Wajar Kalau Jakarta Banjir

Ketika sedang jalan-jalan dengan teman menggunakan mobil, tiba-tiba seorang teman saya membuka jendela dan langsung membuang sampah tissue seenak dewe. Saya yang melihat hal itu langsung protes ke teman saya.


cK: “Duh, pantes Jakarta sering banjir. Warganya aja nyampah kayak gini.”

.

Teman: “Hehe…ya gapapa buang keluar. Daripada mobil ini kotor banyak sampahnya?”

.

cK: “Ya sampahnya disimpan dulu. Nanti kalau ada tempat sampah, baru dibuang. Saya aja biasanya timbun di tas dulu. Nanti kalau nemu tempat sampah, baru dibuang.”

.

Teman: “Males ah. Lagian got-nya udah kotor kok. Khan sekalian aja.”

.

cK: “Justru orang yang pemikiran kayak kamu itu yang bikin Jakarta banjir. Giliran nanti banjir, pada komplain. Bilangnya warga Jakarta jorok. Padahal sendirinya juga salah satu dari penyebab banjir. Coba ada seribu orang yang pemikirannya kayak kamu, kebayang nggak gimana tuh Jakarta? Got-got bakal penuh sampah.”๐Ÿ™„

.
Teman: *terdiam*

.
.

cK: “Ya pokoknya jangan diulangi lagi. Ini khan untuk Jakarta juga.”

.

Akhirnya teman saya terdiam begitu saja. Di satu sisi saya merasa tidak enak menasehati panjang lebar soal sampah. Namun saya pribadi tidak suka melihat orang buang sampah sembarangan begitu saja. Memangnya enak melihat sampah bertebaran?

Ketika musim hujan tiba dan banjir melanda Jakarta, warga mengeluhkan penyebab banjir yakni got yang kotor, banyak sampah, sistem perairan yang salah dan masih banyak keluhan lainnya. Kenyataannya, mereka juga salah satu penyebab semua itu.

Sampai kapan kita akan sadar soal sampah?

143 thoughts on “Wajar Kalau Jakarta Banjir

  1. Sawali Tuhusetya berkata:

    Nggak Chika ndak bermaksud menyindir saya yang suka nyampah di blog mbak Chika, kan? hehehehehe๐Ÿ˜† emang benar, mbak. kalau setiap warga jakarta mau sedikit bersabar untuk tidak membuang sampah di sembarang tempat, jakarta bisa jadi nggak jadi langganan banjir, yak!

  2. Hoek Soegirang berkata:

    *siyul-siyul diwarnedh*
    ah…banjir? furwokerto kalo samfe kebanjiran, brarti cilacaf uda jadi laudh…
    mhuahuahuahuahuahuahua!!!
    be te we, hal tersebudh juga berlaku di blogosphere lho…๐Ÿ˜‰
    *melayang-layang*

  3. Pyrrho berkata:

    ah, sepertinya saya menangkap pesan tersirat di tulisan Chika kali ini

    Jangan Nyampah di Blog Orang Lain

    Ini benar-benar satir… ini satir tingkat tinggi, dengan memakai perumpamaan membuang sampah dengan fenomena nyampah di blogsphere. Ternyata Chika jago satir juga yak ? ๐Ÿ˜†

    *bukan begitu, Chik ?*
    *ini nggak nyampah lho…*

  4. Sugeng Rianto berkata:

    Seetttujjuuuh…!!! Pokoknya jgn buang sampah sembarangan.๐Ÿ˜‰

    [***sambil mikir, komen saya jenis sampah organik apa non-organik ya?!***]๐Ÿ˜†

  5. didut berkata:

    sep … kita memang hrs mulai dari orang di sekitar kita dulu … memang butuh usaha loh seperti rasa tidak enak ituh๐Ÿ˜€ Selamat berjuang๐Ÿ˜€

  6. caplang[dot]net berkata:

    bisa beli mobil tapi ga bisa beli tempat sampah?๐Ÿ˜†
    tapi ga cuma pemilik mobil kok…
    masih banyak yg ga rela nyimpen sampahnya sebentar
    ditaro di kantong sampe nemuin tempat sampah

  7. adesnugros berkata:

    asekk ada neng chika..
    mao pamer share aja..
    dulu saia pernah manggung (ngeband) di kampus, waktu itu diundang sama komunitas pecinta alam & musik. acaranya peringatan hari bumi gitu deh, 22 april 2005. isi acaranya di antaranya ada pemutaran film, live music performance, dll yg berkaitan dengan tema cinta lingkungan
    yang bikin terharu, di akhir acara kita semua yang nonton, pengisi acara, & panitia membuat sebuah ikrar, mulai saat itu tidak akan membuang sampah sembarangan lagi
    sampai sekarang saia masih berusaha untuk memegang ikrar tersebut

    chika udah ngecek imel lagi?

