Long Distance Relationship, apakah bisa berhasil?

Topik ini merupakan permintaan oleh teman saya. Dia pernah berhubungan jarak jauh alias long distance relationship (LDR), namun berakhir kandas. Karena tak tahan tidak dapat bertemu muka, ngobrol bareng, jalan bareng, hingga u-know-laah (uupss… jangan negative thinking yaa…) yaitu tidak dapat melakukan kegiatan-kegiatan orang pacaran, akhirnya mereka sepakat putus. Karena itu saya mencoba membahas tentang LDR.

Beberapa teman saya yang lain ada yang sukses melakukan LDR. Bahkan berencana melanjutkan ke jenjang pernikahan *semoga*. Apa sih yang bikin LDR itu tidak berhasil??

Pertama. Kepercayaan. Itu adalah faktor yang paling penting dalam LDR. Karena tanpa itu, tidak dapat membangun hubungan lebih jauh. Banyak orang yang LDR putus di tengah jalan karena mereka saling tidak percaya dengan pasangannya masing-masing. Jadi, kalau belum ada rasa saling percaya, jangan LDR deh. Nanti sia-sia aja.

Kedua. Kejujuran. Apabila pasangan ada di kota lain, negeri seberang maupun di belahan dunia lain, sebagai pacar harus tetap memberi kejujuran. Contohlah teman saya si N. Cowoknya ada di kota lain dan dia sudah LDR selama 5 tahun. Dia tetap memberikan kejujuran ke cowoknya. Misalnya kalau ada teman kantor yang mengajak jalan (lawan jenis), dia selalu memberitahukan cowoknya dan meminta ijin. Walaupun jalan dengan cowok lain, namun N ini telah mendapat ijin dari sang pacar. Jadi hal ini tidak termasuk hitungan selingkuh. Kejujuran ini nih yang jarang ditemukan pada pasangan LDR.

Ketiga. Kesetiaan. Nah…ini nih faktor yang menyebabkan putus-nyambungnya dalam hubungan LDR. Kira-kira mampu nggak kalian menjaga hubungan dan tetap setia walaupun doi ada di luar sana?? Sebagai manusia, apabila doi jauh, pasti kita berasa kesepian, butuh seseorang untuk disisi kita dan lain-lain. Boleh-boleh aja sih mencari teman sebanyak mungkin. TAPI harus tetap setia, dan tentu saja harus didukung dengan kepercayaan dan kejujuran. Jangan sampai saling curiga satu sama lain. ‘Jangan-jangan doi di luar sana selingkuh’, ‘jangan-jangan nanti dia bosen sama aku’, ‘jangan-jangan blablablabla…’ dan masih banyak rentetan pertanyaan bagi para pasangan penganut LDR.

Faktor-faktor lainnya yang dapat membuat hancurnya LDR antara lain adalah:

1. Cemburu. Punya pacar cemburu bisa membuat kita berasa terikat walaupun jauh dari doi. Contohnya, seorang cewek lagi mau nonton sama teman-teman. Tiba-tiba doinya sms:

Cowo (Co): “Lagi dimana sayang?”

Cewe (Ce): “Lagi di bioskop yank. Mau nonton sama teman-teman.”

Co: “Siapa aja?”

Ce: “Banyak deh. Perlu disebutin satu-satu?”

Co: “Iya. Ada cowoknya ga?”

Ce: “Ada lha. Wong sama teman-teman kantor.”

Co: “Aduh..kamu ngga usah nonton deh. Apalagi kalau ada cowoknya. Nanti kamu malah mupeng khan ga ada aku disisi kamu. Filmnya film apa? Bukan film cinta2an khan? Nontonnya sama adik atau kakak kamu aja deh.”

Ce: “Beib, udh dulu ya, aku mau nonton. Protesnya nanti aja. Aku mau matiin henpon, filmnya udh mau dimulai. Bye hun.”

(Contoh diatas adalah orang yang tingkat cemburunya masih sekitar 50%)

Wah…ribet ya. Itulah kalau punya doi cemburuan. Jadi si pacar juga gerah. Buat yang punya pacar begini, bisa-bisa memperpendek umur hubungan lho. Kalau bisa, banyak-banyak berdoa supaya dijauhkan dari rasa cemburu😀 Apa anda termasuk orang cemburuan?

2. Nafsunya tinggi. Punya pacaran yang napsong™ dan doyan bokep juga bisa bikin hubungan LDR gagal. Karena kalau nggak ketemu pacarnya beberapa bulan, nggak meluk, cium, atau dan lainnya, wah…bisa-bisa dia cari cowok/cewek lain untuk memuaskan nafsunya. Kalau yang ini saya nggak tau solusinya. Ada yang bisa bantu?

Dari semua faktor-faktor yang disebutkan diatas, LDR bisa terus dijalani asal keduanya berhati tegar, didukung dengan rasa kepercayaan yang tinggi dan rasa kasih sayang yang kuat. Semua itu bisa membuka jalan untuk suksesnya LDR hingga ke jenjang yang lebh tinggi. Buat yang merasa sedang LDR atau bahkan ada yang sukses sampai ke pelaminan, coba bagi-bagi donk ceritanya…🙂

138 thoughts on “Long Distance Relationship, apakah bisa berhasil?

  1. wadehel berkata:

    Gw LDR juga, buat gw faktor2 yang ngefek banget itu

    1# komunikasi, kalo ga pernah kontak, kayaknya sulit tuh. Eh, telepati termasuk komunikasi loh. Jadi kalo bener2 tanpa kontak, bakal sulit tuh hubungan.

    2# mentalitas, kalo emang orangnya doyan selingkuh, biarpun pacaran sama tetangga sebelah juga tetep aja selingkuh. tapi kalo emang setia, ya kek gw ini, tiap hari dikelilingi cewe2 cantik seksi dan horni, tetep aja setia :)) Tp mungkin karena gw masih anak2 kali ya😛

    3# curigation, itu kosakata ngarang. Tapi curigaisme itu bener2 ngerusak suasana, kalo berlebihan. Bayangkan, lu udah tolak-tolakin fans-fans lu, lu udah setia sampe dibilang gila, tapi pasangan lu malah nuduh yang nggak-nggak, sampe murka besar pula. Rugi dua kali kan? mending sekalian selingkuh aja biar sekalian pantes itu tuduhan. Jadi jangan terlalu curiga, belajar percaya sama hati deh, hati lu akan tau kalo pasangan lu nipu.

    4# sex, he he he he he he he 69x. Kalo lu udah memuaskan luar dalem atas bawah kanan kiri depan belakang, ga mungkin deh pasangan melirik wanita lain. Eh, ngelirik masih lah, melotot juga masih, tapi dia ga akan ambil resiko buat nyeleweng. TAPI klo pasangan lu masih juga selingkuh, berarti lu pacaran sama binatang atau mesin sex, pecat aja, repot ngurus binatang kayak gitu.

    sekian numpang ngeblog kali ini

  2. cK berkata:

    @ wadehel
    oh iya. kok gue lupa ya nyebut komunikasi?? maklum, ngeblognya buru2. si empunya permintaan ngotot supaya blog tentang LDR cepet dipublish. jadi banyak yang tertinggal. long distance juga mas? ehehehe… nah yaaa…trus si irma, fani, tia, jono, lia, mia, nia itu siapa???

  3. yandri hilman berkata:

    mmmm…!!
    LDR ? boleh jg tuch!!
    tapi…!!!
    takut ga sangguP!!
    hehe…….
    chik2!? tukar topik kek?
    lo tu dah tua. tentang pendamping hidup kek judulnY!!
    hehehe…….
    tapi lumayan………!!
    tingkatkan lg!! kreasi u!^_^

  4. rebel^^killer berkata:

    hehehhe,…
    LDR yah,..
    gw sendiri dah ngerasain tuh,..
    rasanya ga enak bgt,.
    jadinya ga tahan lama,.
    susah komunikasi,..
    mana sang cewek gi sibuk mo UN gi,..
    hikss,..hikss,..
    tapi pasti ada yang bisa,.
    kuncinya percaya,..
    kepercayaan doank kok,.
    oke..
    ^^

  5. cK berkata:

    @ helgeduelbek
    Ada beberapa yang berhasil… tapi yang saya temui kebanyakan mengalami kegagalan😦
    Salut buat yang sukses!!!😉

    @ yandri hilman
    Kata siapa gue udah tua? Masih 22 gitu lho…perjalanan masih panjang lalalalalalala….😛

    @ rebel^^killer
    Kepercayaan hanya salah satu kunci keberhasilannya. Masih ada beberapa faktor yang bisa mendukung LDR, seperti yang gue sebutkan diatas. Kejujuran kesetiaan dan tentunya komunikasi.

