Cerita Pendek: MLM Maksiat

Disclaimer: Cerita ini berdasarkan kisah nyata yang dialami oleh seorang teman saya. Tapi latar ceritanya agak diubah sedikit. Terinspirasi menulis cerpen ini ketika membuka postingan Joe tentang MLM.

Saya mempunyai 2 teman wanita, sebut saya Ayu dan Geulis (bukan nama sebenarnya). Suatu hari teman pria Ayu yang bernama Macho (bukan nama sebenarnya) janjian ketemuan dengan Ayu dan Ayu membawa Geulis ke tempat pertemuan tersebut. Ternyata Macho ingin memperkenalkan produk MLM-nya (Multi Level Marketing.red) ke Ayu dan Geulis. Ayu yang memang nggak suka MLM, langsung nyerocos ngomel ke Macho lantaran minta ketemuan hanya karena ingin memperkenalkan produk MLM. Sementara itu Geulis malah tertarik dengan produk yang ditawarkan. Geulis nanya lebih jauh tentang produk tersebut. Tentu saja Macho merasa senang karena merasa telah ‘menggaet’ satu customer. Setelah dijelaskan panjang lebar, akhirnya Macho bertukar nomor telpon dengan Geulis.

Setelah pertemuan tersebut selesai, Ayu langsung memborbardir Geulis agar tidak usah gabung dengan MLM tersebut. Ayu merasa pandangan Macho ke Geulis ada maksud lain. Macho tidak hanya menawarkan produk, tapi seperti menawarkan yang lain. Geulis hanya tertawa dan berkata, “Dia khan teman kamu. Jadi nggak apa-apa”. Ayu pun menjawab, “Dia nggak sebaik yang elo duga. Dia emang baik sama gue, dia nggak pernah nyakitin gue. Tapi dia sering nyakitin cewek lain. Gue takut nanti elo ada apa-apa sama dia”. Geulis pun berjanji hanya akan berbicara dengan Macho sebatas soal MLM tersebut.

Suatu hari Macho menghampiri kantor Geulis. Dia ingin memperkenalkan produknya lebih lanjut dan mengajak Geulis makan malam di luar. Datang dijemput dengan mobil Mercedez Benz membuat Geulis sedikit tertarik. Akhirnya Geulis pergi bersama Macho.

Sepulang dari makan malam, Geulis menelpon Ayu dan menceritakan peristiwa makan malam tersebut. Ayu terkejut dan bertanya, “dia nggak ngapa-ngapain elo khan?” dan Geulis menjawab, “Enggak kok. Kita cuma makan malam”. Ayu pun merasa lega mendengar hal itu. Dan lagi-lagi Ayu mewanti-wanti Geulis agar tidak terlalu dekat dengan Macho. Namun beberapa hari kemudian, tanpa sepengetahuan Ayu, Geulis melewatkan makan malam lagi bersama Macho. Disana mereka ngobrol banyak. Geulis pun semakin dekat dengan Macho.

Sampai suatu hari, salah satu orang terdekat Geulis meninggal dunia. Geulis tidak masuk kantor selama 3 hari. Ayu mencoba menghubungi Geulis tetapi HP Geulis tidak aktif. Keesokannya Geulis muncul di kantor. Ayu menanyakan apakah Geulis baik-baik saja, dan Geulis hanya menjawab dengan senyum datar. Ayu berpikir, mungkin Geulis masih shock mengenai kepergian orang terdekatnya. Tapi besok-besoknya, Geulis sudah mulai ceria kembali. Ayu pun lega melihat hal itu.

Dua bulan kemudian, terlihat Geulis agak gemukan. Ayu sedikit heran. Si Geulis itu bakat kurus. Mau makan sampe muntah, dia nggak akan gemuk. Sampai suatu hari Ayu nyeletuk, “Loe kok gendutan sih? Udah berapa bulan, Lis?” sambil diiringi tertawa. Tiba-tiba Geulis terkejut dan menutupi perutnya. Sambil tertawa ia berkata, “Saya lagi makmur nih. Jadi makan melulu hehe..” dan kemudian Geulis pamit mau pergi ke apotik untuk membeli obat karena ia merasa kurang sehat.