  8. sezsy berkata:

    jangan buang sampah sembarangan tapi di trotoar ga disedian tempat sampah sich sama aja boong khan??? :p

    (“,) starboard
    iyah…setuju… padahal laut jakarta katanya udah ga sehat…
    eeee…ditambahin kolornya saipul..
    males khan ngebayangin pas lagi makan ikan trus di dagingnya ada tulisan ‘rider’..
    hiiii….

  9. Rystiono berkata:

    Ya bener banget tuh…got2 di Jakarta kan kecil.

    Lah wong di sini aja got nya puluhan meter (bengawan solo) aja masih bisa banjir karena sampah kok. Apalagi yang gotnya kecil.

    Btw, agak OOT, karena kemarin cK jawabnya pertama tapi setengah benar, aku kasi domain .info 1 tahun tapi namanya nggak bisa milih. Aku forward kemari. Coba cek http://chikastuff.info

    Selamat ya cK…selanjutnya aku komen di ruang OOT.

  10. cK berkata:

    @ adit-nya niez
    ah, ga perlu dit. 8)

    @ fajar
    tapi di daerah bukit duri langganan banjir..

    iya tuh. orok juga dibuang diselokan… *miris*

    @ nico
    nggak apa-apa. abis itu saya cubit-cubitin kok..:mrgreen:

    @ mr. fortynine
    iya deh..๐Ÿ™„

    @ niez-nya adit
    kayaknya belom beli..:mrgreen:

    @ sawali tuhusetya
    iya tuh. seandainya aja semua mau susah sedikit…

    @ hoek soegirang
    purwokerto tinggi ya??๐Ÿ˜•

    @ pyrrho
    wakakakk…ini nggak satir kok. bener deh..๐Ÿ˜†

    ini cuma sekedar curhat. soalnya kejadiannya belum lama..๐Ÿ˜

    *kebiasaan posting dari kehidupan sehari-hari*

    @ sugeng rianto
    vote for chika, ya.. 8)

    @ extremusmilitis
    betul mus…๐Ÿ˜€

    @ didut
    makasih.๐Ÿ˜€
    memang rasanya agak berat apalagi ke orang yang udah dikenal..

    @ bla_vn
    hehehe…saya betah disini..:mrgreen:

    @ tukangkopi๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜†

    @ almascatie
    mending buat saya!๐Ÿ˜ˆ

    @ danalingga
    kamu juga jangan buang sampah sembarangan, ya..:mrgreen:

    *sok nasehatin*

    @ starboardโ„ข
    iya tuh. ngotor-ngotorin laut aja…๐Ÿ˜

    @ itikkecil
    apa ya namanya?๐Ÿ˜•

    hihihi…saya mah cuma nggak suka sampah bertebaran, itu aja.๐Ÿ˜€

    @ nike
    nyampah apa nih??๐Ÿ™„

    *siul siul*

    @ suprie1983
    tapi sering ke jakarta khan?!:mrgreen:

    @ guntar
    tampaknya teman saya nggak berani bilang itu.:mrgreen:

    @ goop
    usul dipertimbangkan..๐Ÿ˜†

    @ caplang[dot]net
    iya tuh..๐Ÿ˜

    kalo om caplang gimana?:mrgreen:

    @ nazieb
    *masukin nazieb ke kotak sampah*๐Ÿ˜ˆ

    @ adesnugros
    wah…keren tuh.๐Ÿ˜€

    seandainya semua orang mau berpikir seperti itu. ^^
    imelnya sudah saya balas. maaf kalau saya tidak sempat membalas. sibuk nih..๐Ÿ˜ฆ

    @ venus
    wakakakakk…saya nggak tega nabok teman saya..:mrgreen:

    @ sezsy
    iya tuh. pemerintah juga kayaknya kurang perhatian soal ini. karena itu tinggal kesadaran dari masing-masing aja..๐Ÿ˜

    @ diki
    wikikiki…saya bisa dipecat jadi teman..๐Ÿ˜†

    @ detnot
    iya tuh. disini kebanyakan gedung juga sih…๐Ÿ˜

    @ rystiono
    hostingnya lagi error ya? saya kesana tapi bandwidth limit exceeded…๐Ÿ˜