    @ joesatch
    Wah…lucu juga tuh SLJJ *asik asik dapat istilah baru*
    Awet awet yaa….😉

  6. cK berkata:

    @ antobilang
    ga cuma berat di ongkos sih. berat di pulsa, berat di uang dan berat di hati😛
    pengalaman pribadi nih??

    @ yudhi
    betul betul!!

  7. Goio berkata:

    ikut komen yahhh…

    two years and going… moga2 bisa berlanjut sampai jenjang berikutnya :)… dan selanjutnya… dan selanjutnya….

    dipikir2, selama ‘berhubungan’ sama doi, aku malah selalu LDR-an hihihihi.. sekota cuman satu bulan doang, abis itu jauh2an teroossss…

    tiga hal penting, menurutku, untuk sebuah hubungan (baik LDR ataupun bukan): komitmen, komunikasi dan ‘common sense’… let’s see how it goes…

  8. Eby berkata:

    LDR atawa SLJJ itu tergantung orangnya kalo pengalamanku udah 3,5 LDR lancar-lancar aja tapi ya kalopun ada masalah wajar kan gak melihat secara langsung tapi buwat yang bisa jaga LDR salut dah LDR itu butuh pengorbanan yang tidak sedikit (berat diongkos, berat di pulsa, berat dimana-mana)

  9. neri berkata:

    LDR kirain = Loan Deposit Rate (halah *sok moneter*)

    Setuju sama anto, berat di ongkos. Klo’ masih jadian sih rela-rela aja, tapi klo’ dah bubar…….jadi salah satu penyesalan terbesar dalam hidup.
    Aku udah 4.5 tahun SLJJ, tapi akhirnya putus juga. Kepercayaan, kesetiaan, komunikasi, perhatian semuanya udah, cuma kurang KEJUJURAN jadi bubar deh.

    *serius curhat*

  10. cK berkata:

    @ goio
    awet-awet yaaa…ditunggu undangannya hehehe…😉

    @ eby
    wah…3,5 tahun…hebat!

    @ neri
    wah…yang ga jujur siapa nih? ayo curhat. mari…

  11. neri berkata:

    Yang g jujur si lelaki, tentang hubungan “pertemanannya” sama gadis cantik ini “www.friendster.com/29515283”.

    Hmmm, si wanita sudah PERCAYA dan berusaha terus mempercayainya setelah BERKALI-KALI tragedi JANJI PALSUNYA serta rentetan kasus PEMBONGKARAN KEBOHONGAN oleh sang lekaki. Wajar kan, KEPERCAYAAN sang wanita tergerus akibat BERKALI-KALI JANJI PALSUnya dan BERTUMPUK KEBOHONGANnya yang terbongkar itu.
    Btw, ini terjadi pada tahun ke-4 SLJJ kami.

    Hiks………………..makasih mbak, mau baca curhatanku………;-)

  12. cK berkata:

    @ neri
    wah…sabar ya say. pasti nanti suatu saat kamu bisa dapet yang JAUUUHH lebih baik daripada lelaki pembohong ini. setidaknya ini ada hikmahnya™. tapi kamu masih berani SLJJ ga?

  13. neri berkata:

    @ cK

    Yup, thanks a lot y mbak!!!

    Btw, aku g takut kok klo’ harus SLJJ lagi, kan klo’ pake fr** tarifnya Rp 5 per 30 detik (halah, opo maneh).

    G takut berat di ongkos maksudnya :-))

  14. Fourtynine berkata:

    Kayanya ga bakalan bertahan…..contohnya aku, hanya dipisahkan jarak 35 km saja, akhirnya mantan pcarku berpindah kelain hati

  15. jurig berkata:

    hehehe … sudut pandang yg bagus … tapi ini sharing pengetahuan atau lagi cari temen sependeritaan ???


    *hehehe … becanda non … jangan dimasukin hati*

    *kabbuuuuuurrrr*

  16. chielicious berkata:

    aku lagi LDR nieh..sepengetahuanku sieh hubungan kami baik2 aja..

    aku-nya sieh emang males nge-laba heheh..mklum no time buat ngelaba..

    aku sieh percaya aja ama dia.. awal2nya sie dia jealous-an abis..tapi makin kesini dia kayaknya udah makin percaya ama aku heheh~

  17. Veny berkata:

    Mao curhat nich..gmn yah kl udh LD terus ortu ng setuju jd walaupun pulank ke jakarta di larang ketemu..udh gtw gw cmn pulank 6 bulan sekali jd rindu na sie luar biasa.. Udh 1 thn gw ngejalanin LD..pertama ortu setuju untuk sekitar 6 bulan awal tp setelah ituw jd ng setuju krn co gw kata na nga kuliah jd ng ad masa depan sama sekali..tp di bilang ng ad masa depan ng juga soalna dy buka toko hp di roxy..setelah itw toko hp na di bohongin org dan dy jd stress..siap gw tlp dy cmn bilang’yank tlp ntn ajah ak BT bgt,bye’dan gw di gituin udh 1 bulan lbh..ortu gw maksa gw putus gw pun jd malah agak bela ortu..ap yg hrs ak lakukan yh?lanjut atao tidak?

  18. Nyonk Ale berkata:

    aku sekarang lagi LDR nieh.. iya sih.. aku kadang curigaan, cemburuan, iri, sedih, rindu apalagi dia sekelas ama mantan pacarnya yg masih aja berharap ke dia. duh … (T_T) makin stress.. tapi aku pikir inilah akibatnya kalu mau milih LDR. Pacarku juga blang kalu cinta itu butuh kepercayaan, kejujuran, & kesetian. aku juga sering bilang kalu setia pasti aku, juga bakalan setia & pasti bahagiain dia karena itu tujuan utama ku.

  19. wiku berkata:

    Menurutku kepercayaan sih yang paling penting. Jangan lupa juga buat cari cara ngeganti kontak fisik (ketemu) dengan hal2 lain. Misalnya ngirim video ke sang pacar🙂 Kalo ga bisa ngejaga kontak, yang paling repot itu kalo ujung2nya ilfil. Makanya kudu variatif kontaknya🙂 biar tetep seru….

    Untuk yang nafsunya tinggi…. cobain cyberse* deh :p hehehhehehe…

    Disamping pahitnya LDR, tetep aja ada beberapa hal menarik yang ga ada dalam hubungan biasa. Kayak ngasih cerita misalnya, yang kalo di hubungan biasa itu kerasa hambar, tapi pas LDR, ngedenger ceritanya bener-bener bikin hati seneng dan terhibur :p kekekek… Walaupun kini udah dua kali gagal LDR dan lagi berproses buat yang ketiga :p kekekeke….. Doain aja lancar🙂

  20. cK berkata:

    @ fourtynine
    kesian… 😦

    @ danasatriya
    yeee sampeyan mah doyan begituan:mrgreen:

    @ jurig

    sudut pandang yg bagus … tapi ini sharing pengetahuan atau lagi cari temen sependeritaan ???

    :mrgreen:

    @ chielicious
    waah…hebat… *tepok tangan*

    @ veny
    wah…berat nih masalahnya…saya bukan expert di bidang ini😦
    mungkin itu balik lagi ke hati kamu. apa masih mau lanjut atau tidak.

