Musholla di Mall

Membaca postingan nazieb tentang executive musholla membuat saya ingin membahas mengenai musholla-musholla yang ada di Mall. Kopdar kemarin saya dan teman-teman melaksanakan ibadah di Executive Musholla Senayan City. Wah mushollanya sangaaatt nyaman. Selain ukuran ruangannya yang cukup luas, tempatnya dingin dan alat-alat sholat serta Al-Quran juga tersedia. Berikut adalah penjabaran mengenai musholla-musholla di mall dari sudut pandang saya.

Senayan City, Jakarta.

Executive Musholla berada di LG alias Lower Ground. Tempat sholatnya terpisah untuk ikhwan dan akhwat. Disana terdapat tempat menitipkan sepatu/barang-barang lainnya. Di tempat akhwat, tersedia tempat wudhu yang cukup banyak serta tempat untuk menggantungkan tas (ini penting! sangat penting!😈 ). Selain itu tempat wudhu dapat langsung menuju tempat sholat. Tersedia pula 2 toilet dan tempat cuci tangan. Sayang nggak ada sabunnya. (Hayo pengelola musholla SenCi, tolong adakan sabun di tempat cuci tangan! ^^).

Tempat sholatnya luas dan sudah disediakan sajadah untuk sekitar 50 orang (maaf nggak ngitungin). Selain itu suasananya sangat nyaman dan cukup hening sehingga sholat bisa khusyuk. Selain itu untuk wanita disediakan meja dan kaca untuk dandan atau merapikan rambut/jilbab/baju yang meja dan kaca tersebut cukup panjang sehingga nggak perlu berebutan ngaca.:mrgreen:

Dan musholla ini telah menjadi musholla favorit saya untuk sholat. ^^b

Plaza Senayan, Jakarta.

Terletak di lantai 3 (cmiiw, lupa ngitung lantainya), 1 lantai dibawah bioskop Plaza Senayan. Musholla ini merupakan salah satu tempat favorit saya untuk sholat. Konsepnya tidak jauh beda dengan executive musholla di SenCi. Ruangannya tidak sebesar musholla di SenCi, tapi sama nyamannya.

Konsep tempat wudhu dan musholla ini kurang lebih mirip dengan executive musholla, tapi cahaya di musholla-nya agak remang-remang gitu. Pokoknya sholat disini nyaman dan gampang dijangkau.πŸ˜€

Mall Kelapa Gading, Jakarta.

Beberapa musholla di mall ini terbilang cukup nyaman. Mushollanya memang tidak begitu besar, namun ada beberapa musholla, seperti di dekat foodcourt yang cukup besar. Kebanyakan musholla disini menggabungkan antar ikhwan dan akhwat, hanya terpisahkan oleh sliding door kayu. (Ini yang menjadi minusnya). Tapi keunggulan musholla disini adalah tersedia di setiap lantai. Sehingga tidak sulit untuk menemukan musholla di mall ini. Berhubung mall ini habis renovasi, saya belum mencoba semua mushollanya.:mrgreen:

Mall Taman Anggrek, Jakarta.

Musholla di mall ini cukup nyaman. Tempat wudhunya sudah terpisah dan disediakan sandal serta locker untuk menaruh sepatu. Tempat sholatnya tidak begitu besar, namun nyaman dan dingin. Tapi kalau pas maghrib, biasanya ramai.πŸ˜›

Cuma ada kekurangannya. Cari mushollanya susaaah!!! Saya sudah beberapa kali sholat di tempat ini, tapi tetap sering nyasar huehehe..πŸ˜† *pikun* Tapi katanya sih ada di parkiran P7.πŸ™„

Plaza Semanggi, Jakarta.

Musholla di Plaza Semanggi sudah cukup bagus menurut saya, cuma sayang ukurannya lumayan sempit. Ruangan tempat wudhu cukup sempit, begitupula dengan tempat sholatnya, sehingga banyak yang sering sholat melewati sajadah yang disediakan. Bahkan waktu bulan puasa, tempat ini bisa dikatakan tempat favorit.πŸ˜† Saya bisa menghabiskan sekitar 15-30 menit untuk mengantri sholat.:mrgreen:

Cihampelas Walk (CiWalk), Bandung.

