Cerita Pendek: Cinta Sejati

Disclaimer: Postingan panjang. Harap bersiap-siap meluangkan waktu untuk cerita pendek ini…

Cerita ini merupakan kisah nyata seorang tante yang saya temui di Bali, tetapi detail yang saya sebutkan mungkin tidak sesuai dengan kisah aslinya. Saya menuliskan apa yang saya tangkap dari yang diceritakan tante. Sebut saja Ami (bukan nama sebenarnya). Tante Ami bercerita mengenai pengalaman hidupnya ketika masa kuliah.

Sekitar dua puluh tahun yang lalu, Ami sedang menjalankan semester terakhir dan berusaha menyelesaikan skripsi. Disaat itu pula, 2 minggu yang akan datang, Ami akan dipersunting oleh seorang pria yang bernama Iman (bukan nama sebenarnya).

Ami dan Iman telah berpacaran selama 7 tahun. Iman merupakan teman SD Ami. Mereka telah kenal selama 14 tahun. Masa 7 tahun adalah masa pertemanan, dan kemudian dilanjutkan ke masa pacaran. Mereka bahkan telah bertunangan dan 2 minggu ke depan, Ami dan Iman akan melangsungkan ijab kabul.

Entah mimpi apa semalam, tiba-tiba Ami dikejutkan oleh suatu berita.

Adiknya Iman: Mbak Ami, Mbak Ami. Mas Iman…Mas Iman….kena musibah!
Ami: Innalillahi wa inna illahi roji’un…

Saat itu Ami tidak mengetahui musibah apa yang menimpa Iman. Kemudian sang adik melanjutkan beritanya…

Adiknya Iman: Mas Iman…kecelakaan…dan..meninggal…
Ami: Innalillahi wa inna illahi roji’un…

…dan Ami kemudian pingsan…

Setelah bangun, Ami dihadapkan oleh mayat tunangannya. Ami yang shock berat tak bisa berkata apa-apa. Bahkan tidak ada air mata yang mengalir.

Ketika memandikan jenazahnya, Amit terdiam. Ami memeluk tubuh Iman yang sudah dingin dengan begitu erat dan tak mau melepaskannya hingga akhirnya orang tua Iman mencoba meminta Ami agar tabah menghadapi semua ini.

Setelah dikuburkan, Ami tetap terdiam. Ia berdoa khusyuk di depan kuburan Iman.

Sampai seminggu ke depan, Ami tak punya nafsu makan. Ia hanya makan sedikit. Ia pun tak banyak bicara. Menangis pun tidak. Skripsinya terlantar begitu saja. Orangtua Ami pun semakin cemas melihat sikap anaknya tersebut.

Akhirnya bapaknya Ami memarahi Ami. Sang bapak sengaja menekan anak tersebut supaya ia mengeluarkan air mata. Tentu berat bagi Ami kehilangan orang yang dicintainya, tapi tidak mengeluarkan air mata sama sekali. Rasanya beban Ami belum dikeluarkan.

Setelah dimarahi oleh bapaknya, barulah Ami menangis. Tumpahlah semua kesedihan hatinya. Setidaknya, satu beban telah berkurang.

…tiga bulan kemudian…

Skripsi Ami belum juga kelar. Orangtuanya pun tidak mengharap banyak karena sangat mengerti keadaan Ami. Sepeninggal Iman, Ami masih terus meratapi dan merasa Iman hanya pergi jauh. Nanti juga kembali, pikirnya.

Di dalam wajah sendunya, tiba-tiba ada seorang pria yang tertarik melihat Ami. Satria namanya (bukan nama sebenarnya). Ia tertarik dengan paras Ami yang manis dan pendiam. Satria pun mencoba mencaritahu tentang Ami dan ia mendengar kisah Ami lengkap dari teman-temannya.

Setelah mendapatkan berbagai informasi tentang Ami, ia coba mendekati Ami. Ami yang hatinya sudah beku, tidak peduli akan kehadiran Satria. Beberapa kali ajakan Satria tidak direspon olehnya.

Satria pun pantang menyerah, sampai akhirnya Ami sedikit luluh. Ami pun mengajak Satria ke kuburan Iman. Disana Ami meminta Satria minta ijin kepada Iman untuk berhubungan dengan Ami. Satria yang begitu menyayangi Ami menuruti keinginan perempuan itu. Ia pun berdoa serta minta ijin kepada kuburan Iman.

Masa pacaran Ami dan Satria begitu unik. Setiap ingin pergi berdua, mereka selalu mampir ke kuburan Iman untuk minta ijin dan memberitahu bahwa hari ini mereka akan pergi kemana. Hal itu terus terjadi berulang-ulang. Tampaknya sampai kapanpun posisi Iman di hati Ami tidak ada yang menggeser. Tetapi Satria pun sangat mengerti hal itu dan tetap rela bersanding disisi Ami, walaupun sebagai orang kedua dihati Ami.

Setahun sudah masa pacaran mereka. Skripsi Ami sudah selesai enam bulan yang lalu dan ia lulus dengan nilai baik. Satria pun memutuskan untuk melamar Ami.

Sebelum melamar Ami, Satria mengunjungi kuburan Iman sendirian. Ini sudah menjadi ritual bagi dirinya. Disana ia mengobrol dengan batu nisan tersebut, membacakan yasin, sekaligus minta ijin untuk melamar Ami. Setelah itu Satria pulang, dan malamnya ia melamar Ami.

Ami tentu saja senang. Tapi tetap saja, di hati Ami masih terkenang sosok Iman. Ami menceritakan bagaimana perasaannya ke Satria dan bagaimana posisi Iman dihatinya. Satria menerima semua itu dengan lapang dada. Baginya, Ami adalah prioritas utamanya. Apapun keinginan Ami, ia akan menuruti semua itu, asalkan Ami bahagia.

Ami pun akhirnya menerima lamaran Satria.

…beberapa bulan setelah menikah…

Di rumah yang damai, terpampang foto perkawinan Ami dan Satria. Tak jauh dari foto tersebut, ada foto perkawinan Ami ukuran 4R. Foto perkawinan biasa, namun ada yang janggal. Di foto tersebut terpampang wajah Ami dan Iman.

Ya, Ami yang masih terus mencintai Iman mengganti foto pasangan disebelahnya dengan wajah Iman. Foto itupun terletak tak jauh dari foto perkawinan Satria dan Ami. Sekilas terlihat foto tersebut hasil rekayasa yang dibuat oleh Ami. Namun Satria mengijinkan Ami meletakkan foto tersebut tak jauh dari foto perkawinan mereka.

Bagaimanapun Ami tetap akan mencintai Iman sekaligus mencintai Satria, suami tercintanya. Dan Satria merupakan pria yang memiliki hati sejati. Baginya, cinta sejatinya adalah Ami. Apapun yang Ami lakukan, ia berusaha menerima semua keadaan itu. Baginya tak ada yang perlu dicemburui dari batu nisan. Ia tetap menjalankan rumah tangganya dengan sakinah, mawaddah dan warramah, hingga saat ini…

Mendengar cerita diatas, terus terang saya merasa sedih, terharu, sekaligus miris. Saya kagum dengan sosok Satria yang ternyata benar-benar mencintai Tante Ami. Saya juga mengerti kepedihan Tante Ami ketika ditinggalkan tunangannya. Tentu rasanya sulit ditinggalkan oleh orang yang sudah membekas dihati.

Akankah ada pria-pria seperti Satria? Saya harap semoga banyak pria yang akan tetap setia kepada seorang wanita, menerima mereka apa adanya.

[Updated]

Menanggapi beberapa komen via YM, saya hanya memberi keterangan bahwa tante Ami telah mempunyai 2 anak dari Om Satria. Mereka mengetahui kisah ini dan sempat menyalahkan tante Ami. Namun tante Ami menegaskan bahwa dirinya sudah tidak ada perasaan lagi dengan mas Iman. Tapi hati orang siapa yang tahu? ;)

By the way, jadi teringat ucapan Mama-nya Fanny (teman ketika liburan di Bali):

Masa lalu adalah masa lalu (past), masa depan adalah masa depan (future). Tetapi masa kini adalah hadiah. Oleh karena itu disebut present. We live for today…so don’t look back.

556 thoughts on “Cerita Pendek: Cinta Sejati

  1. Tito berkata:

    Akankah ada pria-pria seperti Satria? Saya harap semoga banyak pria yang akan tetap setia kepada seorang wanita, menerima mereka apa adanya.

    saya seperti itu kok…

    … tapi cewe2 yg saya cintai tidak mo nerima saya apa adanya :(

  2. nazieb berkata:

    Ah, pasti sebentar lagi jadi sinetron… :mrgreen:

    Tapi ceritanya lebih baik kalo diceritain dengan cara begini aja, daripada jadi sinetron, jdi nggak mutu..

    be te we, so sweet story :D

  3. antobilang berkata:

    menurut saya, ami nggak adil.
    ami harus ikhlas Iman meninggal, dan kalau mau mencintai Satria harus seutuhnya.
    Mana bisa cinta dibagi? Saya yakin, setulus apapun kelihatannya, pasti ada yang terlukai dalam hati Satria.
    Ohya, saya tadi bicara tentang “adil” ya? Ah saya lupa adil itu kan “harus ada yang dikorbankan” ;)

    Hehehehe

  4. rie ndak login berkata:

    ya selama Mbak Ami sama Mas Satria selalu bisa menempatkan posisi dan saling mengerti mnurutku ngga bakal jadi masalah..
    entah seberapa besar perasaan Mbak Ami didalam hatinya kepada mas Satria, dan apakah mas Satria menyimpan sedikit luka pun ngga bakal ada yang tau kecuali Yang Maha Mengerti..