    @ nyonk ale
    kepercayaan itu yang sangat dibutuhkan! semoga berhasil dalam hubungannya😀

    @ wiku

    Makanya kudu variatif kontaknya biar tetep seru….

    betul sekali ^.^

    semoga LDR-nya lancar yaa😉

    @ temen jarak jauhnya chika farid
    huehehehe…lupa😛

    @ isez
    saya lebih suka flexi:mrgreen:

  21. dwi berkata:

    LDR itu yang pasti berat di pulsa!
    trus ga kuat nahan kangennya, hiks hiks
    tapi sejauh ini wi baik2 saja kok
    jadi ga sa takut LDR, cinta tidak mengenal jarak kq, alah😀

  22. aimyhsz berkata:

    (^_^) ….LDcR…..lgi ngjlnin juga skrg. berat se……but…stay strong n…keep holding on …….. (^_^) ….klo CBO……bener….banget…emang berat diongkos……… (^_^) ….
    buat yg lagi pada LDcR……, “tetap semangat” …….

  23. hooooooooblaah berkata:

    wah, asik juga tuuh topiknya ..
    LDR baru denger niich ..
    gwe pikir ni singkatan dari LeaDeRship.. hehehe ..

    eh, postingnya udah lama yaa, tapi kok masih harum banget
    di hidung belangnya para blogger .. apa u jg lagi LDR ma co, kok
    buka-bukaan edisi lama ..(minta petuah kali yaa🙂 ) ..
    kok ada yang minta, jadi bukan idenya blog ini bukan dari mind u donk..:-)

    cK baru 22 yaa.. kapan ultah ?? kalo boleh sich,
    i mo kasi kado, (yee.. biar telat tapi biarin, sukur2 diterima ,, hehe .. )
    gimana kalo LDR nya ma aku ja .. mau nggak ??

  24. usil berkata:

    Gw juga LDR dah 1,5 thn nih tp 1 thn sebelumnya engga LDR sih. Komentar gw LDR itu CAPEK banget! itu yang paling kerasa. Pertamanya sih ok ok aja, lama-lama co gw makin males ketemuan dan klo janji sering banget ga dipenuhin (janji ngirimin gifts etc.) Trus klo gw kasih saran ato pendapat ke dia ga pernah didengerin lagi; tp dia malah dengerin saran ato pendapat temen and sepupunya padahal saran dan pendapat mereka sama ama yg gw omongin. Gw lagi jengkel banget ama co gw, kayaknya mo gw putusin aja deh. Capek banget sih, gw jd iri ama temen-temen gw yg ga LDR.

  25. deghan berkata:

    kyanya emang bakalan nagalamin neh..bentar lagi cwoQu pergi ke Jepang 3 Taon..hrs diam 2 taon dlubr bs ambil cuti 2 mgu doang.BTW thx infonya yupz..Mudah2an q salah satu y bhasil

  26. einzrose berkata:

    kenapa jarak selalu jd alasan sih?
    emang hubungan antar manusia gak bisa diterima walau jarak memisahkan?
    moyang kita Adam dan Hawa aja pernah dipisahkan sejauh itu,tapi masih tetep setia (karena gak ada pilihan mungkin ya.. >.<)

    LDR pernah bikin kandas hubungan 4 taun..
    tapi kali ini maw gw buktiin kalo LDR bisa berjalan layaknya hubungan normal
    i wish

  27. chrisibiastika berkata:

    ah, cari2 ttg LDR malah ke blog mbak chika lg. saya lg LDR-an nih. berat. berat. berat. berat. berat. investasi waktu, tenaga, airmata, dan pastinya.. duit. mahal bgt bok. tunangan saya posesif, tp untungnya kami sama-sama jujur (or at least saya percaya penuh kl dia jujur) jd so far so good. saya sih gak brani cheating, krn saya takut kalo dia cheating juga di indo. kalo berantem ya gak enak bgt, krn gak ada orgnya yg real *halah* bertahan sampe sejauh ini.. karena komitmen. duh, menghitung bulan agar cepat lulus dan pulang ke endonesa😀

  28. usil berkata:

    Emang kok jarak itu mempengaruhi loh! Karena jarak membuat masing2 jadi kesepian. Co gw sih gak selingkuh ama ce lain tp ama anjingnya. Sekarang dia bilang gak nikah gpp cukup dengan hidup ditemenin anjing dah puas. Gile bener, dia jd gitu krn kesepian tuh…akhirnya krn cuma ada anjing yg nemenin yah jd gitu deh. Capek sekarang dia dah mrasa nyaman di zona hidup bersama anjingnya, dia dah mulai lupa tentang perasaannya ama gw dan lupa dengan semangatnya dulu pas pingin sama2 ama gw terus dulu itu. Jarak tuh penyebabnya. Susah deh, klo jauhan bicara lewat telp tuh gak enak, seperti denger radio aja kadang didengerin kadang lewat. Susaaaah…sekarang hubungan kami mengalami kemunduran, balik berstatus ttm bukan pacar lagi nih hix..pdhal gw berharap besar ama dia dulu. Maklum dia dulu betul2 serius banget deh ama gw… Jarak emang jahat hix gw patah hati nih….

  29. sheila berkata:

    bwt gw LDR tu suuusssaaaahhh bangedddhh!!!!gw ngerasain sendiri…biar komunikasi segmn jg, klo trz”an jauh tu susah bangeedddhhh!!!

  30. Aku berkata:

    wah… gw malah mau nyoba LDR.. tapi ya itu.. susah karena jarak.. punya pacar serasa tak punya. kemana2 sendirian or bareng teman. gimana dong ini…..

  31. duhita kusuma berkata:

    aku mo numpang cerita ya…
    sapa tau aku bisa dapet temen curhat yg sehati denganku.

    aku juga pengikut LDR sejak awal sma dulu, pernah yg nyampe 2,5 tahun.
    tapi yang dulu itu aku bisa lama, soalnya aku ga terlalu mikirin gmn2nya, ya..go with the flow aja lah… mpe akhirny kita putus pun karena dari awal hubunganku ma dia tuh udah salah. kita beda agama. dan aku mikir klo makin dilanjutin aja, bakal makin ga bisa lepas nantinya..
    Jadi intinya, aku sukses LDR sebenernya…

    sekarang ini intinya, aku ada cerita baru.
    pas mau lulus kelas 3 sma, aku jadian ma seorang yg bener2 aku sayangin. kenapa aku bilang gitu??? soanya sebelumnya aku dah ngikhlasin dia buat temenku. tapi akhirny dia malah nembak aku..
    tapi berhubung kita sekolah asrama di luar kota, jd setelah upacara kelulusan kita pulang ke kota masing2..
    beberapa kali dia dateng ke kotaku, seneng bgt ketemu dia.
    pas ketemu terakhir, dia sekalian pamitan sama aku. soalnya dia itu ikut tes TNI AD (AKMIL), dan alhamdulillah diterima. Jadi sejak sekitar 2 bulan yg lalu aku ga ketemu dia lagi, dan sama sekali ga komunikasi, dalam bentuk apapun, karena disana emang ga boleh bawa hape kan…. Dan kita bru bisa komunikasi lagi mungkin pertengahan bulan November, masih lama ya…??? Tapi, aku udah janji ama diriku sendiri, aku bakal nungguin dia disini (aku sekarang kuliah), dan ga bakal aneh2….
    Doain aku ya….

  32. free berkata:

    menurut gw faktor utama kesuksesan LDR ya komunikasi, wlu lo udh percaya,setia, ga cemburuan atau apalah. smua luntur bila lo ga ad komunikasi… abisnya gw prnh menjalani LDR, dan smuanya kandas karna ga ad komunikasi.. Hikss

  33. chayez berkata:

    Day by day I see you
    Day by day I with you
    Knowing you, loving you, share with you

    Now you have to go
    Where I have to go?
    What should I do?
    What to do without you?

    How is life? It can be like this
    I just love you
    I just loved to be with you

    And now you have to go
    To continuing your life

    And I
    What should I do without you??

  34. .\Gojo berkata:

    @cK,

    FYI, berhubung postingan ini tiba2 nongol lagi di dashboard (ada yang baru komen), jadinya aku mau mengapdet statusku …

    waktu komen di post ini (17 April 07), aku masih berstatus ‘pacaran-LDR’ dengan sang pacar… tapi sekarang aku sudah menikah dengannya… dan statusnya dah berubah jadi ‘pernikahan-LDR’ … hihihihi…

    udah nikah, tapi tetep ajah LDR :D… wish us luck!

