Super Junior – Super Show 4 Indonesia Day 1

Disclaimer: Postingan ini panjang dan memajang banyak gambar. Fakir benwith waspadalah! :mrgreen:

Tak lama pulang dari Singapore setelah nonton Super Junior, terdengar kabar bahwa Super Junior akhirnya akan konser di Indonesia. YAY! Siap-siap nabung lagi setelah #kerehore pasca nonton Super Show 4 di Singapore.

Sepulang dari Hong Kong (yang membuat saya double kere), saya dikabarkan kalau mereka bakal manggung tanggal 28-29 April 2012. Penjualan tiket akan dimulai pada awal April. Agak mepet ya mengingat penjualan tiket dan konser dijual pada bulan yang sama. Namun biasanya tiket konser Super Junior langsung sold out begitu dijual, jadi saya optimis tiket cepat habis.

Dan betul saja. Tanggal 7 April tiket itu dijual, ternyata sudah sold out sejak jam 6 pagi! Luar biasa. Saya sendiri nitip beli tiket ke mbak Rara untuk tanggal 29 April. Lalu tanggal 21 diberitahukan lagi kalau promotor menambah additional konser yaitu hari Jumat tanggal 27 April. Langsung saya beli tiket yang hari Jumat agar bisa nonton 2 kali. :mrgreen:

Biasanya kalau hari pertama, mereka masih enerjik. Jadi hari pertama ini mereka lagi semangat-semangatnya. Hari kedua pastinya tampil maksimal karena akan diliput media massa. Sedangkan hari ketiga, mereka mungkin agak lelah setelah 2 hari konser, tapi akan ada gimmick yang tidak ditemui di konser-konser sebelumnya.

Dan inilah cerita saya di konser Super Junior #SS4INADay1

Hari Jumat adalah hari kerja. Tentunya saya harus bekerja dahulu sebelum menonton konser Junior. Berhubung Kamis kemarin saya sudah survey tempat konser, tempat parkir yang enak, dan sinyal HP mana yang bagus, maka saya optimis persiapan konser sudah oke.

Jam 4 saya ijin cabut dari kantor. Perjalanan ke Ancol memakan waktu 1 jam. Sampai di Ancol Beach City (ABC) sekitar jam 5 dan saya mencari parkir di pinggiran, agar mudah keluar dari venue (karena pasti pas pulang ngantrinya naudjubillah). Saya sudah membawa tas selempang, nyelipin kamera di tas, bawa spidol (siapa tahu bisa minta tanda tangan), tissue, air minum (ya palingan nanti dibuang, sih), sama uang (ini penting untuk beli souvenir!).

Sesampai MEIS tidak ada petunjuk masuk dari mana. Waduh, sungguh hal yang fatal ini. Tidak ada petunjuk venue konser. Akhirnya mengikuti feeling aja, saya berhasil menemukan pintu masuk yang ternyata basement untuk tempat parkir ABC. Mulai dari gerbang depan sudah ada barikade sekuriti. Untuk masuk ke area basement (yang panasnya amit-amit), gelang yang merupakan tiket konser sudah harus dipakai (sayangnya belum sempat foto dengan gelang konser). Di sini ada Wall of ELF (Everlasting Friends, sebutan untuk fans Suju).

Chika ikut nulis di sana lhooo~

Tidak hanya Wall of ELF, di sini bisa foto bareng Suju :mrgreen: Dengan mengeluarkan kocek sebesar 40 ribu, saya berhasil foto bareng Super Junior walau antriannya cukup ajaib. Setelah itu ngantri lagi untuk ambil foto. Untungnya gak sebanyak orang yang mengantri foto. Dan inilah hasil foto bareng Suju. :P

Suju-nya tinggi-tinggi ya…

Di dalam belum ramai. Mungkin karena masih jam 5. Atau memang hari pertama ini tidak banyak? Ah daripada mikir melulu, lebih baik beli souvenir yang ngantrinya ternyata gak gitu panjang. Saya membeli lightstick, folder bergambar Siwon, dan history book Super Show. Total belanja Rp 397.000. Mahal yak souvenirnya. T___T

Lightstick, Super Show History Book dan L-Folder

Supaya gak menyusahkan waktu nonton konser, semua souvenir saya masukkan ke dalam tas. Lalu setelah itu saya mengantri untuk masuk. Antrian JUNIOR VIP panjangnya bukan main. Sementara saya yang di Super Box mengantri di dekat pantai. Pemandangan air pasang menjadi pengantar antrian.

