Super Junior: Super Show 4 di Singapore

Disclaimer: Postingan ini sangaaaaat panjang dan memajang banyak gambar. Fakir benwith waspadalah! :mrgreen:

Tak terasa hari yang saya tunggu-tunggu tiba juga, yaitu KONSER SUPER JUNIOR SUPER SHOW 4 DI SINGAPORE!

Setelah saya berhasil menginjakkan Singapore dengan selamat bersama Ayunda dan Monita (biasa dipanggil Momon), maka dimulailah #SujuTrip!

#SujuTrip dimulaaaaai~

Sampai di Changi Airport, kami bertiga menuju Terminal 3 karena janjian dengan Ayu (yang lain lagi). Tiba-tiba nemu pancake duren seharga S$2, dan saya langsung beli 2 biji. :mrgreen:

Pancake dureeeen~

Kami menginap di ABC Backpackers yang tempatnya bersih dan murah. Hari pertama #SujuTrip, saya hanya jalan ke Bugis Village menemani Momon windows shopping. Dan saya malah akhirnya membeli oleh-oleh untuk orang rumah. :mrgreen:

Entah kenapa di hari pertama #SujuTrip ini saya ingin beristirahat menyiapkan fisik dan mental untuk konser esok. Apalagi asma sedang kambuh, maka saya memilih tidur di hostel.

***

Pagi harinya saya terbangun seperti biasa. Mandi, sarapan sambil bengong di hostel sembari menunggu waktu konser, makan siang di belakang Bugis Village dan akhirnya berangkat ke Singapore Indoor Stadium.

Rencana membeli souvenir Super Show 4 ternyata gagal, sudah terlalu banyak orang mengantri. Mau ikut mengantri, tapi hujan dan saya tidak membawa payung. Baiklah, saya dan Ayunda memutuskan ngopi aja di Starbucks di dekat Raffles City.

Antrian beli souvenir, bukan antrian masuk venue konser

Ternyata Starbucks sini menjual cupcake red velvet (kok di Indonesia gak ada ya?). Nongkrong di Starbucks emang gak berasa. Menjelang jam 5, saya dan Ayu langsung menuju MRT untuk kembali ke Stadium. Fiuh, ternyata berhasil sampai tepat waktu. Yay!

Panggung #SS4SG

Suasana Stadium membuat saya merinding. Ribuan ELF (Ever Lasting Friends, sebutan untuk fans Super Junior) telah memenuhi arena konser. Saya sendiri duduk di terrace (tribun) baris ke 7 dari depan. Not bad.

Suasana venue konser yang penuh dengan lightstick biru

Sekitar jam 6:20, dimulailah Super Junior Super Show 4. Here we go!

Konser dimulai dengan diputarnya video-video Suju di sebuah layar yang sangaaat besar. Saya mencoba merekam dengan HP Nokia Lumia 800 yang baru saya dapatkan minggu lalu, eeeeeh tiba-tiba ada petugas yang memberitahu dilarang merekam konser. HOAPAAAAH?

Lagi asyik ngerekam, eh ada sekuriti…

Mungkin ini artinya saya harus konsen nonton konser Suju. Namun ketika di Twitter ada yang merekomendasikan follow Twitter saya untuk menyimak live-tweet konser Super Junior di Singapore, hal itu akhirnya membuat saya berusaha sebisa mungkin live-tweet. Jadi kalau ada yang nanya kenapa saya melakukan live-tweet, apakah saya tidak menikmati konser dll, semua itu semata karena saya tidak ingin mengecewakan orang yang berharap bisa melihat live-tweet konser Super Junior melalui Twitter saya (maklum kalau live-tweet pas konser itu mengundang cibiran dari banyak orang. :roll:).

Lagu pertama mulai terdengar yaitu “Superman”. Entah kenapa kemunculan mereka yang dramatis mampu membuat saya ikut menjerit seperti yang lain. Mereka muncul dari bawa dengan latar belakang layar guede berwarna merah. Videonya bisa dilihat di sini.

Sumber: Youtube – 129DandyFish

Lalu disambung dengan lagu “Opera”, “Twin”, dan “A Man in Love”, kemudian BONAMANAAAA! My favorite song! Lagu “Bonamana” di Super Show 4 rupanya dibikin lebih ngerock. Kayak apa? Ceki ceki videonya di bawah ini…

Sumber: Youtube – 129DandyFish

Walaupun Heechul tidak bisa tampil di #SS4SG, ada 1 lagu yang memunculkan Heechul di layar besar, yaitu pada lagu “Oops”. Di lagu ini SuJu tidak hanya berkolaborasi dengan Sulli dan Amber dari f(x), namun di bagian rap muncul Heechul di layar dan semua yang di atas panggung memberi hormat pada Heechul. Lucu sekali. Ini dua fancam yang saya lihat bagus hasil rekamannya.