    @ labyrinth
    wakakakk…siyal!๐Ÿ˜†

    itu saya dan teman saya…๐Ÿ˜†

    @ arul
    betul rul. kalau bukan kita, siapa lagi?๐Ÿ˜€

    @ mankarya
    wakakakak…ada gitu ya duta sampah?๐Ÿ˜•

    @ funkshit
    gimana kalau bekisar mampir ke jakarta?:mrgreen:

    @ nana
    mudah-mudahan..๐Ÿ™‚

  11. Raffaell berkata:

    siplah dimulai dari nasehat CK semoga 1000 orang lagi ngerti akan hal ini, dan jakarta pun ga jadi banjir….

    btw ikon monyed nya lucu banget, mau dong ck…..

  12. takochan berkata:

    Ahh, tetep berpikiran seperti ini ya tante, sapa tau nular ke temen2 tante yg laen kan, gpp d kalo ‘sedikit cerewet’ utk masalah satu ini. Lagian bersih itu sebagian dari iman kan๐Ÿ˜‰
    Anyway, iman itu sapa ya? *dilempar ke pelukan mas nunu’ krn nyampah ngawur*๐Ÿ˜†

  13. rie ngga login berkata:

    MODE NGGA DUDUL: ON
    wah2…mungkin temenmu ntu belum pernah ngrasain rumahnya kerendem air kali, ato belom pernah ngrasaain gimana susahnya tidur, makan, buang air dikala banjir..
    makanya masih suka semena2 gitu..๐Ÿ™„
    tapi masa sih perlu kena banjir dulu baru mau sadar?

  14. sandemoning berkata:

    kalo jekate gak banjir, tipi gak seru chick. biar orang-orang kelurahan pada punya kerjaan, gak mungli ktp terus… biar gubernur jakarte yang gajinya seabrek itu rada ada kerjaan, sukur kalo ada yang misuh-misuhi. ups, sory pak gub…

  15. Ina berkata:

    Chika sadis banget..!!!! *kebayang temannya chika yg abis dimarahin*
    kacian amat…tp emang kudu digituin kok chik biar jera. ๐Ÿ‘ฟ

    Buang sampahlah pada tempatnya.
    Seperti aku saat ini khan chik, nyampah di blog km.:mrgreen:

    *kaburrrrrrrrr*

  16. hariadhi berkata:

    Hoeeee… baru juga mau post masalah ginian, tante CK udah ngeduluin.

    Iyah… dudud nih. Semua orang protas protes soal pemda ga becus. Lah sendirinya buang sampah seenaknya. Di tempat gw tuh banjir bukan gara-gara ga ada saluran air. Tapi dimampetin orang-orang goblok yang ga bisa make matanya untuk liat ada tempat sampah 5 meter dari sana.

    *huffff.. hufff… nahan emosi.

    Emang tolol yang buang sampah sembarangan. Apalagi yang buang softex ke wc. (lah apa hubungannya? 0_o)

  17. Dimas berkata:

    Saya rasa kebersihan memang memiliki hubungan dengan budaya. Di negara maju seperti Australia sejak kanak-kanak mereka terus dilatih untuk membuang sampah pada tempatnya, dan juga diberi sosialisasi tentang lingkungan. Dan pemerintah mereka juga concern terhadap lingkungan.
    Mungkin jika kita membandingkan Indonesia dengan Malaysia, di sana membuang ludah saja kena denda, sangat jauh berbeda dengan Indonesia. Jadi bagaimana solusi negara kita yah? Mungkin kita bangun pelan-pelan dari kesadaran untuk mencintai lingkungan kita. Tapi repot juga, anaknya disuruh buang sampah pada tempatnya sementara emaknya sendiri buang sampah seenaknya…hahaha. Bagaimana dengan pemerintah? Nah biasanya dimulai dari masyarakat dulu baru pemerintah menyusul. Jadi mari kita berusaha untuk menjaga dan mencintai lingkungan kita๐Ÿ˜€

    Thanks Chika atas postingnya๐Ÿ˜‰

  18. ridu berkata:

    gimana kita warga jakarta ngelakuin kaya blogger bekisar yang bersihin pantai kemarin?? yaa ajak yg laen juga (bukan blogger) biar gak terlalu berat (secara sampah udah jadi pemandangan sehari2 di jkt)

  19. purmana berkata:

    Bukan salah orangnya kok…!!!

    Saya yakin kalo temennya Chika itu kebetulan pergi ke Singapura yang peraturan kebersihannya ketat pasti tuh orang gak akan buang sampah sembarangan…..