Mall di Bandung ini menurut saya mempunyai musholla ini yang cukup bagus. Memang terletak bersebelahan dengan kamar mandi, namun udaranya tidak bau. Tempat sholatnya lumayan besar dan disediakan alat-alat sholat dengan lengkap. Uniknya, di tempat mukena ada tulisan “Alat sholat dicuci tiap hari” (cmiiw, saya lupa tulisan tepatnya seperti apa, tapi kira-kira intinya begitu). Berarti kita tidak perlu khawatir akan kebersihan alat sholatnya karena terjamin. (Tapi benar-benar dicuci tiap hari nggak ya?πŸ™„ ). Tempat sholat ini terletak di lantai 3 (Apa lantai 2 ya? Entahlah..:mrgreen: ).

Hmm…sudah cukup banyak nih review saya mengenai musholla di mall. Tapi harap maklum karena musholla yang saya bahas merupakan musholla di mall-mall yang sering saya kunjungi. Saya rasa sekian dulu. Maaf tidak ada skrinsut. Nanti kalau ada, saya update deh..:mrgreen:

.

Selamat Tahun Baru 1429 H

119 thoughts on “Musholla di Mall

  1. Zazi berkata:

    walah, kayaknya mushola2 di Jakarta bersih-bersih ya😯

    di Amplaz, di basement = =
    Tempatnya becek, tapi luas. Hueh. Kalo mau enak, di lantai 3. Ada ACnya, ada rukuhnya, tempatnya bersih, tapi sempit. Sama aja😐

  2. funkshit berkata:

    @zazi
    di amplas mushola luas ???
    amplas sebelah mana sehhh ???
    cuman kayak kamar kost gitu kok dibilang luas. ..
    klo becek nya beneran… setuju bangettttt

    klo di mallioboro mall saya malah ngga pernah nemuin mushola nya,, enatah adaapa ngga

  3. Payjo berkata:

    Supermall Karawaci:

    -Ada yang nyaman ada yang nggak.
    -Ada yang suasananya berisik ada yang nggak.

    -Nggak ada yang nyaman plus suasananya tidak berisik.
    -Nggak ada yang suasananya nyaman plus berisik.

    Ya gitu, ada aja kekurangannya.

  4. Andrew Wijaya berkata:

    emang di semarang ada mol ya?😯

    musholla di Java mall Semarang (sebelum renovasi) amatlah kecil… eswete pokoknya… cewe cowo dipisah soalnya nggak ada tempat sholat buat yang ceweπŸ˜† cewe sholat dirumah ya… nggak ada gantungan tas… jadi kalo sholat sungguh khusyu dalam memikirkan nasib tas ntar ilang nggak ya… dindingnya dari triplek macam penampungan darurat… musholla terletak di sebelah toilet ….jadi praktis…πŸ˜† bahkan saat pertama make saya kira itu toilet lol… dilantai dua sepertinya….

  5. emyou berkata:

    Gw juga paling suka mushollanya SenCi. Bener-bener bikin orang betah deh. uda gitu gak se-crowded kayak mushollanya Plaza Senayan apalagi Plaza Semanggi.

    Jadi pengen nambahin. Tapi kalo gw tulis disini kepanjangan hehehe…

  6. suprie berkata:

    Mmm…. klo di bintaro Musholla nya samping Studio 21, mayan besar, tempat wudhu juga jelas, tapi co/ce di campur cuman di pisah kain… gak sebagus executive musholla… klo boleh kasih rank … Bintar Plaza itu +3 deh

    klo di PIM , tempat nya luas… adanya di lante 3 sebelah rest room… di pisah juga antara co / ce , ada loker , karpet nya empuk menggoda buat tidur, ac nya juga adem gak dingin gak panas… buat cewe ada tempat dandannya juga loh… tapi gak sebesar di SenCi… +4