Antrian di Super Fest dan Super Box

Pemeriksaan untuk masuk venue terjadi sebanyak 3 kali, dan kamera saya lolos. Hebatnya ternyata banyak juga DSLR dan Polaroid yang lolos. Edan ini Indonesia, pada jago nyembunyiin barang. :mrgreen:

Setelah masuk ke arena konser, saya kenalan dengan 2 mbak-mbak yang hobi nonton konser artis Korea. Mereka sudah nonton 2PM, Rain, dan akan nonton Jay Park serta Big Bang (kalau jadi ke sini). Luar biasa. Saya sendiri cuma ngefans sama Suju. Jadi gak kepikiran untuk nonton artis-artis Korea lainnya.

Masih sepi nih…

Konser agak molor sejam, mungkin karena macet menuju arena konser sehingga waktu konser jadi mundur. Waktu di Singapore sih mereka cuma ngaret sekitar 20 menit. Sekitar jam 8 lampu dimatikan. Terlihat BOX C mulai ramai dengan muka-muka kegirangan. Ternyata karena banyak yang kebagian kursi di bagian tribun, akhirnya beberapa dari mereka dipindahkan ke bagian festival (yang tentunya lebih mahal). Wah tampaknya promotornya salah cetak tiket sehingga banyak yang tidak kebagian kursi. Cukup fatal ini untuk sebuah konser besar macam Super Junior. Tapi ini rejeki bagi mereka yang mengeluarkan kocek 500 ribu tapi bisa nonton di area seharga 1.7 juta. :roll:

Kemudian dimulailah video epic yang menandakan Super Show dimulai. Saya suka sekali video pembukaan konser Super Show 4. Ini video pembukaan yang saya temukan di Youtube. FYI, ini bukan Super Show di Indonesia, melainkan di Osaka.

Comot dari Youtube . I looooove the video <3

Setelah video selesai, terdengar suara “Ladies and gentleman, I give you 9 Superman”, lalu muncul intro “Superman” dan kesembilan member Super Junior muncul dari bawah. Histeris mewarnai MEIS. Alamaaaak, Super Junioooooor! xD

Di hari pertama, mereka sangat enerjik. Mungkin karena kemarin sudah istirahat cukup. Kebetulan saya di posisi BOX C yang cukup strategis untuk melihat panggung. Dilanjutkan dengan “Opera” yang tarian dan lightingnya keren mampus. Kemudian di lagu “A Man In Love” ada sedikit kejutan yaitu Kyuhyun muncul dari bawah panggung dan berdiri tepat di depan teman-teman yang berdiri di Super Fest.

Lagi nyanyi Opera. Me likey!

Saya sendiri cukup terbuai dengan konser hingga akhirnya tidak bisa mengingat urutan lagu pada konser. Songlistnya agak-agak mirip pas konser di Singapore kecuali tidak ada duet bareng f(x) karena bintang tamu pada konser ini adalah EXO M, berondong baru terbitan SM Entertainment juga. Semacam “adiknya”  Super Junior gitu deh. Tapi saya akui mereka lebih enerjik. Mungkin karena masih muda dan berenergi. Tunggu 7 tahun lagi, jogednya mungkin gak beda jauh sama Backstreet Boys. *ditampar fansnya EXO*

EXO M nyanyi lagu MAMA

Pengen bahas soal EXO, tapi lain kali ya. Saya sendiri suka dengan kemasan EXO yang dibagi dua menjadi EXO-K (Korea) dan EXO-M (Mandarin). Nah berhubung yang datang ke Indonesia ini EXO-M, so pasti lagunya Mandarin dong. Gak ngefek juga sih, toh saya juga gak ngerti bahasa Mandarin maupun Korea. *ngemil kimchi*

Katanya sih cuma Indonesia yang bintang tamunya EXO-M. Entahlah, tapi saya sendiri menyayangkan absennya Henry dan Zhoumi dari Super Junior M. Ini berarti tidak akan ada lagu Perfection dan pada lagu “Don’t Don” tidak ada Henry yang mengiringi biola. T___T

Sedekat ini dengan Super Junior…

Lagu-lagu yang mereka nyanyikan antara lain Twin, Wonder Boy, Rokkugo, Walkin’, Mr Simple, A-Cha, huaaaa banyak deh! Lagu Bonamana dikemas dengan gaya rock persis seperti di #SS4SG kemarin. Memang sudah default untuk konser sih. Dan seperti biasa, saya sukses loncat-loncat pas refrain lagu. Pake wedges bok!