  20. indrio berkata:

    Duh, sebenernya males jadi komentator yg ‘kesekian’. But gw concern banget kalo soal sampah.
    So, gw no comment deh ..bingung mo ngomong apa.
    Nyampah komen disini aja deh .. heheehehe

  21. ika berkata:

    terus kapan jakarta mau bebas banjir ya chik kalo orang2nya kek temenmu semua misalnya,,welaa..kekna lom kapok2 sama banjir yang tiap taun melanda..heheheh

  22. Cak Arif berkata:

    Jadilah orang cerewet di Indonesia kalau baik, karena Indonesia memang harus tebal muka untuk jadi baik.

    Kalau masalah sampah bisa kunjungi LSM PUSDAKOTA di Surabaya, siapapun bisa untung dari sampah atau lihat kota Sidoarjo yang terkenal Lapindonya aja, disana juga ada desa percontohan pengelolaan sampah.

    Yang bisa menurunkan iuran RT hanya dari sampah, hayo siapa yang mau jadi pengusaha sampah….

    Salam,
    Cak Arif

  23. norie berkata:

    Kenapa ya orang Jakarta waktu singgah di Singapore bisa tertib buang sampahnya?๐Ÿ˜• Apa karena ancaman denda yang gede bengets? Saya rasa bukan. Menurut saya karena orang itu tidak menemukan orang lain yang buang sampah sembarangan. Jadi intinya, orang Jakarta itu ikut-ikutan. Seandainya mulai banyak orang di Jakarta yang buang sampah pada tempatnya pasti Jakarta bisa lebih bersih.

  24. cK berkata:

    ALERT!! ALERT!! Beberapa ruas Jakarta terbenam. Saya aja nggak ngantor karena akses ke kantor tertutup.

    Mohon doanya dari semua blogger semoga hujan cepat berhenti dan air bah ini cepat surut…

  25. lei berkata:

    iya heran deh..temen gw juga bnyk yg gitu..
    mau bilang “hrsnya kesadaran buang sampah pada tempatnya ditanamkan sejak kecil” tapi kynya sia2, bnyk juga ibu2nya yg kasi conto ga bener..

    cape deh..yg penting gw ga buang sembarangan. kl banjir? at least gw mah ga ikut partisipsi bikin banjir deh..

  26. Meno Timika berkata:

    Itu Satu dari jutaan warga Jakarta yang nga tahu aturan tentang membuang sampah…

    Lah kalo dah banjir..pemerintah mulu yg disalahin, warganya aja pada ngawur…

    salut wat Ck Bandung, eh Ck Jakarta :D….

  27. Calvin Michel Sidjaja berkata:

    saya juga gerah sekali kalau melihat orang membuang sampah sembarangan, tapi kalau ditegur kesannya kita sok tahu begitu. Tapi sayangnya, walau kita telah membuang sampah pada tempatnya pun, sampan tersebut akan bercampur baur dan akan sulit terurai.

    Masyarakat Indonesia belum memiliki budaya seperti masyarakat jepang yang sudah terbiasa membuang sampah organik dan non organik sejak kecil๐Ÿ˜ฆ

  28. maskres berkata:

    kalo menurut saya warga bandung yang justru lebih dikenal kota sampah ini…jakarta sudah kehabisan pohon dan lahan hijau untuk penyerapan air, di bandung walo ampe kekurangan TPA, tapi kaya akan pepohonan…jadi yah luas cukup kompleks juga siy penyebabnya…*sudah terlanjur jadi bubur…

  29. eriek berkata:

    sepakat dengan antobilang, gara-gara posting ini Jakarta jadi banjir. Hehe…
    tapi, kayaknya setiap masuk bulan Februari ya Jakarta pasti banjir. tahun kemarin (2007) gitu juga kan?๐Ÿ™‚

  30. Sugeng Rianto berkata:

    @antobilang
    gara2 postingan ini jakarta banjir?