    Jadi sementara ini musholla yang paling bagus masih tetep di SenCi…

    mungkin keadaan musholla juga bisa nentuin bagus apa ndak nya mall :)) semakin jelek musholla nya semakin jelek mall nya… ngurus musholla aja gak becus gimana ngurus mall .. hahahahaha

  7. dy berkata:

    salah satu yang seharusnya kita bersyukur tinggal di indonesia yang mayoritas muslim, karena gak kesusahan nyari tempat sholat. kalau di LN, terpaksa deh, mengalami sholat di bawah tangga, di lapangan parkir, didekat pintu darurat, belum lg pusing nentuin arah kiblat, kalau gak bawa kompas.
    makanya aku cinta banget IndonesiaπŸ™‚

    btw, salam kenal πŸ™‚

  8. suratsurat berkata:

    Pantesan Chika kopdar nya di Senci mulu.
    Btw, di PIM 2 juga enak Chik. Ce dan Co nya misah. Tapi kadang karpetnya agak bau, basah kali ya

  9. cK berkata:

    @ arya
    ya iya donk. harus inget Tuhan… 8)
    *nyindir arya yang cuma inget jav sama bayut*πŸ˜† πŸ˜†

    @ caplang[dot]net
    wakakakak…iya nggak boleh suudzon..πŸ˜›
    jalan donk ke mol. ajak anak istri.. 8)

    @ itikkecil
    masih bagus pernah ke jakarta.πŸ˜†

    @ vend
    nggak ada pen. namanya juga postingan dadakan. kalau niat mah saya udah survey dan motret-motret..:mrgreen:

    @ nieznaniez
    salah! saya ini salah satu juri penilai musholla…πŸ˜†

    @ tito
    ntar dicoba ya..:mrgreen:

    @ vend
    bener khan, pend. 8)
    coba yang di plaza senayan. enak juga lho..:mrgreen:

    *kayak makanan aja*

    @ zazi
    ini kebetulan aja yang dibahas yang bagus-bagus. sebenarnya masih banyak tempat perbelanjaan dan hiburan yang mushollanya kurang layak. tapi saya nggak bahas disini.

    @ funkshit
    malioboro mall dimana ya??πŸ˜•

    @ payjo
    saya nggak pernah ke supermall karawaci..πŸ˜†

    @ rumahkayubekas

    Tapi koq ngga ada yg cerita pernah kejedug kran kalo wudu?

    wohooo…siapa tuh..:mrgreen:

    @ adisβ„’
    wah, ndak tau saya..:mrgreen:

    @ andrew wijaya
    miris amat…😐
    btw kok bahas musholla cewek? emangnya kamu perempuan?πŸ˜•
    apa jangan-jangan selama ini kamu pake mukena?:mrgreen:

    @ irwan
    memangnya saya tempat penitipan?πŸ‘Ώ

    @ goop
    coba ajak seseorang untuk ke mall..πŸ˜€

    @ tukangkopi
    deja vu kenapa?πŸ˜•

    @ kw
    waduh…saya bukan bondan winarno…πŸ˜†
    eh itu ahli cicip makanan ya?:mrgreen:

    masa saya tour de musholla??πŸ˜•

    *sempet kepikiran*

    @ nazieb
    khan itu udah ada linknya..:mrgreen:
    anggap itu sebagai royalti.. 8)

    @ deethalsya
    wakakakakk…tiket ke medan donk..:mrgreen:

    @ arul
    hhmm…tampaknya saya harus coba survey kesana..πŸ˜•

    *ngarep tiket ke surabaya*

    @ rumahkayubekas
    saya sih kurang gitu perhatiin arahnya. perempuan khan sulit membaca arah mata angin.:mrgreen:

    *baca buku why men can only do one thing at one time and women can’t stop talking*:mrgreen:

    @ maxbreaker
    waduh…sayang sekali..😦

    @ emyou
    iya tuh. kayaknya jadi favorit deh..πŸ˜€

    @ suprie
    kenapa nggak dibikin postingan aja?:mrgreen:

