Bendera Setengah Tiang

Apa itu bendera setengah tiang? Bendera setengah tiang merupakan lambang duka cita. Biasanya dikibarkan jika ada peristiwa yang berduka, seperti halnya kematian mantan presiden Indonesia, H.M. Soeharto.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menginstruksikan rakyat Indonesia untuk memasang bendera setengah tiang selama tujuh hari terhitung dari tanggal 27 Januari 2008 hingga tanggal 2 Februari 2008 dan pemerintah menetapkan 7 hari ini sebagai hari berkabung nasional.

Banyak pro dan kontra yang terjadi soal instruksi ini. Hal ini juga terjadi di lingkungan saya. Keluarga saya memutuskan memasang bendera sebagai penghormatan terakhir ke Pak Harto. Kita semua tahu kesalahan yang diperbuat beliau, namun hal ini tidak membuat kami untuk tidak memasang bendera.

Beberapa tetangga protes karena kami memasang bendera setengah tiang. Berikut adalah percakapan 2 seksi repot rumah tangga.

Mbak-nya si tetangga: “Ngapain sih pasang bendera? Orang kayak Soeharto mah nggak usah dipasangin bendera setengah tiang”

Si Mbak di rumah cK: “Mbok ya kita hormatin. Begimanapun pak Harto khan dulu presiden kita.”

Mbak-nya si tetangga: “Ah, majikan saya mah nggak mau. Buat apa juga? Toh udah mati si pak Harto.”

Si Mbak di rumah cK: “Woo, kita beda kalok gitu. Majikan saya respek ama pak Harto walopun pak Harto banyak salah.”

Mbak-nya si tetangga: “Terserah situ deh. Situ liat sendiri khan? Nggak ada tuh yang pasang bendera. Kayaknya cuma rumah ini doank.”

Si Mbak di rumah cK: “Nggak papa, siapa tau yang pasang bendera dapet dor pres (door prize.red).”

Mbak-nya si tetangga: *ngakak*

Balik lagi ke kontroversial pemasangan bendera setengah tiang. Ketika berangkat ke kantor, hanya beberapa tempat yang memasang bendera setengah tiang. Saya sempat browsing internet dan menemukan topik mengenai Tolak Pengibaran bendera setengah tiang. Ternyata memasang bendera setengah tiang pun menjadi pro dan kontra saat ini.

Apakah kita pantas memasang bendera setengah tiang sebagai bentuk penghormatan, mengingat jasa pak Harto memerintah Indonesia selama 32 tahun ini walaupun banyak sekali kesalahan yang beliau lakukan?

Apakah kita tidak perlu memasang bendera setengah tiang karena kesalahan-kesalahan beliau di masa lampau?

Semua keputusan ada di tangan masing-masing. Yang pasti di rumah saya pasang bendera setengah tiang. Terlepas dari apapun juga, kami memutuskan memasang bendera setengah tiang sebagai bentuk respek kami kepada mantan presiden yang menjabat paling lama di Indonesia.

Memasang bendera bukan berarti kami setuju dengan apa yang beliau lakukan selama ini. Kami mengibarkan bendera setengah tiang sebagai bentuk respek serta penghormatan terakhir. Beliau sudah tidak bisa diadili di dunia ini, namun beliau pasti akan diadili di akhirat.

Selamat jalan pak Soeharto. Semoga engkau ditempatkan di tempat yang layak…

[Updated]

Ditambah skrinsut bendera setengah tiang di rumah saya supaya nggak dibilang hoax.:mrgreen: Foto seadanya dengan menggunakan henpon.

120 thoughts on “Bendera Setengah Tiang

  1. Nazieb berkata:

    *ah, ternyata lupa kalo ndak punya bendera

    Hayah, disuruh ngibarin aja nggak mau, orang sudah mati kok masih dibenci itu lho..

