Apakah Sholat Saya Khusyuk?

Setelah membaca postingan mbelgedez disini, mengenai guyonan ketika seorang umat muslim melakukan sholat 5 waktu, tiba-tiba saya jadi teringat ketika saya sedang melakukan sholat maghrib.

Saya melakukan sholat 3 rakaat tersebut seperti biasa dengan cukup khusyuk. Awalnya sholat berjalan lancar. Sedikit ada gangguan ketika ada suara “nguuung” menghantui telinga saya. Tanpa melirik pun saya tahu itu adalah NYAMUK! Namun saya mencoba khusyuk dan tidak menggubris nyamuk tersebut.

Ketika memasuki rakaat kedua, suara “nguuung” itu masih menggema. Lagi-lagi saya coba cuekin suara tersebut. Dan saya pun tetap melanjutkan doa. Sampai tibalah pada tahiyat akhir, dimana ketika akan mengakhiri doa, tiba-tiba nyamuk edan tersebut lewat tepat di depan saya. Entah kenapa, tiba-tiba tangan saya refleks memukul nyamuk tersebut “plak!!” (dengan pukulan singkat) dan… MATI!

Seperti layaknya iklan obat nyamuk, namun nyamuk ini mati di tangan saya ketika saya sedang sholat! Tetapi saya tetap melanjutkan doa sampai selesai dan melakukan salam tengok kanan-tengok kiri. Ketika selesai sholat saya baru menyadari bahwa saya membunuh nyamuk!😯

Sambil terheran-heran saya memandangi mukenah yang ternyata masih bersih tak ada noda bekas membunuh mahkluk malang tersebut. Yang saya heran, kok bisa-bisanya ya saya reflek memukul nyamuk tersebut? Bisa dibilang ini merupakan refleks dari bawah alam sadar. Karena merasa terusik oleh suara-suara dan gangguan dari sang nyamuk, secara tidak sadar tangan saya memukul nyamuk tersebut hingga anfal. Pertanyaan saya adalah, apakah sholat saya khusyuk?

PS: Ini bukan kuis. Nggak ada hadiahnya.:mrgreen:

84 thoughts on “Apakah Sholat Saya Khusyuk?

  1. aRuL berkata:

    iya seperti DB bilang, gerakan refleks seperti mengusir atau memang tidak sengaja menepuk nyamuk, itu tidak mempengaruhi sah sholatnya Ck, tapi untuk khusyuk itu tergantung dari Cknya sendiri. Kalo memang terganggu nyamuk dan merasa betul2 terganggu berarti kurang khusyuk dong…

    Oia darah nyamuk itu halal koq, salah satu hewan yang dianjurkan dibinasakan (CMIIW)🙂

  2. funkshit berkata:

    hmmm… mungkin mayat sang nyamuk bisa di aoutopsi dan di visum.
    meninggal karena tepukan ato emang dia lagi jantungan.. .

    semoga keluarga nyamuk yang ditinggalkan diberi ketabahan

  3. hoek berkata:

    cK? nyamukna laki ato perempuan? umurnya berapa? suda baligh blom nyamuknya? agamanya apa? mazhab yang dianut nyamuknya apa? dari golongan mana? NU? Muhammadiyah? Salaf? atau LDII?

  4. k* tutur berkata:

    saya rasa khusyuk…
    karena khusyuk tidak serta merta kita lupa pada lingkungan.
    bahkan kalo kita melihat orang lewat di depan kita sholat disarankan menyetop dengan tangan… dan kalo dia maksa pengen lewat juga boleh (katanya) dibunuh…..
    *ih…. serem*😉

  5. Sugeng Rianto berkata:

    Kalau khusuk diartikan tidak boleh ingat apa2 dan melupakan hal2 kecil disekeliling kita, berarti pingsan dong?!:mrgreen:
    Kalau kondisinya dibalik gemana?! seandainya ga dipukul dan nyamuk tsb terus2an mendengung yg justru menganggu kekhusukan kita, Tuh khan susah jadinya.😯
    [**tanya rumput yang bergoyang**]

  6. mathematicse berkata:

    Khusyuk tidaknya kita tanya saja ke yang paham tentang ke-khusyua’an.