    @ dy
    iya tuh. bu evy yang pernah tinggal di alaska juga mengalami hal yang sama dimana sulitnya menemukan musholla.

    salam kenal.. ^^

    @ jejakpena
    pasti hiruta juga pernah mengalami hal seperti dy. khan sama-sama di jepang tuh..πŸ˜€

    @ diki
    wakakakakk…harusnya judul postingan ini jejak petualang ya?πŸ˜†

    @ brainstorm
    nggak juga sih. cuma seneng aja jalan-jalan.. 8)

    @ praditya
    lupa dit. soalnya saya jarang kesana..:mrgreen:
    apa saya bikin sekuelnya aja?πŸ˜•

    @ almascatie
    iya ya?πŸ˜•
    apa hubungannya?πŸ™„

    @ manusiasuper
    ini khan sekedar referensi. antum ini suudzon saja. 8)

    @ suratsurat
    iya ya? saya jarang ke PIM sih.πŸ˜•
    soalnya jauh dari rumah..:mrgreen:
    nanti kapan-kapan coba kesana deh.. ^^

    @ mihael “d.b.” ellinsworth
    terus gimana kondisinya?πŸ˜€

    @ hoek soegirang
    kenapa hoek? mau bikin cerpen tentang musholla?:mrgreen:

    @ extremusmilitis
    wakakakakkk…enggak kok. ini cuma selingan aja. karena terinspirasi postingannya nazieb sih.πŸ˜›

    @ sungai
    anggap saja begitu.πŸ˜†

    @ fortynine
    disana mall-nya ada berapa?πŸ˜•

    @ abeeayangβ„’
    enak aja!😈

  10. pemalas berkata:

    hiiiiiiii …ngngng .. ng .. ngee .. ngeeerrriiiiiii …..πŸ˜―πŸ™„

    mushola under bioskop ???? g salah tuuuch .. ???!!

    cahaya remang – remang ??? beneeer ngggakk si chikya iniii ..😯 ~X(

    ntar kalo sholat sendirian, n bioskop di atas muter film horor .. waaaaa ..

    bisa matik pingsan dech gwe … ntar kalo ada orang sholat terus tidur di

    situ… trus gwe mau sholaaaattt … waaa .. ada sssosok putih yang kumal ..

    bisa jantungan dech gwe …. mang bener nich ???

    eeh,,, chikya bisa ditemukan di mal ?? jadi ‘nungguin’

    mal yaw ..πŸ˜€ .. ehh, tapi executive .. (sulit banggeet nuliesnyaa ..)

    yang executive itu orangnya apa mushollanya yach .. [-(

  11. Hoek Soegirang berkata:

    “kenapa hoek? mau bikin cerpen tentang musholla?”
    ah..engga ko cK, cuma teringadh sesuatu
    *dibakar cK*

  12. dimasu berkata:

    Alhamdulillah.. ck rajin solat ^^

    kalo gw, ada satu lagi mushola mal favorit di luar itu, di Mal Pondok Indah 2.. di citos juga lumayan. mushola underground (bawah tanah). lumayan buat ngumpet :p
    Kalo mau yang luas, yang di ITC depok. Luaaas banget.. *mantan anak depok*

  13. dobelden berkata:

    Selain ratu kopdar ternyata cK adalah ratu mallπŸ˜† Peace:

    Soal Musolla ini AMbarukmo Plasa jogja jg di protes oleh salahsatu customernya lewat surat pembaca koran,

    karena emang tempatnya sangat tidak nyaman, udah sempit kecil dan sholat berdesakan antara ikhwan dan akhwat serta menahan air mata karena perihnya asap2 mobil yg lalu lalang mau parkir ( musholla di parkiran )

  14. agorsiloku berkata:

    Kalo di Cijantung Mall – Cijantung Jaksel bukan kelas musholla lagi… di lantai atasnya tapi sudah sekelas mesjid…. ruang cukup besar dan dipakai sholat jum’at pula. Ini termasuk Mall yang secara serius menyediakan tempat untuk beribadah….

