Tips & Trik Selama Bulan Ramadhan


Tips & Trik ini ditulis oleh Ummi Chika Staffi Al-Madesu. Pada bulan puasa ini saya berpikir bahwa banyak sekali rintangan-rintangan yang dihadapi oleh umat Islam yang berpuasa. Mulai dari bangun tidur untuk sahur, dalam hal menahan nafsu, maupun dalam menjalankan ibadah seperti tarawih. Oleh karena itu saya membuatkan beberapa tips & trik yang semoga berguna untuk anda semua. Selamat membaca.

:: PUASA ::

Bagi yang sulit bangun pagi, cobalah tips-tips berikut ini.

1. Pasanglah alarm sebanyak mungkin. Aktifkan alarm handphone, jam weker, kalau perlu minta teman untuk membangunkan sahur.

2. Tidur lebih cepat kalau perlu langsung tidur sehabis tarawih biar pas sahur nggak ngantuk :mrgreen:.

3. Minta orang rumah untuk menggedor-gedor pintu supaya kaget lalu terbangun tapi bagi yang punya penyakit jantung diharapkan tidak mengikutin saran ini.

.

Dalam hal menahan nafsu, cobalah tips-tips berikut ini.

1. Dalam menahan nafsu makan dan minum, cobalah menghindari restoran, tempat makan, warteg dll. Pakai kacamata kuda biar pandangan lurus ke depan sehingga tidak tengok kiri-kanan yang merupakan kawasan kuliner.

2. Sembunyikan koleksi-koleksi maksiat di bawah tempat tidur atau di dalam lemari yang paling dalam sehingga tidak mengundang nafsu ketika puasa. Ingat, puasa tidak hanya menahan nafsu makan dan minum saja.

3. Tutupi poster tidak senonoh dengan jadwal puasa. Apabila poster seukuran pintu, print jadwal puasa yang tak kalah besar. Sehingga menutupi poster laknat tersebut. Atau kalau perlu discan dan diubah pakai photoshop agar lebih islami. Contohnya ini: Miyabi saja bisa pakai jilbab selama bulan puasa. :mrgreen:

.

Dalam mengatasi masalah-masalah lain.

1. Masalah bau mulut. Biasanya ketika puasa masalah ini dihadapi oleh semua yang menjalankan puasa. Upayakan menggosok gigi dengan rajin, tapi harus hati-hati. Jangan sampai airnya terminum (apalagi dengan sengaja) karena dapat membatalkan puasa.

2. Kurangi berbicara, selain hemat energi, tidak bikin mual (karena bau nafas naga yang bahkan bisa mematikan), juga menghindari dosa akan bergosip. Ingat, puasa tidak hanya menahan nafsu makan dan minum saja. Namun juga menahan nafsu bergosip. *lirik tukang gosip di wordpress*

3. Masalah waktu selama menjalankan puasa. Supaya waktu puasa tak berasa lama, isi waktu anda dengan sebaik mungkin dan lakukan sesuatu yang berguna. Jangan pas puasa kerjanya molor terus. Makruh ituh! Perbanyak dzikir, membaca Al-Quran atau blogging hehe… :mrgreen:

4. Ketika sudah berbuka puasa, makanlah secukupnya. Jangan langsung makan seperti babi dan ‘balas dendam’ dengan memakan semua yang tersebar di meja makan secara brutal . Hal ini dapat menyebabkan kenaikan berat badan secara drastis. Kunyahlah makanan secara pelan-pelan karena lambung tentunya kaget setelah tidak ada asupan selama 14 jam.

5. Masalah pacaran, hubungan intim suami istri, dll. Sebisa mungkin tidak melakukan hal-hal yang dilarang selama berpuasa. Tahanlah nafsu tersebut selama bulan puisi puasa. Ingat, puasa tidak hanya menahan nafsu makan dan minum saja. *digetok karena ngulang 3 kali*

.

:: TARAWIH ::

Berikut adalah tips-tips melakukan sholat tarawih.