Sepulang dari apotik, Ayu melihat bawaan Geulis. Kantong plastik putih berisi suatu kemasan kecil berwarna biru. Entah kenapa Ayu mengenali produk tersebut seketika karena pernah melihatnya di televisi. Ayu pun langsung mencegat Geulis dan melihat isi kantong plastik. “Apa ini? Coba lo jelasin ke gue!” tanya Ayu ke Geulis. Geulis pun akhirnya tertunduk dan meminta waktu ke Ayu. Geulis memasuki toilet dan 10 menit kemudian dia keluar dengan senyum sumringah. “Negatif, Yu!” ucapnya ceria. Hasil test-pack menunjukkan Geulis negatif hamil. Geulis pun merasa lega luar biasa. Melihat polah Geulis, Ayu pun minta penjelasan ke Geulis. Akhirnya gadis manis itu menceritakan semuanya.

Ketika kerabat Geulis meninggal, tiba-tiba Geulis menelpon Macho dan curhat (curahan hati.red) macam-macam mengenai kehidupannya. Geulis berasal dari keluarga broken home, sehingga Geulis butuh seseorang yang bisa jadi tempat sandaran. Macho yang bersimpati akhirnya mengunjungi rumah Geulis. Dengan kondisi hati Geulis yang sedang labil, Macho mendekati dan terjadilah kejadian yang tidak diinginkan. Geulis sempat takut, namun Macho pandai menggombal sehingga akhirnya Geulis luluh juga.

Setelah kejadian tersebut, Geulis sempat menyesal. Dan Macho dengan santainya bilang, “Nggak cuma elo kok cewek yang udah gue perawanin.”

Geulis pun terkejut. Tapi nasi sudah menjadi bubur. Dia hanya bisa menyesal. Ayu yang mendengar cerita tersebut menjadi esmosi™. Dia ingin mendatangi Macho dan mendampratnya. Namun Geulis mencegah hal tersebut. Geulis tidak ingin Ayu ribut dengan Macho karenanya. Geulis menyadari dirinya salah karena tidak mendengarkan apa kata Ayu.

Ternyata singkatan MLM tidak hanya Multi Level Marketing, tapi bisa mempunyai arti lain. Karena itu berhati-hatilah dengan MLM. Bukannya ingin menjatuhkan bisnis MLM itu sendiri, namun saya hanya ingin menghimbau agar selalu waspada. Bisnis MLM bisa untung bisa rugi, tinggal bagaimana kita me-manage hal tersebut. Namun MLM yang saya angkat dalam cerpen ini yakni mengenai hal lain. Tak perlu saya sebutkan, pasti para pembaca bisa menyimpulkan hal tersebut. 8)

Lanjutan cerpen:

Kini Geulis mencoba melanjutkan hidupnya dan ia telah didampingi seorang lelaki yang berjanji akan setia kepadanya. Macho masih terus tebar pesona dan mencari customer-customer untuk bisnis MLM-nya. Sedangkan Ayu, sebentar lagi akan menikah dengan pria yang telah berhubungan dengannya sekitar 1 dekade. Buset dah, ni anak awet banget. :lol:

144 thoughts on “Cerita Pendek: MLM Maksiat

  1. cK berkata:

    @ tito
    ada lho yang kayak begitu.. :mrgreen:

    @ rd limosin
    itu kisah nyata… :|

    @ caplang™
    semoga Tuhan membalas perbuatannya.. :roll:

    @ mcsandy
    1 dekade itu 10 tahun…

  2. campusbikescommunity berkata:

    turut prihatin atas kejadian ini, semoga kita semua lebih waspada terhadap oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. tetapi ingat… hidup terus berlanjut,, jangan berhenti sampai di sini….

    kendalikan jiwa dan pikiran masing-masing…

    ok,,,

    salam…

  3. Funkshit berkata:

    weh.. kemarin habis posting soal nenk chika .. .
    sekarang soal mlm ginian .. . .
    beneran mirip dah ama bb17 .. . ..

    mod… salah room nich.. harusnya di forum ceritaseru .. . ..