    —-namanya jg hati, tak hanya sedalam kolam ikan .. :P

    *ati2 potonya diteliti sama R*y S*r*o :lol:

  5. cK berkata:

    @ tito
    hhmm…gimana kalau saya bikin cerpen tentang perempuan setia kayak saya? :mrgreen:

    @ itikkecil
    wakakakakk… :lol:

    @ goop
    saya juga salut sama si om itu… :)

    @ extremusmilitis
    iya tuh. saya pas dengerinnya juga kagum. padahal anak-anaknya sering protes ke tante ami karena masih majang foto om iman. tapi om satrianya malah cuek-cuek aja tuh.. :D

    @ nazieb
    kalau dijadiin sinetron gimana ya? :-?

    *lirik sutradara*

    @ abeeayang™
    saya khan belum setua itu! :evil:

    @ funkshit
    kalau bagian yang berantem, saya nggak diceritain tuh. :mrgreen:

    @ suprie
    dan kacanya pun pecah… :lol:

    @ koecing
    *ngasih sapu tangan*

    @ tukang ketik
    buset. buat apa? :-?

    @ goenawan lee
    dibikin sinetron juga gapapa… :|

    tapi mesti minta ijin dulu sama tante ami. :mrgreen:

    @ dee
    mirip yoo~? :-?

    *agak eneg*

    @ ina
    iya nih. mengharukan… :cry:

    @ antobilang
    saya juga mengerti gimana perasaan satria saat itu. tapi mau bagaimana? tante ami pun bercerita sekarang ia sudah sepenuhnya mencintai satria. namun perasaannya terhadap iman juga tidak akan hilang. seperti rasa sayang kepada keluarga. nggak bisa hilang…

    @ erma
    maaf kalau panjang-panjang.. :mrgreen:

    @ sare’
    iyaaa… :cry:

    @ danalingga
    *ngasih obat alergi*

    @ rie ndak login
    wiiih…komennya dalem banget tuh rie. lagi jatuh cinta ya? :mrgreen:

    @ payjo
    cih.. >_>

    saya ga gitu kok. 8)

    @ caplang[dot]net
    yayaya…makasih atas doa-nya.. :mrgreen:

  6. 'K, berkata:

    perempuan yg gila.tidak patut dicontoh!! sayang critanya ga lengkap.apakah ami punya anak?gimanakah pandangan anaknya terhadap dia?apakah ami percaya Tuhan? tidakkah ami tau life must goes on.
    kalo ketemu cewe gitu tendang ampe kebulan :evil:

  7. calonorangtenarsedunia berkata:

    tapi kesian si satria. ami ga adil. selalu menuntut untuk dimengerti tanpa sekalipun mencoba mengerti.

    *lagi pegn nyalahin org*

  8. n0vri berkata:

    kayaknya gak fair buat Satria deh…
    sampai kapan satria harus terus berkorban dan ami terus hanyut dalam kisah masa lalu yang jelas gak akan bisa dihidupkan lagi?

  9. cK berkata:

    @ sarah
    iya tuh…salut sama si om satria.. :D

    @ abeeayang™
    aarrgghh!!! ga usah dibayangin! :twisted:

    @ danalingga
    halah…gayamu dan… :lol:

    @ rumahkayubekas :lol:

    @ mbelgedez
    ah..terima kasih om mbel.. 8)

    @ siwi yang doyan pertamax
    afa itu makfudnya? :twisted:

    @ didut
    tampaknya begitu..

    @ ‘k,
    wakakaka…jadi esmosi ya? :mrgreen:
    tante ami itu orangnya baik kok. saya sih no komen aja deh.. :roll:

    @ teguh
    anuu…itu bukan nama sebenarnya kok. saya sengaja kasih nama samaran.. :D

    @ eriek
    wakakakk…jangan donk.. :lol:

    @ calonorangtenarsedunia
    makanya han, setia ya… 8)

    *dilempar truk*

    @ p4ndu_454kura
    halah…kamu tuh masih anyak-anyak™.. :mrgreen:

    @ iman
    hehe…maaf mas, soalnya nama itu yang kepikiran waktu bikin cerpen ini. m(_ _)m

    @ n0vri
    memang kelihatannya tidak adil. tante ami sendiri mengakuinya. tante ami menegaskan sudah tidak ada perasaan apa-apa lagi terhadap om iman, tapi dari matanya terlihat masih ada rasa… :(

    waktu mendengerkan cerita tante, saya dan teman saya jadi ikut sedih. di satu sisi sedih atas kematian tunangan tante ami dan miris tentang keadaan tante ami yang sangat labil ketika ditinggal kekasihnya. disisi lain terharu dengan kekuatan cinta om satria…

  10. Hoek Soegirang berkata:

    ehmm…
    munkin seferti saia…
    saia rela dijajah dan diinjak-injak oleh betinah saia…
    berarti itu cinta sejati ya? :cool:
    ato…
    ndak funya harga diri? :cry:

  11. Hoek Soegirang berkata:

    eniwei, ceritana mengharukan sangadh…
    saia jadi kefikiran kalo nanti saia mati, afa munkin wanitah saia bakal begidu? terus, kalo saia mesti berhubungan sama wanitah yang begidu, afa munkin saia tahan…
    saludh sangadh buadh Satria. *angkadh tofi tinggi-tinggi*
    he know how to be gentle.
    ah ya..
    .
    .
    *mikir*
    kafan nikah, chik? :mrgreen:

  12. Hoek Soegirang berkata:

    hmmm…
    saia memang mencium ada sesuatu didalam cerfen ini..sefertina fenulis ingin menunjukkan bahwa sang fenulis sedang mencari cinta sejati…
    ato menunggu?
    ato…
    ah ya! hettrix tanfa OOT :cool:

  13. fauzansigma berkata:

    ga bisa kebayang mjd seorang satria..
    sepertinya bagaikan menemukan jarum di gudang beras..
    bahkan banyak manusia akan memaki2 satria..
    but anyway bus way..
    manusia berhati besar seperti itu lah yg akan mendapat cinta dr Yang Maha Mencinta

  14. adit-nya niez berkata:

    Haduh… Saya kok pas baca rasanya gmana gtu yah…
    Saya mikir yg seneng2 aja deh…

    Mereka bahkan telah bertunangan dan 2 minggu ke depan, Ami dan Iman akan melangsungkan ijab kabul.

    Tuh, saya mikir yg itu aja :mrgreen:

    Btw, sista bilang ndiri klo dia muak sama judulnya…
    Hihihi… :lol:

  15. Pyrrho berkata:

    Setuju, ceritanya bagus. Ternyata bisa juga Chika nulis cerita ya ? ;)

    Setuju dengan komen Anto dan Hana.

    [analysis mode ON]

    Masalahnya bukan terletak pada diri Satria. Cintanya hanya soal memberi dan memberi. Ini nggak bisa dijadiin contoh soal cinta sejati, karena cinta sejati itu memberi dan menerima. Walaupun pengertian menerima itu bisa berbeda-beda.

    Masalah utamanya itu terletak di Tante Ami. Dia belum bisa menerima kejadian yg terjadi beberapa tahun yg lalu. Tahapnya masih Denial, yaitu menolak kenyataan kalau Iman itu sudah meninggal, dan dia harus menghadapi hidup tanpa terbeban dan terkenang lagi dengan hal itu.

    Ini sama dengan cerita seorang nenek yang ditinggal suaminya. Setiap pagi dia selalu menghidangkan 2 gelas susu : satu untuk dirinya dan satu lagi untuk suaminya yg telah meninggal. Juga dengan rutinitas yang lain. Kalau kita lihat, sepertinya si nenek masih cinta berat sama suaminya, tetapi yang palign jelas perasaan MENOLAK kematian orang yg dicintainya itu yan lebih utama dan dominan. Dan dia bertindak seakan-akan suaminya itu masih hidup.

    [analysis OFF]
    :mrgreen:

    Chik, dibikin sinetron aja. Tapi Gunawan aja yg jadi sutradaranya. :P dijamin hancur….

  16. bangke berkata:

    yah mudah”an akan ad banyak pria setia sPt OM SATRIA

    sMangat OM,

    “TUHAN KIRIMKANLAH AKU KKASIH YG BAIK HATI,
    YG MCINTAI AKU…KY OM SATRIA”

    kekekek

    -haTe dTraitor-

  17. iQbaL berkata:

    wah sangat mengharukan sekali..emang sih cerita seperti ini usangat jarang sekali sekarang…oh jelas..dulu gw pernah dapet nilai rapor jelek gt ya..trus nyokap marah2 dan bokap gw diem aja..akhirnya bokap gw cuma ngomong “yah mo diapain lagi nilainya..yang jelas kamu cuma bisa memperbaiki masa depan..yang dulu dijadikanlah pelajaran”

  18. tukangkopi berkata:

    KENAPA KOK MILIH PAKE NAMA AMI?!? :evil:

    *teringat mantan yang udah nikah *

    Akankah ada pria-pria seperti Satria?