1. Datang lebih cepat supaya mendapatkan posisi sholat yang enak. (Dapat di depan, biar bisa mendengarkan ceramah dengan jelas. Pilih tempat di pojok biar nggak kelihatan kalau molor. Atau dekat tempat wudhu, jadi kalau kentut langsung bisa lari ke tempat wudhu :mrgreen: ).

2. Jika takut sendal anda hilang, taruhlah sendal di tempat yang berbeda. Misalnya; sendal sebelah kanan taruh di pojok pintu masuk sebelah kanan. Sedangkan sendal sebelah kiri, ditaruh di pojok pintu sebelah kiri. Dijamin tidak akan ada yang mengambil karena disangkain sendal hilang hohoho… :lol:

3. Pilih jumlah rakaat tarawih sesuai kemampuan. Jangan pilih yang 20 rakaat apabila tidak mampu alias kecapean karena habis makan harus melakukan gerakan-gerakan sholat secara berulang-ulang padahal kegiatan ini bisa menurunkan berat badan lho. :roll: Tapi memang lebih baik lagi apabila mau melaksanakan tarawih 20 rakaat. IMO lho… ;)

4. Bawa alat perekam untuk merekam ceramah sehingga anda bisa molor dapat mendengarkannya secara berulang-ulang sampai ceramah tersebut dapat dijadikan postingan merasuk ke dalam hati.

Sekian tips & trik ngaco dari saya. :mrgreen:

.

Selamat Menuaikan Ibadah Puasa

.

 PS: Sebelum komentar soal foto, baca ini dulu.

147 thoughts on “Tips & Trik Selama Bulan Ramadhan

  1. alex berkata:

    Ummi Chika Staffi Al-Madesu.

    Itu real name kah? :shock:
    *mikir-mikir*
    *perut terasa geli*
    *nggak tahan buat ngakak*

    Gyahuahuahauhauhauahu … :lol: :lol: :lol:

  2. Fajar berkata:

    oiya satu lagi tips
    menghilangkan channel Fashion TV dari pesawat tv and :mrgreen:
    sebab kalo nonton itu pikiran saya suka kemana mana :lol:
    *ngakak baca miyabi insaf*

  3. arya berkata:

    chik, gw undur diri dulu ya…
    gw janji nggak akan nyamfah lagi *silangkan 2 pasang jari telunjuk dan jari tengah di bawah meja… ;))
    biar gak OOT, gw mau ngucapin terimakasih buat tips n triksnya… :mrgreen:

  4. azer10 berkata:

    wah seru juga ya klo dipraktekan!!!
    khusus masalah sendal, bener banget berpengalaman ya mbak???
    klo di asrama dulu klo satu orang kehilangan sendal, semuanya jadi ikut kehilangan juga!!!soalnya yang kehilangan make sendal orang lain!hehehe

  5. nrkhlsmjd berkata:

    2. Sembunyikan koleksi-koleksi maksiat di bawah tempat tidur atau di dalam lemari yang paling dalam sehingga tidak mengundang nafsu ketika puasa.
    tau aja… ;)
    dah pengalaman ya chik?

    ngakak liat komen arya yg:

    jadi, miyabi pake jilbab itu fotonya yg di kiri atas?
    *kaboooooooooorrrrrrrr

  6. cK berkata:

    wadooh…lagi-lagi yang nyamfah banyak banget. puasa oiii!! *sabar…sabar…*

    bentar…itung komen yang nyamfah…

    fajar = 5
    alex = 4
    hoek = 4
    arya = 7
    cK = 4
    erander = 1
    azer10 = 1
    nrkhlsmjd = 1
    sare’ = 1

    dan lagi-lagi blogger ternyamfah masih dipegang oleh arya lengob wakakakakk :lol:

    ———————————————————————————————————

    :: sesi komen ::

    @ fajar
    dipraktekin yah :mrgreen:

    hatrick
    di bulan yang suci ini

    oiya satu lagi tips
    menghilangkan channel Fashion TV dari pesawat tv and :mrgreen:
    sebab kalo nonton itu pikiran saya suka kemana mana :lol:

    hooo~ ketahuan! :twisted:

    *ngakak baca miyabi insaf*

    hati-hati ntar batal lho… :P

    @ arya
    kenafa akhi? :D

    fajar sahur di depan kompie :mrgreen:

    saya juga tuh :lol:

    @ alex
    hush. puasa oi… :mrgreen:

    itu bukan real name. itu hanya nama pena. :roll:

    Eh…. chika sendiri udah sahur blon?
    *bales ngingetin*

    udah kok :D

    Jadi… itu tips dan trik memang ngaco ya?

    nggak ngaco-ngaco amat sih :roll:

    @ hoek

    *tereak-tereak kliling kompleks blogosphere sambil nabok2 kenthongan*

    SAHUURRRRR……….SAHUUURRRRRRRRRRRRRRRRRRRRR

    *dipentung karena berisik*

    *ngeliatin heran ke tukang OOT dan tukang nyamfah* :|

    @ erander
    *akhirnya ada komen normal*

    hehehe makasih bang. :D

    @ azer10

    khusus masalah sendal, bener banget berpengalaman ya mbak???

    bukan saya, tapi teman saya :mrgreen:

    @ nrkhlsmjd
    halah…saya khan feremfuan, mana nyimfan barang-barang macam begitu. :lol:

    @ sare’
    cukup lihat foto saya. dijamin lapernya hilang. 8)

  7. deKing berkata:

    mmmmm itu foto siapa ya? Rasanya kok kenal?
    *mikir*
    mmmm…oh yang kemarin minta sumbangan jualan kolak ya?

    mmmm… tips-triks yang bagus, tapi anti melufakan satu hal yaitu kurangilah céting dengan setan alias lucifer alias Arya. Karena ternyata lucifer yang satu itu tidak ikut dikerangkéng di neraka selama bulan Romadhon ini.

    BTW mentang2 perbedaan waktu dan hobi begadang yang saya miliki kok ya tega2nya menjadikan saya sebagai weker hidup …
    Eh mau dibangunin jam berapa nich? ;)

  8. extremusmilitis berkata:

    cK Says:
    September 14th, 2007 at 5:36 am

    bentar…itung komen yang nyamfah…

    fajar = 5, alex = 4, hoek = 4, arya = 7, cK = 4, erander = 1, azer10 = 1, rkhlsmjd = 1, sare’ = 1
    *trus ngelirik komen alex* :lol:

    beneran ya? iya kah? ah masa sih? sungguhan? gak bohong? yakin?
    *ikutan nyamfah* :mrgreen:
    btw, artikelnya bagus kok kalau gak mau dibilang cukup
    *kabur, panjatin doa, minta cK sabar* :lol:

  9. itikkecil berkata:

    Ummi Chika Staffi Al-Madesu

    :lol:
    liat komen arya :lol: lagi…..
    Ehehehe… lumayan bermanfaat Lo Chik…. btw, sayah batal ke Jakarta gak tau kapan bisa ke sana :(
    Jika takut sendal anda hilang, taruhlah sendal di tempat yang berbeda.
    sekalian…. bawa aja sendal yang beda kanan sama kiri….

    *ditimpuk Chika pake sendal*

  10. secondprince berkata:

    5. Masalah pacaran, hubungan intim suami istri, dll. Sebisa mungkin tidak melakukan hal-hal yang dilarang selama berpuasa. Tahanlah nafsu tersebut selama bulan puisi puasa. Ingat, puasa tidak hanya menahan nafsu makan dan minum saja. *digetok karena ngulang 3 kali*

    tapi kalau malam hari gimana?kan gak puasa
    rasanya kalau hubungan suami istri gapapa deh, masa’ 30 hari ditahan

    2. Jika takut sendal anda hilang, taruhlah sendal di tempat yang berbeda. Misalnya; sendal sebelah kanan taruh di pojok pintu masuk sebelah kanan. Sedangkan sendal sebelah kiri, ditaruh di pojok pintu sebelah kiri. Dijamin tidak akan ada yang mengambil karena disangkain sendal hilang hohoho

    wah yang ini mantap banget
    kreatif dan sangat bermanfaat buat saya

    he he he terimakasih tipsnya Ustadzah cK :D

  11. cK berkata:

    @ deking
    hehehe…lucifer itu justru cobaan dalam berpuasa bang. :D

    BTW mentang2 perbedaan waktu dan hobi begadang yang saya miliki kok ya tega2nya menjadikan saya sebagai weker hidup …

    lho…memang weker hidup khan? :D

    Eh mau dibangunin jam berapa nich? ;)

    jam 3 bisa ga? :mrgreen:

    @ mathematicse
    waduh…bulan puasa nggak boleh usil, akhi. :D :mrgreen:

    @ erander
    hehehe…ini udah sabar kok bang. khan ini cobaan selama puasa… :roll:

    @ extremusmilitis
    makfudnya afa sih? :-?

    btw, artikelnya bagus kok kalau gak mau dibilang cukup

    saya anggap itu pujian. 8)

    *kabur, panjatin doa, minta cK sabar*

    aih…ada yang mendoakan saya… *terharu*

    @ itikkecil
    kok batal? :-?

    sekalian…. bawa aja sendal yang beda kanan sama kiri…

    ide sesat. :lol:

    @ sandymc

    tips buat bikin es doger dong cik.. haha

    memangnya ini blog kuliner? :-?

    fotonya itu lo cik.. kyk ibu2 ikut pengajian abis menang arisan di komplek wkwkwkw

    saya anggap komen itu tidak ada. 8)

    *orang kantor yang kurang kerjaan*

    tumben. biasanya sibuk… :roll:

    @ koecing
    udah dibaca sampe abis belom :mrgreen:

    @ rizma
    tipsnya dibaca! jangan liatin fotonya aja. 8)

    @ roffi

    link miyabinya ga jalan tuh

    masa? :-? di saya bisa kok…

    @ antobilang

    majang fotonarsis itu bisa membatalkan puasa lho

    ngambil dari ayat mana nto? :mrgreen:

    uh, ga asyik, ga ada tip trick buka puasa ala anak kost..

    bikin sendiri donk tipsnya. :P

    @ chielicious
    anoo…saya memang ada keturunan arab… ^^

    @ kopral geddoe
    ngomongin diri sendiri ya? :mrgreen:

    @ sezsy

    amien,,,

    amien apa nih? :-?

    hooo…kamu puasa ya sez? :P

    masa lihat foto saya aja udah batal… :roll: :mrgreen:

    *ditimpuk pake foto*

    @ baliazura

    * smile up *

    kayak iklan pasta gigi aja…

    btw jangan guling-guling mas…ntar batal lho. :P

    @ bachtiar

    lumayan tipsnya .

    dipraktekin ya. :mrgreen:

    @ dnial
    hehe…kalau puasa, sudah batal kamu kayak si sezsy :mrgreen:

    @ arul
    jangan lupa dipraktekin tipsnya…

    @ vend
    sotosop sotosop…

    @ calon bod kts
    he? kamu kira ini buku absen? :-?

    @ yume

    tips buat org yang pacaran gada tanz??
    hihi

    memangnya kamu sudah punya pacar? :mrgreen:

    *kabuuurrr*

    @ dana si pemalas login

    Wah ini tips brilian dari ustadzah chika. *plok….plok….plok*

    terima kasih…terima kasih… *nyisir rambutbenerin jilbab*

    Tapi bukannya foto itu haram mbak ustad?

    ga haram sih. tapi kalau dimakan ga enak. :mrgreen:

    @ secondprince

    tapi kalau malam hari gimana?kan gak puasa
    rasanya kalau hubungan suami istri gapapa deh, masa’ 30 hari ditahan

    he…gapapa juga. itu tergantung orangnya. takutnya ntar malah keterusan ampe lupa sahur kekekekekkk… :lol: :lol:

    wah yang ini mantap banget
    kreatif dan sangat bermanfaat buat saya

    ntar malem dipraktekin ya. :mrgreen:

    he he he terimakasih tipsnya Ustadzah cK

    :roll:

    @ caplang™

    *ga mo banyak komen*

    karena puasa ya? :mrgreen:

    @ herianto

    tak kusangka…

    sangka apa? :-?