    Saya emang ndak suka beliau pas hidup.. Lha sekarang? yah, percuma…

    Sekarang saya benci kroni-kroninya ajah๐Ÿ˜ˆ

  2. niez-nya adit berkata:

    selamat jalan, pak…
    saya lagi nonton pemakaman anda lho, pak…
    tapi saya lupa masang bendera stengah tiyang…
    nanti aja ya, pak…
    nunggu si ibuk pulang…

  3. cK berkata:

    @ nazieb
    lha, jadi kamu masang ga?๐Ÿ˜•

    *mikir untuk masang nazieb di tiang bendera*๐Ÿ˜ˆ

    @ harri
    pake juga gapapa. tapi ntar kamu dibilang ngikut-ngikut saya..:mrgreen:

    @ niez
    pasang sendiri aja.. atau minta tolong ama si pendot tuh wakakakakk..๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜†

    *nonton pemakaman eyang sembari ngenet*

    @ nazieb
    ms itu miss lho! seperti halnya mr. atau mrs… harri itu khan sopan. manggil saya pake miss… 8) nggak kayak kamu!๐Ÿ˜ˆ

  4. goop berkata:

    Yuk mareee…
    *pasang….
    ….togelll*

    *ngumpettt*
    ______________________
    selamat jalan eyang…
    semoga bendera yang kami kibarkan, mengingatkan pada karyamu, juga “peninggalan2mu” yang lain

  5. Nike berkata:

    *Cari bendera, ga tau di simpen dimana.
    Yang mau pasang, ya bagus, kalo ndak juga ndak papa. Pak Harto ndak marah dan ngehantuin yang ndak pasang bendera kok๐Ÿ˜€

  6. cK berkata:

    @ arya
    *pantengin tipi*๐Ÿ˜†

    @ adit-nya niez
    saya di kantor juga enggak. nggak ada tiang soalnya…๐Ÿ˜†

    @ gm.
    setuju! biarlah tiap orang bebas menentukan sendiri…๐Ÿ™‚

    @ fajar
    gapapa. masa masang bendera di kost?๐Ÿ˜†

    @ goop
    ya ampiun, masang togel..๐Ÿ˜†

    @ nike
    yup yup. bebas kok.. ^^

    @ funkshit
    keren juga tuh…:mrgreen:

  7. suprie1983 berkata:

    pasang bender setengah, setengah nya tiang….

    met jalan pak harto, jangan lupa saya forward sms yang suruh doain bapak sembuh loh pak, pulsanya saya bisa ambil dimana ???

    *bloon mode=On*

  8. adesnugros berkata:

    kalo kata pembantu kosan saia:
    “mas, ta’pasangin bendera, gak usah setengah tiang, tetep di puncak mas..
    tapi…”
    “tapi opo mbak?”
    “tapi yang ta’kibarin bukan bendera, kancute anakku wae mas..”
    ๐Ÿ˜ฏ ๐Ÿ˜ฏ

  9. chrisibiastika berkata:

    saya respek jg anyway ama pak harto. gimanapun beliau pernah jadi bagian dari kehidupan berbangsa dan bernegara kita *hueekkk… cuihh*

    chik… aku pengen ngibarin bendera setengah tiang.. tapi kalo disini aku musti masang merah putih atau merah putih biru ya? takutnya kalo pasang merah putih nanti kumpeninya manjat dan jahitin bendera biru di bawah biar jd bendera mereka. hehe..

    apa aku nyolong bendera yg ada di balaikota ya, trus tak potong bagian biru nya?:mrgreen:

  10. Sawali Tuhusetya berkata:

    kok ada juga nyang ndak mau pasang bendera setengah tiang ya mbak chika. kan ndak terlalu repot toh? sekadar untuk sekadar bentuk penghormatan terakhir kepada mantan pemimpin negeri ini aja kok. walah, gitu aja kok repot.

  11. bla_Vn berkata:

    kLo dKantor aQ mah g ad masanK benDera, ceznya Dsini g ad tiank benDera

    masa Mobil RIG u/ Pengeboran yg Harus dJadikan tiank:P

    tp q td nonton PmakamNy ampe jam 2, untunk g ad boz…lg pd JOB
    pDhal jm istiraHat cma jm12-1pm

    *sapa tw ad siaRn ulankNya u/ orG” yg pd Kerja*

    cupe dh

  12. sezsy berkata:

    mengutip sms dari teman saya…
    ‘demi ketenangan almarhum, segala utang piutang dan hasil pencucian uang bisa diselesaikan dengan ahli waris dengan proses hukum’ hehehe
    maksud???