Sumber: Youtube – kingsley182

Sumber: Youtube – neeeeeds

Lalu satu per satu memperkenalkan diri mereka. Kalau saya lihat-lihat, ELF di #SS4SG kali ini tampaknya didominasi oleh penggemar Donghae. Entah kenapa setiap Donghae ngomong, nyanyi atau apa gitu, teriakan para fans kenceng beut.

Mereka sempat melakukan komunikasi dengan penonton. Suju cukup komunikatif walaupun mereka harus memakai translator. Namun hal ini tidak menjadi masalah karena penggemar mengerti apa yang mereka sampaikan.

Sumber: Youtube – 5uperJuniorTV

Setelah perkenalan itu ada lagu-lagu lain yang dimainkan (dan saya lupa urutannya, maklum gak dicatat). Yang pasti ada lagu “Wonder Boy”, “Rokkuko”, dan “Walkin” yang pada awal lagu terlihat ada yang melayang! Woohoo~

Sumber: Youtube –  gniloaix

Henry, member dari Super Junior M juga ikut menyanyi solo di sini. Ia menyanyikan beberapa lagu dari Bruno Mars yaitu Billionaire, Lazy song, dan Lighters.

Sumber: Youtube –  gniloaix

Giliran Sungmin menyanyikan lagu “Best I Ever Had” yang entah kenapa terlihat mesra sekali dengan penari perempuan yang mendampinginya. Lagu ini sukses membuat Sungmin mendapat teriakan dari para fansnya. Apalagi kalau bukan cemburu melihat dirinya dengan sang penari.

Sumber: Youtube – kingsley182

Ryeowook memilih lagu “Moves Like Jagger” ketika bernyanyi solo. Entah kenapa joged-joged Ryeowook terlihat berbeda ketika menyanyikan lagu ini. Seksoy. xD

Sumber: Youtube – yoonjihoo88

Kemudian sebelum lagu “Good Friends” ditayangkan video yang menceritakan gimana mereka berteman, lalu setelah dewasa mereka akan jadi seperti apa. Leeteuk jadi Hulk Hogan, Donghae jadi Charlie Caplin, Yesung jadi Chucky (boneka serem itu), Siwon jadi Superman, Sungmin jadi Marylin Monroe, Shindong jadi Britney Spears, Ryeowook jadi Gollum (Lord of the Rings) dan Kyuhyun jadi Steve Jobs. :lol: Videonya bisa dilihat di sini, di sini, dan di sini. Ini bukan video yang saya rekam, tapi fancam dari fans Suju yang menurut saya rekamannya lumayan bagus. :)

Saya melihat ada beberapa “kecelakaan” yang terjadi selama konser, misalnya baju Sungmin yang menyala-nyala tiba-tiba tidak bisa mati saat akan menyanyikan lagu Opera, atau tiba-tiba Sungmin kakinya seperti keceklek gitu (kok Sungmin semua ya yang bermasalah? :roll:). Memang konser seperti ini yang banyak gerak beresiko tinggi untuk fisik si artis.

Ketika mereka menyanyikan lagu “Perfection”, Acha” dan “Mr. Simple”, saya berteriak layaknya abegeh karena mereka menyanyikan semua lagu favorit saya. xD

Setelah itu kembali menghadirkan nyanyian solo hingga masing-masing member Suju kebagian nyanyi solo. Melihat hal ini wajar juga sih kalau track list konser mereka mencapai lebih dari 40 lagu dalam 3,5 jam. Tapi baru kali ini saya nonton konser dengan lagu sebanyak ini. PUAS!

Selain komunikatif, mereka juga membawa fans naik ke atas panggung. Duh gak kebayang kalau saya yang naik ke panggung, mungkin saya sudah berlarian dan memeluk mereka satu-satu. :twisted:

Sumber: Youtube – absolutvanna

Nakalnya anggota Suju adalah mereka menyiram Henry dengan air. Mereka memang iseng dan suka ngerjain anggotanya di atas panggung. :roll:

Ada kesempatan di mana mereka berputar-putar di panggung dan mengunjungi fans. Mereka menyalami fans, berpose untuk difoto, bahkan membantu para fansnya untuk foto bareng mereka menggunakan polaroid. Keren!

Kyaaaa~ kyaaaaaa~

Dan saya senang sekali ketika mereka menyanyikan lagu “Sorry Sorry” mendekati akhir komser. Sempat terjadi drama we want more yang ternyata kalau di Singapore mereka lebih memilih berteriak “Encore”. Setelah itu mereka menutup konser dengan 2 lagu tambahan yaitu “Miracle” dan “Destiny”.

Konser ditutup dengan ucapan terima kasih dari Suju kepada para penonton. Jarang-jarang ini ada band ngobrol pas penutup. Biasanya pas lagu terakhir mereka langsung masuk panggung aja. Ini hasil rekaman penutup konser menggunakan Nokia Lumia 800.

Yang mau lihat live-tweet saya selama konser #SS4SG bisa dilihat di sini.