Ada yang terbang-terbang di lagu Walkin’

Leeteuk, leader Super Junior yang punya senyum paling manis itu melakukan aksi solo bermain saxophone dan dilanjutkan dengan piano. Ia memamerkan kebolehannya memainkan Chopin Etude Op.10 no.5 yang memiliki tingkat kesulitan cukup tinggi.

Comot dari Youtubenya TheMoonew

Setelah itu dia menyanyikan lagu “She” dan di tengah lagu Leeteuk membagi-bagikan bunga mawar. Pas tiba saatnya melewati box saya berdiri, tangan sudah menengadah dan siap menerima bunga. Sialnya rebutan tidak dapat dielakkan. Bagaikan ayam yang dilempar ke sarang buaya, semua berebut dengan gahar. Saya sendiri nyaris terjatuh dengan posisi mirip lagi limbo dance. Setelah itu pinggang saya terasa sakit. Begini ya rasanya encok di usia muda. :roll:

Video intermezzo dengan teks bahasa Indonesia :D

Lalu ada beberapa video-video intermezzo yang ditayangkan dengan jalan cerita yang berbeda. Mulai dari adegan mereka ganti baju yang tentunya mengundang para wanita untuk meneteskan iler, hingga adegan di mana para personelnya senyum-senyum terus entah kenapa tiba-tiba ada yang kecelakaan dan muncul adegan Donghae memeluk perempuan yang berdarah-darah namun mobilnya masih utuh bagus. Oh ini sungguh aneh. Entah apa yang menabrak perempuan tersebut. Tapi saya suka sekali dengan lagu yang dimainkan oleh Ryeowook di video ini. Ada yang punya partiturnya? :D

Video dicomot dari

Pada lagu “Storm”, ada salju buatan (aslinya dari kertas krep warna putih) yang turun dari langit-langit panggung seakan-akan sedang ada hujan salju. Keren!

Saljuuuuuuuuuuuuu XD

Tidak hanya ‘salju’ yang turun di konser Super Junior, balon-balon sapphire blue yang menjadi warna Super Junior turun dari langit (dari langit-langit tempat konser maksudnya :mrgreen:) dan saya berhasil mendapatkan 1 balon yang akhirnya langsung saya kempesin supaya tidak mengganggu saat konser (susah lho megangin balon sepanjang konser).

Horeeee dapat balon!

Tiba pada lagu “Do-Re-Mi” yang merupakan lagu dalam film The Sound of Music, mereka berpakaian unyu ala anak-anak Capt. Von Trapp. Saya suka dengan fans service yang dilakukan Super Junior. Fans service ini semacam melayani fans. Mereka bisa mengulurkan tangan mereka (supaya para fans bisa memegang tangannya), iseng mengambil hape fans yang dipakai (ini beneran ada lho yang Blackberrynya diambil Donghae untuk foto-foto), sampai dengan foto menggunakan polaroid yang disodorkan ke mereka.

Intermezzo: bokong Kyuhyun :lol:

Sejauh saya menonton konser, belum pernah ada penyanyi yang melakukan hal itu (foto bareng fans pas lagi manggung. Biasanya foto bareng fans setelah manggung). Waktu di Singapore kemarin, ada fans yang menyodorkan kamera instax mini ke Donghae dan mereka foto bareng aja gitu. GILAK!