  35. goyu berkata:

    ya…..

    q juga LDR nich….

    ya gitu,, ada senengnya….ada susahnya juga…..

    percaya ga percay sih….kalo bisa LDR nya langgeng….

    cape juga seh ngejalaninya,,,,berantem,,salah paham,cemburu,,,atw apalah,,yang bisa bikin mumet,,,,

    hiksss…hiksss…

    tapi keep smile lah….

    apapun ang terjadi nanti,,,,,

    cayo LDR……

    hehhehehehe

  36. gyna muqadam berkata:

    gue juga LDR
    baru dua bulan sih tapi gue ngerasa sepi . ngerasa pengen bgt dia ada disamping gue saat gue butuh , pengen nangis atau curhat . jalan . dan lain sebagainya . dia pelaut and tha’s why i hate this setelah dua bulan .
    dia juga sbenernya gag tahan buat LDR . but mau gimana lagi . dia berusaha sepulang dari berlayar akan sekolah d penerbangan , gue juga mau ambil yg di Curug itu . ada yg gag tau ? hehe .
    gue coba tegar tegar dan tegar .
    kalau akhirnya ketegaran gue udah samapin titik paling akhir , gue cuma bisa nangis . dia gag mau gue tinggalin . katanya dia bisa hancur kalo gue tinggalin . that’s why gue mau bertahan sama dia .
    dia jga udah kayak soulheart gue .

    gue percaya sama dia gag akan macem2 , dia katanya juga gag pernah sentuh rokok atau alkohol demi menjaga janjinya sama gue
    gue percaya .
    and i feel so alone in here .
    gue sangat kesepian . but i still smile in my day🙂

  37. mirantii berkata:

    jujur , aku ngerasa mnjalani hubugan LDR ,
    hubungan ku ni hanya dijalani lewat , chat , sms , telp , ato apla
    gk prna ngobrol lgsg ato tatepan muka
    pdhl , jls* msi stu kota .
    tpi , kita kdang: msii sring ketemu
    tpi , hanya papasan doang
    gk ad sling tegur ato gmn gtu , aneh deh pokoknya
    gimana jdinya ? aku bngung ma hubungan ku ma dia . huft ..

  38. MeMeY zHu_zHu berkata:

    LDR ‘ga enaaaaaaag banget😦

    aQ salah satu yg memilih & menjalani LDR…

    dibisa-bisain-lah walaupun kenyataan’na ‘ga kayak gitu….

    GOD…..bantu aQ biar bisa ngejalanin LDR ini………..

  39. Fridya berkata:

    Gw juga lg LDR neh.Cwo w lg pndidikan akmil mpe 4thn.Ud 1 bln g ad komunikasi krn emg g blh bw hp.Berat bgt emg,air mata ud abz krn kprgian dia.Tp w g blh egois krn ne bwt ms dpn dy.W n dy jnji akn sllu setia.Prnh w ad kpikiran slingkuh ma TTm w tp untung’a w msh setia ma cwo w..

  40. marie berkata:

    hm,
    belom jalanin LDR se, ,
    tapi maybe bentar agee. .
    gw bingung n takud. .
    apa bsa dijalanin. .
    kejujuran, kesetian, kepercayaan. .
    smua nya ntu yg paling berat. .
    hm,
    gmn yaa. .
    cara yakin in diri gw buad memutuskan????
    =p

  41. Fit berkata:

    Yah LDR jarang ada yang berhasil! Gue uda nyoba buat selalu ngertiin keadaan tapi semuanya sia-sia aja. Hmmpf tapi kalo ada yang berhasil gue salut bgt deh semoga awet terus yaah!!!

  42. Rozie Taher berkata:

    ‘aqOe orng Yg saat neh ngejLanin LDR ..
    ‘Mnurt aqOe rasa cEmbru . Curiga n’ kurang Percya adLah wajr krna pda saat itu antra Logika n’ Prasaan sanagadh tidk seimbang .. .
    ‘qta hnYa prLu tekadh bwd hubngn LDR nih .. stidaknYa kLw Psangn qta tidk Mnjga hubngn neh sebaik mungkn .. Yg terpenting qta ngejga nYa dgn sbaik mungkin .. wLau qta tidak bersama Nya stidk nYa qta patudh bangga dgn dri qta Yg tetp stia Menjaga LDR dgn sii dOi ..
    Yg terpnting kurangi NEGATIF THINGKING ..
    ‘bwd tmendh” Yg snasib ama aqOe .. tetp tegar mamen “!…
    we cant do it .. trust Your seLf

  43. Meta berkata:

    Ikutan komen yaaa….

    Dulu gua pernah LDR…sukses kok…tapi putus gara2 beda agama hehehee…sekarang gw juga lagi LDR…belum lama baru satu bulan LDR…sedih hikshiks…soalnya doi kerja di luar negeri tapi kebagian di kampung gitu…no internet…doi hanya bisa nelepon tapi susah ditelpon…tapi emang yang paling penting saling percaya kok…dan kita udah punya rencana nikah tahun depan…doakan yaaaaa…

    Buat temen2 yang lagi pada LDR…ayyoooo yakinlah pasti bisaaaaa…kalo emang ‘wort it’ buat dipertahankan…pertahankan ajaaa…chayoooo!!!

  44. Tutty berkata:

    LDR,, smpe skrg sdh 1thn 4bln!
    komunikasi lancar bgt!!
    trus 2bulan trakir ini,, sdh ada signal 3G, jd tiap hr 3Gn deh (apalagi klu malam minggu)!!

    kita sdh punya rencana bwt merit..
    tp sayangx, org tuanya tak setuju,, alasanx klu jauh,, banyak sifat dr kita yg blm kita tw!!
    trus ortunya blng, klu mw merit, cr yg dkt2 sj, supaya latar blakang keluargax bs ditau!!
    sediiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiih bgt!! T_T

    qw jd serba salah,,.
    qw mw kita putus,, tp dianya g mw..
    bukanx qw g sayang ma dia,, tp qw g mw dia jd anak durhaka!
    apalagi papax punya penyakit jantung,, qw g mw dia ngelawan ortunya!!

    dia minta qt ttp jadian,,
    dia minta qw ttp sabar,,
    dia minta support dr qw,, biar dy bs ngomong baik2 ke ortunya!!

    akirnya,, sampai skrg qt ttp jadian,, walaupun hubungan ini gak jelas arahnya!! T_T

  45. amalia berkata:

    LDR?…gw seh skrang lagi ngalamin,,
    tapi asyik juga lo…
    penting saling percaya n teruz komunikasi…………BERESSSSZzzzz dah…

  46. ^^YU--luve--Nu^^ berkata:

    T.T hiks..hiks..hiks…
    curhaaaat :

    aQ juja LDR all ud 4 bulan , kmi knlan lwat ayodnce , kmi pcran cm lwt ayodnce n tlp”an… huaaaaaaaaaa sdih bgd mkrinny..,,

    pdhl aQ blum pnh ktmu dia cm lwt fb n webcam duam..,,

    Qami cllu slg pcya.. tiap mlm aq tlp dia(nulie) aQ cllu nyanyiin lgu bwt dia..
    biar dia ttp cmgt^^..,,

    aQ cllu ykin law Qami b’jdoh.. cZ law dia ckid aq tw.. n ckid juja.. ,,

    yg bkin mslh ialah.. huaa pulsa… tiap ari bli plsa min 10ribu wt tlp.. n maen net”an truz biar komunkasi ttp lncar…
    hiks.. pi, Qami bnr” lsg mncntai n cwerius dlm hub.ne..,,

    tlong Qami pls yg sukarelawan..
    prtemukan Qami…

    maacy bgd^^

    nb : yg plg ptg ialah komunikaci rus lncar

  47. ghey berkata:

    heyy guys….
    hallo.. hallooo
    tertarik banget nih sm topik ttg LDR ini
    kebeneran skripsikuu ttg LDR ini,,,,
    anyone.. yg punya infoo..
    mau bukuu,,, jurnal2,, artikel atopun apa aja deh
    yg berhubungan sm LDR…
    please tell mee yhaaaa😀
    thanks before anw ^^