SAYA PUAAAAS BISA NONTON SUPER JUNIOR SUPER SHOW 4 SECARA LIVE! Kayak mimpi aja bisa nonton dan melihat Suju dari dekat. Gak percaya saya nonton ini secara langsung? Ini buktinya.

Mejeng di venue #SS4SG

Huaaaaa, kapan ya bisa nonton konser Super Junior lagi secara live? :3

Tag: , , , , , , , , , , , , ,

40 Tanggapan to “Super Junior: Super Show 4 di Singapore”

  1. cK Says:

    Horeeeee! Akhirnya kelar juga postingan ini. :lol:

  2. Ca Ya Says:

    ky’a klo tmen sy baca ini,ilernya bisa ngocor kemana2 hahhaha….aku suka Bonamana ama No other :D
    ummm…ke SPore aj lum prnah :(((

  3. Billy Koesoemadinata Says:

    panjang bener postingannya..

    *ditendang karena OOT*

  4. Chic Says:

    Postingan ini ngga ramah benwith! :lol:
    *langsung komen aja*

  5. Madame Qikas Says:

    Jadi pengen nonton konser :(
    Sedangkan aku cancel nonton Laruku di Paris hueeeeeee *nangis guling guling*

  6. Goiq Says:

    aku ngga ngefans… jadi langsung komen aja :)

  7. Ayunda Swacita Says:

    I adore Sungmin lah pokoknya seabis SS4 kemarin. Gentleman sekali :p

    Niat nonton Super Show 5 di Jamsil Seoul stadium, Korea deh jadinya. Soalnya stadiumnya 2 kali lebih gede dari Singapore stadium kemarin.

    Jadi inget denger gemuruh fans Big Bang di Jamsil stadium dari coffee shop berjarak 100meter tempat gw lagi kelarin bikin peer kampus TT___TT

  8. venus Says:

    aku ndak pernah dengerin suju. *ditampol* :))

  9. lisadepe Says:

    Aku ndak suka SuJu tapi dipaksa cK komen. *ditendang* :))

  10. IndahJuli Says:

    Ngileeeer, yang ke Indo kapan ya, Chika.
    Anakku pengen nonton, siapa tahu emaknya bisa nebeng :D

  11. Swastika Saja Says:

    Chika ngerekam semua lagu yg mereka bawain di konser??… Nggak kan Chik? Atau iya?

  12. Aditya Eka Prawira Says:

    Huwaaa, Chika beruntung sekali dirimu

  13. Rusa Says:

    Keren Chik.

    Iya yah kalau live tweet konser itu mengundang cibiran yaaa. Hmmm :3

  14. 7 Maret dan Ulang Tahun « cK stuff Says:

    [...] cK stuff I write everything that I want. Just check it out!! « Super Junior: Super Show 4 di Singapore [...]

  15. linda (@lindajuga) Says:

    aq keracunan bonamana gara2 chikul :eyeroll:

  16. KyuMimyEvil Says:

    aih….aku jdi iri banget….huhuhuhu…pgen baget ada disana deh…….

  17. Seminggu Bersama Fiesta « cK stuff Says:

    [...] untuk meminjamkan mobilnya, dan ternyata rayuan saya berhasil! Seminggu sebelum keberangkatan ke Singapore, saya dipinjamkan Ford Fiesta! Yay! Terima kasih Ford Fiesta! [...]

  18. eccawulan Says:

    Kak chika mau tanya doooong! Jadi nanti kalo nonton SS4INA! Posisi best viewnya dimana? Gila aku baru baca wp ini dan excited banget ngebayangin SS4INA nanti

  19. Super Junior – Super Show 4 Indonesia Day 1 « cK stuff Says:

    [...] lama pulang dari Singapore setelah nonton Super Junior, terdengar kabar bahwa Super Junior akhirnya akan konser di Indonesia. YAY! Siap-siap nabung lagi [...]

  20. Super Junior – Super Show Indonesia Day 3: Foto Bareng Ryeowook! « cK stuff Says:

    [...] ini hari terakhir, berarti water splash time! Waktu konser di Singapore, di hari terakhir konser mereka basah-basahan di panggung (sementara hari pertama adem ayem), maka [...]

  21. nurulasin Says:

    Keren buanget. Hahaha :D

  22. Selera Musik dan Super Junior « cK stuff Says:

    [...] yang follow Twitter @chikastuff mungkin tahu jika saya suka dengan Super Junior. Selain menonton konser mereka di Singapura, saya juga dua kali menonton aksi manggung mereka di Indonesia. Saya sampai iseng beli polaroid [...]

  23. Mau Pergi Ke Negara Mana? « cK stuff Says:

    [...] punya mimpi pergi ke Korea Selatan menyaksikan konser Super Show. Kalau selama ini saya menonton di Singapura dan Indonesia, maka saya berkeinginan nonton konser mereka langsung di negara asal [...]

Berikan Balasan

