo naik satu oktaf, udah gak bisa…. kecuali naikk…. keatas lemari, hahahahaha

    Thank for your support ya Chika.. You’re nice girl to be friend with๐Ÿ™‚

  23. cK berkata:

    @ silly
    gimana kalau anaknya mbak silly di-les-in musik?:mrgreen:
    siapa tahu bisa main musik sekeluarga..๐Ÿ™„ ๐Ÿ˜†

    saya juga suka main gitar, tapi sekarang gitarnya udah gak ada hehehe..๐Ÿ˜›
    kalau main piano, kuku nggak boleh panjang, udah itu jari saya bantet huahuahuaha..๐Ÿ˜†

    @ nunik
    makasih.. ^^
    tapi saya males kirimnya hehe..๐Ÿ˜›

Tinggalkan Balasan