    Gw yakin ada.. :cool:

    Saya harap semoga banyak pria yang akan tetap setia kepada seorang wanita, menerima mereka apa adanya.

    Gw masih terus belajar untuk ini. Semoga cepat lulus.. :mrgreen:

  19. fantasticdreams5 berkata:

    Kereeeeeeeeeeeeeeeeeen ceritanya ! Bisa nggak ya adek bikin cerita keren kayak gini ?

    *Adek juga lagi belajar bikin cerita, baca donkz.*

  20. cK berkata:

    @ hoek soegirang

    saia rela dijajah dan diinjak-injak oleh betinah saia…
    berarti itu cinta sejati ya? :cool:

    bisa dibilang begitu lah… :mrgreen:

    saia jadi kefikiran kalo nanti saia mati, afa munkin wanitah saia bakal begidu? terus, kalo saia mesti berhubungan sama wanitah yang begidu, afa munkin saia tahan…

    mau dijajal? :lol:

    wakakakkk…menemukan pesan tersembunyi, eh? :mrgreen:

    @ fauzansigma

    manusia berhati besar seperti itu lah yg akan mendapat cinta dr Yang Maha Mencinta

    setuju!

    saya juga ga kebayang gimana perasaan si om itu…

    cinta hampir selalu dianalogikan dgn pengorbanan..kenaFa *halah, sory hoek*

    kayaknya itu sesuatu yang saling berhubungan satu sama lain deh.. :-?

    @ sir arthur moerz
    waduh…saya juga belum nemu jawabannya tuh.. :lol:

    @ gyl
    yup yup…saya juga mengingat kata-kata tersebut. kisahnya memang agak miris… :|

    @ mathematicse

    Itulah lelaki, cintanya benar-benar sejati. :D

    mau mencoba seperti itu? :mrgreen:

    @ irwan
    sayangnya ini bukan kisah saya.. :lol:

    @ adit-nya niez
    halah…hidup ini nggak selalu happy lho… :roll:

    @ diki
    jaman dulu mana ada potoshop… = =!

    @ pyrrho
    analisis yang menarik dasar psikolog :mrgreen: .

    btw akhirnya ami menerima cinta dari satria. namun perasaannya terhadap iman juga tidak hilang. kayak first love never ends gitu.. :roll:

    mau dibikin sinetron? tanya tante ami dulu, boleh ga dibikin sinetron.. :mrgreen:

    @ daniar
    thanks… :D

    @ p4ndu_454kura
    yaiks!! *muntah martabak*

    @ bangke
    hehehe…pengen yang kayak si om juga ya? ^^

    berdoa aja.. :D

    @ adesnugros
    wihiii yang benerr?? :mrgreen:

    kalau mau tau read more, bisa dibaca disini.. :D

    @ iqbal
    memang tidak seharusnya kita terpuruk di masa lalu. masih banyak yang harus kita lakukan demi masa depan.. :D

    @ tukangkopi
    wakakaakk…sebenarnya nama tokoh-tokoh di atas merupakan anagram. saya ambil secara acak dari nama asli yang bersangkutan.. :mrgreen:

    *berdoa semoga yudis jadi cowok setia* :lol:

    @ adit-nya niez
    ga salah kok. itu khan buat si om satria… :-?

    @ fantasticdreams5
    saya juga lagi proses belajar menulis kok… ^^

    kita sama-sama belajar ya.. :D

  21. bintankkecil berkata:

    sumpe……..
    proviciat wat satria yg bs trima ami apa adanya walo d hati ami msh ad nama Imam.
    gw aj lum tntu bs trima kaya gt.
    walo thu org dh mati yg jlas qt jd org ke 2
    jlaz ajah w gak bakal bs trima…
    gmna caranya mas satria bs ky gt yey???

  22. akbarramli berkata:

    good story, i’m very proud to Mr. Satria…
    He love his wife without any hidden purpose.

    can I ? I don’t thing so… :(

  23. Nike berkata:

    Saya sih lebih nyorotin Ami dibanding Satria. Malah saya kasihan sama Satria.
    Ami harusnya ikhlas dong. Berarti jodohnya emang bukan Iman, tapi Satria.

  24. cK berkata:

    @ sezsy
    temennya senasib ya?? :-?

    @ junarto
    ya ga mungkinlah. karena satria belum kenal ami saat itu… :-?

    @ varendy
    iya, dari kisah nyata. entah kenapa banyak cerita unik di kehidupan saya.. :D

    tapi belum saya bikin cerpen semuanya. ada banyak soalnya hehe.. :lol:

    @ bintankkecil
    mungkin dengan berhati lapang. saya juga salut sama om satria. beliau memang hebat.. :D

    @ serdadu95
    iya ya?? :-?

    *dengerin lagu kerispatih*

    @ sezsy
    mau? cari aja.. :lol:

    @ akbarramli
    semoga bisa… :D optimis aja..

    @ nike
    akhirnya ami menyadari. tapi mungkin first love never ends. begitulah kira-kira..

    @ ranywaisya
    hahaha… apa iya? :lol:

    @ angelndutz
    saya pas dengerin juga sedih.. :cry:

    @ suprie1983
    pasti bacanya nggak teliti. itu ditujukan buat om satria. bukan saya… = =!

  25. CY berkata:

    Aih…, Chika nih bikin teringat sama piring dan gelas kosong ku.
    Benar juga kata seorang teman,
    “Love isn’t finding someone you can live with; it’s finding someone you can’t live without.”

    pertanyaanya.., adakah wanita yg mirip dgn si Satria?? Tdk kah Satria akan merasa lelah saat Ami beratnya sdh mencapai 80kg dgn keriput di wajah??

  26. sandymc berkata:

    salut deh ama si satria ;), emang kalo cinta sejati itu harus penuh sabar ya. Banyak pelajaran nya nih dari pengalaman nya si Satria. Sayangnya si tante ami, gak bisa merelakan Alm Iman.. :(..

    gak boleh gitu dong dia

    *nunjuk2*

  27. Wazeen berkata:

    Ami? bukannya kalo nama samaran biasanya pake nama Bunga?, oiya chik mestinya di akhir postingan di tambahin “jika terdapat kesamaan nama tokoh, tempat atau yang lainnya itu hanyalah kebetulan belaka” biar ndak diprotes mas Iman.

  28. mardun berkata:

    ah… yang penting tidak ada yang keberatan dari kedua belah pihak kan gpp

    toh yang paling ngerti ya yang menjalani……… *sepertinya ke bali enak deh*

  29. MacDots berkata:

    Tante Ami hebat dalam mencintai seseorang….walo pun dah gak da lagi….org nya
    (Tapi kalo dah berlebihan gak baik juga lho…relakan saja kepergian iman)
    Satria juga hebat…dalam kesabaran menaklukan wanita…..uiiihhhh…
    CK juga hebat….punya waktu buat postingin cerita ini…..
    Teman2 yg lain juga hebat…bisa kasih komen…
    *ternyata semua nya hebat….* Hiohihohiho
    Tapi cerita nya …tetap aja sedih banget……hiksssss….

  30. cK berkata:

    @ adesnugros
    bukan tuh.. :mrgreen:

    akhirnya bisa juga.. :D

    @ mihael “d.b. ellinsworth
    saya percaya kamu orangnya menghargai, jak.. :mrgreen:

    @ cy
    eh iya..mirip ya… :roll:

    pertanyaanya.., adakah wanita yg mirip dgn si Satria?? Tdk kah Satria akan merasa lelah saat Ami beratnya sdh mencapai 80kg dgn keriput di wajah??

    yang pasti sih sampai sekarang tante ami masih cantik dan langsing.. :lol:

    @ alle
    satu lagi pinjem jempol siapa? :-?

    @ sandymc
    nunjuk-nunjuk siapa?? :-?

    @ embuh
    dan kamu memperbanyak komennya… :lol:

    @ niez-nya adit
    kalau bingung, pegangan ke adit niez… :mrgreen:

    @ wazeen
    wakakakakk…gapapa…siapa tau mas iman bikin ini jadi sinetron… :lol:

    @ biho

    Terus terang saya yang ganteng ini tidak bisa seperti satria :D

    *pingsan*

    Soalnya ini masa sekarang, masa lalu biarlah berlalu, toh hidup bukan untuk memuja masa lampau.

    setuju. :D

    @ mardun
    kasmu sendiri gimana, ndun? udah ada belom? :mrgreen:

    @ grace
    kira-kira si dia itu cinta sejati nggak?? :mrgreen:

    iya, saya juga suka quotenya.. :D

    @ macdots
    ceritanya memang sedih. tapi setidaknya ada hepi ending. :roll:

  31. yonna berkata:

    hmmm cinta, emang misteri yach…duh gimana gitu bacanya…meski happy ending tapi tante ami harus bayar mahal dengan harus merelakan kepergian kekasihnya.

    kisah yang menguatkan jiwa, thanks Chik :)

  32. cK berkata:

    @ raffael
    coba donk bang… :mrgreen:

    @ yonna
    sama-sama mbak. cerita ini untuk berbagi aja. siapa tahu memberikan inspirasi dalam kehidupan.. :)

  33. ANITA berkata:

    Wach jadi terharu,
    Apakah ada seoarang yang seperti mas satria????????????????
    kalau ada bagi satu donk……………………

  34. pemalas berkata:

    huh, kisah klasik ………..

    aku juga sependapat, g da yang perlu dicemburui dari batu nisan.

    kalo udah mati, ya mati. tapi kalo hidup, hiiiiiii ….

    ah, yang menjadi masalah, adalah, bahwa :

    kalo Satria “TANPA SENGAJA” menyakiti hati si Ami,

    lalu si Ami bersumpah BAHWA ia tidak akan meninggalkan tu nisan,

    bisa – bisa Satria malah bunuh diri, karena merasa gagal dalam menjaga

    pernikahan mereka, karena begitu besar cinta Satria kepada Ami sehingga

    ia lebih baik mati karena tidak mau diduakan oleh Ami. :cry: :) 8)

  35. cK berkata:

    @ deteksi
    *nyentuh det*

    @ dzaia-bs
    ami juga mencintai Tuhannya, AFAIK..