  48. fika indriasari berkata:

    aku udah ldr hampir 2th…
    awal awalnya sih fine tapi lama lama dianya g tahan…
    aku sedih bangeet ngliat dia tersiksa, tapi gimana lagi, aku juga ga bisa putus dari dia…
    tiap hari rasanya hati remuk redam, aku sayaang banget sama dia..
    aku pengen kita serius tapi gimana lagii..
    do i have to let him go to proof my love… ?

    please sarannya ya… T_T

  49. TIKA berkata:

    PERTAMA : mantapkan niat,klo niatnya wat menjalin hubungan yang lebih serius,,long distance ga bkal jdi masalah
    PECINTA SEJATI : Termasuk diantaranya sifat-sifat sebagai pecinta sejati,,, jujur,,saling percaya,sayng pacar dll
    SETIA : faktor yg paling penting,,,nah ini sabagai bukti klo kmu bener2 mencintai dan sayang pacarmu
    klo semuana dijalanin pasti long distancemu bhasil

  50. Michelle berkata:

    gw pnya cowo org jepang. gara2x nyokapny sakit jdnya dy harus balik ke jepang. kita udah pacaran 4 bulan trus bulan ini dy balik ke jepang. dy blg 5 taon lg dy bakal balik trus dy bakal kumpulin duit biar bisa nikahin gw..

    gw sayang bgt ama dy, and dy jg syg bgt ama gw.. gw takutnya kita ga sanggup LDR. 5 taon tuh lama bgt T-T

    kira2x bisa ga ya?

  51. dearangga berkata:

    hmmmm…sammaaa bgt.
    w jga lagi LDR ma cow w…
    nyiksaaaa bgt kaya nya….blum lagi cemburu w…posesif w…padahl wktu deketan kita gk gtu…skarang w dah mw jln setaon ma dia…n terakihir ketemu bulan 5 lalu,….kangeeennn bgt w ma dia…
    doain w n dia ya …
    smoga bisa bertahan ma smua yang ada..amin !!!

  52. rashelda berkata:

    waaaah. gue juga long distance.
    hmm… emang butuh kesabaran ekstra.
    long distance itu punya pacar sama aja kayak ngga punya.
    sepiii. apalagi kalo ngeliat orang lain bisa barengan sama pacarnya.
    hmm… gue enjoy aja ngejalaninnya. toh kita juga yang ngerasasin LD itu.
    gue percaya suatu saat nanti ga akan berjauhan lagi kayak sekarang. aaamiin!

  53. yw_nie V^^V berkata:

    waduh…aye juja lagi LDR…susah banget emang,,,tapi mow gimana lagi kan???aye dah terlanjur cinta ma dye *walaah*…aye gag taw napa aye syaaaaaaank bnget ma dyE…dulunya aye 1 kerjaan ma dye,,,truz aye resend,n sekrang aye dapet kerja di kampung aye n dikontrak 1 tahun pula…so,,mw gag mw aye harus jalanin LDR 1th ke depan…but I hope this relationship forever…

    keep your love yach chayankuwh…🙂

  54. Jack berkata:

    Ngomongin tentang ldr, saya ank SMA kelas 3 uda LDR-an 5 bulan dan alhamdulillah sampe sekarang masih lanjut dengan tujuan yg uda jelas, pengen nge support satu sama lain ampe nanti beres kuliah dan mungkin lanjut dan lanjut ( masih kecil tp mikirinny uda lanjut hha ).Hubungan LDR saya ama dy uda 5 bulan, tapi pacaran saya sama dia uda 1 taun hampir 2 bulan, lumayan lama, makannya skrg saya lg kangen berat ama dy, ya saya mw gimana lagi, tujuan ke amerika juga bagus, untuk study jadi aja harus merelakan ninggalin pacar sendirian di bandung. saya kepengen LDR juga engga ada rencana, jadi waktu itu pas saya mw berangkat saya cuma punya 2 pilihan, msh pacaran tapi LDR, ato putus, tp akhrnya kta berdua sepakat, pengen LDR yg awalnya cuma nyoba2 aja, tapi akhirny lanjut. Pas kemaren saya pulang tepatny desember kemaren, saya nanya ke dy, apa yg di pengenin dri hubungan LDR ini, dan akhrny kta dapet komitmen, ya komitmen, ngesupport ampe nanti beres kuliah hingga lanjut dan lanjut. amin ah
    Hubungan LDR saya, lancar lancar aja paling ada masalah sedikit, ya masalah biasa, namanya juga lagi berhubungan pasti banyak rintangannya, tapi alhamdulillah sampe skrg masih lanjut, menurut saya, selama saya pacaran LDR ini, yg paling penting adalah, Kesabaran, karena org yg ga sabaran pasti gabakal bisa nahan kangen yg berat, terus emosi, terus yg lainnya, Kesetiaan juga, yg ga setia jgn coba2 ldr, percuma, terus Tujuan LDR itu sendiri, ngapain sih kita LDR, cape2, ngebuang2 banyak biaya, dan sebagainya, dan juga punya Kepercayaan aja sama pacar, karena kalo kita uda punya, kesabaran, kesetiaan, tujuan sama kepercayaan, mungkin hubungan jarak jauh bukan jadi masalah lagi,🙂

  55. Zelin berkata:

    aku juga LDR ni ,, parahnya aku belum pernah liat dan ketemu ..
    hampir sama nasib aku dengan si Rasty ya? aku LDR udah 1 1/2 tahun
    aku sayang banget ma dya, pi aku gak yakin dya kek mna ke aku

  56. o'nodda berkata:

    huaaaaa..ternyata yang ngalamin LDR bukan cuma gw doanks😦

    iya nih, sedih banget kalo LDR. apalagi gw yang baru ketemuan 2X doanks ama dia. yang paling berat sih kalo kangen terus gw mo nelp, eh timing’nya gak pas. dengan kata lain dia sibuk huuufff..cape deh. muncul deh tuh rasa curiga, pikiran yang nggak2.

    anehnya, dulu gw percaya banget ama dia. tapi sekarang rasa percaya itu pudar. jujur gw takut juga sih. tapi sebisa mungkin gw harus ngejaga hubungan ini. yang paling penting harus sering dilakukan video call’an hehehehe….

  57. echa kesepian berkata:

    duhhh
    gw mau ikutan donk
    gw udah 2 1/2 thn LDR,,,,,

    sepi,kesel,smuanya udah gw rasain….

    kadang gw berpikir bwt ngakhirin hubungan gw,,,
    gw g kuat…gw ksepian,,,
    &masalah pulsa gw g kuat…
    cow gw da d malaysia…
    smpe2 gw udah lupa gmana bentuk muka cow gw…

    gw dah pnya planning bwt nikah,,,tp smuanya kandas,hilang gt aja….
    semangat gw,keyakinan gw,bayang2 gw bwt nikah tiba2 hambar,,,
    gw kya orang yg udah mati rasa….
    gw juga benci sama orang yg pacaran,,,
    bulllshyt…..

    gw udah sering putusin cow gw,,,tp dia g mau….
    ada yg bsa tlongin gw g?????

  58. ayya berkata:

    wah topik yg bagus. btw gue jg baru mau memulai LDR tp udah takut duluan T_T
    takut ga sanggup T_T
    masalahnya kita beda negara T_T disatu sisi gue syg sm dia tp disisi lain berat banget kayanya kalo harus ngejalanin LDR..

  59. tara berkata:

    topikkk bagusss
    aku juga LDR..

    dya kuliah d ITS 4 tahun.. padahal ak ud pcran 1 tahun…
    karna aku sama dia udah saling percaya..

    aku yakin LDR kami bkalan lanjut insya Allah samapi nanti:))

  60. Sari berkata:

    Topiknya bagus bgt….. Sayang telat baca. Heehe. Kbetulan q juga LDR 1,5 tahun ini. So far so good… Tiap hubungan pasti slalu ada masalah, tp yang terpenting bagaimana mengatasinya dengan kepala dingin, intropeksi, (Paling penting ni) terbuka. 2 keluarga sama2 tau, jd bisa saling menjaga. Ortu jg pny peranan penting lo bwt LDR. Restu Ortu, restu Yang Maha Kuasa jg kan. Kalo di ijinkan ma Yang Diatas awal tahun married. Amin. Qt mutusin tinggal d tengah2 ntar, antara kota tmpt dia kerja ma domisili-q. Jd gk da yg merasa diperlakukan gak adil….😉

    Sgala sesuatu pasti ada jalan keluarnya…..

