Kebiasaan Minum Air

Beberapa hari yang lalu di twitter saya menuliskan hal ini:

lebih suka minum air mineral ketimbang minuman bersoda…

Yup, saya lebih suka minum air putih atau air mineral karena menurut saya lebih menyehatkan. Saya sendiri sudah lama berhenti minum minuman bersoda. Alasannya sepele, mengandung glukosa yang sangat tinggi. Selain itu saya memiliki penyakit maag yang suka kambuh tanpa malu-malu. Maka saya cari aman dengan mengkonsumsi air mineral. Kalau bisa yang hangat, karena inilah yang membuat saya tetap segar dan merasa sehat.

Fungsi air mineral itu banyak sekali. Selain melancarkan pencernaan, air mineral baik untuk kulit, tubuh, rambut, dan semua metabolisme tubuh. Begitu pun sehabis berolah raga, saya lebih memilih air mineral ketimbang minuman berenergi.

Sebagai pegawai kantoran, saya bekerja di depan komputer, terkena hawa AC yang dingin, dan (cukup) banyak menghabiskan waktu duduk di kursi. Namun hal itu tidak membuat saya malas minum. Saya tergolong orang yang cukup bersih, sehingga menghindari membeli air minum di sembarang tempat.

Banyak pemberitaan mengenai minimnya air bersih cukup mempengaruhi perilaku saya untuk lebih berhati-hati dalam membeli minuman. Misalnya saja saat makan siang di sebuah warteg, saya lebih memilih minum yang dikemas dalam botol, karena saya sering melihat ketika membeli minuman sejenis teh manis atau es jeruk, es yang berasal dari bongkahan es batu segede gaban peti kemas belum tentu bersih.

Bahkan seringkali air yang digunakan adalah air mentah yang berasal dari kali Ciliwung. Kebayangkan bagi kalian yang suka mengunyah es batu, ternyata es tersebut lebih kotor dari air toilet. Selain itu kondisi air bersih di Jakarta juga semakin mencemaskan. Bahkan air minum isi ulang yang dijual bebas belum tentu bersih.

Tidak hanya mengenai kebersihan, air mineral juga mempengaruhi kesehatan. Karena itu himbauan untuk mengkonsumsi air mineral minimal 8 gelas per hari benar adanya. Dengan rutin mengkonsumsi air mineral, maka kita sudah ikut menjaga kesehatan diri sendiri. Siapa sih yang mau sakit? Sakit itu mahal! :evil:

Saya sendiri selalu menyempatkan minum air mineral. Kalau tidak percaya, di sisi kiri atau kanan tas, saya biasa menjejalkan botol minuman kecil yang membantu saya menghilangkan dahaga di kala haus.

Nah, bagaimana dengan kebiasaan minum kalian? Apakah kalian rajin minum air mineral atau malah cuek minum apa saja? Bagaimana ketika jajan di luar, apakah membeli minuman secara sembarangan? Ayo berdiskusi tentang kebiasaan minum kalian. :D

61 Tanggapan to “Kebiasaan Minum Air”

  1. cK Says:

    mari berdiskusi! :D

  2. Thomas Says:

    Yup…air putih lebih bagus daripada air bersoda. Hanya saja di masa depan krisis air bersih akan jadi permasalahan yang kalo nggak diantisipasi bisa membahayakan kehidupan

    salam

    ¤ cK ¤
    nah itu dia sih. tampaknya kita mesti aware dengan keadaan sekarang bahwa air bersih memang sudah semakin langka. :|

  3. sabai Says:

    pernah liputan dulu, ternyata air baku PDAM Jakarta diambil dari Kali Malang yg airnya coklat kental itu… setelah melalui beragam proses, baru jadi jernih. tetep harus dimasak dulu sebelum di konsumsi.

    so aku nggak selalu minum air mineral, kadang air kran dimasak. sehari ada kali 1.5-2 liter deh…