    @ mr. fortynine
    sudah sadar. dan mereka sudah menjadi keluarga sakinah kok.. :D

    @ feezaa | anita
    wah…saya nggak ngejual tuh.. :lol:

    @ pemalas
    untungnya mas satria itu berbesar hati dan setia. :D

  36. Dinda berkata:

    wah sebenarnya saya kurang setuju dengan tante ami, kasian juga om satria. terus anak2 mereka pasti akan bertanya kok foto perkawinan mamanya ada dua??? nah lo .. gimana jawabnya???

  37. runa berkata:

    DuH
    sUmpAh,,,,,,,,,,,,,,
    SedIH BgEt!!!

    Apa lAgi PAcARaN_A TUH DaH 14 TAhun
    Bnyk KiSah iNDah & BuruK Yg Telah
    D_JAlani BerSama………….

    Klo TerJAdi SAma unA
    UNA Gk Tau PA UNa TeGAr KeK TantE Ami……………

    Yg TerJAdi BIArLAh
    TErJAdi

    <LeMBAran BAru DA D_dPN MAta MeNAnti kiTA BukAN…………….

  38. l3tta berkata:

    aku jg prnh ngalami itu…
    tp tu bkn tunangan ku,,!!! tp kekasih ku,..
    aaahhhh… malah aku yg jd curhat…!!!
    crita”a keren…..
    ab!!zzzzz…….

  39. Alena berkata:

    uh…Saluut bangett untuk sosok satria dalam cerita tersebut!
    cerita itu lebih cocok diebut “keabadian cinta”. tapi, terkadang ga kayak githu juga sih…
    Yah yang lalu mah biarkan saja berlalu… tinggal bagaimana menyikapinya, apa akan terus diratapi atau dijadikan pelajaran biar lebih baik lagi…
    Untuk ami, bersyukurlah karna mendapat suami sebaek itu.

  40. wina berkata:

    beruntung sekali ya tante ami mendapatkan pendamping seperti om satria.
    jarang-jarang cowok setia seperti om satria 1001 orang kali.
    semoga saja keluarganya langgeng sampai mati dan menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, warahmah.Amin.
    semangat terus ya?

  41. yola_imo3t berkata:

    aku rasa sedikit banget cow yg seperti satria.tapi………..,aku berharap cowku bisa seperti satria(hehehehehe.
    tante aminya beruntung banget ya punya pendamping seperti satria.aku doain,smoga langgeng dunia akhirat.amin…………

  42. desitary@yahoo.co.id berkata:

    cerity mnynth bgt tp jgn lah lrt dlm ksdhan dan q hrap smga msh ad cow yang sprti mas imam cos dy tipe cow yang setia bgt.q jd iri atas ksetian mas imam andai aj cow q kayk dia pst q bhgia bgt.dear doain q ya biar dpt cow kyak dy…….seee you bye

  43. @yoe3 berkata:

    ikutan yach, lam kenal smua…waaah keyennn, salut bwt adi, mia, n satria k3nya atas cintany yg sejati….yuks kita ikutin jejakny…no playgirl or playboy dah ga jaman…

  44. sudarmadi berkata:

    SubhanaAllah…….. Indah sekali di zaman sekarang masih ada seorang laki-laki yang setia seperti Satria bagus dan mudah-mudahan lebih banyak lagi
    Tuk Mereka jangan menyalahkan tante Ami ini bagus, bisa membuat kita belajar dari peristiwa tersebut….. Mudah-mudahan. Aamiin

  45. draguscn berkata:

    Sy tadinya masih berharap di akhir postingan ternyata Iman masih hidup dan menjadi konflik tersendiri *hahaha dasar otak sinetron* .. untunglah kehidupan nyata sperti apa adanya .. :-) nice post ..

  46. iyuet so cute berkata:

    sangat menyentuh…………
    aQ Rasa mb aMi beruntung mendapatkan sosok seperti satria,,
    NaMx seperti hatiX..
    zaman sekarang susah…..a….a….h…hh banget nyari cowok ky satria,,
    god bLess U…
    semoga sakinah,mawaddah,&warahmah….amien

  47. riri berkata:

    buat gue,yang namanya udah nikah ya musti ngabdi semuanya.gak perlu pasang foto mantan pacar segala.jadi kesannya kaya orang kurang waras.hormati dan jalanin hidup dgpasangan yang disiapkan Tuhan untuk kita.masa lalu hanya untuk dikenang.kalo masih merasa sayang ya tinggal didoakan saja.gak perlu pamer sama orang lain betapa besar cinta kita pada masa lalu.Control your self.

  48. 74N7 berkata:

    Cerita yang Aneh…!
    Ketika Ia terkaget mendengar kekasihnya kena musibah mengapa langsung berkata Innalillahi wa inna illahi roji’un… seperti mendoakan kekasihnya meninggal aja apa engak bisa ngucap yang lain.

    Sepengetahuan saya jenazah pria tidak boleh tersentuh wanita selagi dan setelah dimandikan walaupun Ia Istrinya sendiri…?

    Masa berkabungnya hanya beberapa bulan aja udah bisa nerima cinta yang lain.? Aneh sekali

    Ada Gitu laki-laki seperti Satria? engak pernah ketemu tuh.

    Jika Ia beneran cinta sama Istrinya seharusnya Satria menyadarkan untuk Ikhlas semua itu cuma titipan (harta, anak, istri, suami apa lagi cuma pacar) kapan yang Punya ingin Ambil, kita harus ikhlas, kita yang masih hidup cukup mendoakan aja agar mendapatkan tempat yang layak disisinya.

    Bukannya mensupport Istrinya berlarut-larut berselingkuh dalam khayalan. Ingatkan kewajibannya.

  49. yy berkata:

    kadang seseorang hadir dlm hidup kita bukan utk dilupakan tp menjadi kenangan…yg akn indah bila kita bisa menempatkan pd arus waktu yg seharusnya krn waktu bergulir ke depan, jd kita tdk bisa terus tinggal dlm kenangan…krn itu akan membuat kita egois sehingga tidak memikirkan arti seseorang yg ada disisi kita sekarang dan bersedia menemani kita hingga masa depan…cinta sejati adl keihklasan hati!!

    ketika satu pintu kebahagiaan ditutup utk kita, sebenarnya pintu lain telah dibukakan, tp terkadang kita terlalu lama menatap pd pintu yg tertutup itu hingga tak menyadari pintu lain telah lama dibukakan dan menanti kita utk masuk ke dlmnya…

    mgkn, Satria adl pintu lain itu yg membawa pd kebahagiaan…

  50. dwi berkata:

    y cinta itu emang gila
    sampai2 berani mengorbankan hatinya demi pasanganya
    tp itulah cinta sejati
    cinta dimana akan bertahan utuh sampi kapanpun
    semoga ada cewek yang cinta aku
    he he he

    ( ngareppppppppppppp banget………..)

  51. dexa berkata:

    terlalu dayus buat seorang lelaki yang mengakui kelemahan nya dan membiarkan lelaki lain masuk dalam kehiduopan rumah tangganya…. dan itu sama aja menjatuhkan harga diri sebagai seorang lelaki……

  52. resa berkata:

    emg bner ko…klo cinta sejati itu tak akan prnh mati smpai kpnpun.
    dy akan trus hdup dlm hati,wlwpun qta akan mmliki seorg pndmpng sekalipun.

  53. AWING berkata:

    Wah aq jadi pengen seperti om Satria ni……… :D:D:D:D semoga bisa yakss………..
    wanita yang baik-baik hanya untuk laki-laki yang baik-baik…….!!!!!

  54. indra wijaya berkata:

    aq kira itu emang cinta sejati, menerima wanita apa adanya dan mungkin aq juga akan begitu karena cinta sejati itu emang tulus dan begitu pun juga cintaku pada calon istriku yang bentar lagi akan kunikahi,…

  55. penggemar(vira) berkata:

    aku salut sama mas sartia yang begitu mencintai mba ami yang begitu dalam dan tanpa ada perasaan yang mengganjal dihati mas sartia yang mencintainya dengan setulus hati dan maw mendampingi nba ami hingga akhir hayatnya…………….

  56. Rendra said berkata:

    ceritanya menarik,bagaimana mengajarkan setiap orang untuk menerima kenyataan, dan belajar tuk menerima kelbihan dan kekurangan orang yg kita cintai.