  12. males login ntar ketauan ini alex™ berkata:

    Bubar… bubar…!
    Udah jam segini kenapa empunya blog tidak menyajikan persiapan untuk bukaan di sini??? :mrgreen:

  13. deKing berkata:

    Ya ukhti…seharusnya di bulan yang suci ini anti lebih menundukkan hati. Tetapi kenapa justru anti memajang foto seperti itu? Narsis merupakan salah satu bentuk membanggakan diri lho :mrgreen:

    *kabur sebelum dihajar massa*

  14. rozenesia berkata:

    2. Sembunyikan koleksi-koleksi maksiat di bawah tempat tidur atau di dalam lemari yang paling dalam sehingga tidak mengundang nafsu ketika puasa. Ingat, puasa tidak hanya menahan nafsu makan dan minum saja.

    Kalo yang ada di laptop? :?

  15. secondprince berkata:

    wah Ustadzah cK bener tuh kata Rozenesia
    kalau ada di laptop atau komputer yang biasanya dipake buat ngeblog
    itu gimana?
    keseringan ngeblog gak sengaja kebuka terus males nutupnya
    *ho ho maksa banget ya*

  16. Abu ndeso al-Busybuanget berkata:

    mantab dab!!! tips & triknya boleh juga tuh, tapi ada denk yang susah utk dilakukan utk. poin 4 tips tarawih, saat ceramah ga bakal sempat merekam isi ceramah…dah keburu ngantuk dipojokan masjid. :lol:
    [**lihat foto chika: ini hasil editan photoshop bukan ya?! :lol: **]

  17. deKing berkata:

    elo cantik kalo pake kerudung!

    Berhati-hatilah…jangan sampai memakai kerudung hanya karena supaya terlihat cantik
    *ngumpet di dalam bedug*

    BTW baca komentar dari Abu ndeso al-Busybanget kok jadi pgn ketawa.
    Masak Chika dipanggil “DAB” hehehe
    Berarti Chika cowok ya :mrgreen:

    Apakah memang benar adanya jika aslinya Chika adalah laki-laki? kekekeke

  18. cK berkata:

    @ bayuleo
    hehehe…tipsnya bagus khan? :mrgreen:

    met buka juga :D

    @ lagi lagi alex
    kok bubar? :-?

    empunya blog baru aja dateng :mrgreen:

    @ arya si blogger ternyamfah
    beli sendiri donk. :P

    hore aku no 1 (sama yg di atas+ini, jadi 9)

    bangga? :roll:

    @ antogirang™
    sana nyapu lantai aja…

    @ affcell
    makasih. 8)

    @ alex :shock:

    *tendang alex*

    @ sawali tuhusetya
    dipraktekin ya om :mrgreen:

    @ dobelden
    heh? :-?

    iya…tidur cepet :roll:

    @ amed
    hush. jangan ngakak-ngakak. ntar tambah gundul botak lho. :mrgreen:

    @ mrs. neo forty-nine
    cieeehhh. suit suiiittt!!!

    *bakar petasan*

    @ deking
    akhi, anggap saja tips ini seperti rubrik di majalah. jadi ditaruhlah wajah si penulis biar si pembaca tahu siapa yang menulis rubriknya hehehehe :lol:

    Narsis merupakan salah satu bentuk membanggakan diri lho :mrgreen:

    masa iya?
    *lapor ke bang eby*

    *hajar deking* :twisted:

    @ mathematicse
    sesungguhnya perbuatan usil itu mendekati jahiliyah. bertobatlah akhi… :mrgreen:

    @ ‘k,
    biar aja. 8)

    @ benyamin ma
    bahas tips & trik selama bulan ramadhan tuh. :D

    @ arul
    saya sahur jam 3. :mrgreen:

    @ rozenesia
    di ubah settingnya jadi hidden donk. setidaknya untuk sementara. biar ga keliatan. gitu aja kok repot. :mrgreen:

    @ superkecil
    ok deh. met puasa ya kecil. :D

    @ ustadz zam
    kalau tidur seharian saat menjalankan puasa, makruh lho :mrgreen:

    @ antogirang™
    disini nggak boleh transaksi! :twisted:

    @ peyek

    catet !!!

    siiip!!! ;)