  4. celo berkata:

    negatifkan chik….???

    untunglah kalo negatif… kan kasian cowokmu yang nun jauh disana kalo kamu udah positif duluan chik….

    *menangis haru*

  5. extremusmilitis berkata:

    Hohoho, seperti-nya aku lebih setuju kalau MLM itu singkatan dari:
    Make Love Management :twisted:
    *lagi nyiapin proposal buat men-dirikan-nya* :lol:

    “Nggak cuma elo kok cewek yang udah gue perawanin.”

    :oops:

  6. cK berkata:

    @ harriansyah

    lanjutannya chik..

    lanjutan apa? ini udah selesai kok ceritanya. :-?

    @ danalingga

    Iya chik lo kafan?

    kafan afa makfudnya? :roll:

    Kemaren ada yang bilang kalo MLM itu multi level makinglove. :lol:

    bukannya itu kamu yang bilang? :mrgreen:

    @ goop

    seenggaknya saya akan hati-hati kalo tebar pesona,
    Logh??

    :lol: :lol:

    @ campusbikescommunity
    memang kita harus waspada dalam kasus seperti ini. semoga saja tidak ada korban lagi… :)

    @ grak

    ceritanya nih, profesi cowok ni jadi sales+gigolo? :D

    enggak juga sih. kalau gigolo khan dibayar. kalau ini? tidak. :mrgreen: gratis malah :lol:

    @ funkshit
    ini khan sekedar berbagi cerita aja… :mrgreen:

    @ adis

    hmmm…..posting yg dulu masih kebawa-bawa juga ….

    posting dulu yang mana? :-?

    @ suandana

    10 tahun? lama…

    iya tuh… :|

    @ antobilang
    kamu salah kamar? :-o

    *panggil sekuriti*

    @ celo
    ini bukan tentang saya!! :evil:

    *misuh misuh*

    @ extremusmilitis

    kok malu-malu? :-?

  7. Sawali Tuhusetya berkata:

    Walah, Mbak Chika ciamik juga bikin cerpen, meski berdasarkAN KISAH NYATA. Alurnya mengalir. MLM, jadi ingat dulu ketika mencoba ikut bisnis Forever Young. Tapi, MLM memang malah sering bikin masalah :mrgreen:

  8. abee berkata:

    Buset dah, ni anak awet banget. Saya kapan ya? :lol:

    Haiayah…binun amat cHik. Tu diatas kan dah banyak yg ngantri….
    Kalo ga ya…ehm..ehm..
    *langsung mandi parfum 7 galon, sisir muka and amplas kaki pecah2*
    “cHik makan malem yuks. Di semarang ada warung yg jualan belalang barbeque lho. Enak loh!!” :oops:

  9. arya berkata:

    yak demikianlah pembaca, apa yang dialami oleh Chika Jakarta seperti yang diceritakan langsung kepada saya di sebuah kafe kecil di bilangan Cikini.

    eh itu apa2an link gemuk kok ngarah ke aku? *tendang chika sampe kandang deking*

  10. cK berkata:

    @ macho

    saia punya produk yg lain lg loh mbak cika…berminat mencoba ;))

    produk apa? :D

    @ sahardjo
    euh…spam… :|

    @ cika

    spammers makin banyak saja

    iya nih… :(

    @macho…. nama saya cika ayu geulis pisan…

    :lol: :lol:

    @ itikkecil

    pelajaran Chik, jangan percaya mulut lelaki :D

    siap, boss.. :mrgreen:

    @ mihael “d.b.” ellinsworth

    Wah, jangan begitu, nanti mau jadi apa saya ? :-?

    oh iya, kamu laki-laki ya? :mrgreen: :roll:

    @ iphan

    waduh…, pantesan saya punya firasat buruk dengan MLM. *bayangin ada tante tante binal yang hendak memperkosa saya*

    memangnya siapa yang mau memperkosa kamu? :-? :lol:

    @ imil

    masih mending drpd ente diperkosa om2 ganjen?