  57. Arian said berkata:

    Aku harap crita ni membrikan warna baru bagi semua qta untuk berani menerima kenyataan hidup yang telah ditakdirkan Sang Khalik.

  58. Satria berkata:

    Hohohoh..

    makasih semua commentnya,kebetulan aku lewat di blog ini pada nyeritain aku yah…

    perjalanan yg melelahkan harus tetap diselipi oleh keyakinan yg kuat

  59. agustinus berkata:

    Cerita yang cukup menarik. Cinta sejati, tulus, menerima pasangan apa adanya. Satria seorang yang memiliki ketulusan hati yang luar biasa, biarpun hanya mendapat nomor dua di hati ami

  60. teyong berkata:

    memang sangatlah sedih,aq jg pernah merasakan apa yg namanya cinta… cinta pertama bukan berarti pacar pertama,bahkan sampai sekarang aku masih tetap cinta meskipun aku sudah ada yg memiliki tapi di hati ini aq masih tetap mencintainya..aku tidak tau sampai kapan rasa ini selalu hadir di saat aku tersakiti oleh cinta yg lain…

  61. teyong berkata:

    buat tante ami mungkin sangatlah sulit untuk melupakan cinta pertama, tapi memang sangatlah sulit untuk melupakannya meskipun ada penggantinya…

  62. viana berkata:

    kisah’n bgus bgt,,,,,
    jd pngn nangis,,,,,

    ql,,d’buat sinetron,,,,
    pasti da yg d’tambah”in,,,,,
    pkk’n crita’n g9 sesuai dg crita asli’n…..

  63. dedek berkata:

    critax sgt mengharukan,mank bnar cinta pertama sulit dilupakan.knpa hx btuh brapa jam tuk mencintai seseorang tp untuk melupakanx btuh wktu yg sgt lma bahkan btuh wktu seumur hidup qt tuk bs ngelupain org tsb.i ingin mendapatkan seseorang spt so2k satria yg mencintai se2orang dgn tulus n trima apa adax org tsb.

  64. dhevy berkata:

    sosok satria mirip bgt sma sosok cwo gw skarang…
    walaupun emank status kita sekarang masi pacaran, tpi dya tw kalo gw punya cinta lain d hati gw yang gbs gw lupain gitu ajah !!
    dan susah bgt bagi gw bt ninggalin semua kenangan gw sama cinta gw !!
    tapi beruntungnya sejauh ini cwo gw mw ngerti…walaupun terkadang gw ngerasa bersalah bgt sma dya…tp gw juga gbs ngebohongin perasaan gw sendiri kalo gw emank punya cinta lain d hati gw !!! dan gw masih sayang bgt sama dya !!!
    gw harap selamanya cwo gw tetep mw dan bisa ngertiin keadaan gw…amien !

  65. sheilla berkata:

    hmmm masa lalu memang sulit untk d lupakan nmn mas depan adl adl sesuatu yng hrs d kjr n d raih kta hrs mnjalani hdp ini meskipun srng di hantui masa lalu nmn apa artix mngenang masa lalu tglkn semua masa lalu dan raihlah masa dpn yng lebih baik n lbih membahagiakan.amiiiiiiiiiiii!!!!!!!!

  66. cheche berkata:

    masih adakah pria seperti satria di dunia ini?Tuhan, kirimkanlah sesorang seperti dia di hidupku.salut deh…..

  67. NaDiA berkata:

    SumPaH Ceritanya keren abizzzzzzzzz………

    tu co tipe ue bnget ………….

    klo bisa di kin flm lyar lbat za ……….

    khan seru tuch ..

    heeeehehehehehehe…

  68. baby berkata:

    Pengorbanan cinta Satria dalam hal ini bisa diacungi jempol..tapi smp kpn dia bisa mendapatkan cinta sejati dari Ami jika dalam hati Ami msh tersimpah cintanya Iman. Bukan suatu masalah memang untuk cemburu pada batu nisan tetapi apakah Ami bisa membedakan cinta yang sudah tiada dengan cinta yang jelas nyata didepan mata?
    Karena bagaimanapun bukan hanya Satria yg berjuang untuk mencintai Ami, tetapi Amipun harus bisa memahami perasaan Satria. Belum tentu sepeninggal Iman ada seseorang seperti Satria yg bisa membangkitkan kembali semangat hidup Ami, jadi bagaimanapun Ami harus bisa menata hatinya jauh lebih dalam kpd Satria.
    Iman tidak harus dilupakan karena dia ada pada masa lalu dan masa lalu tidak selalu membawa keburukan karena terbukti dengan meninggalnya Iman paling tidak ada hikmah,bahwa ada lelaki lain yang bisa mencintai Ami begitu tulusnya,dan dia adalah Satria.
    So,..masa lalu yang membawa kita ke masa sekarang. Tetapi kita tidaklah hidup di masa lalu oleh karena itu selalu belajar dari masa lalu untuk mendapatkan masa depan yang jauh lebih baik. :)

  69. sinta berkata:

    Sedih memang bila ditinggal oleh someone yang kita cintai. Sedih dan nangis boleh, tp kita tidak boleh meratap dan sedih yang berlanjut. Justru kita harus tegar agar kita bs slalu mendoakannya. Btw spt cerita di atas, kuatlah krn Tuhan takkan memberi cobaan yang mana kita tak mampu menghadapinya. Tuhan slalu punya rencava yg indah buat umatnya.

  70. badri berkata:

    cerita ini sangat mengharukan hati saya dan saya jg jarang mendengar kisah cinta sejati ni,jadi saya pun teringat akan kenangan masa silam saya dng seseorang yg skr tlah tiada lg cuma msh tersimpan dlm ingatan dan hati saya.cinta memang tak seharusnya bisa memiliki krn ada yg berhak atas diri kt yaitu ALLAH S.W.T.

  71. Thinie berkata:

    bruntung bgt see amy itu,dpt cwo yg bnr” cinta s5 dia .
    Mau dnx kyaa gtu ??,……………….

    Hubungin noo nee yuupz…………..

    – 081914933833
    Knl yuxzzz……….
    heeeeheheheheheheh……………………

    ……………………..

  72. alin berkata:

    emang benar cinta pertama sulit dilupakan, namun kalau sampai memajang photo segala sptnya tidak logis…coba kalau dibalikkan posisinya satria jadi tante ami dan tante ami jadi satria…..seharusnya tante ami memikirkan hal itu…….

  73. Rerin Maulinda berkata:

    Indahnya cinta… Mudah2an suamiku menyanyangi dan mencintai aku selamanya dan apa adanya… Amin
    Terima kasih telah memberi semangat baru dalam menjalani kehidupan perkawinan dengan tulus dan doa… Terima kasih

  74. Fyfy_daqcutE93 berkata:

    ..wOw..!sO cwEet larh ctErw niEy…
    ..aq pOwn dErw bOyfRenz yg baEk sgt n phm ngn dri aq..
    ..AINUR SYAARANI kEkasihku..

  75. michelle berkata:

    hmm…

    andai saja smua cowok2 tu kaya sich satria..
    yang mmilki pengrtian yg dashyat,,cinta,bahkan kasih sayang yg begitu dalam.
    tidak ad kata mendua di dirinyaa….
    ^_^

  76. epvnye berkata:

    sabar z,,,lelaki emng kdang bikin qta kaum wanita jadi sakit hati,,,,,mski mngqn kadang terjadi karena salah paham dan gampang bwt baikan,,,tp saqit.a tetep z kerasa,,,,krna gk mwnutup kmungqinan kejadian tsb bakalan terjadi lagi,,,,

  77. meyo berkata:

    wah bestnye…..hmmmm moge da cte yg lg best ea….wlaupun da touching2 tp ttp best…… terbeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeek wooooooooooooooooooooooooooookkkkk

  78. mela berkata:

    seharusnya tante ami harus menghargai perasaan om satria yang telah mencintai dengan setulus hati,yamg mati takkan hidup kembali jd terima kenyataan

  79. devy ika puspitasari berkata:

    oke…jg…. tapi mending dicopot aja dech fotonya….
    coba bayangin nanti kalo anak2nya udah besar and liat fto itu juga….
    pasti akan terbentuk fikiran yang “?”…. sementara itu dalam prkembangan
    remaja anaknya pasti akan terbentuk pribadi yang bahkan bisa meremehkan perasaan orang lain….. tolong bilangke tante ami ya….dicopot aja yach….

  80. devy ika puspitasari berkata:

    oke…jg critanya…. tapi mending dicopot aja dech fotonya….
    coba bayangin nanti kalo anak2nya udah besar and liat fto itu juga….
    pasti akan terbentuk fikiran yang “?”…. sementara itu dalam prkembangan
    remaja anaknya pasti akan terbentuk pribadi yang bahkan bisa meremehkan perasaan orang lain….. tolong bilangke tante ami ya….dicopot aja yach….

  81. kha berkata:

    ehm…..ceritanya mengharukan juga, masa dulu sebaiknya jangan menjadi sebuah alasan kita untuk mengabaikan apa yang terjadi kini.

  82. iputnopitasari berkata:

    wih ceritamu bugus buangetzz q terharu kok smpe2 q nangis mungkin benar q yang tak tahu kenyataan bahwa kau trelalu sempurna tuk q milikimimpi ini terlalu besar tuk q raih ???????******!!!