  13. cK berkata:

    @ mr.bambang
    kalau nggak ada ya gapapa..๐Ÿ˜€

    @ maxbreaker
    saya juga setuju. sayangnya nggak direalisasikan..๐Ÿ˜›

    @ suprie1983
    wakakakk..ikut yang begituan juga?๐Ÿ˜†

    @ adesnugros
    wiiihโ€ฆedan tenanโ€ฆ๐Ÿ˜†

    @ chrisibiastika
    wakakakakkโ€ฆpasang aja di atas meja belajarโ€ฆ:mrgreen:

    @ diki
    halahโ€ฆkebanyakan di jalanโ€ฆ๐Ÿ˜†

    @ payjo
    ini satir ya?๐Ÿ˜†

    @ caplang[dot]net
    saya khan nulis tentang bendera. bukan tentang soehartonya.๐Ÿ™„
    disini nggak terima sampah duka..๐Ÿ˜ˆ

    @ sawali tuhusetya
    itu hak mereka sih.๐Ÿ™„ banyak yang memboikot sebagai bentuk penolakan. saya cuma salah satu dari yang memasang bendera.๐Ÿ˜€

    @ bla_vn
    di kantor saya juga nggak pasang. soalnya nggak ada tiang..๐Ÿ™„

    @ sezsy๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜†

  14. suandana berkata:

    Setuju dengan Anto… bahkan sekarang bangsa ini memuja-muja Bung Karno, yang katanya tanpa cela. Padahal, kesalahannya juga banyak tuh… Beberapa tahun ke depan, mungkin saja Pak Harto akan kembali dipuja-puja. Bahkan mungkin, ada anaknya yang jadi presiden… Mungkin…
    *dak bisa pasang bendera…*

  15. Mr. Fortynine berkata:

    1. Matinya Pak Harto membuktikan kalau beliau bukan dewa, jin, setan, malaikat apalagi tuhan.

    2. Berhubung saya tidak punya bendera. maka saya tidak akan mengibarkan bendera setengah tiang.

    3. Pak harto mau berdosa atau tidak, biar itu menjadi urusan beliau dengan apa yang disembah dan dipercaya beliau(Tuhan). Dengan catatan beliau percaya tuhan.๐Ÿ˜›

  16. calonorangtenarsedunia berkata:

    Masang bendera ga ada hubungannya sama kesalahan dan kebaikan pak harto.

    ini masalah bangsa yang tau terima kasih. Betul, mungkin banyak salah yang beliau perbuat, tapi tidak sedikit yang sudah banyak dia beri.

    ga sedikit rakyat yang cinta sama pak harto. ini bukan masalah memaafkan apalagi melupakan, ini masalah penghormatan. dia layak dihormati.

  17. Anang berkata:

    […]Bagaimanapun beliau adalah seorang bapak bangsa ini. Seorang yang pernah menjadi bapak dan mengurusi anaknya yang bernama Indonesia… Indonesia sebagai seorang anak yang berbakti sudah seharusnya menghormati dan mendoakan bapaknya yang telah tiada.. Urusan kesalahan sang bapak yang pernah diperbuat sudah pasti Sang Maha Segala yang juga Sang Maha Adil itu akan menjadi hakim sesungguhnya kelak di hari penghitungan amal… Semua kejujuran akan terkuak dan terbuka lebar disana kelak. Marilah kita jauhkan diri dari yang namanya fitnah. Kalau tidak punya cukup bukti yang kuat, janganlah sok ikut-ikutan berteriak lantang, karena itu adalah jalan menuju sebuah fitnah. Karena bagaimanapun juga fitnah itu lebih kejam dari pembunuhan

  18. Iwan Rystiono berkata:

    Kalo yang mau pasang…ya pasang aja…

    Yang nggak mau pasang….ya nggak usah pasang….