    :lol: :lol:

    @ ordinary

    makanya aku ga suka MLM

    sama. :mrgreen:

    @ nieznaniez kejar dedlen

    MLM arti lain ?? apa yah ?? *sok lugu

    cari aja di gugel.. :mrgreen:

    @ cy

    geulis = cK kah?? :mrgreen:

    bukan tuh. 8)

    datang naik mercy
    belum tentu cinta sejati
    datang naik astuti (baca = astrea 73)
    sudah pasti cinta sejati

    pengalaman pribadi ya? :mrgreen:

    @ telmark

    M@king l0ve marketing ??? atau sejenis itu ???

    yup…itu ada penjelasannya? ;)

    @ fajar

    ML apa sih ?
    saya kan masih kecil

    masih kecil tapi bacanya hentai.. :twisted:

    @ ndarualqaz
    *lempar ndaru dari pegunungan alpen* :twisted:

    @ sawali tuhusetya
    makanya saya nggak mau gabung di MLM. kalaupun gabung paling supaya bisa beli produknya. :mrgreen:

    @ antobilang
    *tiban-tiban anto pake buldozer* :evil:

    @ abee

    Di semarang ada warung yg jualan belalang barbeque lho. Enak loh!!”

    buset! belalang? :shock:

    *eneg*

    @ mardun

    Wah… bisa ditiru tuh taktiknya :P *merancang konsep MLM*

    eits! jangan ditiru! :evil:

    @ arya
    halah pitenah™! :twisted:

    eh itu apa2an link gemuk kok ngarah ke aku?

    :lol: :lol:

    @ rystiono

    Harusnya sekarang ini, perempuan menjaga diri..laki2 menahan anu diri…

    betul. :mrgreen:

    @ deKing yang pura-pura hiatus lagi

    Jangan salah…justru hal itu merupakan kejadian yang diinginkan :mrgreen:

    iya juga yah.. :lol: :lol:

    @ shelling ford

    ikut prihatin…

    makanya jangan ikut MLM. :mrgreen:

    @ erander

    Makanya ikut MLM biar cepat :lol:

    emoh. :lol:

    @ widhisetyopratama

    wah jaman emang makin edan ya…

    iya tuh… :|

  11. restlessangel berkata:

    HEH jd ingt kisah sobat gw. kisahnya, waktu ambil kursusan inggris di salah satu univ swasta terkenal di jogja, sobat gw ini sempet naksir sm temen sekelas. ganteng indo gitu nek !! tentu saja ga serius, cuma seneng muka doang. ga dinyana, cowo tersebut mendekati. lah, ya jelas ber bunga2 dong sobat gw, dan gw sempet sirik krn dia dpt gebetan indo yg bener2 ganteng.

    hubungan berlanjut dan berjanji mo main ke rumah. ketka main di rumah, lhadalah, tyt presentasi produk mlm. sobat gw ini cuma bisa misuh2 -dalam hati, krn anaknya alim bgt-

    ketika tau sobat gw ini ga tertarik eh kok lantas hilang kontak :-(

  12. alex berkata:

    Makin’ Love Marketing?
    Njrit! Udah semingguan lebih pake istilah itu buat nge-kick anak-anak yang pada gembar-gembor bisnis sejenis.