    ¤ cK ¤
    faktanya memang begitu. air mengalami proses penyulingan yang cukup panjang sehingga menjadi air layak minum. memang amannya air harus dimasak terlebih dahulu. tapi repot jeh… :mrgreen:

  4. ulan Says:

    saya suka minum air juga kok mbak, malah kalo wudhu saya suka sekalian minum

    ¤ cK ¤
    waduh… gak sakit perut khan? 8O

  5. ridu Says:

    saya juga udah mengurangi konsumsi minuman bersoda, takut ginjal kenapa2 euy :D

    biasanya sih emang air putih, tapi kalo lagi dahaga banget suka minum minuman pengganti ion itu lho hehe :D

    ¤ cK ¤
    memang lebih sehat minum air putih, du. minumnya sesuai takaran gak tuh? khan biar sehat. :P

  6. nikenmakki Says:

    aku selalu minum air putih, bangun tidur sampe mau tidur lagi jumlah minum aer putih/mineral ga terhitung banyaknya..sampe2 kalo di mall atau dmn aja, aku ga pernah absen ke toilet :)) ayo hidup sehat!

    ¤ cK ¤
    wah kita sama! saya bangun tidur pasti langsung minum air hangat 1-2 gelas. habis makan juga, di kantor juga, sebelum tidur juga. pokoknya biar sehat! :D

  7. kania Says:

    masalahnya klo di restaurant rasanya rugi klo beli air mineral dengan harga yang jauh lebih mahal. jadi pilih minuman tanpa es batu yang kotor itu ^_^

    ¤ cK ¤
    hehehe… benar mbak. air mineral di restaurant memang suka mahal banget. T_T

  8. ilmanakbar Says:

    botol minum, sesuatu yang wajib ada di tas, sejak masuk TK, hampir 20 tahun lalu, sampai sekarang :D

    alhamdulillah sama kaya chika juga, selalu mengusahakan bisa minum air dgn jumlah yang cukup setiap harinya..

    ayo minum air putiih!

    ¤ cK ¤
    ya ampun kita sama! saya dari kecil juga selalu bawa botol minum ke mana-mana (sampai sekarang). plus memang lebih sehat minum air putih. :D

  9. didot Says:

    yap harus dikurangi minuman2 manis dan bersoda ,biar lebih sehat banyak minum air putih biar kerja ginjal lebih ringan dalam memfilter air tubuh kita :)

    ¤ cK ¤
    setuju sama didot! saya sudah lama sekali berhenti minum bersoda. paling ya kadang-kadang aja kalau memang gak ada minuman lain. tapi sih alhamdulillah selalu ada air putih di sekitar saya. ^_^

  10. Frenavit Putra Says:

    Saya lebih suka minum air putih mbak.. sehari minimal 8 gelas mbak.. Alhamdulillah manfaatnya banyak banget buat tubuh.. :)

    ¤ cK ¤
    naaaah, yang seperti ini yang benar. diteruskan ya kebiasaan sehatnya. :)

  11. dEEt Says:

    idem mbak..
    bbrpa waktu blkngan ini lebih prefer minum air putih/air mineral..
    gara² s4 sakit pratipes, radang, dsb kmrn bikin sadar hidup sehat itu penting..
    yah.. walaupun cuma baru mulai dari hal yg kecil -> minum air putih! :D

    tapi yg masih kadang bikin gondok,
    itu air mineral harga-a bisa melonjak gak ketulungan yah kalo beli di resto² gitu??! *gak masuk di akal bgt kalo cm krn pajak*
    beda jauh kalo beli-a di supermaket.. :(
    *sigh* #sewot

    #diskusiapacurcolyahni? hehe

    ¤ cK ¤
    saya juga baru sembuh dari pratipes. pas sakit kemarin mesti menghabiskan 1,5 liter air per hari. pokoknya gak boleh minum macam-macam.

    memang agak mengenaskan melihat harga air mineral yang cukup tinggi di restauran. tapi mau gimana lagi karena pada dasarnya memang ada pajak dll, makanya lebih mahal. *sigh*