  83. Novha berkata:

    huaaa..mengharu biru…kisah ku gg kalah sedih teman.hiks..aku sdng berencana menuliskan nya..

    cinta sejati emang gg pernah mati, yang mati itu cuma jasad nya, jiwa nya akan tetap ada bersama orang yang mencintainya.

  84. asdan berkata:

    cerita ini sangat menyedih kan ku ku merasa sangat bersalah dengan masa lalu ku…….. salam yua ama tantenya tu hebat banget bisa dapet orang sebaik itu……….

  85. asdan berkata:

    Cerita ini sangat MEMILUKAN kan ku ku merasa sangat bersalah dengan masa lalu ku…….. salam yua ama tantenya tu hebat banget bisa dapet orang sebaik itu……….

  86. asdan berkata:

    Cerita ini sangat MEMILUKAN ku hebat banget tu yang namanya satria bisa pengertian seperti itu…….. Kalau aku sih gak bisa tahan….

  87. asdan berkata:

    Cerita ini sangat MEMILUKAN hebat banget tu yang namanya satria bisa pengertian seperti itu…….. Kalau aku sih gak bisa tahan….

  88. rank tamban berkata:

    yach begitulah manusia,,,,,,,,,,,
    gw salut bgt sm satria,,,,,,,N gw yakin dia pasti bakal dapat kebahagian sejati karna ketulusan dan pengorbanannya,,,,,,,,,,

  89. rina andriani berkata:

    “Masih adakah cwok seperti satria pada jaman sekarang ini?”dan untuk mba ami anda sangat beruntng mendapatkan mas satria.untuk itu jagalah hatinya seperti dia menjaga hati mu.

  90. inal berkata:

    memang cinta sejati tak selama’y dimiliki,kisah di atas sama percis dengan kisah kehidupan saya,,,,t ami 7 tahun sulit pastinya melupakan orang yg dicintai….karena sebuah kenangan tidak akan bisa lupa sampai matipun,apalgi dengan seseorang yg kita sayang………

  91. tika berkata:

    mmmmm,ceriita na CkUp BGuS,,,,,sMpI@ Td PaScAMpI MeRiNdInG….
    waLuT bGT SmA saTrIa,,,,,,Di jMn sKrG SuSAh TuK tMuIN cWok Yg SeTiA,,,,,wAt TaNtE aMi JgN tRuS2An TuK mnGinGaT iMaN,,,,seBab MaS saTRiA pStI KsBaRaNyaAnYa LOh,,,,,,,,,,,,

  92. ima doang berkata:

    cerita awalnya sama ma kisah aq,,tpi ima gk mau endingnya kayak ending cerita itu,,aq gk mw khlngn org yg aq syg,,,dri sma aq jalanin hubungan ini mpe skrg aq dh tmt kul………tapi ceritanya bagus bgt kok………..

  93. chamay berkata:

    saluT DEch liat kenyataan diatas,,,,,
    jgankan ditinggal pergi u selamanya diputusin aja kdg kta ga bsa tegar,,,
    tpi smua akhirnya ada jalanya,,,
    pAsti adaalah seorang pria sepErti satria,,,
    wAlau hanYa beberapa but I BELIEVE I’LL GET,,,
    aMin,,,
    belajar untk tegar emang sulit,,,
    tpi kesabaran akan ada buahnya,,,
    trimakasih,,,

  94. Fitri berkata:

    itulah kehidupan….. walaupun aneh tapi inilah kenyataanx,,,, bahwa masih ada yg menjunjung tinggi CINTA…..
    salut ma Mas Satria yang mencintai ketidak berdayaan Ami menghapus semua kenangan,,,,

  95. putra berkata:

    tersentuh akan cerita diatas n q jg berharap bisa menjadi penerus SATRIA yg dgn setia n lapang da2 mencintai n menyayangi pasangannya tanpa mengharapkan balazan n menuntut sebuah cinta…..

  96. Mildamaniz89 berkata:

    kpn y, qu bs dpet cowk kyk Satria????? n nie bru cowk yang bisa nerima kekurngan psnganya n hari gini cari cowk kyak Satria 1000 banding 1 dhe’ susah bgt!!!! kbykn cuma pengen nyakitin hati wanita z!

  97. Pranedya berkata:

    emang hati.a ami gede bisa dibagi wa antara iman ‘en satria, t’ruz yg dapet bagian pling gede.a syapa ????? hehehe……..

  98. riE_riEn berkata:

    I like tHis sTory !!!
    Tp di jaMan kYk giNi apa adA saTria” LaeN yah???

    bIcara soaL AMI….
    aPa dy gaK eGois tuH coZ mZh mNciNtai oRg yg tLh TiaDa dAH gT tNpa sdKit puN dR cRita niE yg mEnUnjuKKn aMi jUga mereSpOn SaTria dgN ciNta yg saMa beSarnya.

  99. coRy iMoUt berkata:

    nTuh cEriTa sEdiH bgT pi baGoEs kUg ,,, cIntHa sEjaTi ga aKaN kEmaNa qTa aKaN mEncIntaI sEsEoRang saMpaI aKhIr haYaT wLpn dYa uDaH gAg aDa ….

  100. amriL dan Nofri berkata:

    Nofri = saLut sama satria kerna enda nyangka ada cowo sprti satria, walaupun di no 2kan tapi dia ttp mncintai ami dengan tulus.. salut, salut, salut…

    amriL = Critanya Baguz, apaLagi klo bnr2 terjadi, jadi Iri dngan sikap sprti satria..

  101. riki fife berkata:

    wah salut buat satria…….tulah pria sjati……lau mnurut q gantng tu yg k dua yg pnting ikhlas mnrina kta pa danya…….
    lau emi………wanita yg bsa d blang jodi(jomlo d tnggal mati)pi syang d blum bsa mngikhlas kan k prgian imam……lgian ta orng arwahna bsa g tnang ds alam sna…..

  102. ndafan berkata:

    Critanya keren abis….
    Klo bruntung banget si Ami bisa mendapatkan suami sperti Satria, yg rela menunggunya dan berkorban untuk si Ami…
    I Like it

  103. nietha berkata:

    Idiiihhhhhhhhhhhh………. ni3 magh bukan crta yg panjng tpi KOMENTAR.a euyyyy………….!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  104. riz berkata:

    ceritanya seperti pcr aq skrg.dy g bs lupain ceweknya yg telah meninggal…semua kenagan dy dan cewek itu masih ada.

  105. theoliow berkata:

    ceritanya sangat mengharukan,,,
    satria adalah cowok yang sabar dalam menghadapi permasalahan yang ada..!!
    Jarang cowok seperti satria itu ada…

    ^_^

  106. m.rudy afgony berkata:

    Ht tnte ami tk sprt htq,cnt tnte ami akn pudar seketika,emank c cmuw tkkn bs trlpa,ht tnte ami tk sbsr htq,htq lbh mulia kpd seorg wnt yg aq cntai,smpai kpnpun aq akn sllu mnggu dy,Stlh aq ingt2 mngp dy tk prnh tw prsa2n htq,andai kt aq dsruh mt dhdpn ke2 mtx,aq akn lkukn tu aslkn dy bhgia n aq sdh ungkpn isi htq,mlae class 3 SD smpae ckrg aq brumr 19 th tp aq sllu stia mnggumW mskpn tu skt,dy tu special bg aq,pkkx perfect…..dy pux nm NURUL QOMARIA pnglnx MERI,mg2 dy tw prsa2nq smpae sa2t ne,.,.,.,.,.,.,.,.,.,.,.,.,.,.,.,.,.RUDY

  107. m.rudy afgony berkata:

    Ht tnte ami tk sprt htq,cnt tnte ami akn pudar seketika,emank c cmuw tkkn bs trlpa,ht tnte ami tk sbsr htq,htq lbh mulia kpd seorg wnt yg aq cntai,smpai kpnpun aq akn sllu mnggu dy,Stlh aq ingt2 mngp dy tk prnh tw prsa2n htq,andai kt aq dsruh mt dhdpn ke2 mtx,aq akn lkukn tu aslkn dy bhgia n yg pntng aq sdh ungkpn isi htq,mlae class 3 SD smpae ckrg aq brumr 19 th tp aq sllu stia mnggumW mskpn tu skt,dy tu special bg aq,pkkx perfect…..dy pux nm NURUL QOMARIA pnglnx MERI,mg2 dy tw prsa2nq smpae sa2t nepa yg hrz aq lkukn?????smw cr sdh aq jlahi tp tk da 1 pun yg engkw hirawkn,smpae kpnpun aq ttp stia ,kw bs dy hrz nikah ma aq,kw seumpama dy nikah ma org laen,snggh2 htq tk rela,nmun bl kw cntx sjt aq rela mlpsx.,.,.,.,.,.,.,.,.,.,.,.,.,.,.,.RUDY

  108. kyo berkata:

    aku setuju sama sikap tante ami…
    justru aku bakal kesel banget kalo tante ami nerima om satria gitu aja…
    wajar kok.
    kata temenku…ada yang namanya pasangan hidup dan pasangan sejati…
    nah, menurut aku pasangan hidupnya ya Om Satria, tapi pasangan sejatinya Iman…
    Salut juga buat Om satria…andai cowok kayak gitu masih ada di dunia ini…

  109. sanz berkata:

    sedih bgt,,,gmn y kalo cwo w tuh ky iman,mgkn w g tegar….
    buat satria sesuai dgn namny mang satria bgt…goog luck

  110. maryana berkata:

    ya ampun,keren banget kisahnya.

    tante ami adalh orang yang paling beruntung karena memiliki suami eperti om satri

    aku harap ada orang yang seperti itu ntuk jadi pendamping hidupku

  111. Jessica Christin Bieber berkata:

    gillaaaaaaaaaaa…….tuh cerita bikin gw terharu banget……si Satria tuh emang cowo yang perfect banget yang bisa ngertiin perasaan pasanganya,moga2 kisah kaya gini berlanjut nyampe kita semua di surga….
    Amien…………………..