    Lebih tepatnya jakarta banjir gara-gara masyarakatnya ga baca postingan ini to! Barangx! :mrgreen:

  31. restlessangel berkata:

    turut berduka utk warga jakarta….
    kamu ngungsi mana chik ??:mrgreen:

    kl pacarku kayak gitu, alesannya : “ah tisyu kan gampang terurai, ga kayak plastik”

    rasanya pengen ku tonjok eh enggak dong….di elus2 lah ^^

    ngomong tu sama bang kumis, jgn lg bangun mall
    masak, kemarau kebakaran, hujan kebanjiran…
    jakarta oh jakarta

  32. cK berkata:

    @ rystiono
    cepet balik ya…๐Ÿ˜€

    @ raffaell
    amiin! semoga mereka mau sadar..๐Ÿ˜€

    btw ikon monyed nya lucu banget, mau dong ckโ€ฆ..

    bisa didapat disini..๐Ÿ˜€

    @ antobilang
    heran, kok mereka nggak malu ya berbuat begitu?๐Ÿ˜•

    @ ekowanz
    maunya sih SMP, Sehari Membersihkan Pantai…๐Ÿ˜†

    @ takochan
    betul des. makanya saya agak bawel soal beginian..:mrgreen:

    @ rie si pemalas login
    kayaknya udah ngerasain deh. apa belum ya? lupa hehe…:mrgreen:

    @ dobelden
    errr…itu masalah juga wakakakakk..๐Ÿ˜†

    @ abeeayangโ„ข
    hohoho…itu saya yang asli lho.. 8)

    @ sandemoning
    wahahaha…tapi khan kasian yang tinggal di dataran rendah. saya punya tante yang rumahnya pernah kebanjiran hingga 1 1/2 meter…๐Ÿ˜

    @ deethalsya
    mariii!!๐Ÿ˜€

    @ ina
    *mencoba menyapu ina*

    @ atmo4th
    betul. kalau bukan kita, siapa lagi?๐Ÿ˜€

    @ lahapasi
    wakakakak…nggak kebayangan kalau wp banjir..๐Ÿ™„

    @ echo99
    eits! dilarang nyampah!๐Ÿ˜ˆ

    *ngasih obat flu + tissue*

    @ mbelgedez
    masa? kok tau?๐Ÿ˜• jangan-jangan mas mbel ya?:mrgreen:

    @ hariadhi
    posting aja yang kayak gini. gapapa kok..๐Ÿ˜€

    Emang tolol yang buang sampah sembarangan. Apalagi yang buang softex ke wc. (lah apa hubungannya? 0_o)

    ini juga penting! saya pernah ke toilet salah satu mall, tiba-tiba ada softex gitu. bukannya buang ke tempat sampah khusus, tapi malah buang ke lobang toilet. apa mereka kurang pendidikan soal kesadaran diri ya? padahal perbuatan itu bisa merugikan orang.๐Ÿ˜• jorok banget!๐Ÿ‘ฟ

    @ dimas
    tampaknya memang kebiasaan seperti ini harus ditanamkan sejak kecil. namun saya sering melihat banyak orang tua membuang sampah sembarangan. tentunya si anak yang melihat perbuatan orangtua-nya tersebut kelak akan meniru mereka.

    duh!๐Ÿ˜ฆ

    Eh itu gambar monyet ama kucing?nya keren juga. Harus diajarin nih cara bikinnya๐Ÿ˜‰

    hehehe…saya nggak bikin sendiri kok. itu ngambil dari sini dan sini..๐Ÿ˜€

    @ sare’
    marahin aja sar..:mrgreen:

    khan demi kebaikan..๐Ÿ™„

    @ ridu
    sempet kepikiran tuh. cuma kayaknya masih harus ngumpulin massa dulu deh. ada ide ga sudut jakarta mana yang harus dibersihin?๐Ÿ˜•

    @ mathematicse
    waduh…jangan donk…๐Ÿ˜ฏ

    @ julfan
    yuk..mariii..๐Ÿ˜€

    @ purmana
    mungkin dendanya kurang ya??๐Ÿ˜•

    tapi kayaknya percuma deh. pemerintah kurang perhatian soal masalah ini..๐Ÿ™„

    @ dekisugi
    all hail joe chika! 8)

    @ mrs. fortynine
    ah ga kreatip! ikut-ikutan…๐Ÿ˜†

    @ indrio
    nggak boleh nyampah!๐Ÿ˜ˆ

    *menyapu indrio*:mrgreen:

    @ leksa
    wakakakakk… *tendang leksa sampe jakarta*

    @ -tikabanget-
    iya tuh tik. kira-kira kapan nih alumni bekisar ke jakarta?๐Ÿ˜€

    @ ika

    terus kapan jakarta mau bebas banjir ya chik kalo orang2nya kek temenmu semua misalnya,,

    nggak tau..๐Ÿ˜ฆ

    saya sendiri udah capek soal banjir..๐Ÿ˜ฆ

    *nggak ngantor lantaran akses ke kantor tertutup*

    @ cak arif
    he?? sampah bisa dijadiin duit ya?๐Ÿ˜€

    *mikir*

    @ norie
    hhmm…jadi intinya orang jakarta itu follower ya?๐Ÿ˜•

    agak sulit nih kalau soal beginian. mesti bener-bener sering mengingatkan mereka yang suka buang sampah sembarangan..๐Ÿ˜