    Gitu aja kok repot dan pake acara diperdebatkan segala…kapan majunya kalo karena hal kecil kayak gini kita debat mulu…

    ** sok intelek mode on **

    Yang jelas saya ndak pasang bendera, karena lagi nggak dirumah….hihihihi…

  19. Abeeayangโ„ข berkata:

    hwakakakakakakakakakkkakakakakakaka ๐Ÿ˜†
    *turut berduka chika*
    lha kemareng katanyah (di blognyah caplang) mikir 2x buat mbikn postingan tentang Mbah kakung Soeharto….lha kok?
    *ups lupa kalok chika khan wartawan* ๐Ÿ˜ฆ

  20. Guh berkata:

    Disini orang memajang bendera setengah tiang bukan karena berduka atas kematian soeharto. Tapi setengah tiang itu untuk gagalnya pengadilan kita mengusut kasus si mbah, hingga memungkinkan para kroni mensucikan diri dan memendam dalam-dalam segala kesalahan masa lalu bersama mayat soeharto.

    Setengah tiang itu untuk mampusnya keadilan di negeri ini.

  21. sandymc berkata:

    hmmm saya sih seperti biasa, gak mau merepotkan diri masang bendera (well, yang biasa masang sih si mbak, itu pun atas suruhan bokap). tapi keknya bokap cuek2 aja tuh..

    kalo dibilang dia banyak berjasa.. bener juga… tapi kalo kita mikirnya gini: “seandainya dia gak berbuat kesalahan, pasti negara ini setara dengan singapore atau malaysia sekarang”.. susah juga๐Ÿ˜ก.

    turut berduka cita aja deh..

  22. danalingga berkata:

    Wah, ternyata kamu perhatian juga sama eyang chik. Ndak nyangka saya …๐Ÿ˜€

    Sebenarnya tadi saya berharap bakal di buat hari libur nasional selama 1 minggu, sayang ndak terkabul.๐Ÿ˜ฆ

  23. kombor berkata:

    Saya tidak mengibarkan bendera setengah tiang karena bambu untuk tiang bendera yang saya beli sebelum agustusan tahun lalu sudah tidak ada lagi. Dipake untuk ngganjeli deklit waktu di RT pada mbakar ayam pada malam taon baru. Bukan cuma dipake ngganjel deklit saja melainkan bambu itu juga dipatahkan karena kepanjangan.

    Nggak etis kan kalau bendera itu saya pasang setengah tian di batang pohon di depan saya. Lagipula saya juga tidak ingin memasang bendera setengah tiang. Biarlah Pak SBY menginstruksikannya karena dia dulu merupakan orangnya Pak Harto. Pak SBY waktu press release mengatakan sebagaimana tradisi yang dilakukan kepada para mantan presiden maka pengobatan mantan Presiden Soeharto dilaksanakan sebaik-baiknya.

    Huh! Hanya mantan presiden yang itu yang mendapat pengobatan paling baik karena dia yang paling kaya. Coba tengok bagaimana bangsa ini dulu memperlakukan Soekarno yang tidak dirawat semestinya. Coba tengok apakah Gus Dur dan Megawati akan mendapatkan pelayanan yang sama dari RSPP?

    Gombal mukiyo.

  24. Pyrrho berkata:

    *masang bendera setengah tiang*

    Kayaknya kita suka mencampur-campur antara kesalahan, jasa, memaafkan, memaklumi, menghormati, dan lain sebagainya kalau menyangkut mantan presiden Soeharto ini.๐Ÿ˜•

    Semuanya campur jadi satu, seperti nggak bisa lagi dipilah-pilah mana yang satu dan mana yang lain. Dan contohnya saja memasang bendera setengah tiang dan hari berkabung nasional selama 7 hari.

    Itu untuk apa ? Untuk penghormatan terakhir kepada Soeharto.
    Mengapa dihormati ? Karena beliau punya jasa bagi bangsa ini.
    Lho, bukannya dia punya kasus hukum ? Memangnya kalau punya kasus hukum, jasa-jasanya hilang karena kasus itu ?
    Itu bisa berarti memaafkan dong ? Apa menghormati jasa sama dengan memaafkan ?
    *dan bisa dilanjutkan yang lain*

    Beda kan ?