  112. cova berkata:

    Seru banget ceritanya… duh sampe mau nangis…
    Cinta masalalu :D jadi inget masa lalu :(
    Tp ya sudah lah.. bnr kata mama fanny :
    Masa lalu adalah masa lalu (past), masa depan adalah masa depan (future). Tetapi masa kini adalah hadiah. Oleh karena itu disebut present. We live for today…so don’t look back.
    yang pastinya terus bersemangat,,ikhlas dalam menjalani dan menghadapi apapun.. berdoa dan ikhtiar…
    Satu hal penting… Jangan pernah berhenti mencintai seseorang yang amat mencintai kita..

  113. ichaa~ berkata:

    hhhhhmmmmhhh~
    ceritaanyaa mengharukaaan ..
    :( :( :( :'(

    nicee ztory

    apakaah masiih adaa satria satria Laiin ga’ iiaah di Luar sanaa ?? :D

  114. dhedhe ndah spaiker berkata:

    wah seru bangt crita nyaa .. kya kisah ceritaa temen gw … keren abis lahh ….. tapi sediihhhh :'( .. hhay deudeuh ..

  115. andriyanto berkata:

    buat ami , km jangan egois gt dunk , emang susah mnrma smua it , tp ini dunia nyata coy , yg hrus di jalani dengan kuat , gak ngerti ap perasaan satria , dia suami mu , bkn pembantu , , ,

  116. greensister berkata:

    Insya Allah ada laki-laki seperti itu, karena saya sendiri telah mengalami hal yang sama dan telah menemukan lelaki yang bisa menerima diri saya dengan apa adanya. Walaupun penuh dengan seseorang yang sangat saya sayangi. Tapi suami saya yang sekarang adalah laki-kali terbaik yang diberikan Allah untuk saya. Saya beruntung memiliki dia dan saya sangat menyayanginya. Subhanallah..apapun yang Allah takdirkan buat kita Insya Allah…itulah yang terbaik buat kita. Amiin…

  117. kashmir_girl berkata:

    memang cinta yang sudah melekat bukan hal mudah untuk melupakannya. tapi sangat salut buat satria yang sabarrrrrrrrrr bangettttttt.

    mudah2an pernikahannya langgeng terus sampai ajal memisahkan.
    amin

  118. Casanova berkata:

    kenapa perempuan itu maunya hanya dimengerti tanpa mau mencoba tuk mengerti ?
    Ga pernah tau apa yg sebenernya ud dia punya, sampai nanti dia ud kehilangan itu semua.

  119. om rudi berkata:

    Selut buat om satria ………. yang pasti tante Ami skrang sdh yakin bahwa masih ada laki-laki yang mencintainya setuls hati seperti manan kekasihnya IMAM …..

  120. ike berkata:

    emang ada yach orang yang bisa hidup bahagia dengan cinta sejatinya tanpa ada halangan apapun???aku nggak percaya!!!tapi aku salut dengan om satria yang benar2 tulus mencintai tante ami meski harus mengorbankan hati dan perasaannya om satria tetap bertahan.

  121. ike berkata:

    andai orang yang aku cintai memiliki hati seperti om satria mungkin aku akan bahagia meski aku nggak bisa hidup bersamanya tapi aku akan selamanya hidup dengan cintanya tapi dia meninggalkan aku tanpa sedikitpun peduli dengan perasaanku dia malah menganggap aku mempermainkan perasaannya dan bahkan sampai kapanpun dia akan membenciku apa itu yang di namakan cinta?????????tapi aku sedikitpun nggak bisa membencinya karna ketulusan cintaku mengalahkan segalanya.
    “I LOVE YOU MY LOVE (KOLIS)”

  122. seswanto berkata:

    aku salut dg om satria yg mau menerima keadaan tante ami.. tp jika suatu saat mereka bertengkar semoga om satria tdk mengungkit om iman!. bgmnapun cinta sejati itu patut di hargai.. semoga semua laki2 bs mewmiliki sifat sprti om satria.

  123. fari berkata:

    cakep+sedih begete!
    tapi haruzx tante ami ikhlas donk!

    salut bwt om satria, tetaplah jadi kesatria bwt tante ami ya!!!!!!!!!!!!!!!!!

  124. usie berkata:

    Subhannallah…
    mulia benar hati om tu,,,,, di zaman sekarang ne begitu susahnnya mencari pendamping hidup seperti om satria lho, sribu satu, itupun kalau ada yachhhhhhhhhh
    maw donk…

  125. Lia.Maratus berkata:

    wah … bener2 kirah yang bikin aku terharu banget,.. Heumm andai aja aku bisa nemuin cowo kayak satria,.. pasti sangat bahagia bangetttt..
    Tante Ami sangat beruntung bisa kenal Om Satria,.. semoga Rumah tangganya kekal abadi selamanya ya… Caaaa yoooo

  126. danes berkata:

    air mata tak kuasa ku tahan saat membacanya,bulu kuduk terus berdiri….andai aku bisa mendapatkan pria seperti satria itu…..sungguh bahagia hidupku….kan ku abdikan hidupku untuknya….

  127. fiain berkata:

    xbace pon cte nye coz aq neh bkn rjn anew bab mmbce…..
    lgpon aq x cye y adew lg cinte sjti to…
    anyway aq tao cter to best coz ramai cgt y cment..
    heheheh

  128. mbah coment berkata:

    kalo menurut mbah, cerita ini romantis..
    namun klo gaya ceritanya seperti itu rada kurang kena….
    hem,,,,
    btw, ami dan satria udah pnya anak kan???

  129. gobeen najeeb berkata:

    mngkin cerita pndek nie bsa merubah sedikit hidup anda tentang cinta yg tulus ..

    Ada seorng cewek memberikan tantangan kepada cwonya untuk hidup tanpa drinya, untuk tidak ada komunikasi sama sekali antara mereka selama sehari..Dia berkata pada cwonya, kalo kmu bisa melewati itu, aku akan mencintai kmu selama nya.. Si cw…onya pun setuju,, dia tidak sms/telpon cwenya seharian..

    Tanpa dia ketahui bahwa cwenya hanya memiliki 24 jam untuk hidup, karena dia terkena kanker..

    K’esookan harinya cwonya prg krmh cwenya. Air matanya pun tiba2 menetes melihat cwenya sudah terbaring dengan surat di tangannya yang tertulis “Kamu Berhasil Sayang, bisakah kamu lakukan itu stiap hari??I LOVE YOU..”

  130. ANDREWS264 berkata:

    Teman-teman semuanya…aku sedang bingung dan sedih,,ini bukan rekayasa, ini real..
    saat ini aku sedang dihadapkan dengan sebuah kepastiaan antara cinta dan mencintai dan hidup dan mati…
    wanita yang saat ini aku sangat sayangin dan cintai meminta aku untuk meninggalkannya…dan tentunya aku tidak mau karena selama ini aku dan dia berhubungan yang baik-baik saja…dan ternyata aku baru tau alasan dia karena tidak ingin aku menunggunya untuk bisa selalu bersama, karena saat ini hidupnya bisa dikatakan terbatas tapi itu semua karena kuasa Tuhan.HIV…itu lah kata yang membuat aku hancur..pacar ku terkena HIV dari seorang pria yang pernah memperkosanya (ini aku tahu)..Apakah ada harapan seorang penderita ODHA untuk bisa hidup 20-30 tahun?? dan dia memilih untuk tetap sendiri….aku binggung kawan..aku tidak ingin kehilangannya…

  131. Hegar Wibawa berkata:

    semoga saja kelak aku juga dapat mengerti dan tulus seperti satria..
    memiliki rasa cinta sejati seperti ami..
    dan beruntung memiliki soerang yang mencintainya hingga keliang lahat
    seperti Iman..^^

  132. oshin berkata:

    kagum kepada Satria,,karena mencintai Tante Ami/istrinya dengan setulus hati,walaupun di hati Tante Ami masih ada Iman tapi Satria rela diduakan.yang penting istrin’a Bahagia!

  133. yulianurhayati berkata:

    sya sedih dengar ceritanya mang sulit ngelupain oarang yang kita cintai pa lagi orang itu pergi tuk selamanya tampa kembali
    tidak heran mendapatkan laki2 yang baik…………contonya aku aku juga alhamdulilah menemukan laki2 yang seperti satria yang kini telah jadi suamiku?