    Kalau sudah dipenuhi syarat dan rukun sholatnya, insya Allah khusyuk.

    Oh iya, khusyuk itu sebetulnya apa? Bila sudah memenuhi definisi khususk baru deh kita bisa menyatakan khusuk tidaknya. Tapi bila pengertian khusuk itu relatif, beda-beda pendapat, kita serahkan saja urusannya sama Allah. Wallahu a’lam.
    😀

  7. cK berkata:

    @ itikkecil
    iya deh…😐

    @ fajar

    wah susah juga
    soalnya mukul nyamuk bukannya rukun sholat sih:mrgreen:

    wakakakakakk..😆

    @ mbelgedez
    iya…rahasia Illahi…:mrgreen:

    @ harriansyah

    panggil polisi dulu

    hush…😯

    @ syafriadi

    wah membunuh itu lebih kejam dari pitnah lho…

    mwahaahaha…fatwa darimana tuh..:mrgreen:

    @ antogirang™
    kamu aja saya sewa jadi tukang bersih-bersihnya, mau?😀

    @ baliazura
    yes! ada yang bilang khusyu’ hohoho…

    @ sandymc

    ntu Nyamuk masuk surga gak ya..mati dalam jihad itu..

    nggak tau…tanya ke Tuhan aja…🙄

    dia padahal mo ikut solat lo cik.. eh malah di gebok ampe mokad.. sadis2…

    refleks bung…refleks…😆

    @ caplang™

    mukulnya tangan satu ato tangan dua?

    dua tangan deh kalau ga salah…😕 *lupa*

    @ pam

    hmmm. mukulnya tangan kiri atau tangan kanan?

    dua-duanya…

    *sambilbukabukupanduan*

    heh? panduan apa?😕 masak?:mrgreen:

    @ mihael “d.b.” ellinsworth
    *tendang debe*

    Kalau atas dasar gerak refleks sih, sholatnya masih khusyuk. Karena gerakan tersebut terjadi di bawah alam sadar.😕

    berarti sholatnya masih sah hehe..:mrgreen:

    @ arul
    saya sih ngerasa khusyuk..🙄

    Oia darah nyamuk itu halal koq, salah satu hewan yang dianjurkan dibinasakan (CMIIW)

    bantai nyamuuukk!!!😈

    @ rd limosin

    kena darah batalin wudhu loh…

    kagak kena darahnya kok. ini juga pas lagi sholat, jadi ga batal. tapi mukena-nya tetep bersih. mungkin nyamuk cowok, jadi nggak ada darah wakakakakk…😆

    @ koecing

    soalnya koq suara nyamuk bisa tau? klo bner2 khusyuk, biasanya bisa g’bisa denger apa2…😛

    hhmm…😕
    entahlah…🙄

    @ alex

    Kalau khusyuk justru agak mencurigakan….🙄

    *tersadar*
    Ehh…. kenapa tiba-tiba kepikiran khusyuk, chika?😯

    entah…mungkin karena tersadar.😆

    @ funkshit

    hmmm… mungkin mayat sang nyamuk bisa di aoutopsi dan di visum.
    meninggal karena tepukan ato emang dia lagi jantungan…

    percuma…udah saya buang dengan sadis.:mrgreen:

    semoga keluarga nyamuk yang ditinggalkan diberi ketabahan

    amien!😀

    @ alex

    Empunya blog tidur sore nih.
    *fitnah*

    fitnah lebih kejam dari pembunuhan lex…🙄

    btw hettriknya gagal tuh.:mrgreen:

    @ funkshit

    duh maaap.. hetrik nya kesalip satu . .. coba lagi yak

    sukuurr…😈

    eit! hettrik kok coba-coba? 8)

    @ may yang lagi invisible
    hehe…:mrgreen:

    @ almascatie
    wakakakakakk…😆

    @ ndarualqaz

    Jangan2 matinya tu nyamuk gara2 keracunan darah lo chik…

    sayangnya dia nggak sempet nyedot darah saya…:mrgreen:

    yang pasti tu nyamuk khusuk banget sholatnya, sampe gak sempet menghindar waktu lo tepuk

    ehm…… … … … … … …

    siap siap😈

    yes… … … … …

    yes apaan??:mrgreen:

    @ telmark

    untung cumen nyamuk yg lewat. coba kalau gajah.🙂

    maka matilah saya..😆

    @ ‘k,

    masih mending sholat ga khusyuk drpd ga solat sama skali chik😆
    *tertohok*

    sholatlah engkau sebelum disholatkan…😆

    @ sare’

    refleks apa karena saking keselnya ngedenger nyamuk, chika???😆

    he…dua-duanya kali..😕

    @ hoek

    cK? nyamukna laki ato perempuan? umurnya berapa? suda baligh blom nyamuknya? agamanya apa? mazhab yang dianut nyamuknya apa? dari golongan mana? NU? Muhammadiyah? Salaf? atau LDII?

    buset.😯
    tanyalah pada rumput yang bergoyang…😆

    @ k* tutur

    saya rasa khusyuk…
    karena khusyuk tidak serta merta kita lupa pada lingkungan.
    bahkan kalo kita melihat orang lewat di depan kita sholat disarankan menyetop dengan tangan… dan kalo dia maksa pengen lewat juga boleh (katanya) dibunuh…..
    *ih…. serem*😉

    wew…kok agak serem ya?😕
    *bergidik*

    @ ina

    @ herianto

    Semakin sering kita bertanya2 seperti ini semakin besar peluang untuk khusu’.
    Ini kan namanya muhasabah diri…

    betul.😀

    @ danalingga:mrgreen:

    @ mrs. neo forty-nine
    halah…😐

    @ danalingga
    bulan puasa akhi, nggak boleh berantem.😆

    @ sugeng rianto

    Kalau khusuk diartikan tidak boleh ingat apa2 dan melupakan hal2 kecil disekeliling kita, berarti pingsan dong?!:mrgreen:

    definisi yang ajib menarik..😕

    Kalau kondisinya dibalik gemana?! seandainya ga dipukul dan nyamuk tsb terus2an mendengung yg justru menganggu kekhusukan kita, Tuh khan susah jadinya.😯

    tumben pinter…🙄 :mrgreen:

    @ antobilang
    pagi bener… *kucek kucek mata*

    @ mathematicse
    iya juga tuh. khusyuk itu banyak persepsinya. betul…saya serahkan ke Yang Maha Kuasa aja untuk menilai hehe..😀

    @ abeeayang
    duh…nyepam…😕

    @ shelling ford

    ndak tau chik. sumpah!

    yayaya…gapapa…🙄

    @ majelis ulama blogger indonesia

    ” 1000 dari sholat kita 1 saja yang khusuk itu sudah bagus ”

    wew..nice quote.. ^^

    @ putriku1
    pegangan donk..😛

    @ ekowanz
    *lemparin eko pake bangke nyamuk*

  8. chielicious berkata:

    chik.. sholat khusyu itu setau gue yang penting ‘tenang’.. klo gue jadi lo gue tahan deh tuh buat nabok si nyamuk.. heheh lo refleksnya mengerikan sekali yahh.. ngeri gue klo towel2 dikala lo solat bakalan di tabok juga akkakakaka

  9. alex berkata:

    lo refleksnya mengerikan sekali yahh.. ngeri gue klo towel2 dikala lo solat bakalan di tabok juga akkakakaka

    ………
    *catat di notepad*😎

  10. calonorangtenarsedunia berkata:

    khusyu’ apa ga sih gw ga tau..

    yang jelas lo udah membunuh makhluk tak berdosa. siapa yg bisa jamin kalo si nyamuk itu bener2 mau nyedot darah lo atau ganggu sholat lo. siapa tau dia cm mau nitip doa? baru dia nitip, udah lo gaplok sampe mati..