  15. deteksi berkata:

    wah…… cikaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

    kamu rajin ke mall dan rajin pula mampir ke musholanya?!!!!!!!!
    [mampir buat sholat kan? wekekekeke…]

    benar2 blogger teladan!

    *nepuk-nepuk cika.. bangga*

  16. Hair berkata:

    di semua mall yang pernah saya kunjungi, gak ada musholla yang bagus,
    semua di bawah standar.
    pihak pengelola mall tidak terlalu mementingkan hal gituan
    yang penting pengunjung malnya banyak. itu aja

  17. deKing yang lagi-lagi sedang sibuk lagi berkata:

    Wah saya tidak pernah ke mall, tapi kalau dilihat2 kok sepertinya mall2 tsb tidak lebih bagus dari toko buku Wali Songo di dekat Kwitang (maaf kalau salah…maklum saya orang desa yg tidak tahu Jakarta). Di TB Wali Songo musholla-nya lumayan nyaman dan mudah dijangkau krn ada di depan toko.

    BTW saya di sini tidak begitu repot mencari masjid … yang jadi masalah adalah ketika sholat Jumat karena khutbah kalau tidak dalam bahasa Arab ya bahasa Turki. Lha bagaimana tidak repot, lha kosakata Arab yang saya mengerti hanya “akbar”, “rokhman” dan “rokhiim”:mrgreen:

  18. erander berkata:

    Alhamdulillah .. ternyata kopdar ga hanya kongkow2 mulu ya .. masih sempat beribadah juga. Sayang .. ga ada photo mushollah nya. Oya, koq mushollah di Plaza Indonesia ga dibahas. Disitu juga bagus loh.

  19. missglasses berkata:

    haduh, sampai keliling mall segala? saya cma prnh shalat di SenCi sm PS, alhamdulillah, saya ngerasa nyaman shalat di situπŸ™‚. salam kenal ya

  20. Herianto berkata:

    Ketularan fikriana … πŸ˜†
    Jangan2 fikriana teman [sangat] dekatnya Chika …
    Kok bisa benar manggilnya masπŸ˜‰
    ———————-
    Lagi liburan emang enaknya bercanda ya …πŸ˜€

  21. Ina berkata:

    πŸ™‚ hahaha…..
    fakta :
    1. chika itu tukang jalan dr mall ke mall.
    2. chika pengemar musollah
    3. chika rajin sholat.
    4. chika udah mulai bertobat dan dah kembali kejalan yang benar.

    review musollahnya tidak menjamin masuk surga lho chik, tetap harus rajin sholat.:mrgreen:
    *sok bijak

  22. Herianto berkata:

    Chika ma’afin om ya … 😦 #merasa bersalah
    Om dah ikut2an nggosipin kamu sebagai mas-mas #iya kali ya:mrgreen:
    ——————————-
    Oh ya…
    Selamat Tahun Baru dong …
    Semoga semangat hijrah senantiasa memberikan pencerahan bagi peningkatan iman … kita.

    Indahnya mushalla2 itu tak seberapa sekira indahnya shalat2 kita … #mulai sok baikan

  23. azer10 berkata:

    CK belum lama ini saya pernah ke musolla di pelangi
    itu ada AC tp sepertinya ga fungsi!!!
    jadi kayak di sauna!!!
    ga tau deh klo pas cK dah dibenerin apa belum?!
    wuih….

  24. sibermedik berkata:

    kalo yang ku tau macam HiTech Mall SBY…mushalanya sempit bgt..
    apalagi TP I-III..wah gak representatif..bayangin aja yang shalat brp persen?kalaupun shalat apa sampai 5x…(hitung populasi karyawan denga man haours work..dapet ilmu dari ilmu kedokteran kerja..he..he..)