  61. akbar abi saputra berkata:

    smua itu trgantung kita kita yg menjalani… kalau secara teori memang sulit menjelaskan, tp saya yakin bahwa gak semuanya LDR berakhir dengan kegagalan….
    do’ain aq temen2 smua yah!!!!

  62. Asha berkata:

    .tanya dunk ..🙂

    .kLo LDR trz ad waktu ktmu cma 1 minggu bwt ktmu misalnya ..harusx ngapain y biar bisa buat stock nahan kangen 1 bulan ke depan? hehe ..

    .kadang gag tw mw gmn ci ..soalx dy tuh gampang bgt kangen ..mpe bosen kudu naggepin kyk gmn agy ,,hoho ..

  63. Dewi Larasati berkata:

    yapp akuu jugaa salah satu pengikut LDR .. dan ini baru pertama akalinyaa aku LDR ..
    ak di sukabumi dan si pacar berada di kendari .. ak kenal dy sewaktu ak berlibur ke rumah nenek di kendari .. kami LDR udah 3 bulan .. sedih rasanyaa ..😦
    kemaren sempat putus tapi nyambung lagi soalnya kami masih sangat saling sayang .. tapi aku takut jikalau suatu saat nanti dia pergi ninggalin aku .. plis sarannyaa😦

    • Agus berkata:

      saya merasakan kegelisahan kamu larasati… hanya 1 cara salah satu dari kalian harus ada yang berkorban untuk pidah kesatu tempat agar kalian bersatu kembali.

  64. Agus berkata:

    Saya LDR.. saya sudah 3 tahun tapi LDRnya baru 6 bulan.. tapi sudah putus 3 bulan yang lalu. sejak 3 bulan putus nyambung yang akhirnya dia sekrang ga mau balikan lagi sama saya.. masalah utama yang saya hadapi adalah komunikasi, dia ga mau komunikasi dengan saya dengan alasan sibuk kuliah dan bekerja. saya lihat di FB nya banyak yang sms dia dan dia pun membalasnya. sementara sms saya tidak dibalas.
    meskipun begitu sebenernya saya tahu kalo dia tidak mungkin dengan orang lain lagi karena kita sudah punya hubungan yang ssangat dalam. begitupun yang saya rasakan. mohon advisnya yang menenangkan hati syaa…

  65. Agus berkata:

    saya merasakan kegelisahan kamu larasati… hanya 1 cara salah satu dari kalian harus ada yang berkorban untuk pidah kesatu tempat agar kalian bersatu kembali.

  66. AB berkata:

    salut aja deh buat yg msh lanjut program LDR nya … buat yg sampe ke pelaminan well done, well done, well done !!!

    Aku termasuk yg gagal jalani LDR, hiks

  67. didud berkata:

    wah rumpian para LDR ni.. B)
    nimbrung ah..

    gw pacaran uda 11 bulan, dan sejak awal pun uda LDR Jakarta-Surabaya..
    maklum beda kampus.. otomatis ketemu kalo pas libur doang yang bisa cuma 3bulan sekali *so sad

    anyway, LDR bikin gw cemburuan *pake banget, curigaan *pake banget juga, dan jadi galau mulu.. yang pada intinya sifat2 gw tadi justru bikin hubungan LDR gw sama cowo gw ga nyaman.. berantem 2minggu sekali berasa sering, dan masalahnya sama *SAYA CURIGAAN* -____-

    well, sebenernya dia ga ngapa2in sih..
    cuma kadang ngerasa iri temen2 kampusnya bisa maen2 n ketemu dia hampir tiap hari, di sisi lain gw yang cewenya sendiri harus menahan kangen di antara 800 km yang membentang dari Jakarta-Surabaya..

    otomatis pertanyaan kayak ‘lagi dimana?ngapain?sama siapa?temen2 sapa aja?cewenya sapa aja?’ jadi pertanyaan wajib setiap hari.. yang ujung2nya cowo gw ngerasa gw ga bs percaya sm dia..

    lama2 gw pikir2 lagi, kenapa pula mesti curiga ga jelas.. yang ada ntar malah sama2 capek udah LDR eh berantem mulu..

    AKHIRNYA

    gw pun berusaha MATI2AN buat ngurangin rasa cemburu n curiga..
    asalkan dia ga jalan berdua ato komunikasi rutin sama cewe lain, gw bisa lah nahan rasa cemburu gw.. gw harus lebih SABAR🙂 kuncinya PERCAYA🙂

    kan banyak yang bilang ‘seperti ilmu pasir, semakin digenggam semakin lepas..’ jadi PERCAYA dan TERBUKA🙂 itu kunci LDR🙂 dan KOMUNIKASI yang dilandasi KEJUJURAN juga.. sebisa mungkin HINDARI PERTENGKARAN GA PERLU.. berani LDR harus bisa POSITIVE THINKING !

    lagian kita uda sama2 dewasa lah, bukan saatnya berburu lagi.. saatnya berkomitmen.. cowo gw sekarang semester 3, dan gw baru semester 1.. moga bisa bertahan sampe jenjang pernikahan.. amienn..🙂

    semangat ya buat smua pejuang LDR🙂
    jangan menyerah oleh keadaan🙂
    LDR memang berat, jadi harus saling menguatkan..

    inget inget yaa..

    KALO YANG SATU LG PANAS,
    YANG LAEN HARUS BISA NGADEMIN🙂 NGALAH🙂

    semangat B)

  68. Rezky berkata:

    gw juga baru memulai LDR. susahnya sih karena beda pulau, saya di Makassar, dia di Bandung kuliah. Orangnya asal Makassar juga sih. Kami udah pacaran 1,5 tahun dan sekarang harus memulai LDR karena penempatan saya di Makassar. Susah kayaknya buat LDR. Orangnya cemburuan, tidak percaya, walaupun saya yakin 100% percaya ama dia. Susahnya lagi karena saya selalu disalahkan karena mengambil pekerjaan ini. Komunikasi Alhamdulillah lancar-lancar, walaupun kadang gak enak mendengar kata “seandainya kk ad disini temani saya…” apalagi kalau dia lagi sakit. yang stress malah saya.🙂 . hany bisa berdoa saja, mudah-mudahan LDR ini hanya berlangsung sementara saja.

  69. nita berkata:

    aku jg LDR…tp mslah kami bkan hanya jarak aja, tap jg beda agama, budaya, bahasa, citizen, gaya hidup…tp kita udah pacaran selama 8 bulan, itu jg sering lost contact, dan kita belom pernah ktemu, selama ini cuma pake web cam aja.
    awalnya aku pikir komunikasi tuh yg utama, tp trnyta mkin lama makin susah komunikasi, dia jg punya kehidupan sendiri. jadi kepercayaan adalah yang utama.
    aku sering baca artikel tentang LDR dan baca komentar-komentarnya…itu membuat aku merasa kalau aku gak sendirian.
    jarak emang nyusahin, kadang aku berharap semua daratan bersatu, jadi kami gk perlu susah payah bayar transportasi yang mahal untuk ketemu.

    tapi menurut aku “distance doesn’t matter, cz love will find a way”

  70. nicha berkata:

    aq bahkan sudah jalan 6 tahun
    sakittt…
    ya beginilah,

    sibuk kan aja diri sesibuk sibuknya..
    lelah kan diri selelah lelahnya..
    jgn biarkan pikiran melayang walau sedetik aja..

    aq bahkan mpe minum obat tidur..

    apa lg ya??