  12. restlessangel Says:

    air dlm kemasan botol.
    hmmm… tahukah chika produksi botol plastik dan gmn dg pengolahan sampahnya??

    kedua, utk menghasilkan 1 L air mineral dlm botol, si pabrik musti membuang berapa liter air (mata air).
    ketiga, biasanya begitu ada pabrik air mineral bercokol di satu daerah, alamat petani menderita.

    saran, sesedikit mungkin konsumsi air mineral, bawa air dr rumah aja, hihihih *bersyukur msh melimpah air bersih di rumah*

  13. Billy Koesoemadinata Says:

    kebiasaan minum gue:
    1 gelas setelah bangun tidur di pagi hari
    1,5 gelas saat sarapan
    1 gelas saat sampe di kantor
    1,5 gelas pas makan siang
    2 gelas setelah makan siang dan sampe sore
    1 gelas pas maghrib-isya
    1 gelas pas sampe di rumah — yang ga tau jam berapa
    1 gelas sebelum tidur

    nah.. pertanyaannya sekarang adalah, beser ga tuh? :lol:

  14. TamaGO Says:

    nggak terlalu ngefans minuman bersoda juga tapi basically saya termasuk omnivora dan tidak terlalu keberatan mengkonsumsi sedikit barang2 ga bener :p

  15. Chic Says:

    saya peminum apa saja, tergantung tempatnya.. :lol:
    tapi air putih sih tetep harus 1,5 lt sehari, makanya di kantor sedia botol sendiri dan itu dari pagi saya duduk di situ sampe pas pulang harus habis… :mrgreen:

  16. christin Says:

    Aku selalu minum banyak air putih di kantor. Alasannya ya karena itu, karena kerjaan menuntut banyak duduk. Nah aku masih bertanya-tanya tentang sesuatu. Kan di kantor aku minum air putihnya isi ulang dari galon ke botol air mineral plastik yang 500ml. Kira-kira botol air mineral itu bisa dipake berapa lama ya sampe harus ganti baru lagi?

    Ya ya ya memang rada malas beli botol air mineral setiap kali ke supermarket, jadi botol ini bertahan bisa-bisa sampe 3 minggu kalo beneran lupa beli :D

  17. Nazieb Says:

    Nggak tau kenapa, kalo kena AC, kerongkongan lebih cepet kering, jadinya meskipun kantor ber-AC, tetep habis bergelas-gelas air mineral :D

  18. didut Says:

    yg pasti selalu minum 2 gelas air putih abis minum kopi dan krn jarang keluar jadi aman minumnya di rumah :)

  19. esge Says:

    kadang kalau kita kerja di ac, dingin, suka lupa kalau kita butuh minum juga.
    dtmbh lagi kadang suka males ke wc mulu kalau banyak minum dan dingin.
    padahal jangan

  20. aprikot Says:

    pas baca ini lg minum es teh *langsung pesen air mineral*

  21. Eru Says:

    Semenjak medical check up dan didiagnosis “kurang minum”
    sekarang berusaha buat minum banyak.

    (iya dokternya bilang “kamu menderita” kurang minum)

  22. fisto Says:

    saya sedang berusahan minum air putih lebih banyak karena belakangan mulai rutin berolahraga…

  23. Mbah Jiwo Says:

    semangat minum air putih naik turun…mudah2an dengan posting ini mbah menjadi UNTA JAWA yg suka minum…

    thankyou chika…salam dari MALANG

  24. Kautsar Says:

    bagaimana dengan artikel berikut :

    http://kautsarku.wordpress.com/2009/10/10/hati-hati-minum-air-putih-terlalu-banyak-bisa-buta/

    salamkenal…^^

  25. Dewa Bantal Says:

    Aku agak bingung juga sih dari dulu sebenarnya… Air Mineral itu sama dengan Air Putih kan?

    Aku sih air keran, terus pake saringan gitu :) jadi nggak beli.