    Jadi sangat naif kalau bilang karena Soeharto punya kesalahan maka tidak perlu menghormati jasa-jasanya.

    Makanya [mungkin] bangsa ini nggak bisa BESAR karena nggak menghormati orang BESAR yang sudah berjasa bagi negeri ini, terlepas dari apapun kesalahannya.

    menyedihkan….๐Ÿ˜•

  25. Andrew Anandhika Wijaya berkata:

    ndak pasang bendera karena

    1). nggak punya tiang… kalo dipasang di tiang antena ntar g bisa nonton tipi
    2). benderanya agustus kemaren disimpen dimana yak…???

    bukan karena

    1). nggak suka ama SBY dan pak harto
    2). merasa pak harto banyak dosa

    walaupun 2 alasan itu mungkin benar tapi bukan berarti dua alasan itu melatarbelakangi tidak dipasanganya bendera stengah tiang… jangan di judge dolo mereka yang nggak pasang bendera stengah tiang itu sis…

  26. cK berkata:

    @ antobilang
    kayak kamu gitu, nto?๐Ÿ˜• :mrgreen:

    @ warmorning
    makasih. 8)

    @ mihael “d.b.” ellinsworth
    masalah soal pengadilan rasanya sudah telat. mari kita coba adili anak-anaknya…:mrgreen:

    @ itikkecil
    audit apa mbak?๐Ÿ˜•

    @ suandana
    pendapat orang beda-beda. jadi wajar aja kok.. ^^

    @ cempluk
    wah…ternyata cempluk ikut masang..๐Ÿ˜€

    @ mbelgedez๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜†
    mas mbel masang juga ga?๐Ÿ™„

    @ zan’s
    hidup damai!๐Ÿ˜€

    @ mr. fortynine

    2. Berhubung saya tidak punya bendera. maka saya tidak akan mengibarkan bendera setengah tiang.

    minta sama istrimu..๐Ÿ˜†

    @ ina
    hehehe…nggak apa-apa kok..๐Ÿ˜€

    @ calonorangtenarsedunia
    kamu pasang ga?๐Ÿ˜•

    @ anang
    ini trekbek ya?๐Ÿ˜•

    @ venus
    ada tuh mbok..:mrgreen:

    @ iman brotoseno
    mas iman juga pasang?๐Ÿ˜€

    @ takochan
    gimana kalau kamu yang jadi tiangnya?๐Ÿ˜›

    @ fauzansigma
    itu sih saya juga mau..๐Ÿ˜†

    @ iwan rystiono
    yup yup. bebas kok. ini nggak dipaksakan..๐Ÿ˜€

    @ deethalsya
    *masang bendera inggris*

    @ abeeayangโ„ข
    saya angkat soal pro kontra bendera karena peristiwa ini baru terjadi pagi tadi..

    @ guh
    wihiii…sarkastik bo!๐Ÿ˜€

    @ mee yg menggila
    bukannya kamu juga udah tua?๐Ÿ˜†

    @ sandymc
    nggak mungkin juga kamu yang pasang benderanya sendiri, san..๐Ÿ˜†
    saya aja dipasangin si mbak..๐Ÿ™„

    @ abasosay
    gampangan setengah tiang…๐Ÿ˜†

    @ danalingga
    saya juga pengen hari berkabungnya jadi hari libur. sayang nggak direalisasikan…๐Ÿ˜›

    @ anak sultan
    saya no komen soal beginian.:mrgreen:

    @ extremusmilitis
    datar-datar aja juga ngga apa-apa kok..๐Ÿ˜€

    @ kombor
    banyak juga yang membandingkan perlakuan terhadap almarhum soeharto dan soekarno. tapi memang soeharto merupakan presiden kedua yang meninggal. jadi orang pada membandingkan perlakuan negara terhadap kedua presiden yang telah meninggal tersebut.