  25. flawlezz berkata:

    Musola Ciwalk tergolong luas?? Apa g sala tu? Perasaan biasa aja d…
    Musola Ciwalk===Musola Paris van Java. Sempitt >.< (tapi lumayan masuk standar musola Mall lah)
    Musola BIP…. Emang d BIP ada musola yah?? *bingung*
    Musola Kings: yg wa tau c di gedung parkirnya.
    Musola/mesjid Pasar Baru: wah ini ni yg paling enak keknya.. Tempatnya di atas gedung gitu, lebih tepatnya sih mesjid diatas mall gitu deh.. Afaik pengelola pasar baru yg paling serius dalam hal ginian d mall2 bandung
    [sekian laporan dari bandung]

  26. iphan berkata:

    Wow… anak mol!!!
    di jogja amplas sama galeria juga ada musholla dalem mol. cuman biasa aja. ga okeh… malah di bali, mol nya ga ada musholla nya… hehehehehe….

    ntar kalo ke jakarta, mau nyoba musholla di mol nya ah… *terinspirasi*

  27. mrsyusuf berkata:

    Saya belum pernah ke SenCi, tapi musholla di PS memang salah satu favorit sayah…
    Coba ke PIM2 mbak Cik airnya pake air anget tapi saya belum nyobain mushollanya soalnya kalo kesana kebetulan cuma dapet jatah nungguin yang sholat:mrgreen:

  28. Abeeayangβ„’ berkata:

    marbot kita yang satu ini emang yahud…
    keknya nanti bakalan kokdar di mushola…
    trus chika jadi ustadahnya…dan berkhutbah:
    “ya akhi dan ukhti…marilah kita semua menjalankan perintahNya dengan membersihkan rumahNya…”
    (chika mimpin bersih2 mushola)
    *di cium chika* 😳

  29. Fakhrurrozy berkata:

    Sebuah tema kepedulianπŸ™‚

    Semoga kita semua benar-benar bisa berhijrah untuk menjadi lebih baik dari tahun2 sebelumnya, meninggalkan sifat2 buruk dan menggantinya dengan sifat2 mulia dalam kehidupan sehai-hari, yang bukan sekedar niat dan harapan, namun wujud dalam ikhtiar nyata.
    Semoga Allah SWT membimbing dan memberikan kekuatan kepada kita semuaπŸ™‚

    Salam kenal..

  30. Sayap KU berkata:

    Ade pernah nulis juga mengenai mushola executive di senayan city nih … dulu masih sepi tapi sekarang sudah rame yah. Mau kesana deh nanti.

    -Ade-

  31. Herianto berkata:

    Lama benar ya chika ngetem di Mushalla nya …πŸ™‚
    Lagi ikhtikaf ya chik …πŸ˜†

    #Tapi perasaan tadi ada bayangannya di rumah mas omaigat …πŸ˜‰

  32. echo99 berkata:

    musholla di mal cijantung juga bagus banget ,malah bisa dibilang masjid. Letaknya dilantai teratas, suasananya juga nyaman – buat tidurπŸ˜€ – dan bersih. apalagi bisa melihat pemandangan diluar
    Bu chika salam kenal , newbie neh

  33. cK berkata:

    @ pemalas
    komentar yang cukup panjang.:mrgreen:

    musholla-nya ga tepat di bawah bioskop. masih 1 lantai dibawah bioskop.πŸ˜€

    @ li xiang-ying
    di balai sarbini, plaza semanggi. tapi bukan kapel..:mrgreen:

    @ andrew wijaya
    gapapa. gun khan masih anyak-anyakβ„’…πŸ˜†

    @ hoek soegirang
    *berniat bikin hoek barbekyu*

    @ dimasu
    waduh…mall-mall yang disebut saya jarang kesana tuh. soalnya jauh dari rumah..πŸ™„

    @ dekisugi
    skrinsutnya nggak ada. namanya juga review..:mrgreen:

    @ dobelden
    wew…seharusnya mall itu malu…😦

    @ regsa
    mall itu tempat hiburan, regsa… 8)

    @ adek
    nazieb udah membahas tentang musholla sebelum saya.πŸ˜€
    tapi amin atas doa-nya…πŸ˜‰

    @ yusufsukandar
    yup…kebetulan musholla yang saya bahas yang bagus-bagus..:mrgreen:

    @ danalingga
    *lemparin dana pake keran wudhu*

    @ evan
    afa itu makfudnya?πŸ˜•

    musholla yang jelek2 juga diposting dong,mbak..
    biar dibenahi

    ada yang berminat bikin? saya tunggu postingannya..:mrgreen:

    @ dimas
    enak aja!😈

    @ citra
    belum tuh. ntar kalau ke bandung mampir ke sana deh.πŸ˜€

    @ fauzansigma
    di solo ga ada? wah, gimana tuh pengelola gedung?
    seharusnya dibikinkan musholla yang layak..😦
    semoga ada pengelola gedung yang berinisiatif untuk membangun musholla…😐

    @ dhezsya
    halah…πŸ˜†
    gampang kok. soalnya tersebar dimana-mana.πŸ˜€

    @ cak kris
    dimana tuh?πŸ˜€

    @ agorsiloku
    wah…kayaknya mesti coba disana tuh.. ^^

    @ danalingga
    belum tau sih. nggak survey…πŸ˜•

    @ deteksi
    masa saya ke musholla numpang makan?πŸ˜† πŸ˜†

    @ hair
    mall dimana tuh?o_O
    payah juga yah…😦

    @ deking yang lagi-lagi sedang sibuk lagi
    coba deh musholla senci. pasti suka.:mrgreen:

    alhamdulillah kalau nggak kesulitan nemuin tempat ibadah. paling repotnya sama jam sholat yang beda banget sama di Indonesia.πŸ™„

    @ kamal87
    bukan pengamat sih. kebetulan aja sering ke musholla..

    @ fikriana
    waduh, saya perempuan, mbak..πŸ˜†

    saya bahas mall-mall diatas karena kebetulan mall tersebut adalah mall yang paling sering saya kunjungi.πŸ˜€

    @ dekisugi
    biarin..πŸ™„

    @ tukangkopi
    ini ikut-ikutan aja!😈

    @ erander
    hehe…kelupaan bahas yang di plaza indonesia sama EX soalnya nggak gitu sering kesana. nanti mungkin saya bikin sekuelnya hehehe…

    *nyiapin survey ke tempat lain*

    @ ryan_oke
    nggak survey sih. ini cuma review aja..πŸ™„

    @ missglasses
    salam kenal juga.πŸ˜€

    @ telmark
    wakakakakk…ntar kopdarnya dipisah donk.:mrgreen:

    @ herianto

    Apa rasanya saat dan setelah shalat β€œmas” Chika ?

    jadi lebih damai, om.:mrgreen:

    liburan kemana aja, om?πŸ˜€

    @ praditya
    kayaknya sengaja tuh..πŸ˜†

    @ ina
    dasar ina!😈

    saya reviewnya iklas kok..πŸ˜›

    @ herianto
    dimaapken, om.. 8)

    selamat tahun baru islam, om..πŸ˜€

    @ mrs fortynine
    sempet kepikiran tuh…:mrgreen:

    @ azer10
    itu khan di musholla ikhwan. kalo musholla akwhat kayaknya baik-baik aja tuh.. 8)

    @ nanang suryana
    mungkin belum kenal saya..:mrgreen:

    @ sibermedik
    waduh…susah ya kalau begitu😦

    @ randi168

    Kalo Mall One Pacific Place yang di Jl. Jendral Sudirman kayak gimana musolanyaπŸ˜€ ?

    baru kesana sekali. itupun pas malem. jadi belum coba mushollanya..πŸ˜€

    @ neo fortynine
    *lempar pake sajadah*

    @ flawlezz

    Musola Ciwalk tergolong luas?? Apa g sala tu? Perasaan biasa aja d…

    musholla perempuannya sih menurut saya cukup luas. untuk hitungan mall lho..πŸ˜€

    Musola Ciwalk===Musola Paris van Java. Sempitt >.< (tapi lumayan masuk standar musola Mall lah)

    jadi pengen coba..πŸ˜•

    makasih atas laporannya… ^^
    chika melaporkan dari jakarta. 8)

    @ iphan
    kapan ke jakarta lagi, phan?:mrgreen:

    @ macdots
    iya. bayangkan kalau nggak ada. uuuh… = =!

    salam kenal..πŸ˜€

    @ arul
    lha, ini postingan…πŸ˜•

    @ mathematicse
    sama-sama..πŸ˜€

    @ mrsyusuf
    saya jarang kesana. mungkin lain kali..πŸ˜€

    @ abeeayangβ„’
    duh…khayalan tingkat tinggi… = =!