  26. budiono Says:

    kebiasaan saya:

    bangun tidur langsung minum 500 mili
    ke mana-mana bawa botol minum sigg 1000 mili, buat cadangan kalo haus pas di jalan. kenapa gak beli botolan? oh tidak, itu ndak bagus buat lingkungan karena bikin sampah
    ndak suka minuman bersoda karema memang ndak suka, mendingan air putih
    harus merek AQUA, stok galonan ada 2 biji, sebiji habis dalam 4 hari
    habis makan harus minum air putih

  27. Haris Istanto Says:

    Menarik sekali postingnya, sukses untuk anda.
    Kunjungi Blog kami http://www.harisistanto.wordpress.com, ada posting baru yang membahas : “Analisa usaha cuci sepeda motor?”, dan artikel lain yang berguna, jangan lupa kasi komentar yaaa. Terima kasih.

  28. Dilla Says:

    2 taun belakangan ini saya rajin bawa tumbler yg isinya air putih/air mineral. Jadi jarang jajan minuman kalo di luar. Selain ngirit, lebih sehat (krn air putih), juga bisa ngurangin sampah kemasan minuman kan? Hihihihi…

  29. riyadi2405 Says:

    kalo ane suka minum air dari sumur n dimasak ortu ane bro,…soal e masih jernih n belum tercemar air ditempat ane bro…. gak kayak di jakarta bro….

  30. mawi wijna Says:

    Air putih dan teh. Tidak minum kopi. Walau air putih itu apakah harus air mineral atau air PAM yang direbus?

  31. itikkecil Says:

    saya selalu berusaha untuk minum air putih, termasuk kalau sedang di restoran sekalipun…

  32. lambang Says:

    karena tempat tinggal sekitar saya (madiun-ponorogo) maih sangat asri dan tidak terlalu terpolusi seperti di Ibukota, jadi sedikit tidak terlalu mengkhawatirkan akan hal pencemaran air yang ada.
    Waktu ke jakartapun saya sempat ndaj betah (udaranya kek and makanan yang di jual di jalan-jalan) and kebanyakan pengendara bermotor ataupun mobil selalu menyertakan btol minuman di samping mereka. Mungkin takut kehausan karena macet kali yach.
    Sedangkan disini, fenomena yang seperti itu jarang terjadi.
    Air bisa beli dimana-mana.

  33. fandi Says:

    air putih atau air mineral? air kemasan atau air “rebusan” . gak peduli bedanya apa. yang pasti harus dan wajib serta kudu untuk selalu minum air putih/mineral setiap hari sebanyak 2 liter.

    salam

  34. Q Says:

    lagi puasa mutih chik ? mau jadi dukun ya

  35. gabenk Says:

    chika, bagusan air mateng daripada air mineral lho..

  36. engeldvh Says:

    waduhhh….
    gw sering ngunyah bongkahan es bos….wduh
    oiya, silakan berkunjung ya….ada bonus browser baru dari Microsoft, GRATISSS!!!
    [link]

    lapak saya yang lain [link] dan [link]

  37. Rental Sound System Murah Says:

    Dirumah aku minum air isi ulang soalnya harganya lebih ekonomis dibanding air galon bermerek …ngeri juga sieh tapi mau gimana lagi harganya beda jauh sieh…

  38. hariyanto blog Says:

    dalam penelitian di jepang molekul air putih juga hidup looo.

  39. echo99 Says:

    klo dirumah jakarta air minum selalu air Aqxx, g pernah isi ulang. atut airnya boleh ambil dari hasil sulingan ciliwung :D tapi memang klo kerja di kantor dah banyakan duduk dan dalam ruangan AC mesti inget banyak2 minum air putih, jangan kebanyakan kopi. habis itu ngacirr ke WC “mencair” hehe

  40. Aziz Hadi Says:

    Minum air tidak akan merugikan diri sendiri..
    Minum air menyehatkan…

    Sesekali minum air putih yang sudah direbus untuk Kemurnian aj si.. :D

  41. adangsetiawan Says:

    selain kadar glukosa yg tinggi, minuman soda juga kaya akan bahan pengawet dan pewarna buatan. Selain itu, katanya bahan minuman soda juga bisa membuat paku, atau logam yg berkarat jadi kinclong. Nah, kebayang nggak tuh asamnya kayak apa…Hiii…ngeri!