  11. cK berkata:

    @ chielicious

    lo refleksnya mengerikan sekali yahh.. ngeri gue klo towel2 dikala lo solat bakalan di tabok juga akkakakaka

    kalau di harry potter ada motto “draco dormien nunquam titilandus” alias jangan mengusik naga yang sedang tidur. got my point? 8)

    intinya sih jangan mengganggu chika yang sedang sholat.:mrgreen:

    @ alex

    *catat di notepad* 8)

    bloody useless..🙄

    @ calonorangtenarsedunia

    yang jelas lo udah membunuh makhluk tak berdosa. siapa yg bisa jamin kalo si nyamuk itu bener2 mau nyedot darah lo atau ganggu sholat lo. siapa tau dia cm mau niti doa? baru dia nitip, udah lo gaplok sampe mati..

    hhmmm…kalau kata arul, darah nyamuk itu halal dan merupakan salah satu hewan yang dianjurkan dibinasakan. 8)

    halah…hana pasti juga suka membunuhi nyamuk, lalat, kecoak, dan sejenisnya. hayo ngaku!😈

    @ guh

    *elus2 malaikat yang bergelantungan di jenggot*

    hebat bener di jenggotnya ada malaikat…😕

    Anda cukup khusyuk, anda layak masyuk syurrga dan mendapat 70000 bidadari lesbi.

    aarrrgghhh!!!! kenapa bidadari lesbi?? harusnya bidadara atau malaikat-malaikat ganteng! *prostest™*

    saya suka pria dan para pria suka saya hohoho…😆 *ga fenting*

  12. hoek berkata:

    “aarrrgghhh!!!! kenapa bidadari lesbi?? harusnya bidadara atau malaikat-malaikat ganteng! *prostest™*”

    hust! anti lufa? anti khan akhwad? ndak daped jatah bidadara tauk, karena ndak ada fatwa soal itu! paling pol, anti jadi bidadari dan dafed kehormatan untuk mlayani fara abu berjenggot! bersyukurlah anti kalo dafed kehormatan tersebud!

  13. cK berkata:

    @ danalingga

    @ peyek
    wakakakakk…😆

    @ fira
    Wa’alaikum salam.. ^^

    Ass,khusyuk gaknya kita serahkan ma yg diatas aja yah…yg penting niat kita sholat itu yg utama kan…

    setuju.😀

    @ fertob

    ih, chika jadi “pembunuh”….😉 *serem*

    anggap saja saya insect slayer kekekekk.:mrgreen:

    *goodbye chika*:mrgreen:

    mau kemana om?😕

    @ kakeko

    cucok buat iklan obat nyamuk🙂

    eh bener juga tuh. bikin iklan orang lagi sholat, trus ada nyamuk ganggu dan nyamuk itu dipukul. judul iklannya: tanpa bayg**, nyamuk bisa mati. wakakakakk😆

    *mulai ngaco*

    @ hoek
    *tendang hoek ke planet homok*😈

    @ elistia
    lha, saya malah mikirin buka puasa…:mrgreen:

    @ erander

    Jadi ingat Maradona yang menciptakan gol dengan menggunakan tangannya yang konon katanya Tangan Tuhan ..

    hooo…jadi ceritanya tangan saya ini tangan Tuhan.. *tersanjung*😳

  14. Takodok! berkata:

    Jadi inget cerpen ttg anak kecil yg ngetawain orang2 yg lagi sholat jemaah, soale dia liat sapi, sawah, tivi, dll di atas kepala jamaah tsb. Hmmm…

    Trus, kalo yg liwat cuwok cakep pas lg sholat, diajak ngobrol gak chik?:mrgreen:

  15. secondprince berkata:

    la mestinya yang sholat dong yang tahu khusyuk nggak sholatnya
    kalau yang shalat aja nggak tahu apalagi saya😀
    refleksnya masih bagus, fisiologis tuh gak patologis jadi kira-kira tidak berbahaya
    *afa hubungannya ya*
    lanjutkan saja shalatnya ya

  16. BaRT berkata:

    Masih khusyuk kok mbak, buktinya sampai gak nyadar kalau sudah “menewaskan” satu ekor nyamuk hehehehe ….