  71. christine berkata:

    aku juga LDR..
    but i’ll fight for my love.
    aku di indo..
    dia di turki..
    tapi jarak itu ga menghalangi aku ma dia.
    kita masih bisa saling tatap muka🙂
    ya walaupun melihatnya melalui webcam.
    but i’m happy with him.
    i believe someday i can meet with my true love.
    buat yang LDR “keep fight brother and sister”

  72. GIWINHO berkata:

    Kalau emang sayang pasti bisa mengerti. Cukup tulus saling sayang bisa memperlancar masalah LDR jadi hilang ,yang ada ingin cepat bersama selamanya alias di ajak merry.

  73. ndelz berkata:

    menurutku LDR itu emank berat banget. Ga tau napa sih, tapi aku ngerasa kalo aku jauh dari dia aku ga berdaya. Apa aku terlalu bergantung padanya?? G ada seseorang yang bisa dipeluk saat senang, ga ada yang bisa direpotin waktu lagi bingung n yang pasti kesepian.
    Tapi yang jelas aku sayang banget sama dia. Entah kenapa walau hubungan LDR ini susah aku uda 2,3bulan sama dia. Malah tepat hari ini aku anniversary. Yah, memang Allah memberikan jalan yang berbeda2 pada hambanya untuk bertemu jodoh dan penyempurna hidup. Moga dia emank yang terbaik untukku.
    AMIN.

  74. hunhun berkata:

    hhmmm…..gw bgt nihh LDR…
    emng rasanya campur aduk sii…baru jg jadian sebulan…udh dipisahin sm jarak….huhuhuhu
    but…selama niat kita baik buat menjalin hubungan dan punya harapan dr keseriusan hubungan….semoga tuhan selalu memberi kemudahan..
    yakin dan berusaha aja..klo pasti tuhan punya rencana yg indah bwt kita…
    mencoba selalu berfikiran yg positif…wlpn ga bs dipungkiri klo kadang klo lg ngerasa dititik tersulit misalnya lg kangen tapi dia’nya sibuk n ga ada kabar..psti dhh suka ada pikiran2 jelek muncul….nahh yg kaya gt mesti cepet2 ditapik..cepet dibuang tuh pikiran kaya gt..bersugesti aja yg baik2…karna apa yg kita pikirin itu mempengaruhi keadaan mendatang..klo kita berfikir yg baik2…smoga kdpannya akan terus baik2 aja….
    soo…..tetep semangaattt ya buat kita yg ngejalanin LDR….
    yakin bahwa pasti ada jalannya dan happy ending..amin…
    ^_^

  75. Arni berkata:

    Udah 6 bulan ini aku LDR sama seseorang yang beda ras, budaya, bahasa, agama, dan latar belakang. Kita ketemu sekali sebelum jadian, itu aja cuman 10 jam dan sampai saat ini kita belum ketemu lagi. Komunikasi ga pernah lewat telpon, sms, messenger atau main webcam, paling email aja itupun belum tentu tiap hari. Dengan kesibukannya yang padat dan perbedaan waktu yang panjang, mau ga mau ya berusaha memahami dunianya dia. Karena bagaimanapun kita punya kehidupan masing-masing.

    So, LDR bukan menjadi hambatan ketika kepercayaan dan saling pengertian itu ada.
    Keep fighting guys, love will find the way!

  76. Dinonuggets berkata:

    Nice post!😀 gue juga nih LDR sama cowok gue. Dia mendadak pindah ke Perth buat sekolah dan sekarang sih udah 5 bulan kita berhubungan jarak jauh gitu. Dan kita udah pacaran selama 1 tahun 10 bulan. Keluarga gue sama cowok gue aja bener-bener deket banget banget.
    Sebenernya iya ternyata LDR gak segampang yang gue kira, bener-bener susah deh apalagi kalau gue sibuk kuliah atau dia lagi ulangan gitu, sehari cuma bbman berapa lama doang. Skype juga yaa 3 minggu sekali. Kalau lagi gak ada apa2 seminggu sekali. Gue sih bangga sama cowok gue bisa percaya banget sama gue care sama gue, walaupun kadang gue tau dia cmburu tapi dia milih buat diem dan tetep baik sama gue🙂 nah gue nya itu yang sering cemburu, soalnya trauma sih dulu pernah ada kjadian yang parah banget antara gue sama cowok gue. Tapi dengan gue baca post ini gue bersyukur banget, seenggaknya gue bisa ambil pelajaran dari sini, biar bisa lebih bangun rasa percaya ke cowok gue dan gak sering cemburu.😀
    Goodluck yah buat semua yang lagi ngejalanin LDR! Dan yang pasti jangan lupa berdoa terus buat pasangannya🙂

  77. mallafi berkata:

    aku anak kls 2 SMA, aku LDR baru 6 bulan sih, kalo dipikir pikir baru skali ini aku pacaran ampe bisa ngarsa sayang yg bner bner sayangg .
    padahal LDR buat sbagian org tu BERAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAATTT BANGET ! tapi kalo uda saling percaya sih ga masalah .
    banyak org yg brfikiran kalo LDR tu sodara dketnya JOMBLO tapi aku fine fine aja tu😀
    mkasii artikelnya bagus🙂

  78. vee berkata:

    aku udah pacaran sekitar 2th lebih…n LDR sekitar 3 mingguan…
    pacarku sungguh berubah drastis ma aq..
    yg tadinya perhatian, skr sms aja jarang,, pkoknya sifat dy kea org ditinggal mati kekasihnya deh!!dy cowok..dy depresi n tlalu lemah…keputusanku wat kerja di jkt adl buat merubah sifat burukku slama ini..n allham skr aq sdang dlm proses mendekatkan diri m yg diatas..Tapi dia gg mau nrima apapun itu alasanya..yg dia tahu hanyalah aku seorang yg kejam n tak brtggug jwb !
    aku musti bagaimana???yg dia butuhkan skr hanya aku aku n aku… tp aku tak tahu kapan aku dpat bertemu dg nya lg..karna aq disini sudah dikekang oleh ortuqu yg tak suka dengan hub.kami.. aku bingung…tiada hari tanpa air mata…aq sayang bgt ma dia..smua udah aku kasih wat dy…tp saat ini dy tak bisa menerima kenyataan yg ada…aku udah komitmen aku hanya mau menikah dengannya saja !
    jujur aq tak dapat saat ini ada untuknya…tapi aku berjanji kelak aku akan berbakti sehidup semati untuknya,,,amin.
    Yang ingin aq tanyakan apakah sosok kekasihku yg dulu bisa kembali???

  79. nur khasanah berkata:

    iya yg penting itu kepercayaan..itu udh menjadi komitmen yaa..aq udh ngjalanin slma kurang lebih 7 bulan,,,dan galau itu paati ada, ksepian itu pasti, tp ya tergantung dr kita nya masing2, mending cari kesibukan aja dehh, kesibukan yg posiitif lhoo yaa….berusaha itu harus, tp semua d kmbalikan lg sma yg di atas..^-^
    dan inti nya aq mash menunggu dia di sini…

  80. ncell berkata:

    LDR gw kandas krna 1hal
    Dia tidak yakin hubungan kita bakal proceed
    aku gag ngerti yg pasti aku masih pengen terus ma dia tp syg bagaimanapun ku meyakinkan dia tetap tdk yakin krna kita LDR
    pdhl awalnya baik* aja tp lama* akhrnya hks
    Dia di India gw di Indo hnya bisa chat.
    pengen gw suatu saat ksana tp saat ni gw belum diizinin keluar negeri ma ortu
    susah yah ckck
    perasaan masih nyisa
    selamat buat yg sukses LDR
    sumpah pengen ky gt juga.