    Ternyata daku ndak sendirian ngeluarin istilah begitu :lol:

  13. cK berkata:

    @ payjo

    Dengan kata lain, sales MLM laki-laki yang bawa mercy itu…..

    apa? jangan-jangan dia om kamu? :shock:

    tapi nggak mungkin sih. wong salesnya masih muda juga kok.. :lol:

    @ dobelden
    iya…hati-hati bisnis MLM…

    @ mardun

    tapi si macho sepertinya sukses tuh MLM-nya…. lha wong dia bawa mercy :P

    bagaimana kalau mercy itu untuk prospek bisnisnya? biar terlihat wah… :mrgreen:

    @ aswaja

    Hmm……….kalau aku neh malah mau nyebarin virus TBC neh…

    kok disebar? :shock:

    salam kenal. :D

    *bergidik*

    @ anas

    bawa pirus aids nggak tuh pebisnis MLM :?

    nggak tau tuh.. :roll:

    @ deking yang pura-pura hiatus lagi

    Chika punya kenalan cewek yang kerja di MLM ga? Tidak ada salahnya disuruh datang ke tempat saya, ya siapa tahu dia punya produk yang cocok dengan saya :mrgreen:

    ticket please… 8)

    @ restlessangel
    wakakakak…tampaknya bisnis tersebut memakai orang-orang berwajah “komersil” sehingga mampu mendatangkan customer. :mrgreen:

    @ mbelgedez :lol: :lol:

    @ cy

    eh? sejak kapan cK bikin cerpen … mo alih propesi yach wakakaka…

    saya udah pernah bikin cerpen kok sebelumnya. coba buka ini. :mrgreen:

    menjawab pertanyaan terakhir…

    dari terawangan saya sih dekade berikutnya deh… :D

    *bikin cy panggang* :twisted:

    @ extremusmilitis

    *masih malu-malu, inget masa lalu* :oops:

    :|

    @ namous

    Boleh tau, sedekat apa anda dengan teman anda?

    cukup dekat. tapi saya lebih dekat dengan ayu (bukan nama sebenarnya).

    Teman anda umurnya berapa?

    keduanya seumuran saya. :D

    @ alex
    jangan-jangan kamu salah satu ‘korban’ mereka? :lol: :lol:

  14. ronuvi berkata:

    kalo ini kisah beneran, moga aja tu si macho insyaf ya!!!!! kasian anak orang maen perawanin mulu, bis itu ditinggal pula! duh macho-macho insyaf dong lo…….

  15. cK berkata:

    @ ronuvi
    terakhir yang saya dengar, macho masih sering tebar pesona sih.. :roll:

    @ budyarti

    trus gmana dong dgn khamilan geulis?
    di lanjutin ato di gu2rin……………..kasian bngt ya

    ketahuan nih nggak baca sampe habis. :mrgreen:
    geulis nggak hamil kok. khan hasil test-packnya negatif.

    @ iman brotoseno

    pastinya produk MLMnya sukses banget ya, mobilnya saja mercy..

    kalau mobil mercy-nya dipinjemin dari kantor MLM-nya gimana? :mrgreen:

    @ atmo4th

    sekarang sih kalau mau ML sih gak usah cape-cape pake kedok MLM…

    bukan kedok sih. dia memang terjun ke bisnis tersebut. jadi sekali mendayung, dua tiga pula lewat. jadi promosiin bisnis sekalian ‘ituh’… :roll:

    @ luthfi
    kenapa mesti anto blogger? :mrgreen:

  16. devino berkata:

    hihi enak kali ya bekerja kayak gitu sambil seneng2 ngambil keuntungan dari klien,,

    palagi bangga gitu ngomong kalo udah merawanin banyak orang,, yah semoga dia diampuni ama Tuhan,,

    disisain lah buat kita perjaka2 ting2 ini,, :D

  17. Pyrrho berkata:

    siapakah Ayu ?
    siapakah Geulis ?
    siapakah Macho ?

    saya menduga ada kaitannya dengan link yang disebut di tulisan diatas :mrgreen:

    apa ini cerpen fiksi, nonfiksi, atau pengalaman pribadi dengan nama dan tempat disamarkan chik ? ;)

    *kok rasanya familiar gitu..*

  18. cK berkata:

    @ tukangkopi

    halah..emang begitu kan kodrat lelaki, suka ngegombal..dan sayangnya lagi kodrat perempuan kang emang suka digombalin :lol:

    apaaa?!?! :twisted:

    *tiban-tiban tukangkopi*

    @ rozenesia

    May God fry thy….