    @ adit-nya niez
    gimana dit? udah surut belum? perlu saya kirim bala bantuan?๐Ÿ˜€

    @ pututik
    wikikik…welcome to jakarta..:mrgreen:

    semoga ketika sampai disini jakarta sudah bebas banjir..๐Ÿ˜†

    @ bambang yang kebanjiran juga
    kesian dirimu, mbang…๐Ÿ˜ฆ

    *nyodorin payung rusak*

    @ gyl
    mudah-mudahan postingan ini bisa menyadarkan mereka yang suka buang sampah…๐Ÿ™‚

    @ -=ยซGoenrockยฎยป=-
    wakakakkk..tega nian kau memanggil mereka munyuk..๐Ÿ˜†

    btw munyuk itu kata favorit si antobleguk lho..:mrgreen:

    *lirik antojalang*

    @ rumahkayubekas
    waaah, kalo duit saya juga mau nerima cuma-cuma kang.๐Ÿ˜€
    kira-kira ada yang mau nyampah duit ga ya?๐Ÿ˜•

    *ngarep*

    @ suprie1983
    *pasang toa gede-gede*

    @ ataner
    di daerah gading ya? di pusat juga banjir nih..๐Ÿ˜•

    @ lei
    betul. setidaknya bikin diri kita bukan sebagai penyebab banjir. tapi lebih baik lagi kalau kita ikut menyadarkan mereka supaya lebih peduli terhadap hal ini.

    @ tukangkopi
    *bantuin niup kondom perahu karet*

    @ meno timika
    yap. itu baru salah satu. dan menurut saya masih banyak ribuan bahkan jutaan manusia yang seperti ini…๐Ÿ˜

    salut wat Ck Bandung, eh Ck Jakarta :Dโ€ฆ.

    graaah!!! saya orang jakarta!๐Ÿ˜ˆ

    @ kangtutur
    afa itu maksudnya?๐Ÿ˜•

    @ dhez
    hayooo pikir-pikir..:mrgreen:

    @ antobilang
    enak ajah! 8)

    *tendang anto sampe kali ciliwung*

    @ sandymc
    itu mah komputer! = =!

    seandainya aja membuang sampah segampang menghapus data di komputer…๐Ÿ™„

    @ calvin michel widjaja
    iya nih. tempat sampah organik dan non organik pun tampaknya jadi seperti pajangan aja…๐Ÿ˜•

    @ kamal87
    hihihi…tapi nampolnya lembut khan?:mrgreen:

    @ maskres
    kayaknya sama juga deh. disini juga kotor dan banyak sampah. bahkan tadi ketika mau belanja, itu sampah banyak banget bertebaran dimana-mana yang merupakan sisa-sisa banjir yang berasal dari got! padahal got itu bukan tempat sampah, melainkan untuk saluran air!๐Ÿ‘ฟ

    *esmosi*

    @ zazi
    belum tau beritanya sih. entah kenapa tv di kamar saya tiba-tiba rusak..๐Ÿ˜ฆ

    *mencoba nonton di internet*

    @ eriek
    kalau kata adit, postingan ini pertanda mau banjir wakakakk… apa saya bakat cenayang ya?๐Ÿ˜•

    tau nih, bulan februari harus waspada. gosipnya bakal ada bajir lebih gede. gosip sih..๐Ÿ™„

    @ moerz
    saya alhamdulillah nggak kebanjiran. cuma taman di belakang rumah saya kena resapan banjir dan tinggi airnya semata kaki.

    @ sugeng rianto
    wakakakak…betul tuh..:mrgreen:

    @ restlessangel
    saya nggak ngungsi kok mbak.. ^^

    alhamdulillah saya cuma kena mati lampu. tapi bagian belakang rumah sempet nyicipin banjir. untungnya cuma sebentar…

    si pak kumis kayaknya lagi ribet tuh..๐Ÿ˜†

  33. deteksi berkata:

    wah jorok kali buang sampah keluar mobil sembarangan! apalagi kalo tisu itu buat meres yg namanya ingus! wekekekeke…. kebayang gak kalo jatuh ke muka orang?