    @ secondprince

    kalau ada di laptop atau komputer yang biasanya dipake buat ngeblog
    itu gimana?

    untuk sementara disembunyiin aja. :mrgreen:

    klik kanan. properties. check list hidden. apply. beres deh… 8)

    keseringan ngeblog gak sengaja kebuka terus males nutupnya
    *ho ho maksa banget ya*

    bilang aja pengen. :roll:

    @ caplang™
    aseli™ donk. :D

    @ mihael “d.b.” ellinsworth

    Lho, kabarnya Tidur saat Ramadhan itu Ibadah lho.

    tapi kalau tidur seharian, itu namanya bukan puasa, tapi tidur panjang kayak beruang.

    @ mrs. neo forty-nine
    dimaafkan… :mrgreen:

    setuju aja Deb…tidur itu ibadah…
    makanya, kalo kuliah, Siw sering sambil ibadah…

    :roll:

    *masih mikir, kenafa postingan Chika selalu banyak coretannya*

    itu seni. 8)

    astaga…selama bulan ramadhan…kabarnya setan setan dibelenggu…dan chika chika dikerudungin…

    ok SiStah…semangat ya, puasanya…

    makasih chiw ^^

    @ nieznaniez
    silakeun ^^

    @ abu ndeso al-busybuanget

    utk. poin 4 tips tarawih, saat ceramah ga bakal sempat merekam isi ceramah…dah keburu ngantuk dipojokan masjid.

    pas nyampe mesjid, langsung nyalakan alat perekamnya donk. 8)

    @ deking
    bilang aja mau muji. pake malu-malu. :roll:

    saya laki-laki? waduh…gaswat™. ntar para bayut pada naksir :lol:

  19. Abu Ndeso ajah berkata:

    @deking

    BTW baca komentar dari Abu ndeso al-Busybanget kok jadi pgn ketawa.
    Masak Chika dipanggil “DAB” hehehe
    Berarti Chika cowok ya :mrgreen:

    Anu, perasaan dulu ada yg pernah manggil mas chika deh [tapi lupa ngelink ke komeng tsb, coba tanya yg empunya blog], koq ya saya jadi ikut2an latah mengira chika laki2 ya?! :lol:

  20. marwan berkata:

    aslkm..
    huah enaknya yah kalo bisa dihidangkan sama keluarga pas sahur en buka..
    yah kita2 yang anak kos,setelah tarwih sibuk cari makan buat sahur, kalo telat ajah,udah deh sahur bersama mie instan,,hiks hiks hiks..mungkin ada tips trik buat anak kos..
    “nasiib anak koz…..” loh kok malah nyanyi,,,
    wassalam…
    http://www.likalikulaki.wordpress.com

  21. alex berkata:

    Ini komen ke seratus!
    Eh… ada yang aneh loh!
    Udah beberapa kali aku liat ada komen dengan angka-angka yang ‘magicjar‘ di sini.
    Komen postingan sebelumnya 66, terus yang ini 99
    Kemarin ada yang 88, terus 77

    Pertanda apakah gerangan? :?

  22. Takodok! berkata:

    2. Jika takut sendal anda hilang, taruhlah sendal di tempat yang berbeda. Misalnya; sendal sebelah kanan taruh di pojok pintu masuk sebelah kanan. Sedangkan sendal sebelah kiri, ditaruh di pojok pintu sebelah kiri. Dijamin tidak akan ada yang mengambil karena disangkain sendal hilang hohoho…

    Ini yg mantaps! :lol:
    Hebat, langsung dari pakar per-sendal-an masjid seantero Jakarta (ngaku aja deh chik!) :lol:

  23. cK berkata:

    @ deking
    *tendangin yang OOT*

    @ extremusmilitis
    hooo…udah nyampe tuh doanya :mrgreen:

    @ calonorangtenarsedunia
    jadi malyu… :oops:

    *kasih amplop ke hana*

    @ abu ndeso
    saya tahu kamu dan deking konspirasi untuk menjatuhkan kaum yahudi saya yang lucu dan imut ini. betobatlah akhi sebelum anda dikejar oleh jihaders. :mrgreen:

    @ marwan
    wah…pengalamannya beda-beda yah ^^
    semoga kamu diberikan kekuatan dalam menghadapi puasa ini. :D

    @ a-isy

    *bayar coklat nih, udah muji seabreg abreg :mrgreen: *

    :roll:

    *lemparin coklat ke mbak mina*

    @ alle

    klo bau mulut bukannya itu suatu proses yg alami,.. mulut dan sekitarnya lagi melakukan proses detoksifikasi,.. githuu katanya,..

    yup, kira-kira seperti itu. karena seharian puasa kita khan ga makan apa-apa, jadi sisa-sisa makanan yang mengendap di sekitar gigi, gusi dll jadi mengeluarkan bau tak sedap. makanya kalau bisa gosok gigi yang rutin. :D

    @ alex

    Ini komen ke seratus!

    terus kenapa? :roll:

    Eh… ada yang aneh loh!
    Udah beberapa kali aku liat ada komen dengan angka-angka yang ‘magicjar‘ di sini.
    Komen postingan sebelumnya 66, terus yang ini 99
    Kemarin ada yang 88, terus 77

    Pertanda apakah gerangan? :?

    itu namanya ajaib. :mrgreen:

    @ antogirang™

    @ alex
    ayok pasang togel lex! :lol: *dosaaa*

    tau nto. halom™ ituh. apalagi di bulan yang suci ini. tobatlah engkau wahai setan anto…

    @ alex
    iye iyee…

    @ magister of chaos
    *gebukin bart* :twisted:

    @ venus
    kok nguap? kurang tidur ya mbok? :D

    @ harriansyah

    mo baca miyabi pake jilbab, tp kynya sitenya lg down…

    kesian juga ya. :mrgreen:

    @ mihael “d.b.” ellinsworth
    debe juga mo pake jilbab? :D

    @ may airin
    heh? bertapa? udah mau buka tuh… 8)

    @ funkshit
    betul! miyabi pake jilbab itu fenomena. :mrgreen:

    @ takodok!
    halah… :roll:

  24. ars berkata:

    tu mah… terlalu mudah…
    yang paling susah menghilangkan nafsu…. apa lagi liat cewe-cewe cantik pake rok mini…
    he he … jadi laper… pingin nyoba rasanya… hi hi hi….

  25. cK berkata:

    @ alex
    udah donk. :mrgreen:

    *makan lemang tapai*

    @ almascatie
    *kipas-kipas almas*

    @ zazi
    nggak enak tapi makan bakso 2 mangkok.. :-?
    :mrgreen:

    @ el-Rey alias deking
    komennya jangan napsyu. jadi salah ketik tuh. 8)

    ini yang punya rumah mana ya?

    lagi sibuk ngurusin dedlen…

    @ alex
    pitnah™ :evil:

    @ arya
    jangan banyak-banyak ar, inget tuh perut. :lol:

    @ antobilang

    ngabisin sup buah*

    dapet tajil dari mesjid ya nto? :mrgreen:

    @ ars

    yang paling susah menghilangkan nafsu…. apa lagi liat cewe-cewe cantik pake rok mini…
    he he … jadi laper… pingin nyoba rasanya… hi hi hi….

    dicoba? memangnya perempuan bisa dimakan? :shock:
    *merinding*

    @ manusiasuper
    masa sih? 8)
    ah itu cuma perasaan elo aja fad. :roll:

    @ tito
    dipraktekin ya. :mrgreen:

    @ nott sonnenschein. now natt.

    Ahhhh… puasa lagi… Dilarang pacaran lagi…

    :lol:

    @ hoex
    *injek-injek hoek* :twisted:

  26. cK berkata:

    @ rd limosin
    dasar!! :twisted:

    @ ndarualqaz
    kamu adalah salah satu sampahnya… :roll: :mrgreen:

    @ joerig™
    ndak boleh buka rahasia.. :mrgreen:

    @ han

  27. once berkata:

    poster-poster yang senonoh itu nda usah ditutup, dscan dan edit diphotoshop tapi bakar aja supaya setelah puasa, ngga ada godaan lagi dan pikiran tetap bersi
    ………………………………………………

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s