Sedangkan di konser ini, orang yang berdiri tak jauh dari saya mengulurkan Polaroid yang entah disembunyikan di mana, dan Ryeowook alias Wookie mengambil Polaroid tersebut dan MEREKA FOTO BARENG. KYAAAAA! AKU HARUS PUNYA POLAROID! :twisted:

Wookie foto sama fans pakai polaroid

Posisi saya di Super Box C yang dekat arena panggung sebenarnya memudahkan untuk berinteraksi dengan Super Junior. Lihat saja foto di bawah ini. Inilah posisi saya ketika melihat Super Junior yang melintas di depan saya. Sangaaat dekaaaaaat. :mrgreen:

*lompat lompat*

Setelah itu lampu mati, beberapa berteriak “Super Junior” dengan harapan mereka keluar lagi. Tak lama kemudian mereka muncul dan menyanyikan lagu “Sorry Sorry”. Box C yang tidak begitu penuh membuat para penonton bisa ikutan joget Sorry Sorry sepanjang lagu. Oh iya, di konser ini saya sempat live-tweet. HEBAT KAN?! *elus-elus hidung* Rangkaian live-tweet bisa dilihat di sini.

Ryeowook: Saya mencintai kalian!

Pada penutup konser, mereka juga sempat memperkenalkan EXO-M ke penonton sekaligus mempromosikan. Akur yak! (Ya iyalah, khan satu manajemen) Padahal jika EXO-M ini sukses, bisa mengancam karir Super Junior sih menurut saya. :roll:

Perkenalan EXO-M sebagai penutup konser

Dan ini salah satu foto favorit yang saya ambil menggunakan iPhone 4S. Choi Siwon sedang menghibur penggemar. Dekaaaat sekali dengan posisi saya berdiri.

Konser selesai jam 11:30. Setelah itu saya makan dulu di Oenpao. Baru sadar belum makan malam! Terakhir makan itu pas makan siang. Porsi diet pula. Sekitar jam 12 barulah saya beranjak pulang ke rumah. Benar-benar malam yang indah! Tak sabar untuk menonton #SS4INA hari ketiga. ^^

Tag: , , , , , , , , , , ,

32 Tanggapan to “Super Junior – Super Show 4 Indonesia Day 1”

  1. cK Says:

    *pengen nonton lagi*

  2. Chic Says:

    baca postingan ini capek.. :roll:

  3. waterbommceria Says:

    panjang! :))

  4. Gum Says:

    komen dahulu. baca kapan2 :D

  5. Billy Koesoemadinata Says:

    jiee.. yang bisa dapet foto super deket sama siwon..

  6. lukmandisini Says:

    gimana encoknya mbak? /heh

  7. Rukia Says:

    cuma liatin gambarnya dan semua twit soal suju mbak chik,,,
    sepertinya cukup untuk tau betapa mbak chik-chik suka suju

  8. unik21jambi Says:

    kurang tuh………

  9. coratcoretadiitoo Says:

    Incubus juga gitu. Masa dari arena tribun bisa lolos ke festival. dan para petugasnya diem aja gitu.

    nyahahaha, bener2 maniak suju kaka Chika ini. Kirain pas di singapur sudah cukup, ternyata belum.

    masih sempat mikirin diet? salut.

  10. yennymustika Says:

    postingannya keren!!
    mau tanya dong lagu di vcr pembukaan ss4 tuh apa sih? nyari2 gak ketemu ni. reply ya..

  11. Super Junior – Super Show Indonesia Day 3: Foto Bareng Ryeowook! « cK stuff Says:

    [...] cK stuff I write everything that I want. Just check it out!! « Super Junior – Super Show 4 Indonesia Day 1 [...]

  12. @siwonest407 Says:

    wahh,, baca.nya bkin mrinding.. :’)
    siwonest ya?? :D *wah aq jga :D*

  13. Alaya Band Says:

    Jadi pengin nih nonton suju…

  14. @siwonest407 Says:

    oh kyu yaa.. kirain siwon :D
    wkkwwk, ngliat fto.nya rmbut siwo kinclong (?) :D rapi bngeett..

  15. Selera Musik dan Super Junior « cK stuff Says:

    [...] tahu jika saya suka dengan Super Junior. Selain menonton konser mereka di Singapura, saya juga dua kali menonton aksi manggung mereka di Indonesia. Saya sampai iseng beli polaroid supaya bisa kena [...]

  16. andiani siswati Says:

    leeteuk kmu ganteng bangetsssssssssssss

  17. tania Says:

    Chingu mau tnya wktu itu ngumpetin camera dmna ?hehehe tlong blas ke no 081323231427 jebal ,kamsahamnida

Berikan Balasan