    Saya pernah baca/dengar, please CMIIW, bahwa khusyuk itu juga termasuk, kalau kita sedang shalat kemudian teringat akan hal lain dan kemudia menyadari nya, lalu kita kembali konsentrasi kepada shalatnya (bacaaan dsb).

    salam kenal akh …
    BaRT🙂

  17. wie berkata:

    wah kalo masalah ginian sih nggak tau ya mungkin bukan ahlinya kali meskipun kecil

    yang aq tau kalo kena darah sih emang batal wudhunya, tapi soal diterima sholatnya

    rahasia illahi tuh
    komentari punya ku juga donk
    press20.wordpress

    oke aku tunggu

  18. Magister of Chaos berkata:

    Makanya pake lotion anti nyamuk…

    wah bisa jadi iklan nih…

    “Lotion anti nyamuk. Menjadikan Sholat Lebih Khusyuk…”

  19. sez berkata:

    hihihihihi….
    pernah juga tuh, lg trawehan di mesjit…
    trus critanya khusyuuuuu banget, saking khusyunya pas tahiyatul akhir tiba-tiba reflek buat asalamualaikum sendiri…
    padahal kan lagi jemaahan…
    huihihihihihihi

    ternyata chika punya ‘nafsu membunuh’ yaaa :p

  20. cK berkata:

    @ manusiasuper

    ngiiiing…

    ngiiiinnggg…

    nggiiiiiiiinngggg…..

    *plaaaakkk*😈

    @ takodok!

    Jadi inget cerpen ttg anak kecil yg ngetawain orang2 yg lagi sholat jemaah, soale dia liat sapi, sawah, tivi, dll di atas kepala jamaah tsb. Hmmm…

    cerita yang aneh..😕

    Trus, kalo yg liwat cuwok cakep pas lg sholat, diajak ngobrol gak chik?:mrgreen:

    ntar, kalau sholatnya udah selesai..:mrgreen:

    @ dewa dewi

    kalo komen yang khusuk, ada ngga ?

    wah…nggak tau tuh…😕

    @ secondprince

    refleksnya masih bagus, fisiologis tuh gak patologis jadi kira-kira tidak berbahaya

    @ bart

    Saya pernah baca/dengar, please CMIIW, bahwa khusyuk itu juga termasuk, kalau kita sedang shalat kemudian teringat akan hal lain dan kemudian menyadari nya, lalu kita kembali konsentrasi kepada shalatnya (bacaaan dsb).

    hooo…begitu ya?? *ngangguk-ngangguk*

    salam kenal juga..😉

    @ wie
    kok ndak ada linknya?😕

    @ irdix
    cih… >_>

    @ magister of chaos

    “Lotion anti nyamuk. Menjadikan Sholat Lebih Khusyuk…”

    😆 😆

    @ sagung
    betul.😆

    @ joerig™
    iya teh..😀

    @ celotehsaya
    iiih…. *sweat* = =!

    @ sez
    diposting donk ceritanya..:mrgreen:

  21. ndoloBH berkata:

    kesiyan nyamuknya..
    kalo ngikutin asas praduga tak bersalah, si nyamuk ngung ngung gitu blom tentu mau nggigit loh, sapa tau emang lagi konser aja. jadi gak berhal untuk digaplok sampe anfal gitu…

    kalo mengenai kusyu nggaknya, asal ada potonya, bisa ditanyain Roy Sruyo, abis dicek metadata-nya, bung Roy pasti bisa kasih jawaban..😀

  22. agustinus berkata:

    Tuhan tahu segalanya, niat hati kita untuk bertemu dengan Tuhan, pasti Tuhan lebih memahami kita, walaupun pada saat kita berdoa kurang khusuk. Tuhan tahu semuanya, memahami kita sebagai manusia biasa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s