    @ goes
    ini sekedar review musholla-musholla yang sudah saya kunjungi..πŸ˜•

    @ raffaell
    yayaya, saya anak mall. 8)

    @ fakhrurrozy
    amin.πŸ˜€ postingan ini juga iseng-iseng aja kok. sekalian membahas aja.πŸ™‚

    @ calonorangtenarsedunia
    untungnya enggak. 8)

    @ sayap ku
    ntar kita sholat bareng-bareng yuk, de..πŸ˜‰

    @ herianto
    abis rame, om. pusing ngantrinya balesnya..πŸ˜†

    @ ika
    makasih ika.. ^^

    @ nana
    kok malu?πŸ˜•

    @ tukangkopi
    untungnya saya nggak ge-eran.. 8)

    @ echo99
    wah…keren tuh. kapan ya saya bisa kesana?πŸ™„

    @ alfaroby
    wah…nggak ada tuh..πŸ˜† πŸ˜†

    @ alle
    iya tuh. entah kenapa musholla identik dekat dengan tempat parkir. aneh..πŸ˜•

  34. Guntar berkata:

    Mushola2 Mall yg besar tapi nanggung tu bakal mbikin ketar ketir klo pas waktu jumatan. Klo yg hadir ndak sampe 40, bisa ndak sah tu jumatannya. Yg repot juga klo udah bicara ttg urusan sandal ilang:mrgreen:

  35. Affan berkata:

    Ada yg enak tuh, Mushalla di Hotel Shangrilla, ada di lobby utama belok kiri, asli tempatnya cozy pewe banget.

    BTW kalau saya sih syarat mushalla itu bisa dipakai itu kalau mushalla+tempat wudhu nya nggak nyampur ama toilet. Kalau nyampur susah atuh, takutnya najis toilet kebawa ke tempat shalat.

  36. cK berkata:

    @ guntar
    wah…saya gak tau soal itu. soalnya gak pernah sholat jumat di mall.πŸ˜†

    @ chatoer
    iya. saya juga suka sholat disana. cukup nyaman.. ^^

    @ affan
    saya belom nyoba kalau di hotel-hotel..πŸ™„

    iya, enaknya sih terpisah. tapi kebanyakan nyampur tuh..πŸ™„

  37. syaina berkata:

    menurut pengalaman saya,hampir tiap mall besar yang berada di lokasi jakarta pusat dan selatan memiliki fasilitas musholla yg nyaman dan bersih untuk beribadah…(ex: GI,PI,FX,Senci,PS,plangi)

    klo di jakbar yg paling nyaman untuk ibadah ya di central park,musholla nya wangi,luas dan dingin.

    klo di jakut,MKG masih yg ternyaman,walaupun MOI msh tergolong mall baru namun terakhir saya sholat disana,keadaan musholla tdk terlalu nyaman.
    namun itu hanya sekedar penilaian saja,yg namanya ibadah kan tdk pandang bagus atau tdk nya tempat ibadah.klo udah waktunya sholat ya terima aja keadaan musholla,alhamdulillah klo pihak mall menyediakan fasilitas musholla yg nyaman.

    semoga dimanapun kita berada,sholat 5 waktu tdk pernah dilalaikan,amiin.

  38. nomatz berkata:

    Mushola di central park samping mall taman anggrek jg nyaman, kemarin saya sholat disana, lokasinya di LG didalam mall (bukan diparkiran), tempat sepatu banyak, tempat wudhu bagus dan luas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s