    # titov
    mungkin skrinsutnya nyusul..๐Ÿ™„

    @ dekisugi
    menurut saya juga begitu. semoga beliau ditempatkan di tempat yang layak. apapun itu…

    @ titov
    gapapa kok nggak pasang bendera…๐Ÿ˜€

    @ pyrrho
    komen yang benar-benar menyentil..๐Ÿ˜€

    banyak sekali pertanyaan-pertanyaan kalau menyangkut presiden kedua kita. soal bendera, balik lagi ke pribadi masing-masing. bagaimanakan sikap rakyat terhadap instruksi presiden sby? semua terserah rakyat…๐Ÿ™„

    @ andrew anandhika wijaya
    rasanya saya tidak menjudge orang yang tidak memasang bendera deh. dikalimat yang mana ya??๐Ÿ˜•

  27. sandal berkata:

    Setuju Cik, terlepas dari apapun yang pernah dilakukan oleh The Smiling General, namun dia masih layak mendapatkan penghormatan terakhir. Penghormatan terhadap orang lain secara tak langsung adalah penghormatan terhadap diri kita sendiri.

    Teringat jaman perang salib, bahkan Sultan Saladin mendatangi sendiri Raja Richard yang sedang sakit keras sambil membawa apel yang dibungkus salju dingin agar Raja Richard bisa sembuh.

  28. mbelgedez berkata:

    Astaga Chik !!!
    Sayah kan RT !!!

    Semalem sepulang ngitung duit receh, sayah inspeksi keliling.
    Nyang ndak masang bendera sayah tanyain, kenapa ndak masang,

    Apa perlu sayah belikan bendera lagee ???

    Apa perlu sayah belikan tiang bambu lagee ???

    Dan pagi ini sambil sayah brangkat, sayah liat semua udah masang bendera….

  29. rumahkayubekas berkata:

    Doh pagi2 dah rame, padahal ane baru bangun,
    Apa? Pak Soe….. ulang- tahun?
    Ups maap- maap, ya.. anu ya ..Innalillahiwaโ€™innalillahirojiโ€™un ..
    Ya..ya ..Penuh ato setengah porsi eh tiang? eh koq jadi setengah ngelamun,

  30. ndutyke berkata:

    saya setuju sama sama pendapatnya Pyrrho.

    terlepas dari kasus-kasus hukum yang menjerat pak harto….tp begimanapun juga beliau adalah Bapak Pembangunan yang memang selama 30 tahun lebih benar2 berhasil membangun Indonesia. walo itu juga mengakibatkan Indonesia punya hutang dalam nominal yang besuaaar sekali.

    tapi ya wajar toh kalo indonesia ngutang? kalo ga ngutang ya mau membangun indonesia pake duite sopo?? duit dr hongkong?:mrgreen:

  31. cK berkata:

    @ goenawan lee
    kalau ga ada ya gapapa..๐Ÿ˜€

    @ brainstorm
    benderanya kayak apa ya?๐Ÿ˜• :mrgreen:

    @ mathematicse
    hehe..ya iya. mau pasang dimana juga?๐Ÿ˜†

    @ atapsenja
    semoga…

    @ baliazura
    gapapa kok..๐Ÿ˜‰

    @ zero
    silakan..๐Ÿ˜€

    @ tukangkopi
    gimana kalau benderanya pake kemeja lo aja?:mrgreen:

    @ sandal
    makasih..๐Ÿ™‚

    itulah maksud saya. tapi semuanya hak masing-masing. mau pasang atau enggak, itu tergantung mereka. ^^

    @ mbelgedez
    duit recehnya buat apa mas??๐Ÿ˜•

    @ deteksi
    kita sama donk.๐Ÿ˜€

    @ lccptc
    itu salah satu jasa beliau.

    @ erander
    turut berduka juga bang…

    @ rumahkayubekas
    hehehe…kang herry pasang ga nih?:mrgreen:

    @ ndutyke
    semua terserah masing-masing.๐Ÿ˜€
    saya cuma menghormati saja, terlepas dari semua kesalahan yang beliau perbuat.