  34. Cabe Rawit berkata:

    Nah, ini juga kebanjiran komen. Ane mau ikutan nyampah di sini biar tambah banjir…:mrgreen:

    Menurut ramalan jitu (prediksi ilmiah) yang pernah ane denger dari seorang ahli, katanya Jakarta pada tahun 2015 tenggelam seperempatnya, karena naiknya permukaan laut akibat pemanasan global. Kalo ditambah hujan gede, terus kanal banjirnya malfungsi, bisa tenggelem beneran… Hyahhh. Pindah ke Purwokerto ngikut ama Hoek…

  35. restlessangel berkata:

    tadi pagi ngobrol2 ma kakak dan adek, sambil liat berita jakarta kebanjiran
    *liat orang2 jakarta nyicing2 celana, pake pelampung seadanya, ngungsi, sementara kami sambil ongkang2 kaki nyeruput susu kopi hangat menikmati matahari pagi*
    *digiling warga jakarta yg sirik*

    kakak : eh harusnya emang ibukota tuh pindah aja dr jakarta. misal pulau roti gt…

    gw : ho….jd kayak myanmar, yg diam2 pindah ibukota ke hutan ???

    kakak : ato karimun jawa, ato madura…..

    adek : lha kl madura, ntar pejabatnya malah main carok… *ups, maap buat yg warga madura, dg humor2 stereotype begini^^*

  36. pemalas berkata:

    wah, kagak perlu deh, pake sadar sadar๐Ÿ˜€

    kalo gwe punya rumah di jakarta, gwe g perlu nyari tong sampah gwe tinggal nyari selokan, or jalan gelap, trus gwe buang tu sampah khan jakarta udah kotor, ngapain dibersihin udah jamannya ali sadikin dulu, ampe si joke gini, sampah tu dah kawan karib, temen tidur๐Ÿ˜€

    g usah minta bukti, udah tau khan????? pokoke kalo mau jakarta bersih dari sampah, cukup lakuin satu hal:

    bersihin tu bibir sungai, bersihin tu kolong jembatan. pa jakarta mau jadi tangerang kedua, yg kabarnya kota terjorok se-indonesia?????????????????????

    (SORRY, BUWAT ANAK TANGERANG, JGN MARAH YAA …. )

  37. cK berkata:

    @ wier
    hihihi…tetep banjir. soalnya perairan di jakarta juga ga beres…๐Ÿ˜†

    @ niez-nya adit
    halah..itu karena saya sudah punya penerawangan soal jakarta akan banjir. 8)

    @ deteksi
    waduh…jijay dah..๐Ÿ˜†

    @ sitijenang
    *nyapu sitijenang*๐Ÿ˜ˆ

    @ dimasu
    hehe…itu juga karena orang seperti itu ada ribuan..๐Ÿ™„

    @ maxbreaker
    di jakarta banjir..๐Ÿ˜ฅ

    @ dobelden
    wikikikik…now call me mama chika…๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜†

    @ cabe rawit
    iya tuh, saya sudah dengar prediksinya. saya sendiri jadi mikir, apa perlu menaikan rumah hingga 20 meter??๐Ÿ˜•

    @ restlessangel
    ibukota pindah?๐Ÿ˜ฏ waduh…๐Ÿ˜†

    saya sendiri entah kenapa masih cinta jakarta yang jorok ini..๐Ÿ™„

    @ emina
    betul mbak..๐Ÿ˜

    @ arya
    emang enak buka blog pake hp?:mrgreen:

    @ pemalas
    justru pemikiran seperti itu yang bikin sampah nggak ada habisnya. dengan berpikir jakarta udah jorok, maka kita nggak akan ada kesadaran diri untuk membuat jakarta sedikit lebih bersih.

    dan semua itu balik lagi ke warga serta pemerintahannya. mau sampai kapan membiarkan hal seperti ini..๐Ÿ™„

    @ dy
    makasih.. ^^

    @ antobilang
    asyem! saya nggak doain jakarta banjir kok!๐Ÿ‘ฟ

    @ xaliber von reginhild
    ceritanya kayak gimana??๐Ÿ˜•

    @ andrew anandhika wijaya
    hehehe…nggak tau juga ya, khan yang nyampah bukan cuma orang jakarta aja..:mrgreen:

  38. cK berkata:

    @ grace
    bukan di gading kok. cuma emang deket sana… ^^

    alhamdulillah nggak kebanjiran..๐Ÿ˜€ cuma jalan di depan rumah sempet banjir sampai sebetis…๐Ÿ˜

  39. anakrimba berkata:

    Duh, lucu banget ekspresi temennya ck.
    Makanya jangan suka buang sampah sembarangan. Unda aja suka ngantongin sampah kok (eh, apa gk jorok ya namanya?) ๐Ÿ™‚