  81. Dessy berkata:

    aku juga LDR, kenal dari fb dan pacaran karna hobi kita sama. Udah 1 bulan 1 minggu nih.
    Tapi makin hari dia jarang sms, yah dia gak hobi sms-an sih.
    Do’ain aja ya semoga aku berhasil. Hehe ^^

  82. cinta berkata:

    numpank curhat y kakak2 sodara semua.. w jga bru Ldr ne.. ne 2 kaliny w ngejalanin Ldr.. dengan org yg sma lagi.. lain kata balikan.. hihi.. w jadian ma dia skitar 3 blan dengan Ldr 1 blan kta ptus.. dia gak than.. ngomongny tkut nyakitin w dia.. karna ksibukan kta masing2 komunikasi jd jrang bnget.. oke deh… pi kta tep hub baik stelah itu.. dsarny masih syang.. haha.. hmpir 6 blan stelah kta putus.. perhatian.. kasih syang masih ad… w jd ngrasa gantung ne hub.. w syang bnget ma dia kak.. huhu… selalu berharap bisa balikan ma dia.. kalo w gak sayang ma dia.. bbrapa cow yg nembak w dah w terima.. huhu.. akhirnya q mnta kjelasan hub km… akhirny dia ngajak balikan juga.. dia mw coba wat Ldr’n lg ma w.. seneng seneng takut juga.. w terima twaran t.. belajar sama2 wat Ldr.. to all people doain w y.. biar hub w ma doi lancar lancar aj.. n awet..🙂

  83. nur berkata:

    inti nya itu 1 ” kepercayaan “, pacaran mw jauh atau deket tapi klo gk d landasi kepercayaan, gmn mw berjalan…
    aq pacaran udah 5 taun, 1 taun nya LDR, alhmdulillah,,,qita msh bisa saling ngerti, dan komunikasi jgn sampai putus…
    doainnn yaaa…..^ _^…[-o<

  84. tya berkata:

    duch…ternyata sesusah ini ngejalanan LDR?? gw kira bakalan sama z…cm beda nya gak bs ketemu z, tp ternyata bedanya buanyak banget!!🙂
    bukan cm gak bisa ketemu, tapi komunikasi pun jadi jarang…bnyak bohong biar hubungannya tetep baik2 z….
    maklum gw baru LDR 1bln…..dan nie perdana gwe jalanin LDR sama dy, rasanya rindu bgt……….pngn ketemu, pngn bisa liat senyum manisnya, pngn semuanya yang bisa gw liat didiri dy…….
    pokonya buat LDR gw cm bs….#tepokjidat….susah

  85. Devina P berkata:

    aku juga kayanya bentar agi LDR, Bukannya nggak percaya sama pasangan. Tapi tuh paling nggak bisa kalo jauh jauh dari dia -_-

  86. Who I'm I berkata:

    hi guys… Assalamualaikum …moga ga slh tempat😀
    aku seorang cwe yg berusia hmpir 17 thn aku beda 2 thn dgn cwo ku ,dn psti ny dia lbih dewasa ketimbang aku ,hehe bingung nih mau mnta solusi kmna lg ,ga ad yg bsa bntu😥
    gini nih aku jga LDR dan udah 1thn an lbih dn prah nya kmi belum pernah ktmu, 1 pulau sih …awal nya kmi dipertmukan lwt hobby kmi ya itu bermain game online, aku nya sama dia ngerasa cocok ,krna klo ama dia tuch rasa nya nyaman ,tenang dn dia bisa buat aku ceria terus ..dn akhir nya kmi jdian ..tp stlh bbrpa lama mungkin dia mulai jenuh dn bosan ..saat menjelang 1thn dia pernah ptusin aku ,tp krna aku syng bgt ma dia, jd aku usha dn akhirnya balikn lg ,,dn skrng udh 2 kali dia mnta ptus ,alesan nya krna belum pernah ktmu ..sempat tuch aku bca twit ny “wanita yg sangat luar biasa andaikan ga ada jarak” pas bca tu rasa nya nyesek …JARAK apa itu MASALAH sih ,kalu usaha apa sih yg mungkin ,dgn berbagai cara aku yakinin dia, dia jga bilng dn berjanji bkal nemuin aku disni …kdng klo mliming dia suka jln dn ngeluh ke aku ktnya ngiri sama yg lain, entah apa yg hrus kulakukan …aku slalu setia ,jujur ,perhatian dn slalu pengertian sama dia ,tp bingung gmna caranya buat ngeyakinin dia ,udh berbagai cra yg aku lakuin untuk mempertahan kan hubungn ini dri awal kmi udh niat seriusn dn mau nya smpe married ,dn akhir ini dia bilng dia ga snggup dia bilng ga bhgia pdhl aku tau dia syng dn cnta sama aku ,dia jg tkut kehilngn tp ya JARAK itu yg membuat ny ptus asa ..aku slalu percya sama dia dn slalu jujur ,bgitu jg dgn nya ..kdngn krna terlalu jujur omongan nya menyakitkan bgt klo lg ngomong mnta ptus dia aj ga berani ngomong ditelphn ap lg angkat telphn aku,ga tau jg knpa?….please help me gusy T.T
    wassalam…

  87. danyy berkata:

    yuupp, aku LDR udah 4 taun lebih… dan alhamdullillah sampe skrg masih bisa dipertahankan. dan LDR itu ga sulit loh kalo emang kt bisa menjalani dengan ikhlas !!! insyaallah kita mampu..😉

  88. side berkata:

    Saat saya menulis koment ini, saya sudah 4 tahun 6 bulan pacaran, dan setengah dri perjalanan itu saya lalui dengan LDR.
    LDR itu memang sulit di jalani pada awalnya, lihat org pny pcr di dktY itu mmbuat cobaan smkin sulit.
    Tapi saya punya 3 syarat agar hubungan ttp b’lgsg dan anda sukses dlm berpacaran mau itu LDR atau nggak…
    Syarat nya adalah komitmen, kepercayaan dan kejujuran, dan komunikasi.
    Kalo kaiian sudah punya 3 hal itu,,, yakin sama aku. Jarak bukan halangan lagi.
    Well. Lihat buktinya. Aku dan pacarku langgeng…🙂

    Cuma itu yg bs qu share kan…🙂 semoga bermanfaat.

  89. mutiara151198 berkata:

    aku udah ngerasain yang namanya LDR malahan sekarang masih, sejauh ini baik baik aja kok🙂,,, tapi dia mau pelatihan untuk masuk polisi😦 selama 7 bulan.. mulai nya bulan depan… tanpa komunikasi lagi,, katanya dilarang megang hp… taudah bingung gimana,, semoga dia tetap setia gk macam macam disana

  90. Ricky berkata:

    Gw mau cerita tentang hubungan LDR gw sama cewe gw Nurul.

    Awal mula pertemuan gw d tahun 2013 akhir februari kalo ga salah. Kita kenalan d fb selama 3hari. Kita dapet chemistry yang baik. Tanggal 1 maret 2013 gw tembak dia d fb, tepat nya pake status (kalo ga percaya cek fb lama gw Ricky Bimo Satriadji). Emang d saat itu gw masih ada cewe yang jalan sama gw. Tapi hati gw lebih ke Nurul, kita lalui bulan demi bulan dengan fb an, sms an, telfonan. Tepat anniversary hub kita yang ke 1thn. Kita putus, karna ketidak percayaan kami. 5bln berlalu, slama itu kami hanya berteman. Kami kembali menjalin hubungan sebagai sepasang kekasih. Kami semakin sayang dan cinta saat itu, keluarga dia seperti om, tante, kakak, ortu nya, mempercayai gw dengan sepenuh hati mereka. Masalah kami lalui bersama. Hingga ada masalah besar melanda dan kami kembali memutuskan hubungan. Bulan demi bulan tak ada kabar dari dia, karna dia memiliki kekasih d sana. saat dia putus hubungan dengan kekasih nya. Dia kembali ke gw, karna gw masih benar2 menyayangi dan mencintai dia. Begitu pula sebalik nya. Masalah demi masalah kita lalui, tapi kita tetap tegar. Kini kita menjalin hubungan hampir baik, karna hari demi hari kita selalu bertengkar karna masalah yang datang. Tapi kami tetap manjalin hubungan sampai saat ini.

    Gw lupa kasih tau, kita LDR beda kota. Gw d bogor dan dia d cirebon. Awal nya dia tinggal d bandung, karena keinginan ortu yang kuat dia pindah ke kuningan. Dan sekarang dia d cirebon. Jarak bukan masalah bagi kita berdua. Yang terpenting bagi kita adalah, kepercayaan, cinta, sayang, setia dan kejujuran.

    Hari ini adalah hari Anniversary hubungan kita. Dan kita memiliki niat untu ke jenjang pernikahan. Semoga harapan ini bisa terwujud.

    Semangat ya buat yang LDR an.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s