    @ gyl
    hihihi…siip..๐Ÿ˜€

    @ kangtutur
    nggak capek, kang?๐Ÿ˜•

    @ fikriana
    hahaha…berhubung beliau sudah almarhum, biarlah Tuhan yang mengadili. tapi kalau proses hukumnya mau dilanjutkan ke anak-anaknya, itu terserah rakyat.

    @ sayap ku
    hehe…bisa aja ade ini…๐Ÿ˜†

  32. yonna berkata:

    rumah saya dan kantor juga pasang bendera setengah tiang….ya gimanapun juga gimana2nya pak harto itu kita tetep iba ma dia yang udah wafat itu ya.

    kalo gak salah pas bu tien wafat juga disuruh pasang bendera setengah tiang ya?

    *ndak masalah pasang bendera 1/2 tiang tanpa upacara menghormati tuh bendera tiap pagi selama 7 hari:mrgreen:

  33. anakrimba berkata:

    Anak kos-kosan, jadi dk punya bendera, he he he
    Tapi bpk kos gk pasang juga tuh, gk punya juga kali ya, tapi tetangga sebelah kanan (orang nomor satu di kampus) udah masang kok. JAdi ikut tetangga aja, hihihi

  34. frozen berkata:

    yah, kalau jadi polemik sih, daripada ribut adu mulut apalagi sampai adu sikut, mending kita kibarin bendera setengah tian dalam jiwa saja. Toh, jutaan rakyat Indonesia dari berbagai strata nyaris menikmati hasil pembangunan warisan Pak Harto.

    Salam inklusif

  35. jimmy berkata:

    saya juga pasang bendera setengah tiang.. ya sudahlah.. penghormatan terakhir, walaupun beliau ada salah, toh kita pernah menikmati juga hasil kerja beliau..

    btw salam kenal๐Ÿ˜€

  36. cK berkata:

    @ nana
    wahahaha…dasar…๐Ÿ˜†

    @ ekowanz
    wakakakakak…dasar! ada maunya!๐Ÿ˜ˆ

    @ yonna
    lebih bagus lagi kalau diliburin, mbak..:mrgreen:

    *ngarep*

    @ sagung
    tumbeng agung jadi bijak..๐Ÿ˜†

    @ abeeayangโ„ข
    yayaya…terserah abee aja deh. 8)

    @ adek๐Ÿ˜†

    @ superkecil
    maksudnya apa tuh? dhong dhong?๐Ÿ˜•

    @ kharisfajar
    berarti saya antek-anteknya pak harto donk..๐Ÿ˜†

    @ anakrimba
    kalau nggak ada ya jangan dipaksain. ^^

    @ andrew anandhika wijaya
    ooo…itu satir ya??๐Ÿ˜€

    *baru mudeng*

    @ 3l3ctr0n
    turunkan apa? harga tempe?:mrgreen:

    @ arul
    meragukan ya?๐Ÿ˜•
    udah saya apdet tuh..:mrgreen:

    @ frozen
    salam kenal…๐Ÿ˜€
    semua itu juga bebas kok. terserah rakyatnya.. ^^

    @ jimmy
    salam kenal juga..๐Ÿ˜‰

    @ calonorangtenarsedunia
    pasang apa han? togel?:mrgreen:

    @ jendral bayut
    cari teman yang kurus, trus pasangin bendera di badannya..๐Ÿ˜†

    @ dobelden
    masa sih??๐Ÿ˜•

  37. lei berkata:

    aneh yah ttg bendera aja pro kontra?

    saya ga pasang, soalnya tiangnya ilang..
    sayangnya temen2 yg kurus pada gamau dijadin tiang, mba chika๐Ÿ™‚

  38. cK berkata:

    @ roffi moneymaker๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜†

    @ lei
    hehehe…nggak pasang gapapa kok..๐Ÿ˜€

    @ f4154lman
    terserah kok.. 8)