  40. noenam berkata:

    yah emang gt. Orang tuh suka ga sadar terhadap dirinya. cuma bisa jadi observasi dan melirik2 kesana kemari apa yang salah tapi terkadang org itu sendirilah adalah sumber salahnya. dan juga temanmu udah diingetin sekali eh bukannya langsung malu dan ambil sampahnya ya malah menyalahkan hal lain..gymana nih moral bangsa kita?pantas aja ga akan maju

  41. Sayap KU berkata:

    Iya nih, gara2 banjir Ade menjadi musafir di airport Banda Aceh dan Cengkareng … siapa yang bisa ganti rugi yah atas lelah ini, loh koq ngedumel diblog orang sih Ade๐Ÿ™‚

    -Ade-

  42. Sayap KU berkata:

    Yang Ade selalu kangen dari blog cK adalah “Ade boleh numpang curhat disini…” gak bakalan di banned.

    Thanks ya cK

    -Ade-

  43. cK berkata:

    @ ‘k,
    siapa tuh yang nemenin?:mrgreen:

    @ oom ers
    salam kenal..๐Ÿ˜€

    @ anakrimba
    hihihi…saya juga sering ngantongin sampah di tas lantaran nggak mau buang sampah sembarangan..๐Ÿ˜†

    @ noenam
    hehehe…dan itu baru salah satu contoh. masih banyak yang seperti ini..๐Ÿ˜

    @ waterbomm
    enak ya kalau nggak kena..๐Ÿ˜€

    @ aditya rendy wijaya
    gyakakakk…๐Ÿ˜†

    @ sayap ku
    silakan curhat, de… cK udah baca postingan ade soal menunggu di airport. salut lho ade bisa sabar nunggu seharian.. ^^

    *peluk peluk ade*

  44. Gm. berkata:

    Orang Indonesia kebanyakan blum punya kesadaran diri yg baik.

    Kmarin gubernur Jakarta waktu diwawancara malah nyalahin hujan yg enggak berhenti. Scara gak langsung, nyalahin yg diatas?

  45. cK berkata:

    @ masnyus
    wakkaakak…bisa aja..๐Ÿ˜†

    @ gm.
    aneh..๐Ÿ˜

    @ bobcat
    makasih.. ^^

    @ angelndutz
    yay! justru kalo ditambahin, makin mampet..๐Ÿ˜€

    @ miakis
    jangan donk..๐Ÿ˜

    @ ryu
    maksudnya ‘sampah’ masyarakat?๐Ÿ˜•

  46. Dodot berkata:

    PuNyA pEnGaLaMaN yAnG mIrIp. mBaK gW mAkAn JeRuK tErUs BuAnG-BuAnG kUlItNyA dI jAlAn. dIoMoNgIn SaMa KaYa GiTu TaPi EmAnG dAsArNyA jOrOk๐Ÿ˜ฆ. dIkAsIh TaU tEtEp AjA bUaNg2 tUh KuLiT. SeJaK iTu AsAl JaLaN gW gAk MaU dIa BaWa MaKaNaN lAgI. HaHaHaHaA..๐Ÿ˜€

  47. Fenty berkata:

    hohoho, aku juga sering mikir kaya’ gitu, suka sebel ngeliat orang buang sampah sembarangan lewat jendela mobil
    semoga semakin banyak orang sadar deh๐Ÿ™‚

    anyway, chik, seharusnya “sa’enake dewe” bukan seenak dewe, hehehehe, kritik gak penting :p

  48. hj sukma gorontalo berkata:

    TADINYA AKU SUDAH PASRAH DALAM BERMAIN TOGEL TAPI SETELAH SAYA MENDAPATKAN NO O85333322482 MBAH D INTERNET SAYA BISA BANGKIT LAGI DAN SELURUH HUTANG HUTANG SAYA BISA SAYA LUNASI INI SEMUA BERKAT MBAH SEANDAINYA SAJA SAYA TIDAK BERGABUNG BERSAMA EYYANG SAYA TIDAK TAU SAYA BISA JADI APAโ€ฆ.SAYA SANGAT BERSYUKUR BISA BERGABUNG BERSAMA ANDA EYYANG, JIKA ANDA INGIN SEPARTI SAYA SILAHKAN AJA ANDA BERGABUNG TERIMAKASIH ATAS KEPERCAYAANNYA YANG ANDA BERIKAN KEPADA MBAH http://mbah-wijaya.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s