    Btw, saya sudah berhenti minum soda sejak setahun lalu lho…:)

  42. Asop Says:

    Hehe… sama, saya juga udah lama ga minum bersoda (berkarbonasi). :)
    Pengen hidup sehat sih. :mrgreen:

  43. niez-nya adit Says:

    saya biasanya bawa gembes berisi air putih dari rumah. di mobil juga ibuk saya biasa nyediain air putih botolan, jadi klo haus ya tinggal nyomot… :)

  44. tony Says:

    emm …

    kalau aku siy, gag jauh beda sama cK, aku mendingan beli air gelas mineral daripada beli es-es yang gag tau asalnya.

    aku juga terkadang bw air putih dalam btl, tapi kalau lagi inget, hhee ..

    kalau lagi lupa, ya gitu deh :)

  45. masova Says:

    aku masih minum coke..
    tapi selalu diimbangi dg air putih yg banyaak. :D

  46. escoret Says:

    *bikin fans soal Kebiasaan Minum Air *

    nunggu chika bikin…hahhahaha

  47. rifu Says:

    hmm, kalo gw ngga harus air mineral kemasan Chik, penting udah dimasak airnya.

    dan kenapa air putih, ya suka kasian sama ginjal gw kalo lagi olahraga keras banget keringetannya sampe bikin becek. :P

    gw ngga suka minuman bersoda, tapi karena sodanya. kalo masalah glukosa nya, ya, gw masih sering olahraga ini :P

    dan sekarang juga hampir ngga pernah minum pake es batu :D

    @kautsar
    gampang, air putihnya kasih garam dikit aja :mrgreen:

  48. sez Says:

    ga suka aer putih chik..
    kecuali kalo dingiin dan maknyus… :D

  49. Fany Says:

    aku udah hampir gak pernah lagi minum minuman bersoda beberapa tahun belakangan.. yeay! ^^
    dan kalo bepergian, di tas atau di mobil selalu ada air putih botol.

  50. rusabawean Says:

    aq dah beberapa bulan ini selalu milih air putih. kalo minuman bersoda, dari dulu saya gak suka.

  51. Rama Says:

    wah saya rutin tiap hari tuh :)

    agak risih juga kalo jajan sembarangan

  52. IIP Says:

    hari ini air minum guwa rasa air kerannn!!!
    dan sekarang sakit perut
    *gajebo*

  53. fitrimelinda Says:

    biasakan mengkonsumsi air putih,,baik unt kesehatan :)

    salam kenal..

  54. benakribo Says:

    kalo aku aku usahain 1 hari minum 2liter sampe 2,5 liter air putih! sehat dan kulit jadi lebih kenceng! kerasa lhooo

  55. jarwadi Says:

    saya lebih banyak minum air putih ya karena alasan perut, maag saya belum bersahabat dengan minuman bersoda dan karbonasi

  56. hahn Says:

    waduh kalo ane jarang minum banyak :hammer:

  57. gilang03 Says:

    bnr tuh…ane jg suka air putih,baik bwt kesehatan .lam kenal ^_^

  58. antondewantoro Says:

    Adakah pesan sponsor dari Aqua. wkwkwkwk
    Salam kenal.
    Nice Post. Bermanfaat

  59. raden Says:

    semangat untuk minum air putih….

  60. selly Says:

    air putih memang sangat baik untuk kesehatan..
    artikel yg bagus.

  61. Saringan air Says:

    Air mineral memang banyak manfaatnya, hanya saja masih kurang dalam hal mengkonsumsinya. Perlu banyak pengetahuan lagi mengenai air mineral.

    Salam kenal
    Eka Pratiwi

    http://www.saringan.air.com

Tinggalkan Balasan