    :lol: :lol:

    @ kombor

    Itu mah yang maksiat bukan MLM-nya, Chik. Manusianya itu yang bejat.

    memang bukan MLM-nya. :mrgreen: khan MLM yang dimaksud disini MLM yang ‘itu’.. :lol:

    BTW, bagaimana kabar MQ-net pasca poligaminya Aa Gym ya?

    entahlah… :roll:

    @ devino

    hihi enak kali ya bekerja kayak gitu sambil seneng2 ngambil keuntungan dari klien,,

    don’t you dare to think about it.. :twisted:

    palagi bangga gitu ngomong kalo udah merawanin banyak orang,, yah semoga dia diampuni ama Tuhan,,

    amien!

    disisain lah buat kita perjaka2 ting2 ini,, :D

    hooo…masih ting-ting tho? :lol: :lol:

    *masukin ke daftar bayut* :mrgreen:

    @ mitra w

    MLM (mulut lewat mulut) katanya… :P

    ada yang bilang begitu..

    @ daeng limpo

    MLM=Makin Lama Makin……………….Loe aja deh yang nulis kelanjutannya

    :lol: :lol:

    @ tobadreams

    Sedikit lebih kasar dibanding the business of love.

    ini istilah aja kok. :mrgreen:

    @ sare’ Berkata:
    kampanye apa, say.. :-? :mrgreen:

    *ngebayangin sara jadi mpok napi* :lol: :lol:

    @ wongembuh

    hahahah… kayak forum diskusi aja yach… :DHehehehe…

    begitulah.. :mrgreen:

    @ felix radioholix

    waaduuuhhh jadi ketauan dehhhh… :mrgreen:

    memangnya itu kamu? rasanya bukan deh… :roll:

    @ pyrrho

    siapakah Ayu ?

    teman saya. :D

    siapakah Geulis ?

    temang saya juga. :D

    siapakah Macho ?

    temannya si Ayu. saya juga sempat kenalan sama dia.

    saya menduga ada kaitannya dengan link yang disebut di tulisan diatas :mrgreen:

    hahaha…baik ayu, geulis dan macho bukan blogger kok. :D

    apa ini cerpen fiksi, nonfiksi, atau pengalaman pribadi dengan nama dan tempat disamarkan chik ? ;)

    ini kisah nyata. tapi ini bukan tentang saya, tapi tentang teman saya. nama dan tempat disamarkan demi menjaga nama baik yang bersangkutan. :D

    *kok rasanya familiar gitu..*

    masa? ah itu hanya perasaan bang fertob aja.. ^^;

    @ antogirang™

    hehehe, maksut om fertob, chika itu si macho? :mrgreen:

    asyem! emangnya saya laki! :evil:

    *tendang anto ke nigeria*

    @ hoek

    saia mbaca fertamax kali, tafi kebagian komeng entah keberafa… :cry:

    saya mengerti kesibukan kamu. 8)

    @ stey

    wahhh..untung teman2 saya yg berkecimpung didunia MLM ga kayak gitu..dan untung saya ga prnah pengen ikut MLM hehehe..

    khan ga semua orang seperti itu. hanya orang-orang tertentu.

    @ bedh

    ternyata MLM sesadis itu…ck…ck…ck….

    ‘MLM’ khan? bukan MLM. :mrgreen:

  19. cK berkata:

    @ pendot
    wah…sama yang ngeprospek diapain tuh? :mrgreen: :roll:

    @ sikendi
    kok lagi? emang pernah kena ya? :-?