  134. luthfi ramadhan berkata:

    sungguh sulit membayangkan ada seorang lelaki yang begitu tegar di posisi satria, namun setiap orang pasti punya suatu motivasi yang membuat dia melakukan suatu hal yang begitu sulit..

    kalo menurutq,, klo seorang laki2 bisa seperti itu,, harusnya seorang wanita bisa menjaga hati orng yg mencintainya,,, jaga hati ketulusan hatinya…
    dngn melakukan ssuatu yg terbaik buat dia.. :)

  135. naeliy berkata:

    begitu setia si sosok tante ami itu ia adalah wanita yg sangat setia.jg sisatria yg sangat jantan meng hadapi sikap si sosok tante ami.
    semangat terus untuk satria …………..

  136. camelya berkata:

    ..,waAaHh…….
    ..,saTriia mMaNk saNg paHLawaN……. !!!
    ..,bZa mNeriiMa aNd seLaLu meNgerTii
    ..,aMii……… !!!

    ..,pNgeN bNgeT…
    ..,dPaT cHwO qaYak gTw……. !!!

  137. Hotels In Bali berkata:

    Bagus cerpen cinta sejati nya.. Apalagi dengan omongan mama Fanny,”Masa lalu adalah masa lalu (past), masa depan adalah masa depan (future). Tetapi masa kini adalah hadiah. Oleh karena itu disebut present. We live for today.. So don’t look back…”
    Mampir perdana sembari B’fast Croissant + Hot Chocolate … :)

  138. mambo berkata:

    aku jomblo 23 th,wajah pas2an tapi gua dah mengalami cinta ratusan kali,baru kali ini aku merasa sakit hati yang paling dalam,ternyata sakittttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttt…!!!!

  139. Yulis Samoa berkata:

    Pengen bikin Cerpen Cinta Sejati yang Lucu.. Tapi belum dapet ide.. Susah deh..hikz hikz…

    Salam kenal ya.. N Btw, Cerpen Cinta Sejati nya baguuuuussss bangeeetttt… Thanks for sharing :)

  140. sang mantan berkata:

    mungkin lebih baik ditinggal pergi untuk selamanya dari pada ditinggal untuk orang lain…
    seperti yg pernah saya alami ketika satu hari menjelang pengumuman kelulusan kuliah malam harinya orang yang paling saya cintai mengakhiri hub kmi tanpa alasan yang jelas……
    ketika teman-teman bahagia dengan kelulusan mereka saya puh seharusnya merasakan tapi tidak bisa…..

  141. Arif Masiver berkata:

    Om Satria memang hebat….saya kagum sma om satria…dia mencintai tante ami dengan sabar dan penuh kasih sayang….saya harap saya bisa seperti Om Satria…Yang Slalu Penuh Kesabaran Menjalankan Kisah Cinta Nya…Cerpen Jga Jga Bagus Om

  142. tika2 berkata:

    keren, kata-katanya boleh juga
    Masa lalu adalah masa lalu (past), masa depan adalah masa depan (future). Tetapi masa kini adalah hadiah. Oleh karena itu disebut present. We live for today…so don’t look back.

  143. arie kasmaran berkata:

    bukan masalah cemburu ma batu nisan.
    tapi masalah hati
    hati siapa yang gag sakit
    kalo orang yang kita cintai masih mengenang orang sampai segitu dalamnya?
    jadi yang ke 2 memang menyakitkan.tp, jangan mau menjadi yang kedua terus. berusahalah jadi yang pertama. seperti satria yang dengan gigih mendapatkan cinta ami hingga ami bisa nerima satria menjadi no 1.

    tapi buat temn2
    jangan di baca aja nie bacaan. tapi di lakukan.
    karena perasaan wanita sangat peka.
    hati wanita bisa luluh dengan kelembutan dan kasih sayang
    dan juga kesabaran dari seseorang

    like this friend

  144. dodi erfansa berkata:

    salut buat mas satria

    mudah”an ajah di dunia ini banyak orang yang kaya mas satria yang menerima apa ada’a bukan ada apa’a..

    good luck buat chika yang udah bikin cerpen ini

    dari membaca cerpen ini saya lebih mengerti apa itu kesetiaan

  145. Ryuzaki berkata:

    cinta emg butuh pengorbanan.. walau terasa sakit di hati…
    aq suka cerita ini… smoga smua orang dpt m’hargai cinta ap ad ny dgn setulus hati mereka…

  146. eM berkata:

    aq pahami yg ada di hati Ami..
    sungguh satria memiliki jiwa satria.. *lelaki ideal…
    Satria menyayangi apa / siapa yg di sayangi oleh orang yang disayang…(ami)

  147. Diki berkata:

    Aq jg pernh ngrasain gmn rsx orng yg kt cintai tp tdk untk kt miliki.
    Sbt aj aq asis aq dulu prnh mrskn cint sjt it ap. Aq dulu pux cwk aq syng bngt ma dia. Nmx ima aq pcrn ma dia udh 3 thn sjk prtm msk sma smpai lulus. dan hrs trima kenyataan PAHIT

  148. dye berkata:

    Mereka mengetahui kisah ini dan sempat menyalahkan tante Ami. Namun tante Ami menegaskan bahwa dirinya sudah tidak ada perasaan lagi dengan mas Iman. Tapi hati orang siapa yang tahu?

    “MEREKA” dsni maksd’a siapa???
    dye.finch@yahoo.co.id
    kasih tau ea…
    jd bngung soal’a gan..
    hehehe

  149. nita berkata:

    setiap orang pux crax sndri dlam mnunjukkan rasa cintax…
    Bgtu jga tante ami,.
    Dia tdak mnduakan siapapn, hax mnempatkan iman dan satria d t4 yg brbeda dlam htix…

  150. indrea cyg bebbebz berkata:

    alhamdulillah berbeda alam tidak menghalangi kekuatan hati untuk saling setia……
    namun ada benarnya bahwa kenyataan itu pahit jika tidak ada yang menyeduh gula di dalamnya….cheer up kawan semua…ini contoh yang baik buat menjadi panduan dalam menjalani hidup:)

    andaikan ini dunia kera sakti, yang bisa bereinkarnasi jutaan kali, pasti akan ada cerita selanjutnya…..hehehe ;o

  151. lekha berkata:

    iiiiiiihhhhhhhhhhhhhh crtanya bagus banget , Qu salut dngan sosok satria yang setia mnemani istrinya , wlaupun di hati istrinya ada orang laennnnnn,,,,,,,,,,,,

  152. Wellay Smoker Lulaby berkata:

    sungguh sesuatu banget yang saya baca, ini yang namanya cinta sejati, seribu satu orang yang seperti ini, begitu banyak cerpen yang saya baca hanya ini yang membuat saya berpikir akankah saya bisa menjadi seperti satria…

  153. nurmA berkata:

    Satria memang siip, tapi iman jga bgtu,
    karna dy udah setia slama 7 thun,
    bahkan smpai dy mati,……

    hm,,, tapi ttp siip pnulisnya :D
    Thnxs ia crta nya, sungguh mngharukan

  154. tutut berkata:

    tulisannya bagus,, lelaki seperti itu sgt jarang,,tapi masih adakah seorang pria mencintai wanita apa adnya walaupun wanita itu mencintai orang laen yang masih hidup???

  155. ardiani berkata:

    cerita menyedihkan sekali…ak bangga dengan satria karena walau bagaiman pun ami mengingat iman mantanya yg telah meninggal dia tdk pernah marah atau pun cemburu…..jadi itulah cinta sejati akn menerima apa yg di lakukan pasanganya walaupun itu menyakitkan bagi dirinya…

    dan cintailah orang yg bnr2 mencintai mu jangan sampai membuat maslah yang akhirnya menjadi benci…karena saat dia tidak ad di dunia ini kamu baru merasakan betapa kamu mencintainya

  156. dimassku berkata:

    Hmm.. Pasti ada lagi orang yang seperti Satria itu, tp dalam suatu hubungan pasti ada permasalahan, ga mungkin lurus2 aja..
    Satria suatu waktu pasti pernah/akan merasa jenuh/jengkel/bosan ketika mau ngapa2in harus ke kuburan.. Entah dia ungkapkan ke Ami atau ia pendam saja..
    Ami, hmm, itu lah wanita..

  157. muhimmatulifadah@gmail.com berkata:

    ,,,,,,snggu sngt luar biasa, aq iri dngn tnte Ami yg bza dptin cwok sprti stria aq iri skli mliht smua tuch,,, aq ingin mmpuxai cwok sprti stria yg sllu ctia dngn psngnx ,,pdhal mnurut qw posisi stria tuch sngt brat krna dy hrs mnhan rsa zkit tuch dngn sndrix ,, ohhh tuhan briknlh aq psngn sprti stria yg sllu ctia dngn psngnx tdk prnh mningglkn psngnx sklipun sja ,,,, Amiiieeennn ,,,,, mhon do’a x ea GYUS,,,,,

  158. Inggridh taslulu berkata:

    Waaaduhhh….???pngrtian satrya thu od bsa d ukur loh….tpi opp ,prnsip:lbe bae mnjdi yg ke dua tpi d utamkan dr pda mnjdi yg prtma tpi d duakn..
    Pesan drqu:_jngn cntai nma n tmpngx klw msh ada memori sblumx,,,krna it sngt mxqtkn…thank you,,,n i like your story

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s