    @ suprie1983
    lagi sibuk nih…๐Ÿ˜ฆ

    @ away๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜†

  39. maskres berkata:

    memang susah kalo sudah biasa mengadili orang lain sesama manusia yang padahal ga tau juga pastinya, biarlah benar salahnya Suharto Tuhan yang Maha Adil yang urus…

    walo bagaimanapun SBY sudah mendidik kita untuk tau terima kasih dan menghormati pahlawan yang sudah berbuat banyak untuk negara ini dengan memasang bendera setengah tiang…sebagian besar rakyat indonesia pastinya sudah merasakan nikmatnya saat dipimpin presiden termasuk kita…dasarnya manusia emang yang ga tau terima kasih habis manis sepah dibuang…manusia memang ga ada yang sempurna…

    *ud pasang bendera di rumah*

  40. pemalas berkata:

    APAAAA ??? SUHARTO ??????????????????

    buwat gwe, suharto tu adalah orang yg pantas, pantas, pantas, dan sangat layak untuk dihormati. Lepas dari kasusnya selama menjadi orang nomer satu, beliau adalah seorang, yach, negarawan yang SANGAT CERDAS dan BERWIBAWA. dimanapun dia pergi, rival politiknya selalu menghormatinya, memeluknya, menciumnya, dan mengajaknya .. cerita macam2 donk.. kok mikirnya gitu sich ???๐Ÿ˜€ hasil akhirnya adalah kesepakatan, dan ikatan emosional antar beliau dengan pemimpin yang dikunjunginya .. ketika beliau akan pergi ke Bosnia (kalo g salah), waktu itu semua orang yang mendengarnya, melarangnya pergi, alasannya disana sedang perang. tapi beliau tetap pergi kesana, bahkan membangun masjid disana. begitu hebatnya seorang suharto, sampai akan merelakan nyawanya ….

    yang gwe heranin, KATANYA pak suharto dididik dengan adat jawa yang sangat ketat, pendidikan agama yang sangat keras, dan nasionalisme yang sangat tinggi, TETAPI MENGAPA sampai terjadi KORUPSI, PEMBERONTAKAN dan PELANGGARAN HAM ??? bagaimana bisa anak2nya menjadi orang2yg, seperti itu ?? apakah beliau gagal mendidik anaknya ?? atau beliau sangat sibuk, sehingga beliau mempercayakan anak2nya kepada pengasuh istana yang mungkin tidak tahu tentang agama? itu pertanyaan besarnya …

    Yach .. sebagai satu2nya PRESIDEN TERLAMA di INDONESIA, yang selalu mendekat kepada rakyat kecil dan meninggalkan kenangan yang begitu mendalam, sampai ada rakyat yang PINGSAN di dekat makamnya, adalah sangat disayangkan, apabila ada orang2 banyak yang begitu mencelanya. memakinya dan mencari2 kesalahannya, meskipun dia memang bersalah tetapi, bukankah semua agama mengajarkan, DILARANG MENCELA ORANG MATI ???????????????????????????????

  41. noenam berkata:

    nampak sih wajar aja kalo ada bendera 1/2 tiang dimana2 toh juga dia dulu pernah memimpin negara kita meski ada baik dan buruknya juga tpi toh juga semua manusia seperti itu kan?ada baik dan buruknya juga. tp yang gw sebelnya tuh kok di media nampaknya ribut bgt ya ttg H. Muhammad Soeharto ini ya?buset 24jam isinya dia mulu..cape deh.. oh masih banyak yg jauh lebih penting drpd 1 org meninggal dunia sseperti Lumpur lapindo brantas gymana?dll. udah ah bosen ama soeharto ini

  42. cK berkata:

    @ yonna
    saya juga mau kalau itu..:mrgreen:

    @ maskres
    makasih.๐Ÿ˜€

    @ pemalas
    hm…opini yang menarik.๐Ÿ˜‰
    saya no komen deh…:lol:

    @ noenam
    saya juga bosan sih..:mrgreen:

    @ faroush
    yang masaing simbak aja.๐Ÿ™„

    @ berandaku
    salam kenal. silakan. tapi gambarnya gelep dan gak bagus lho..๐Ÿ™„

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s