    @ dmztc03
    wakakakk…nggak mandul sih, tapi untungnya nggak kebobolan…

    @ abee
    saya memang sedang OL. 8)

    tapi silakan hettrik… :roll:

  20. cK berkata:

    @ abee
    *tendang abee sampe segitiga bermuda*

    @ rystiono
    halah…emang bokepnya dimana? :-? khan saya cuma cerita, nggak ada deskripsi yang mendetail. :mrgreen:

  21. celo berkata:

    begini mbak tante…

    saya punya produk bagus… dan dari produk itu, kita juga bisa melibatkan diri mbak tante… tentu saja asal kita giat, kita pasti dapet untung yang lebih banyak…. jadi gini mbak tante, coba mbak tante liat brosur yang saya bawa ini…. dst…

  22. abee berkata:

    @atasKOe (wooe turun!!)
    haduh…tukang ML-M lagi cari pelanggan…
    udah vodoo ma di tendang aja chick pake kungfu kuil trampolin
    *bantu chika siapin sesajen*
    Wakkkzzz..
    *kena santet simbah dukun chika*
    wahahahaha :lol:

  23. cK berkata:

    @ rystiono
    makasih! :twisted:

    @ celo
    *tendang yang nawarin MLM* :mrgreen:

    @ abee
    orang aneh.. :roll:

    @ antogirang™

    halah celo.. palingan dia ini MLM produk pencabut bulu kaki…

    kok tau nto? pernah beli ya? :lol:

    @ celo

    lha po chika bulu kakine lebat po..???

    enak ajah! saya mulus tauk! :twisted: semulus body mercy :lol:

    @ roffi
    kurang seru yah? :-?
    habis ini khan kisah nyata, masa alur ceritanya diubah? :lol:

    @ antobilang
    *tendang anto yang matiin YM-nya*

  24. datum berkata:

    *bersiap2 membaca fakta soal MLM yang lainnya*

    hayah… ini bukan soal MLM yang sebenarnya toh??
    *baru nyadar setelah selesai baca*…

    lagi musimnya plesetan MLM ya?? ;))

  25. cK berkata:

    @ regsa
    itu lho…multi level marketing.. :mrgreen:

    @ antobilang
    udah tuh. puas! :evil:

    @ datum
    hehehe…bukan plesetan sih. sekedar memberi istilah lain. :lol:

  26. celo berkata:

    @ celo : kok bisa2nya kamu ngambil kesimpulan kek gitu? :lol:

    lho bukan to…???

    ya maklum, aku kan g pernah grepe-grepe kaki wanita… apalagi kaki bayut :lol:

  27. yonna berkata:

    ya emang atas nama kesuksesan bisnis, cara apapun akan ditempuh termasuk ma si macho tsb…inilah realita bahwa cari uang emang susah…mudah2an kita jangan sampai begitu dalam mencari uang…amin…

    *Chik, boleh copas artikel ini ke artikelku ya, trims :)

  28. cK berkata:

    @ celo
    *tendangin celo*

    @ neo forty-nine
    yayaya… :roll:

    @ yonna

    ya emang atas nama kesuksesan bisnis, cara apapun akan ditempuh termasuk ma si macho tsb…inilah realita bahwa cari uang emang susah…mudah2an kita jangan sampai begitu dalam mencari uang…amin…

    sayangnya dia tidak sekedar menawarkan produknya, tapi juga menawarkan diri. aneh.. :roll:

    Chik, boleh copas artikel ini ke artikelku ya, trims :)

    silakan mbak.. :D

    @ .:det:.

    wow… what an inspiring story!!! boleh nie ditiru!!! kan udah ada kondom!!! aman!!! gak kena aids!!! gak hamil!!!

    tapi bukan berarti bebas melakukan seks lho.. :mrgreen:

    @ auringonpaiste
    tenang natt… 8)

    @ rudyneo
    harusnya sih begitu.. :roll:

    @ reeyo
    sadis ya… :(

    @ bambangp
    beneran… :|

    @ ndolobh
    kamu cewek atau cowok? :lol:

    betul! mesti waspada…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s